Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepu

Rate this post

Cepu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur, dan dilewati jalan yang menghubungkan Surabaya – Purwodadi – Semarang.
Kota Cepu memiliki luas +/- 49.15 km2 yang terdiri dari 17 desa/kelurahan dengan estimasi total jumlah penduduk mencapai 75.000 orang. Dibandingkan kecamatan lain, luas wilayah kecamatan cepu tergolong kecil yaitu menempati urutan ke-16.

Wilayah Utama Cepu

Secara administrasi, Kecamatan Cepu di sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Sambong, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kedungtuban.

Jarak terjauh Kecamatan Cepu dari barat ke timur sepanjang 8 km dan dari utara ke selatan sejauh 6 km. Kecamatan Cepu terbagi menjadi 6 kelurahan dan 11 desa dan merupakan kecamatan dengan jumlah desa yang relatif tidak besar.

Sejarah Cepu

Pada zaman penjajahan, Cepu merupakan salah satu kota penting, karena kandungan minyak dan hutan jatinya. Di Cepu dapat dijumpai beberapa bangunan peninggalan Belanda yang masih awet hingga masa kini. Salah satu bangunan yang unik adalah, Loji Klunthung. Peninggalan lain yaitu Gedung Pertemuan SOS Sasono Suko dan Kuburan Belanda (Kuburan Londo) yang terletak di Desa Wonorejo Kelurahan Cepu. Untuk mendukung transportasi masa itu, dibangun pula jalur kereta api yang menghubungkan Jawa Timur – Jawa Tengah via Cepu. Di Ngloram, juga bisa ditemui bekas landasan pesawat terbang peninggalan Belanda.

Daerah ini telah lama dikenal memiliki persediaan minyak bumi. Pada tahun 2005, Cepu mendapat perhatian nasional karena penemuan adanya deposit minyak yang melimpah di Blok Cepu. Kekayaan alam lainnya adalah kerajinan rakyat dari kayu jati dan wisata hutan jati dengan kereta api kuno.

Cara Pergi ke Cepu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepu

Untuk menjangkau tempat ini selain dengan bus, bisa dengan kereta api. Kereta Sembrani atau Gumarang, dengan waktu tempuh kurang lebih 9 jam. Namun di waktu musim liburan waktu tempuh bisa mencapai 11 jam, karena adanya penambahan jumlah jadwal perjalanan kereta api.

Beberapa PO yang melayani jalur Cepu ke Bojonegoro, Blora, dan Ngawi, antara lain, Bintang Remaja, Cendana, Gunung Mas. Sedangkan PO Dali Mas, Jaya Utama, Moedah, Dali Prima melayani jalur Cepu – Surabaya dan Malang.

Di samping itu terdapat pula Stasiun Cepu yang melayani transportasi via kereta api yang melintasi jalur di bagian selatan. Stasiun kereta api Cepu merupakan yang terbesar di Kabupaten Blora, yang mana tempat perhentian kereta api jurusan Surabaya – Jakarta (KA Sembrani), Surabaya – Semarang (KA Rajawali), serta kereta api lokal Semarang – Cepu – Bojonegoro (KA Blora Jaya) dan Cepu – Surabaya, Cepu – Semarang (KA Cepu Express AC).

Banyaknya kaum pendatang di kota Cepu menjadikan magnet yang tinggi untuk layanan transportasi jarak jauh, semisal bus malam eksekutif, beberapa di antaranya yaitu, Kramat Djati, Haryanto, Pahala Kencana, Zentrum, Garuda Mas, Dali Mas, Nusantara. Biro Travel pun bermunculan di Kota Cepu, yang melayani trayek, Yogyakarta, Semarang atau Surabaya, di antaranya adalah Biro Travel Cipaganti.

Transportasi umum di Cepu

Sarana transportasi yang ada di Kota Cepu dan sekitarnya adalah Becak, Angkot (Angkutan Kota), Dokar, dan Ojek. Moda transportasi utama penduduk kota ini adalah sepeda motor. Para karyawan, pedagang, pelajar dan lain-lain, hampir semuanya menggunakan sepeda motor sebagai sarana mobilitasnya. Meski demikian transportasi umum seperti angkutan perkotaan juga tersedia dengan rute-rute tertentu. Becak dan delman juga masih banyak digunakan, terutama untuk transportasi jarak dekat. Sedangkan untuk sarana transportasi untuk menjangkau kabupaten sekitar terdapat bus kecil dan bus besar.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepu

Hotel di Cepu

Terdapat banyak hotel di daerah ini, dari yang berbintang dua hingga bintang lima, dengan fasilitas dan pelayanan yang bagus. Tersedia juga penginapan berupa losmen atau homestay.

Iklim di Cepu

Kecamatan Cepu termasuk daerah dengan curah hujan rendah dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau. selama periode tahun 2012, rata-rata curah hujan di Kecamatan Cepu tercatat sebesar 109 mm dengan rata-rata hari hujan tercatat sebanyak 6 hari perbulan. Curah hujan cukup tinggi tercatat pada bulan Desember dengan curah hujan 406 mm.

