Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ancol

Ancol adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Kelurahan ini memiliki objek wisata utama di Ibukota DKI Jakarta, yang merupakan taman rekreasi terbesar di Asia Tenggara, yaitu Taman Impian Jaya Ancol.

Berbagai wahana rekreasi keluarga, wisata pantai, hotel-hotel berbintang, beragam restoran unik, dan taman hiburan dapat Anda nikmati dalam satu area rekreasi seluas kurang lebih 554 hektar.

Anda dapat mencapai kawasan Ancol dengan mudah dengan menggunakan kendaraan umum Bus TransJakarta, Bus Umum, Angkutan Umum, Kereta Api, Angkutan Khusus Ancol, Taksi, maupun Ojek.

Sunset di Pantai Ancol via @aroem_journey
Sunset di Pantai Ancol via @aroem_journey

Wilayah Utama Ancol

Batas-batas wilayah Kelurahan Ancol yaitu,

  • Sebelah Utara: Pantai Laut Jawa
  • Sebelah Selatan: Sungai Tiram, Jl. Arteri Mangga Dua
  • Sebelah Barat: Pelabuhan Sunda Kelapa, Kali Opak
  • Sebelah Timur: Sungai Tiram, Kelurahan Tanjung Priok

Sejarah Ancol

Ancol berarti tanah mendidih berpaya-paya, maksudnya payau atau air asin yang menggenangi daratan saat laut pasang.

Taman Impian Jaya Ancol sudah berdiri sejak abad ke-17. Ketika itu Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Adriaan Valckenier membangun sebuah rumah peristirahatan di tepi pantai. Lambat laun kawasan ini berkembang menjadi daerah wisata. Namun, berkobarnya Perang Dunia ke-II dan perang kemerdekaan membuat Ancol sekian lama terbengkalai.

Bung Karno kemudian ingin memulihkan dan membangun kawasan ini menjadi daerah wisata, lantas beliau mengutus Gubernur DKI Jaya masa itu Dr. Soemarmo sebagai pelaksana pembangunan proyek Taman Impian Jaya Ancol, dan proyek ini baru berjalan di bawah pimpinan Gubernur Jakarta Ali Sadikin, yang dilaksanakan oleh PD. Pembangunan Jaya Ir. Ciputra.

Di lokasi ini, terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda guna melindungi Batavia dari serangan musuh yang berasal dari laut. Selain itu, Ancol juga memiliki bangunan bersejarah Klenteng An Xu Da Bo Gong Miao atau sekarang dikenal dengan Klenteng Toapekong Ancol. Klenteng ini diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 1650, oleh para pengikut Armada Cheng Ho ketika berlabuh di Batavia.

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Ancol via @aycahya
Pemandangan matahari terbenam di Pantai Ancol via @aycahya

Sebuah pemakaman Belanda Ereveld yang juga terletak di dalam komplek Taman Impian Jaya Ancol turut menyimpan kisah tragis warga Eropa khususnya Belanda yang dieksekusi oleh penguasa Jepang karena berani melawan Jepang di masa itu.

Bermula dari hadirnya kawasan Pantai Bina Ria Ancol yang populer dengan teater mobilnya di era 1970an, lalu disusul hadirnya arena wahana permainan berteknologi tinggi bernama Dunia Fantasi di tahun 1984, kawasan Taman Impian Jaya Ancol terus mengembangkan fasilitas rekreasi dan hiburan, hingga kini telah menjadi kawasan wisata dan hiburan terbaik yang populer di Jakarta.

