Panduan Tips Pergi Liburan Ke Serpong

Serpong adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Indonesia. Sebelum Kota Tangerang Selatan menjadi kota otonom, Serpong merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Tangerang.
Di kecamatan ini terletak kota terencana ternama yang bernama Bumi Serpong Damai atau seringkali disingkat dengan “BSD” (kini disebut sebagai BSD City, yang merupakan salah satu perintis perumahan di Serpong. Selain BSD saat ini perkembangan perumahan di kawasan ini sangat pesat seiring dioperasikan jalan Tol Antasari – BSD.
Kawasan ini juga secara signifikan dihuni oleh warga berkebangsaan Indonesia Cina.
Banyak pusat perbelanjaan dibangun di kawasan Tangerang, seperti Mal Summarecon Serpong, WTC Matahari, BSD Plaza, ITC BSD, Bintaro Plaza, dan yang terbesar Supermal Karawaci. Dan pemerintah juga meresmikan sirkuit balap kelas A1 Grand Prix di Lippo Karawaci pada November 2008.

Wilayah Utama Serpong

Kota Tangerang Selatan terdiri atas 7 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah kelurahan. Sebelumnya Tangerang Selatan merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tangerang, kemudian ditetapkan sebagai kota pada tanggal 29 Oktober 2008.
Kota Tangerang Selatan terdiri atas:
● Serpong
● Serpong Utara
● Pondok Aren
● Ciputat
Ciputat Timur
● Pamulang
● Setu
Serpong Utara, Tangerang Selatan, memiliki batas wilayah berikut,

Utara – Kecamatan Pinang
Selatan – Kecamatan Serpong
Barat – Kecamatan Kelapa Dua dan Kecamatan Pagedangan
Timur – Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Pondok Aren

Sejarah Serpong

Kabupaten Tangerang yang mempunyai luas wilayah ± 1.159,05 km² dengan penduduk pada tahun 2007 berjumlah 3.315.584 jiwa, terdiri atas 36 (tiga puluh enam) kecamatan. Kabupaten tersebut memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk mendukung peningkatan penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Dengan luas wilayah dan besarnya jumlah penduduk seperti tersebut, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya terjangkau. Kondisi demikian perlu diatasi dengan memperpendek rentang kendali pemerintahan melalui pembentukan daerah otonom baru sehingga pelayanan publik dapat ditingkatkan guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut Pemerintah telah melakukan pengkajian secara mendalam dan menyeluruh mengenai kelayakan pembentukan daerah dan berkesimpulan bahwa perlu dibentuk Kota Tangerang Selatan. Pembentukan Kota Tangerang Selatan yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang, terdiri atas 7 (tujuh) kecamatan, yaitu Kecamatan Serpong, Kecamatan Serpong Utara, Kecamatan Pondok Aren, Kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat Timur, Kecamatan Pamulang, dan Kecamatan Setu.

Cara ke Serpong

Terdapat dua lajur tol menuju kawasan Serpong dari Jakarta. Pertama jalur tol Jakarta – Merak, yang memiliki tiga titik pintu keluar menuju Kota Tangerang. Kedua, Bumi Serpong Damai (BSD) – Jakarta, Lingkar Luar Jakarta, yang merupakan akses langsung dari Tangerang, Jakarta, Bekasi dan Bogor.

Terdapat bus transjakarta yang melayani rute BSD dan Bintaro Jaya.

Kereta Api Listrik (KRL) Jabotabek yang melayani rute Tangerang dan Serpong hingga Jakarta Kota.
Selain menggunakan bus dan sarana angkutan umum, terdapat beberapa operator taksi di kota ini, seperti express taxi, blue bird, dan Arimbi.
Shuttle Bus Ber-AC DAMRI tersedia untuk melayani transportasi dari bandara ke beberapa tempat tujuan di Jakarta. Shuttle bus ini merupakan sarana pemerintah.
Ada juga shuttle bus lokal dari Jakarta yang melayani pengantaran ke beberapa tempat khusus seperti Lippo Karawaci dan Citra Raya.

