Panduan Tips Pergi Liburan Ke Tulungagung

Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan Kabupaten Tulungagung berada di Kecamatan Tulungagung. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.

Tulungagung memiliki pariwisata yang lengkap, seperti wisata alam, wisata pantai, wisata budaya dan sejarah, serta wisata religi. Pantai-pantainya menyimpan banyak keindahan, salah satuya yang terkenal adalah Pantai Popoh. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga menawarkan eksotisme tersendiri. Pantai ini juga dilengkapi fasilitas hotel, restoran, toko souvenir, masjid, area taman, panggung hiburan, dan lainnya.

Homo Wajakensis yang pernah ditemukan di kawasan ini menjadi sangat terkenal di dunia antropologi, fosil-fosil, berbagai peninggalan budaya, kerajinan tangan, dan dukungan masyarakat yang ramah, menjadikan salah satu pariwisata yang menantang.

Jika ingin liburan yang berbeda, bisa berkunjung ke Tulungagun via @aristantodanny
Jika ingin liburan yang berbeda, bisa berkunjung ke Tulungagun via @aristantodanny

Wilayah Utama Tulungagung

  • Sebelah Utara: Kabupaten Kediri
  • Sebelah Selatan: Samudera Hindia
  • Sebelah Timur: Kabupaten Blitar
  • Sebelah Barat: Kabupaten Trenggalek

Sejarah Tulungagung

Pada tahun 1205 M, masyarakat Thani Lawadan di selatan Tulungagung, mendapatkan penghargaan dari Raja Daha terakhir, Kertajaya, atas kesetiaan mereka kepada Raja Kertajaya ketika terjadi serangan musuh dari timur Daha.

Penghargaan tersebut tercatat dalam Prasasti Lawadan dengan candra sengkala “Sukra Suklapaksa Mangga Siramasa” yang menunjuk tanggal 18 November 1205 M. Tanggal keluarnya prasasti tersebut akhirnya dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Tulungagung sejak tahun 2003.

Tulungagung sudah dihuni manusia sejak 40 – 50 ribu tahun yang lalu. Dibuktikan dengan adanya penemuan fosil manusia purbakala pada tahun 1989 dan 1890, ditemukan di Desa Gamping, Campurdarat. Saat itu Campurdarat ada di wilayah Wajak, maka fosil yang ditemukan disebut Homowajakensis.

Pada tahun 1982, ketika beberapa orang menggali untuk saluran pipa air di desa ini, mereka menemukan fosil di kedalaman 2 meter. Fosil iini mungkin sudah berusia sekitar 25 ribu tahun karena sudah lapuk dan tengkoraknya hancur.

Cara Pergi ke Tulungagung

Stasiun Tulungagung merupakan sebuah stasiun kereta api yang dioperasikan oleh PT. KAI Daerah Operasi VII Madiun. Stasiun ini berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No.7, Kauman, Tulungagung, Jawa Timur.

Jika memilih menggunakan kereta api turun saja di stasiun kota Tulungagung. Stasiun ini terletak berdekatan dengan pusat kota. Di sebelah Barat stasiun letaknya sekira 1,5 km terdapat alun-alun kota.

Daftar kereta yang menuju ke stasiun Tulungagung:

  • Dhoho Penataran
  • Gajayana
  • Gajayana Lebaran
  • Majapahit
  • Malabar
  • Malioboro Ekspres
  • Matarmaja
  • Matarmaja Leb
  • Matarmaja Tambahan

Harga Tiket Kereta Api Stasiun Tulungagung,

  • Yogyakarta ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 240.000
  • Malang ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 180.000
  • Solo ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 160.000
  • Bandung ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 360.000
  • Semarang ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 135.000
  • Madiun ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 265.000
  • Tegal ke Tulungagung, Harga mulai dari: Rp. 250.000

Jika menggunakan bus dari Jakarta, ada tiga trayek bus yang menuju Tulungagung:

