Panduan Tips Pergi Liburan Ke Solo

Kota Solo atau yang dikenal juga sebagai Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki slogan “The Spirit of Java”. Slogan tersebut menggambarkan semangat dan antusiasme masyarakat Kota Solo yang sangat besar dalam mewariskan kebudayaan Jawa Kuno secara turun temurun.

Kota Solo juga merupakan kota yang kental dengan sejarah dan budaya. Hal tersebut terkait dengan latar belakang Kota Solo yang didirikan dengan keberanian serta militansi Raja Pakubuwono II.

Sejarah Kota Solo juga tidak terlepas dari sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus dari Kerajaan Mataram Islam. Pewarisan tradisi budaya, bahasa, tarian, dan berbagai keunikan lainnya dikemas dan disampaikan oleh masyarakat Kota Solo dalam bentuk identitas berupa senyuman, semangat, serta perilaku yang baik.

Wilayah Utama Solo

Solo ini juga dikenal denan nama Surakarta via @feriysetiawan
Solo ini juga dikenal denan nama Surakarta via @feriysetiawan

Wilayah Kota Solo terbagi atas 5 kecamatan yaitu sebagai berikut.

  • Kecamatan Banjarsari
  • Kecamatan Jebres
  • Kecamatan Laweyan
  • Kecamatan Pasar Kliwon
  • Kecamatan Serengan

Sejarah Solo

Solo merupakan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota yang seluas 44 km2 ini memiliki penduduk sekitar 503.421 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 13.636/km2. Wilayah Kota Solo berbatasan dengan beberapa kabupaten yaitu sebagai berikut.

  • Sebelah Utara : Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali
  • Sebelah Timur : Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar
  • Sebelah Barat : Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar
  • Sebelah Selatan : Kabupaten Sukoharjo

Berdasarkan sejarahnya, wilayah Solo merupakan sebuah desa terpencil yang cukup tenang yang terletak sekitar 10 km di sebelah timur Kartasura yang merupakan ibukota dari Kerajaan Mataram Islam. Pada masa itu, Kerajaan Mataram Islam berada di dalam masa kepemimpinan Raja atau Sunan Pakubuwono II.

Solo atau Surakarta termasuk ke dalam wilayah Kerajaan Mataram Islam. Bahkan, Kota Solo atau Surakarta ini pernah menjadi pusat pemerintahan dari Kerajaan Mataram Islam. Adanya pengaruh propaganda dari Belanda mengenai kolonialisme membuat pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Islam terpecah menjadi dua yaitu di Surakarta dan di Yogyakarta.

Sekitar tahun 1742, terjadi pemberontakkan yang dilakukan oleh orang-orang Tionghoa yang ada di Kartasura. Mereka bermaksud untuk melawan kekuasaan Sunan Pakubuwono II. Keraton Kartasura pun hancur akibat pemberontakan tersebut sehingga Sunan Pakubuwana II harus mengungsi ke Ponorogo, Jawa Timur.

Kemudian, Sunan Pakubuwono II mendapatkan bantuan dari VOC untuk melawan pemberontakan yang dilakukkan oleh orang-orang Tionghoa. Atas bantuan tersebut, akhirnya Sunan Pakubuwono II berhasil merebut kembali Kartasura.

Akan tetapi, Keraton Kartasura yang terletak di Kota Solo atau Surakarta sudah terlanjur hancur akibat pemberontakan tersebut. Oleh karena itu, pada 18 Februari 1745, Sunan Pakubuwono II akhirnya mendirikan keraton atau kerajaan yang baru yang terletak di Surakarta, tepatnya di tepi Sungai Bengawan Solo, dengan jarak sekitar 20 km ke arah selatan timur dari wilayah Kartasura. Peristiwa tersebut sekaligus menjadi awal dari didirikannya Keraton Kasunanan Surakarta.

Nama “Surakarta Hadiningrat” pada Keraton Kasunanan yang baru tersebut diberikan dengan mengacu pada naluri leluhur. Selain itu nama tersebut memiliki makna yaitu nama “karta” berarti berisi harapan akan terciptanya negara yang tata tentrem karta rahraja (teratur, tertib, aman, dan damai).

Sementara itu, nama “sura” memiliki arti tekad dan keberanian yang kuat dalam menghadapi segala rintangan yang ada demi mewujudkan kehidupan yang indah. Nama “karta” itu sendiri merupakan wujud permohonan berkah dari para leluhur pendiri Kerjaan Mataram Islam. Dengan demikian nama “Surakarta” berarti adalah tekad dan keberanian yang kuat dalam menghadapi segala rintangan demi terciptanya negara yang teratur, tertib, aman, dan damai.

Kemudian, seiring berjalannya waktu, Surakarta disebut juga sebagai Kota Solo. Berdasarkan sejarahnya, dahulu di Surakarta terdapat banyak tanaman pohon Sala atau sejenis pohon pinus. Hal tersebut tertulis di dalam Babad Sengkala yang saat ini di simpan di Sasana Budaya Yogyakarta. Kata “Sala” berasal dari bahasa Jawa asli.