Transportasi di Serpong

Jadwal Trans BSD City,

Rute: BSD City – Ratu Plaza
Rute: BSD City – Mangga Dua
Rute BSD City – Pasar Baru

● Jalur BSD City – Pd Indah Mal – Ratu Plaza – Plaza Senayan

Rute:
Halte Besar BSD (Kolam Renang) – Halte Al-Azhar – SGU – Tol BSD Pd.Indah – Pd Indah Mal – Jl. Arteri Pd Indah – Jl. Pakubuwono – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Jend. Sudirman (Ratu Plaza) – Pintu Gelora I – Jl. Asia Afrika – Plaza Senayan – Jl. Hang Tuah – Taman Puring – Jl. Gandaria – Jl. Arteri Pd Indah – Jl. Raya Metro Pd Indah – Tol Pd Indah – BSD
Loket Tiket:
Halte Kolam Renang BSD, Halte Al-Azhar, Halte Pd Indah, Halte Depdiknas, Halte Plaza Senayan
Harga Tiket: Rp. 13.000,-

● Jalur BSD City – Kota – Mangga Dua

Rute:
Halte Besar BSD (Kolam Renang) – Halte Al – Azhar – ITC BSD – Jl. Raya Serpong – Tol Jakarta Merak – Tol Pluit Tomang – Tol Pelabuhan (keluar pintu Tol Ancol Barat) – Jl. Lodan – Jl. RE. Martadinata – Jl. Kp. Bandan – Jl. Kunir – Jl. Kemukus – Jl. Lada (berhenti di Halte BNI) – Jl. Jembatan Batu – Jl. Mangga Dua (Halte Bank Shinta) – Gerbang Tol Ancol Barat
Loket Tiket:
Halte Kolam Renang BSD, Halte Al – Azhar, Halte Pemasaran BSD, Halte BNI (Kota), Halte Bank Shinta (Mangga Dua)

Harga Tiket: Rp. 13.000,-

● Jalur BSD City – Harmoni – Pasar Baru
Rute:
Halte Besar BSD (Kolam Renang) – Halte Al – Azhar – Halte Pemasaran BSD – Jl. Raya Serpong – Tol Tangerang Kebon Jeruk – Jl. Tomang Raya – Jl. Kyai Caringin – Jl. Balikpapan – Jl. Suryo Pranoto – Halte Busway Harmoni Duta Merlin – Jl. Juanda – Halte Pasar Baru (Gedung Kesenian Jakarta) – Jl. Veteran – Halte Harmoni Lampu Merah Suryo Pranoto – Jl. Tomang Raya – Tol Jakarta Tangerang – BSD
Loket Tiket:
Halte Kolam Renang BSD, Halte Al – Azhar, Halte Pemasaran BSD, Halte Harmoni Duta Merlin, Halte Pasar Baru Gd Kesenian Jakarta , Halte Harmoni Lampu Merah, Halte Lampu Merah Suryo Pranoto

Harga Tiket: Rp.13.000,-

Tersedia juga Angkutan Kota (Angkot), dengan trayek-trayek berikut ini,

● Angkot R03A ke Pasar Anyar via BSD City – Kebon Nanas – Cikokol – Pasar Lama
● Angkot R04 ke Cikokol via BSD City – Kebon Nanas
● Angkot B07 ke Kalideres via BSD City – Kebon Nanas – Cikokol – Daan Mogot
● Angkot D07 ke Ciputat via Pacuan Kuda – Pamulang Raya – Puspitek Raya
● Angkot D08 ke Ciputat via Kp. Sawah – Jombang
● Angkot D12A ke BSD via Serua – Ciater
● Angkot D16 ke Muncul via via Rawa Buntu – Serpong
● Angkot D16A ke Prumpung
● Angkot D21 ke Pondok Pakulonan-Victor via BSD – Jelupang
● Angkot C11 ke Ciledug via Parigi – Pondok Kacang Timur
● Angkot KSS ke Gunung Sindur
● Mayasari Bakti AC74A patas ke Kampung Rambutan via Cikokol – Tol Karawaci – BSD City – Tol Ulujami – Tol JORR
● Mayasari Bakti AC117 patas ke Pulo Gadung via Cikokol – Kebon Nanas – BSD City – Tol Ulujami – Tol JORR – Pasar Rebo – Tol Jagorawi – UKI – Prumpung – Rawamangun – Kelapa Gading

Hotel di Serpong

Terdapat banyak hotel di Kota Serpong, mulai dari hotel murah hingga hotel berbintang dua hingga bintang lima dengan pelayanan dan fasilitas lebih dari yang Anda bayangkan. Rata-rata hotel yang ditawarkan berlokasi strategis dan dekat dengan pusat perbelanjaan juga hiburan. Lokasinya pun mudah diakses melalui jalan tol.

Beberapa hotel menyediakan ruang bisnis dan ruang seminar, juga untuk acara pernikahan. Ada pula yang letaknya dikelilingi lapangan golf, tentu sangat cocok untuk Anda penggemar golf.

Iklim di Serpong

Tangerang cenderung berhawa panas dan lembab, dengan minimnya pepohonan. Di area tertentu merupakan daerah rawa, seperti area sekitar Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Bahasa Daerah di Serpong

Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, Bahasa Jawa, Bahasa Melayu.