  • Harapan Jaya (Tangerang – Tulungagung)
    Telepon 082112934133
    Jam berangkat dari Terminal Poris Tangerang pukul 12.30
    Lewat Solo – Ngawi – Madiun – Kediri
    Harga karcis Rp. 250.000
  • Harapan Jaya (Jakarta Rawamangun – Tulungagung)
    Jam berangkat dari Terminal Poris Tangerang pukul 13.20
    Harga karcis Rp. 280.000
  • Harapan Jaya (Tangerang – Blitar)
    Telepon 082112934133
    Jam berangkat dari Terminal Poris Tangerang pukul 11.30
    Harga karcis Rp. 305.000

Hotel di Tulungagung

Terdapat banyak hotel murah di Tulungagung. Namun ada juga beberapa hotel bintang tiga dan bintang empat yang terletak di pusat kota Tulungagung. Terdapat hotel bintang empat yang lokasinya sangat strategis, hanya berjarak 1 km dari alun-alun kota.

Hotel ini memiliki akses mudah menuju sejumlah objek wisata menarik di Tulungagung. Berikut daftar hotel di Tulungagung yang bisa anda inapi:

  • Narita Hotel Tulungagung, Jalan KH Agus Salim 87-89, Tulungagung, Indonesia, 66212
  • Hotel Surakarta 2, Jalan H.M Thamrin No.5, Tulungagung, Indonesia, 66251
  • Crown Victoria Hotel, Jl. Supriadi No. 41, Kec. Tulungagung, Tulungagung, Indonesia, 66218
  • Hotel Istana, Jalan K. H. Agus Salim No. 73 – 75 , Tulungagung, Indonesia, 66212
  • Hotel Surakarta 1, Jalan H.M Thamrin No 6-7, Tulungagung, Indonesia, 66251
  • Pama Hostel, Jalan Panglima sudirman Gang VIII No.16, Tulungagung, Indonesia, 66262
  • Swaloh Hill Resort, Swaloh Hotel Jl Raya Mulyosari Bendungan Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung, Indonesia, 66262
  • Malinda Indah Hotel, Jl. Jayeng Kusuma No. 04 Tulungagung, Tulungagung, Indonesia, 66251

Iklim di Tulungagung

Iklim adalah tropis di Tulungagung. Musim panas lebih banyak hujan daripada musim dingin di Tulungagung.

Bahasa Daerah di Tulungagung

Meski masyarakat Tulungagung menggunakan Bahasa Jawa dalam berkomunikasi, tetapi Tulungagung memiliki logat khas yang bisa membedakan orang Tulungagung dengan orang dari daerah lain yang juga menggunakan Bahasa Jawa.

Tempat Wisata di Tulungagung

Ada banyak tempat wisata di Tulungagung yang menarik. Mulai dari wisata Pantai Di Tulungagung, hingga wisata bukan pantai di Tulungagung. Jadi untuk yang suka dengan pantai, anda bisa mencoba mengunjungi satu dari sekian banyak pantai yang ada di Tulungagung. Beberapa diantaranya ada di bawah ini ya.

Wisata Pantai Di Tulungagung

Ada banyak tempat wisata di Tulungagung yang bisa dikunjungi. Faktanya, Tulungagung ini banyak memiliki objek wisata, terutama untuk wisata pantai, karena memang lokasinya di pesisir selatan Jawa. Berikut daftar tempat wisata di Tulungagung yang bisa anda kunjungi:

1. Pantai Popoh

Pantai ini berbentuk teluk dan memiliki ombak yang cenderung sangat tenang. Panorama di pantai ini sangat indah dengan keberadaan barisan pegunungan dan tebing-tebing karang terjal yang mengelilinginya. Pantai Popoh berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Tulungagung.

2. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun merupakan sebuah pantai berpasir abu-abu cenderung hitam yang berada di desa Ngrejo, kecamatan Tanggunggunung.

3. Pantai Sine

Lokasi Pantai Sine ada di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir.
Pada waktu-waktu tertentu, di pantai ini juga diadakan berbagai ritual seperti larung sesaji yakni semacam upacara adat untuk mengusir hal-hal buruk. Pagelaran seni wayang kulit kerap diselenggarakan di pantai ini pada malam satu suro.

4. Pantai Molang

Pantai Molang memiliki pemandangan yang cukup indah dengan pasir putih kecoklatannya. Lokasi pantai ini berada di perbatasan Blitar dan Tulungagung dan dapat diakses melalui dua daerah tersebut. Di Pantai Molang ini kita akan disuguhi apa yang menjadi ciri khas Pantai Selatan yakni ombak yang cukup tinggi.