Cara Pergi ke Ancol

Lokasi ancol ini cukup strategis dan mudah dijangkau dengan berbagai transportasi umum di Jakarta Karena itu, akses menuju Ancol terbilang mudah, Anda bisa menggunakan pilihan kendaraan berikut ini:

Naik Kereta Ke Ancol

Jika naik kereta ke Ancol, anda bisa coba naik kereta rute:   Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi dan Bogor, Tarif:    Rp. 7.500

Naik Bus TransJakarta Ke Ancol

Cara ke Ancol naik TransJakarta cukup mudah, tarifnya pun murah hanya Rp. 3.500 sekali jalan. Cara menuju ke Ancol dengan transjakarta adalah dengan naik Koridor 1 dan Koridor 5 yang mempunyai rute sebagai berikut:

  • Ancol – Kampung Melayu – Kampung Rambutan
  • Ancol – Lebak Bulus
  • Ancol – Pulo Gadung
  • Ancol – Ragunan
  • Ancol – Blok M
  • Ancol – Harmoni (Koridor 5 A)

Naik Bus Umum/ Kopaja Ke Ancol

  • PPD Patas P 32                     Grogol – Ancol
  • Jasa Utama P 159                  Grogol – Tanjung Priok
  • PPD P 38                                Blok M – Ancol
  • Steady Safe 948                     Kampung Melayu – Tanjung Priok
  • Mayasari Bhakti 27 AC           Bekasi Barat – Mangga Dua

Naik Mikrolet / Angkot Ke Ancol Tarif: Rp. 5.000

  • M 15 A
  • M 15    Stasiun Kota

Naik Kendaraan Pribadi Ke Ancol

Jika anda naik kendaraan pribadi ke Ancol, cara tercepat adalah dengan melewati jalan tol dengan rute sebagai berikut:

Akses Jalur Tol menuju Ancol:

  • Tol Lingkar Dalam – Cawang, Semanggi, Slipi, Grogol arah Tanjung Priok
  • Tol Lingkar Luar (JORR) – Tangerang dan Serpong

Akses Luar Tol menuju Ancol:

  • Pancoran, Kuningan, Menteng, Gambir, Lapangan Banteng, Gunung Sahari, Ancol
  • Semanggi, Sudirman, MH. Thamrin, Hayam Wuruk, Gajah Mada, Mangga Dua, Gunung Sahari, Ancol

Transportasi di Dalam Taman Impian Jaya Ancol

Untuk berkeliling Ancol, anda bisa memanfaatkan moda transportasi yang ada disana sebagai berikut:

Bus Wara-Wiri

Tersedia fasilitas Bus Wara-Wiri untuk berkeliling Ancol. Bus ini beroperasi mulai pukul 08.00 – 19.00 Wib, dengan melintasi 22 titik di kawasan Ancol. Halte bus tersedia di setiap titik atraksi seperti Dunia Fantasi, Pantai Karnaval, Mall ABC (Ancol Beach City), Halte TransJakarta Ancol, dan titik-titik lokasi lainnya.

Sepeda

Penyewaan sepeda tersedia di beberapa tempat di kawasan Ancol, tarif sewanya Rp. 20.000 per jam. Setidaknya ada 450 jumlah sepeda yang disewakan untuk pengunjung Ancol.

Segway

Alat kendaraan ramah lingkungan sejenis otopet ini bisa Anda temukan di Ocean Park dan Dunia Fantasi. Anda bisa menyewanya dengan harga mulai dari Rp. 45.000 hingga Rp. 200.000.

Mobil Golf

Fasilitas mobil ini berkapasitas empat orang dan bisa disewa dengan tarif Rp. 90.000 per 15 menit atau Rp. 150.000 per jam. Mobil golf adalah pilihan yang tepat untuk berkeliling Ancol bersama keluarga.

Gondola

Fasilitas berupa kereta gantung dari ketinggian sekitar 21 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan Taman Impian Jaya Ancol secara menyeluruh. Berbagai tempat atraksi dan wahana permainan di Ancol, berikut panorama Pantai Ancol dapat Anda saksikan sambil duduk-duduk santai di udara. Tarif Gondola di hari biasa adalah Rp. 30.000 per orang, dan Rp. 40.000 per orang di akhir pekan.