Objek Wisata di Serpong

Adapun obyek populer yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kawasan Serpong adalah berikut,
1. Ocean Park BSD. Theme park baru yang sangat lengkap, yang berada di Tangerang Selatan (Serpong, perumahan BSD) ini merupakan sarana rekreasi air bagi masyarakat sekitar maupun wisatawan dari luar kota.
Tiket Masuk: Rp. 70.000

2. Situ Cipondoh.
Jl. KH. Hasyim Ashari. Tersedia berbagai permainan anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan kereta mini, sepeda air, perahu, dan “bebek genjot” serta petualangan menyenangkan flying fox.
Harga tiket perahu Rp. 5.000 (anak-anak) dan Rp. 25.000 (dewasa).

3. Hutan Kota BSD 1 & 2. Berupa hutan buatan yang dikelola oleh perumahan BSD yang berada di dua lokasi. Hutan pertama berada di dekat Ocean Park sedangkan yang kedua berada di taman Tekno yaitu pada jalur menuju Parung, Bogor. Suasana hutan rimba dan tersedia sarana jogging track.

4. Pantai Tanjung Pasir. Terletak di bagian utara Kota Tangerang. Tempat wisata ini dapat di tempuh kurang dari 45 menit atau sekitar 25 km dari pusat kota. Biasanya wisatawan datang ke pulau tersebut untuk menikmati kuliner seafoodyang dijual murah di pesisirnya.

5. Pantai Tanjung Kait. Aktivitas wisata unggulan pantai Tanjung Kait yaitu menikmati hidangan laut bersama keluarga di atas rumah makan terapung sambil memandang aktivitas nelayan di sekitar pantai termasuk menawarkan kegiatan memancing di atas bagan (gubuk tempat mancing) atau perahu. Aktivitas lain yang biasa dilakukan adalah menyewa perahu untuk keliling kawasan Pantai Tanjung Kait ataupun menyeberang ke Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu). Lokasinya memang cukup dekat dengan Tanjung Pasir Tangerang.

6. Water World Citra Raya. Berupa wahana water adventure dengan aneka fitur hiburan telah hadir di tengah pemukiman terbesar di Cikupa, Tangerang Barat.

7. Bendungan Air Pintu Sepuluh. Untuk mencapai Bendungan ini, kita harus melewati jembatan yang melintang di atas Sungai Cisadane, dan lalu belok ke kanan. Bendungan ada di pojok kanan pada jalan yang berkelok ke arah kiri. Aktifitas wisata yang sering dilakukan di tempat ini adalah memancing dan fotografi.

8. Kawasan Lippo Karawaci. Tempat belanja modern yang disuguhkan oleh group Lippo.

9. Flavor Bliss Alam Sutera. Kawasan ini bernuansa perumahan mewah yang memberi sarana rekreasi lengkap. Selain mall megah, di sini tersedia pusat kuliner lengkap bernama Flavor Bliss.

10. Marcopolo Adventure Park yang terletak di Serpong Town Square cocok untuk aktivitas keluarga dan pasangan. Kolam renangnya berlokasi di lantai 5 pusat perbelanjaan, memberikan pengunjung pandangan bebas ke perumahan-perumahan di Serpong.
Ada beberapa kolam untuk pengunjung dengan beragam usia, di antaranya adalah kolam dewasa, kolam anak dengan papan seluncur besar dan kolam khusus balita yang dipenuhi bola warna-warni. Di sini juga terdapat kolam arus sepanjang 200 meter dan Whirlpool Therapy dengan lintasan memutar.
Lokasi: Jl. MH. Thamrin Km. 2.7
Waktu buka: Senin – Jumat Pukul 09.00 – 17.00, Sabtu – Minggu Pukul 08.00 – 18.00
Harga Tiket: Rp. 50.000

11. The Breeze. The Breeze BSD City adalah area perbelanjaan dan rekreasi yang ramah lingkungan dengan banyaknya area hijau dan danau seluas 2.5 hektar dengan wahana perahu.
Konsepnya adalah open air lifetyle, atau gaya hidup di ruang terbuka, memadukan tempat hiburan, berbagai tempat makan dengan pemandangan danau. Isi tempat perbelanjaannya sama dengan berbagai tempat belanja lainnya di Indonesia, namun ia dibangun tanpa dinding dengan arsitektur Batik, terdiri dari dua bagian Lake Level dan Sky Level.
Selain obyek wisata utama yang telah kami sebutkan di atas, anda juga dapat menyambangi beberapa tempat menarik di Tangerang berikut ini. Diantaranya,
● Keramat Tiga Raksa (banyak terdapat monyet liar seperti di Sangeh Bali).
● Resto Rumah Kayu Gading Serpong
● Situ Ciputat
● Situ Gintung
● Pulau Cangkir
● Alun-alun Tangerang dan Masjid Utama
● Taman buaya Tanjung Pasir
● Taman Jajan Pasar Modern BSD
● Situ Kelapa Dua
● Kolam Pancing Kampoeng Kalapa balaraja