Tulungagung ini memiliki banyak tempat wisata berupa pantai via @edysrs
Tulungagung ini memiliki banyak tempat wisata berupa pantai via @edysrs

5. Pantai Sanggar

Dengan pasir putih serta air lautnya yang terlihat sangat bersih, panti ini menjadi salah satu pantai paling cantik di Tulungagung. Pantai Sanggar berada di desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung. Tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini sehingga kita bisa merasakan suasana yang benar-benar natural. Lokasinya tidak mudah diakses.

6. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur adalah tetangga dekat dari Pantai Sanggar sehingga keduanya memiliki suasana dan pemandangan yang tidak jauh berbeda. Kedua pantai ini sama-sama berada di desa Jengglungharjo, kecamatan Tanggunggunung.

Pantai Molang adalah salah satu wisata pantai di Tulungagung yang cukup populer via @lb_laksono
Pantai Molang adalah salah satu wisata pantai di Tulungagung yang cukup populer via @lb_laksono

7. Pantai Coro

Karna Pantai Coro ini bukan termasuk tempat wisata komersial maka di sekitar pantai tidak ada fasilitas apapun. Untuk kendaraan kita bisa memarkirnya di sekitar Padepokan Retjo Sewu. Selanjutnya kita bisa berjalanan kaki sekitar 30 menit menuju pantai. Perjalanan menuju pantai ini melewati jalan setapak dan sebuah sungai kecil, menambah seru perjalanan Anda.

8. Pantai Lumbung

Pantai Lumbung memiliki pasir kecoklatan yang bersih dan menawan. Pasirnya cukup halus sehingga membuat kaki nyaman saat berjalan bertelanjang kaki di atasnya. Pantai ini ditandai dengan sebuah batu yang berdiri tegak seperti sebuah monumen. Pantai Lumbung merupakan tetangga dekat dari Pantai Molang yakni berada di desa Pucanglaban, kecamatan Pucanglaban.

9. Pantai Pathok Gebang

Di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang bentuknya seperti sebuah bendungan. Akses menuju pantai ini juga tidak mudah. Lokasi pantai ini berada di desa Jengglungharjo kecamatan Tanggunggunung.

10. Pantai Kedung Tumpang

Kedung Tumpang ini lokasinya cukup terpencil ya, di Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Sejatinya tempat wisata Kedung Tumpang yang ada di Tulungagung ini hanyalah sebuah gugusan karang dengan beberapa kolam yang terbentuk alami. Kolam alami tersebut terbentuk karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat, sehingga melubangi karang yang ada dan terbentuk kolam alami. Meski airnya air laut dan asin tapi terlihat sangat jernih.

Lokasinya searah dengan Pantai Molang. Akses menuju Kedung Tumpang hanya bisa menggunakan motor roda dua, dan perjalanan menuju pantai ini membutuhkan perjuangan berat, Anda mungkin akan perlu trekking sejauh kurang lebih satu kilometer.

Sementara Itu Untuk Wisata Di Tulungagung Bukan Pantai Adalah Sebagai Berikut

1. Air Terjun Lawean

Terletak di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Setibanya di area parkir kendaraan, Anda lanjut berjalan kaki sejauh 3 km, melintasi areal perbukitan dan menyebrangi sungai sebanyak 9 kali, menuntut kemampuan fisik yang cukup kuat.

2. Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo Tulungagung adalah sebuah wisata danau buatan yang berada di Desa Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung. Disebutkan kalau tempat wisata ini mirip dengan Ranu Kumbolo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berikut beberapa tempat wisata di Tulungagung lainnya yang bisa Anda kunjungi:

  • Pantai Sidem – Sekitar 30 menit dari kota tulungagung
  • Air Terjun Pandanwangi – Desa Ngelurup, Kecamatan Sendang
  • Goa Pasir – Desa Junjung Sumbergempol
  • Goa Tan Tek Sue – Desa Sendang, Kecamatan Sendang
  • Goa Selomangleng – Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu
  • Telaga Buret – Desa Sawo Kecamatan Campur Darat