Hotel di Ancol

Jika anda ingin menginap atau bermalam di Ancol, anda bisa mencoba menginap di beberapa hotel yang ada di dekat Ancol sebagai berikut:

  • Putri Duyung Cottage, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara, Telepon 021 2601680, Tarif Rp. 1.200.000 per malam
  • Mercure Convention Centre, Taman Impian Jaya Ancol, Ancol Bay City, Jl. Pantai Indah, Ancol, Jakarta Utara, Telepon 021 6406000, Tarif kamar Rp. 650.000 per malam
  • Ancol Mansion, Jl. Pasir Putih II, Ancol Timur, Jakarta Utara, Telepon 021 6402000
  • Aston Marina Ancol, Marina Mediterania, Tower A No. 2 A, Jl. Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara, Telepon 021 69837120, Tarif Rp. 735.000 per malam
  • Discovery Hotel & Convention Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara 14430, Tarif kamar Rp. 1.208.000 per malam

Tempat Wisata di Ancol

Ada beberapa tempat wisata di Ancol yang bisa anda kunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Tempat wisata Ancol yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

1. Pantai Ancol

Kawasan Taman Impian Jaya Ancol memiliki setidaknya 5 pantai yaitu Pantai Festival, Pantai Carnaval, Pantai Ancol Beach City (ABC), Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, dan Danau Impian.

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi di Ancol via @itsalwy
Dunia Fantasi di Ancol via @itsalwy

Dunia Fantasi go public pertama kali pada tanggal 29 Agustus 1986. Area rekreasi pertama dengan beragam wahana permainan berteknologi tinggi ini telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak tahun 2009.

3. Atlantis Water Adventure (Atlantis)

Taman rekreasi wisata air atau Gelanggang Renang Ancol ini adalah area rekreasi kedua yang dikembangkan oleh Ancol. Atlantis terdiri dari 8 wahana kolam yang dikelilingi oleh lansekap taman tropis yang terbuka dan menyenangkan.

4. Gelanggang Samudera

Area rekreasi ketiga di Ancol ini berkonsep konservasi lingkungan, khususnya mendekatkan pengunjung dengan hewan lumba-lumba, paus putih, dan anjing laut. Di sini Anda dapat lebih mengenal dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut.

Ada juga teater 4 Dimensi (4D) dengan kursi simulator serta efek-efek yang menambah kesan nyata dari film audio visual 3 Dimensi (3D) berdurasi 15 menit. Namun, Anda hanya boleh menonton satu kali tayangan 4D dalam sekali kunjungan.

5. Sea World

Bermain air di Ancol via @davit_sowet
Bermain air di Ancol via @davit_sowet

Sea World adalah aquarium bawah air pertama di Indonesia, yang juga menyajikan sarana ilmu pengetahuan tentang kehidupan biota laut. Anda juga dapat berinteraksi langsung seperti memegang bintang laut atau memberi makan ikan hiu dari dalam aquarium.

6. Padang Golf Ancol

Lapangan olahraga golf bernuansa pantai di tengah kawasan wisata, yang memiliki 18 hole. Anda bisa merasakan sensasi bermain golf sambil menikmati hembusan angin laut yang menyegarkan.

7. Marina

Dermaga kapal pesiar, speed boat, dan yacht, yang dilengkapi fasilitas dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata khususnya ke Kepulauan Seribu, dan olahraga bahari seperti ski air, jet ski, wind surfing, diving, sailing, dan fishing.

8. Pasar Seni

Sebuah tempat pusat kegiatan seni dan kerajinan tangan yang mewadahi para seniman juga kolektor seni. Pasar seni mencakup galeri-galeri seni, toko cinderamata, plaza, restoran, dan panggung pentas seni. Area ini selalu terbuka selama 24 jam dan bisa Anda kunjungi setiap waktu.