Mal di Serpong

– Summarecon Mal Serpong (SMS), Jl. Boulevard Gading Serpong – Sentra Gading Serpong, Tangerang

– Lippo Supermall Karawaci, Karawaci Tangerang

– Living World, Serpong. Facility

– BSD Junction, BSD City, Serpong, Tangerang

– BSD Plaza, BSD City

– Serpong Plaza, Serpong

– D’best, Cikokol

– ITC BSD, BSD City

– Serpong Town Square (SeToS) , Cikokol

– WTC Matahari, Serpong

– TangCity, Cikokol

– Teras Kota, BSD City

Museum di Serpong

Museum Benteng Heritage
Tempat wisata di Tangerang Jl. Cilame No. 18/20 Pasar Lama Tangerang, yang merupakan museum peranakan Tionghoa pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Hiburan Malam di Serpong

– Venesia Hotel, Spa, Club dan Karaoke
Jalan Pahlawan Seribu (bersebelahan dengan Teras Kota Mall)
Taman komersil CBD Lot VIII No. 2 BSD City
Tangerang Selatan

Telepon 081802020248 / 08568886646
BB Pin: 79BC2411

– Downtown Walk
Music Venue, Café, Nightlife
Summarecon Mal Serpong (Jl. Gading Serpong Boulevard), Tangerang, Banten 15117, Indonesia

– The Wine Place
Wine Bar
Summarecon Mall Serpong
Tangerang, Indonesia
Telepon 021 5420 5252

– The Barrels Bar
Summarecon Mall Serpong (downtown Walk #dgf-3)
Tangerang, Indonesia
Telepon 021 4586 4959

– Anggrek Family Karaoke
Karaoke Bar
Bsd Junction Lantai P2
Tangerang Selatan, Indonesia
Telepon 021 5316 2155

– MOCCA Lounge Bar
Lounge
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 23
Tangerang Selatan 15325, Indonesia
021 2966 8668

Tempat Makan Rekomendasi di Serpong

– Bandar Djakarta Alam Sutera
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 6, Serpong. Flavor Bliss – Alam Sutera, Serpong 15325, Indonesia
Telepon +(62)2153140388

– IKEA Alam Sutera
Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45 Alam Sutera, Serpong 15320, Indonesia
Telepon +62 21 2985 3900

– Bebek Tepi Sawah
Jl. Alam Sutera Boulevard Kav. 21, Tangerang. Mal Living World Alam Sutera, Serpong, Indonesia
Telepon +62-21-29211919

– The Breeze BSD City
Beberapa tempat makan yang bisa dikunjungi di lokasi ini adalah Sushi Tei, Restoran Sunda Gubug Makan Mang Engking, Bann Jittlada Seafood Thai Resto, Gula Merah dan Penang Bistro. Di sini juga bisa ditemukan Gold’s Gym untuk kebugaran tubuh, salon kencantikan, berbagai toko elektronik dan Chipmunk Playland.

Tips Wisata di Serpong

– Pilihlah hotel atau penginapan yang bernuansa alam karena hawa di Kota Serpong, Tangerang cenderung panas, sehingga Anda bisa mendapatkan udara yang lebih sejuk.

– Rencanakan tempat tujuan rekreasi Anda atau tempat berbelanja di kawasan ini sebelumnya, karena banyak tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang ditawarkan di tempat ini. Aturlah agenda berkunjung Anda dengan waktu beristirahat, terlebih jika Anda membawa anak, agar tidak sampai kelelahan dan rekreasi tetap berjalan lancar.

Perlu Anda Tahu di Serpong

Kantor Polisi Tangerang (Polres)
Jl. Raya Daan Mogot
Telepon (6221) 5523160 / (6221) 5223003

Daftar Rumah Sakit dengan pelayanan 24 Jam,
● Omni Hospital, Jl. Alam Sutera Boulevard kav. 25, Serpong – Tangerang, Tel (62)(21) 5312 5555
● RS Bhinneka Bakti Husada, Jl. Cabe Raya No 17. Tel. (62)(21) 749 3535, (62)(21) 749 0829
● RS Honoris, Jl. Honoris boulevard Kav. 6 Kota Modern, Tel. (62)(21) 522 9035
● RS Siloam Gleneagles, Jl. Siloam 1600, Lippo Karawaci. Tel. (62)(21) 546 0055, (62)(21) 546 0054
● RS Bintaro, Jl. MH. Thamrin Blok B3 No.1 Sektor 7 Kawasan Niaga Bintaro, Tel. (62)(21) 745 5600
● RS Tangerang, Jl. A. Yani No.9, Tangerang, Tel. (62)(21) 552 3507, (62)(21) 552 6686

Leave a Reply