Di dalam bahasa Jawa, fonem /a/ pada kata “Sala” dilafalkan dengan /o/ sehingga menjadi “Solo”. Oleh karena itu, pada akhirnya, sebagian besar masyaratak mengenal wilayah Surakarta sebagai Kota Solo. Secara resmi, hari kelahiran Kota Solo adalah pada 18 Februari 1745.

Cara ke Kota Solo

Berikut ini adalah berbagai pilihan alat transportasi darat maupun udara untuk menuju Kota Solo.

1. Bus Antarkota

Anda dapat menggunakan bus antar kota untuk menuju Kota Solo. Dari terminal terdekat di wilayah tempat tinggal Anda, bus-bus antarkota menuju Kota Solo biasanya siap sedia untuk berangkat setiap harinya.

Jika Anda menggunakan bus antar kota untuk menuju Kota Solo, bus Anda akan tiba dan berhenti di terminal bus utama yaitu Terminal Bus Tirtonadi. Terminal ini beroperasi selama 24 jam dan merupakan terminal penghubung antara bus dari Jawa Barat, terutama Bandung, dan dari Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Banyuwangi.

Terminal Bus Tirtonadi memiliki suasana yang cukup nyaman dengan tempat duduk tunggu yang berjejer rapi, lantai yang bersih, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC).

2. Kereta Api

Kereta api adalah alat transportasi darat masyarakat dari Pulau Jawa untuk menuju Kota Solo. Hal tersebut disebabkan oleh harga tiket kereta api menuju Kota Solo relatif murah dan juga perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Kereta api yang membuka rute perjalanan menuju Kota Solo antara lain adalah Argo Dwipangga, Argo Lawu, Argo Dwipangga Fakultatif, Argo Wilis, Bima, Gajayana, Joglo Ekspres, Kalijaga, Kahuripan, KLB Joglokerto, dan Pasundan. Jika Anda menuju Kota Solo dengan menggunakan kereta api, kereta api Anda biasanya akan berhenti di Stasiun Solo Balapan yang merupakan pusat sekaligus stasiun terbesar di Kota Solo.

3. Mobil Pribadi

Untuk mengunjungi Kota Solo, Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi. Jika Anda berencana menggunakan mobil pribadi, menyetir secara pribadi, dan membawa turut serta keluarga Anda, pastikan mobil Anda dalam kondisi baik dan Anda dalam kondisi sehat untuk menyetir.

4. Pesawat

Bagi Anda yang ingin cepat sampai di Kota Solo, Anda dapat menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi Anda. Pesawat Anda akan mendarat di Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo yang terletak di Boyolali, Solo, Jawa Tengah.Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo melayani penerbangan maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air, khususnya untuk rute Jakarta-Solo PP.

Bagi Anda yang senang jalan-jalan terlebih dahulu, Anda juga bisa memilih mendarat di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kota Solo dari Yogyakarta dengan menggunakan taksi ataupun kereta komuter dengan biaya tiket sebesar Rp10.000. Jarak antara Yogyakarta menuju Solo adalah sekitar 60 km.

Transportasi di Kota Solo

Moda transportasi yang bisa dikendarai di Kota Solo via @yudhasyp
Moda transportasi yang bisa dikendarai di Kota Solo via @yudhasyp

Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Solo, Anda tidak perlu khawatir perihal transportasi karena kota ini menyediakan berbagai pilihan alat transportasi untuk Anda untuk berkeliling Kota Solo.

1. Batik Solo Trans (BST)

Batik Solo Trans (BST) merupakan alat transportasi darat milik pemerintah berupa Bus Rapid Transit berwarna biru tua dengan desain batik yang diluncurkan pada tahun 2010 lalu. Batik Solo Trans (BST) juga merupakan salah satu alternatif transportasi untuk bepergian dan mengelilingi Kota Solo dengan tarif yang relatif terjangkau yaitu Rp3.000 untuk umum dan Rp1.500 untuk pelajar. Batik Solo Trans juga melayani penumpang yang ingin menuju ke Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo.

Batik Solo Trans (BST) memiliki beberapa koridor yang melayani rutenya masing-masing yaitu sebagai berikut.

  1. Koridor 1 melayani rute dari Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo–Palur.
  2. Koridor 2 melayani rute dari Kartasura–Palur via Terminal Tirnonadi.
  3. Koridor 3 melayani rute Palur–Kartasura via Pasar Klewer.
  4. Koridor 4 melayani rute Kartasura–Solo Baru.
  5. Koridor 5 melayani rute Mojosongo–Solo Baru.
  6. Koridor 6 melayani rute Kadipiro–semanggi.
  7. Koridor 7 melayani rute Palur–Solo Baru.
  8. Koridor 8 melayani rute Palur–Kartasur.