Wisata Sejarah Di Tulungagung,

  • Candi Penampihan – Desa Geger Kecamatan Sendang
  • Candi Dadi – Desa Sanggrahan Kecamatan Boyolangu
  • Candi Boyolangu – Desa Boyolangu Kecamatan Boyolangu

Wisata Religi Di Tulungagung,

  • Masjid Agung Al Munawwar – Sebelah Barat Alun-alun Kota Tulungagung
  • Masjid Tiban – Desa Macanbang Kecamatan Gondang
  • Klenteng Tjoe Tik Kiong – Jl. Wr. Supratman 10 Kota Tulungagung

Tulungagung juga memiliki beberapa kesenian khas daerah yang mendukung pariwisatanya. Kesenian Jaranan dan Reog Kendang serta Wayang Kulit bahkan mendapat dukungan luas dari masyarakat setempat. Beberapa kesenian pendukung pariwisata tersebut adalah:

  • Wayang Kulit Purwo/Ringgit Purwo
  • Jaranan Sentherewe
  • Reog Kendang
  • Tiban
  • Jedor
  • Kentrung
  • Manten Kucing
  • Langen Beksan
  • Tayub Tulungagung
  • Turonggo Safitri Putro
  • Reog Ponorogo Cahaya Budaya

Mal di Tulungagung

  • Golden Mal, Jl. A. Yani Timur, Tulungagung, Jawa Timur
  • Belga Swalayan dan Apollo Galeria, Jl. KH. Agus Salim
  • Giant Supermarket Tulungagung, Jl. A. Yani 73

Museum di Tulungagung

Museum Wajakensis atau Museum Daerah Kabupaten Tulungagung
Jl. Raya Boyolangu Km. 4, Kompleks SPP/SPMA, Tulungagung
Tel. +62 355 321-962
Waktu Buka,
Minggu-Kamis: 07:00 – 15:00
Jumat: 07:00 – 11:00
Sabtu: 07:00 – 12:00
Minggu dan hari besar: Libur

Hiburan Malam di Tulungagung

  • Star Cafe & Karaoke, Jl Trunojoyo 30, Tulungagung
    082143078888
  • Raja Cafe & Karaoke, Jl Jayeng Kusuma 14, Tulungagung

Rekomendasi Kuliner Tulungagung Wajib Anda Coba

Tulungagung memiliki banyak jajanan khas juga kuliner khas. Beberapa kuliner khas Tulungagung yang bisa anda coba antara lain:

  • Sate dan Gule Kambing
  • Nasi Lodho Tulungagung
  • Sredek, Makanan yang terbuat dari gethuk singkong, kemudian digoreng
  • Kemplang, makanan yang terbuat dari ketela yang diparut dikasih bumbu-bumbu
  • Emping Melinjo, kerupuk melinjo
  • Kerupuk Gadung
  • Soto Ayam Kampung Tulungagung, banyak ditemui disekitar Kecamatan Kauman dan Kecamatan Gondang
  • Nasi pecel Tulungagung, nasi pecel dengan karakter sambal pecel seperti di daerah Kabupaten Blitar
  • Sompil, lontong diiris kemudian disiram dengan sayur lodeh
  • Lopis, makanan seperti lontong biasanya dicampur cenil, kicak atau gethuk dikasih larutan gula merah
  • Cenil Yang dibuat dari singkong
  • Kerupuk Rambak Tulungagung, kerupuk yang terbuat dari kulit sapi/kerbau. Sentra industri kerupuk ini ada di kawasan Botoran Panggungrejo kota, Sembung
  • Gethuk, singkong rebus
  • Srondeng, parutan kelapa yang digoreng dengan dibumbui
  • Jenang Syabun, jenang yang diolah dari beras ketan menjadi serupa dodol, jika berminat Anda bisa datang ke pabriknya di Desa Botoran.
  • Jenang Grendol, makanan terbuat dari tepung kanji
  • Geti, adalah nuget terbuat dari wijen kadang-kadang dicampur kacang
  • Kopi Cethe, ampas kopi yang dijadikan bahan pengoles rokok
  • Punten Pecel, Punten serupa dengan Jadah Brondong Ketan
  • Capar Tape, atau disebut tape pecel yang terbuat dari tape singkong
  • Glondhong Juruh,asli Sambitan, terbuat dari kukusan ketela pohon
  • Sego Bantingan, nasi bungkus yang dijual secara murah meriah
  • Gembrot, kuliner khas yang terbuat dari beberapa jenis dedaunan yang dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui
  • Gathot, makanan yang terbuat dari singkong yang direndam air garam kemudian dijemur hingga kering menjadi Gaplek
  • Klethek, merupakan makanan yang terbuat dari singkong yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti terasi dan kedelai.
  • Opak Pasir, adalah krupuk yang digoreng tanpa minyak diganti dengan pasir
  • Ayam Bakar Lodho Tulungagung
  • Ayam goreng Tulungagung