Mal di Ancol

Jika anda ingin berbelanja, anda bisa berkunjung ke beberapa mall dan pusat perbelanjaan yang berada tak jauh dari Ancol:

  • Mal Ancol Beach City (ABC)
  • Pantai Timur, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara

Museum di Ancol

Pasar Seni Ancol

Jl. Gerbang Ancol No. 93, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

Telepon 021 29222222

Hiburan Malam di Ancol

Ada banyak tempat hiburan malam di dekat Ancol untuk anda yang suka menghabiskan malam panjang dengan berpesta. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pasar Seni Ancol, Disini juga sering menyelenggarakan pentas panggung seperti musik, teater, pameran seni, maupun acara-acara seni lainnya, dan biasanya ramai dikunjungi pada malam hari.
  • Cium – Cium Lounge & Bar, Aston Marina Mediterania, Ancol, Jl. Lodan Raya No. 2 A, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka pukul 10.00 – 24.00 Wib
  • Segarra, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka pukul 12.00 – 24.00 Wib dan 13.00 – 02.00 Wib di akhir pekan, Telepon 021 29704981 Ext. 689
  • Le Bridge Jakarta, Dermaga Cinta, Beach Pool, Ancol, 33 Degrees Rooftop Lounge & Bar, Aston Marina Mediterania Tower A, Jl. Lodan Raya No. 2A, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka pukul 15.00 – 24.00 Wib dan 15.00 – 03.00 Wib di akhir pekan, Telepon 021 69837120

Rekomendasi Tempat Makan di Ancol

Jangan takut kelaparan selama berlibur di Ancol, karena anda bisa mencoba beberapa restoran dan tempat makan di Ancol ini. Jangan lupa juga mencicipi kuliner andalan di Ancol ya. Beberapa tempat makan di Ancol yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Segarra Seaside Escape, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan Rp. 200.000 – Rp. 300.000 per orang, Jam buka Senin – Jumat pukul 11.00 – 24.00 Wib, Sabtu 11.00 – 01.00 Wib, Telepon: 021 29704981 Ext. 689
  • Jimbaran, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka Senin – Minggu pukul 11.00 – 23.00 Wib, Telepon: 021 6401040
  • Nelayan, Jl. Karang Bolong Raya No. 8, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka pukul 11.00 – 22.00 Wib, Harga makan Rp. 100.000 – Rp. 200.000 per orang, Telepon: 021 6900660
  • Le Bridge, Taman Impian Jaya Ancol, Beach Pool, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka Senin – Kamis 07.00 – 23.00 Wib, dan Jumat – Sabtu pukul 07.00 – 01.00 Wib, Harga makan Rp. 100.000 – Rp. 200.000 per orang, Telepon: 0851 00666728, 021 5484961
  • Talaga Sampireun, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lapangan Golf 7, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka Senin – Minggu 10.00 – 22.00 Wib, Harga makan Rp. 100.000 – Rp. 200.000 per orang, Telepon 021 29704981 Ext. 199
  • Rasane, Ancol Beach City (Mall ABC) Lantai Lower Ground, Jl. Pantai Timur, Ancol, Jakarta Utara, Jam buka pukul 11.00 – 22.30 Wib,Harga makanan di bawah Rp. 100.000 per orang, Telepon 021 29388099
  • Bandar Djakarta, Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan berdua Rp. 300.000, Jam buka pukul 11.00 – 23.30 Wib, Telepon 021 6455472, 021 6456554
  • Marina Kitchen, Marina Coast the Forest, Jl. Taman Marina Blok C2A No. 6D, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan berdua Rp. 150.000, Jam buka Senin – Jumat pukul 09.00 – 21.30 Wib, Sabtu – Minggu pukul 07.30 – 21.30 Wib, Telepon 021 29620771
  • Columbus Cafe, Taman Impian Jaya Ancol, Beach Pool, Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan berdua Rp. 140.000, Jam buka Senin – Kamis pukul 09.00 – 23.00 Wib, Jumat 10.00 – 01.00 Wib, Telepon 0812 81793053
  • Solaria Ancol, Ancol Beach City, Lantai Ground, Jl. Pantai Timur, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan berdua Rp. 100.000, Jam buka pukul 11.00 – 23.00 Wib
  • A Fung Baso Sapi Asli, Ancol Beach City (Mall ABC) Lantai Ground, Jl. Pantai Timur, Ancol, Jakarta Utara, Harga makan berdua Rp. 80.000, Jam buka pukul 10.00 – 22.00 Wib