Bahasa Daerah di Cepu

Menggunakan Bahasa Indonesia, namun dengan dialek lokal yang khas.

Tempat Wisata di Cepu

Loko Tour merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora dengan transportasi rangkaian kereta api yang ditarik kereta lokomotif tua buatan Berliner Macshinenbaun Jerman pada tahun 1928. Perjalanan wisata dengan lokomotif tua ini berawal dari Kantor Perhutani, Jl. Sorogo KPH Cepu atau sekitar 35 km arah tenggara Kota Blora.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cepu
Loko Tour merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora

Jarak tempuh sekitar 60 km dengan kecepatan maksimun 20 km perjam dengan melintasi hutan jati wilayah BKBH Ledok, Kendilan, Pasar Sore, Blungun, Ngobo, Cabak dan Nglebur. Kawasan itu berada di ketinggian antara 25–30 m di atas permukaan laut dengan suhu udara mencapai 22 hingga 34 derajat celcius.

Tempat Wisata di Cepu lain yang dapat Anda lihat di kota ini adalah 4 Monumen/Tugu sebagai ikon Kota Cepu :

  • Monumen Djatikoesoemo
  • Tugu Minyak
  • Tugu 20 Mei
  • Tugu Kuda Ronggolawe

Hiburan Malam di Cepu

  • BALADEWA, yang bertempat di RT 003/RW 004 Kelurahan Beran, Kecamatan Kota, Kabupaten Blora.
  • TOP NINE, berada di RT 003/RW 003 Kelurahan Bangkle, Kecamatan Kota, Kabupaten Blora.
  • DJ’S CAFE & PUB, berada di Jalan Diponegoro Nomor 39 Kelurahan/Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.
  • CAFE BEATS DAN KARAOKE, di Jalan Gununglawu Nomor 13 Kelurahan Tempelan, Kecamatan Kota, Kabupaten Blora.
  • CAFE DAN KARAOKE WARU KEMBAR, yang berada di Jalan GOR Pringgodani, Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Kota, Kabupaten Blora.
  • MILLENIUM, yang berada di Jalan Ronggolawe Nomor 62 Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu, Blora.
  • KALIFORNIA, berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 76 Kelurahan Tempelan, Kecamatan Kota, Blora.
  • Warung Kopi Berkaraoke PLUTO yang berada di Jalan Raya Blora – Cepu Dukuh Tengger Desa Tempel lemah bang, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.
  • DIVA di Jalan Raya Cepu-Blora Kelurahan Karangboyo, Kecamatan Cepu, Blora.
  • WATU GEDE berada di Jalan Jatirogo Kilometer 3 Nomor 007 Dusun Gombang Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora.

Rekomendasi Tempat Makan di Cepu

Makanan khas Cepu salah satunya adalah ledre pisang raja, nasi pecel, sembukan, bethithi, lonthong tahu, lontong kikil, dan kini makanan khas Cepu bertambah dengan hadirnya olahan baru, yaitu Eggroll Waluh. Eggroll Waluh, sesuai namanya terbuat dari bahan waluh atau labu kuning, yang diperkaya dengan rasa stroberi, durian, coklat, dan rasa lainnya.

  • Lonthong Tahu, Lonthong tahu (Cepu) sepintas mirip dengan tahu thek yang ada di Jawa Timur. Lontong Tahu yang terkenal di Cepu adalah Lontong Tahu Pak Sabar di Jalan Pemuda.
  • Lonthong Kikil, Selain lonthong tahu, ada juga lonthong kikil yang merupakan salah satu makanan yang cukup dikenal di Cepu. Lonthong kikil “Hot” dapat dinikmati di Warung Pak Sis dekat pintu masuk Lapangan Golf di sekitaran Nglajo.
  • Entung, Entung adalah sejenis ulat yang hidup di batang pohon jati, terutama saat pergantian musim. Penjualnya banyak yang berdiri di kiri kanan jalan raya yang membelah hutan jati antara Cepu – Blora. Rasanya gurih, dapat langsung dimakan ataupun digoreng atau dipanggang terlebih dahulu.
  • Kopi Kothok, Banyak ditemukan di sepanjang jalan kota pada malam hari.

Tips Wisata di Cepu

  • Karena iklim di Kota Cepu cenderung panas, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan pelindung sinar matahari/ultraviolet, seperti topi, kaca mata UV, pelindung kulit tabir surya, dan botol minum untuk persediaan air yang dapat Anda bawa kemana saja Anda pergi.
  • ilihlah hotel atau penginapan yang bertema alam, karena Anda akan mendapatkan hawa yang lebih sejuk dan nyaman di Cepu.

Perlu Kamu Tahu di Cepu

Fasilitas kesehatan yang ada di Kota Cepu:

  • RSU Suprapto Cepu, tipe C: Jl. RSU No. 50 Cepu
  • RS PPT Migas Cepu: Jl. Diponegoro No. 9 Cepu
  • Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu: Jl. RSU Cepu
  • RS Bersalin NU: Jl. Gajahmada Cepu
  • RS Bersalin BAGAS: Jl. Diponegoro Cepu

Leave a Reply