Rekomendasi Tempat Makan di Tulungagung

Beberapa tempat makan yang direkomendasikan untu Anda coba di Tulungagung. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Soto Ayam Kampung Pak Kasidi, Jalan Semeru , Kalangbret, Mojopanggung, Tulungagung, Jawa Timur
  • Waroeng Bima, Indonesian Restaurant, Jl. Dr. Soetomo No. 102 (Jl. Dr. Sutomo Gang 7), Tulungagung, Jawa Timur 66217, Telepon +62 355 321489
  • Tiga Dapur BATAVIA Resto, Jl supriadi, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Warung Mayar 36, Indonesian Restaurant, Jl. Letjend. Suprapto No. 108 (Kepatihan), Tulungagung, Jawa Timur 66212
  • Waroeng Kampoeng AG One, Indonesian Restaurant, Jl. MT. Haryono No. 77B (Bago), Tulungagung, Jawa Timur 66218, Telepon +62 355 7748889
  • Kedai Sate Kambing & Gulai Pak Nyoto, Indonesian Restaurant, Jl. WR. Supratman, Tulungagung, Jawa Timur
  • Nasi Pecel Mbok Mudin, Plosokandang, Tulungagung (buka pagi)
  • Nasi Botok Iwak Kali, Karangrejo, Tulungagung (buka malam)
  • Nasi Lodho Bu Mamik – Plosokandang
  • Nasi Lodho Sri Rejeki -Tapan
  • Nasi Lodho Sri Rejek – Beji
  • Nasi Lodho Sukoanyar – Pakel

Tips Liburan di Tulungagung

  • Untuk berwisata ke pantai sebaiknya Anda memakai sepatu karena jalannya mungkin agak curam. Pakailah pakaian sederhana yang tidak menghalangi gerak dan aktivitas Anda.
  • Bila hendak berwisata alam dan Anda harus parkir di lahan pertanian orang, berhati-hatilah agar tidak merusak tanaman yang ada, dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah kelestarian alam, jangan mencoret-coret atau membuat tulisan pada batu karang, pohon, atau sejenisnya agar tidak merusak kealamian alam.
  • Tips menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang yaitu usahakan datang pagi hari saat kondisi air laut masih surut agar anda bisa berenang di kedung-kedungnya yang indah, karena apabila air laut sudah mulai pasang maka ombaknya sangat kencang sehingga sangat berbahaya untuk berenang, sangat dsayangkan bila ke Kedung Tumpang tidak menyebur untuk berenang.
  • Persiapkan perbekalan yang cukup, makanan dan minuman juga peralatan, karena lokasi wisata banyak harus menempuh medan yang berat dan diperlukan kondisi fisik yang mendukung.

Alamat Rumah Sakit Di Tulungagung Untuk Keadaan Darurat

  • RSUD Dr Iskak Tulungagung
    Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Tulungagung 66224
    Telepon (0355) 322609
  • RS Putra Waspada Tulungagung
    Jl. Jayeng Kusumo RT 002 RW 006, Ngujang, Kedungwaru, Kecamatan Tulungagung, Jawa Timur 66226
    Telepon (0355) 322522
  • RSU Islam Orpeha
    Jl. KHR Abdul Fatah Batangsaren – Kauman Tulungagung
    Telepon (0355) 323186
  • RS Era Medika
    Jl. Raya Pulosari No. 15 Ngunut
    Telepon (0355) 396566

Leave a Reply