Tips Liburan di Ancol

  • Awas! Belut Laut! Bagi Anda yang akan berenang di Pantai Ancol, jangan kaget terpengaruh oleh suara teriakan tiba-tiba, “Awas! Belut laut!” dari orang iseng yang sering nongkrong di sekitar dermaga Ancol. Biasanya teriakan ini sering terdengar di pagi hari, di saat banyak orang-orang berenang di laut Pantai Ancol. Namun tidak ada salahnya Anda tetap berhati-hati.
  • Rencanakan titik tujuan wisata Anda di kawasan Ancol, sebab ada begitu banyak atraksi dengan jarak yang lumayan berjauhan karena lokasinya amat luas, perkirakan juga waktu antrian pengunjung pada saat ramai.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan ringan, pakailah sepatu kets atau sepatu olahraga yang tidak mudah lepas saat bermain wahana hiburan, juga nyaman digunakan untuk berjalan jauh. Pakailah topi dan lotion pelindung UV untuk kulit Anda karena cuaca bisa sangat panas di kawasan pantai dan tempat hiburan.
  • Bawalah barang bawaan seperlunya, jangan terlalu banyak dan terlalu berat. Bawa bekal snack dan minuman secukupnya, dan berhati-hatilah terhadap barang berharga seperti dompet dan hp, agar tidak memberi peluang bagi aksi pencopet di keramaian.
  • Sempatkan menikmati keindahan matahari terbit atau matahari terbenam di Dermaga dan Pantai Ancol, jika Anda memiliki waktu yang memungkinkan. Beberapa titik lokasi sangat bagus untuk foto-foto.
  • Jangan lupa untuk sering minum air putih, terutama setelah berjalan-jalan cukup jauh, agar Anda tidak dehidrasi dan lemas. Sebab euphoria dan semangat bermain dapat membuat Anda lupa memberi asupan cairan yang cukup untuk tubuh Anda.

Informasi Penting Seputar Ancol

Salah satu wahana di Dunia Fantasi via @ahmadzainn
Salah satu wahana di Dunia Fantasi via @ahmadzainn

Berikut adalah informasi penting yang perlu anda ketahui sebelum liburan ke Ancol, seperti misalnya harga tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol, Dunia Fantasi dan beberapa taman hiburan lain yang berada di sekitar ancol. Informasi rumah sakit di Ancol untuk keadaan darurat juga perlu anda ketahui disini.

Harga Tiket Masuk Kawasan Ancol Di Pintu Gerbang Ancol:

  • Individu : Rp. 25.000
  • Mobil : Rp. 20.000
  • Motor : Rp. 15.000

Harga Tiket Masuk Ke Dunia Fantasi (Dufan):

  • Premium : Rp. 500.000
  • Fast Track : Rp. 200.000
  • Annual Pass : Rp. 350.000
  • Regular : Rp. 300.000

Jam Operasional Dunia fantasi adalah sebagai berikut:

  • Senin s/d Jumat pukul 10.00 – 17.00 Wib
  • Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional pukul 10.00 – 20.00 Wib

Sementara itu harga tiket tempat wisata di Ancol yang lain seperti Sea World, Ocean Dream Samudra juga Atlantis Water Adventure adalah sebagai berikut:

  • Ocean Dream Samudra: 150.000
  • Atlantis Water Adventure : 160.000
  • Sea World  : 100.000

Informasi rumah sakit dan kantor polisi di Ancol:

  • Rumah Sakit Ancol, Jl. L. E. Martadinata, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara 14350, Telepon 021 682378
  • Pos Polisi Lodan, Jl. Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara 14430

Leave a Reply