2. Becak

Becak merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang bersifat ramah lingkungan dan menjadi ciri khas dari daerah Jawa, khususnya Jawa Tengah. Becak biasanya digunakan untuk bepergian ke tempat-tempat yang dekat saja misalnya ke tempat kuliner atau tempat wisata yang dekat dengan hotel tempat Anda menginap

3. Mobil & Motor Sewaan

Jika Anda menginginkan alat transportasi yang lebih fleksibel dan efektif, Anda bisa menyewa mobil atau motor di rental-rental penyewaan yang ada di Kota Solo. Jika Anda menyewa motor atau mobil tanpa supir, pastika

Hotel di Solo

Berbagai jenis hotel mulai dari hotel bintang lima hingga hotel murah meriah ada di Kota Solo. Berikut ini adalah beberapa jenis hotel yang ada di Solo yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Hotel Kelas Standar/Hotel Kelas Bawah/Hotel Budget

Hotel kelas standar/hotel budget biasanya lebih diminati oleh para backpaker dalam negeri maupun luar negeri yang ingin menekan sekaligus menghemat biaya penginapan. Hotel Budget ini biasanya juga menyediakan beberapa promo menarik dengan pelayanan yang baik dan harga yang terjangkau. Anda bisa memilih berbagai Hotel Budget yang sesuai dengan anggaran dan fasilitas yang Anda ingingkan.

Hotel Kelas Menengah

Hotel kelas menengah biasanya dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan beristirahat yang lebih dalam liburannya. Hotel kelas menengah biasanya meliputi hotel yang berbintang 2 hingga bintang 3. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan hotel kelas menengah biasanya sudah memenuhi standar pelayanan yang berkualitas.

Hotel Mewah

Hotel mewah merupakan kategori hotel untuk hotel berbintang 4 hingga bintang 5. Hotel mewah biasanya dipilih oleh para wisatawan yang tidak hanya menginginkan kenyamanan lebih, namun juga fasilitas yang mewah dan dapat memanjakan liburan para wisatawan ini.

Untuk daftar hotel di Solo yang direkomendasikan bisa anda temukan di bawah ini:

  • Brothers Inn, Jl. Raya Dlopo Blok GP 73 Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552
  • favehotel Adi Sucipto Solo, Adi Sucipto Street No 60, Banjarsari, Solo, Indonesia, 57139
  • Best Western Premier Solo Baru, Jl. Ir. Soekarno, Nampan, Madegondo, Grogol, Solo, Indonesia, 57552
  • Red Planet Solo, Jl. Dr. Soepomo No 49, Solo, Solo, Indonesia, 57125
  • favehotel Solo Baru, Jalan Ir Soekarno, Grogol, Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552
  • Lorin Solo Hotel, Jl. Adi Sucipto 47 Solo, Solo, Indonesia, 57174
  • The Alana Solo Hotel & Convention Center, Jalan Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar, Solo, Indonesia, 57174
  • Solo Paragon Hotel & Residences, Jl. Dr. Soetomo Surakarta, Solo, Indonesia, 57125
  • Syariah Hotel Solo, Jl. Adi Sucipto No. 47, Solo, Indonesia, 57174
  • Grand Orchid Hotel Solo, Jalan Gajah Mada No. 29 , Solo, Indonesia, 57131
  • Amaris Hotel Sriwedari, Jalan Kebangkitan Nasional No. 24, Solo, Indonesia, 57141
  • Hotel Brothers, Jl. Ir Soekarno Blok AC 25, Solo Baru, Solo, Indonesia, 57552
  • Pose In Solo, Jl. Monginsidi No. 125, Solo, Indonesia
  • Aston Solo Hotel, Jalan Slamet Riyadi No.373, Solo, Indonesia, 57147
  • Grand HAP Hotel, Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 331 Solo, Solo, Indonesia, 57142
  • Asia Hotel Solo, Jalan Monginsidi No.1 , Solo, Indonesia, 57128
  • Lampion Hotel Solo, Jl. Dr. Rajiman No. 289, Solo, Indonesia, 57141
  • Alila Solo, Jalan Slamet Riyadi No 562, Solo, Indonesia, 57144
  • Grand Sae Boutique Hotel, Jalan Sam Ratulangi No. 18 Solo, Solo, Indonesia, 57143
  • Horison Aziza Solo, Jalan Kapten Mulyadi No. 115 Pasar Kliwon Surakarta, Solo, Indonesia, 57133

Iklim di Solo

Kota Solo memiliki iklim muson tropis yaitu dengan suhu rata rata 30 derajat celcius dan suhu tertinggi adalah 32,5 derajat celcius. Sementara itu, musim di Solo sama halnya dengan di kota-kota lain di Indonesia, yaitu musim hujan dimulai dari bulan Oktober hingga Maret sedangkan musim kemarau dimulai dari bulan April hingga September.

Bahasa Daerah di Solo

Bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat di Kota Solo adalah bahasa Jawa dengan dialek Mataraman dengan varian Solo. Varian Solo atau Surakarta ini adalah variasi bahasa yang disesuaikan dengan wilayah setempat. Dengan kata lain, bahasa Jawa dialek Mataraman yang digunakan di Solo lebih halus atau kromo.

Mulai dari pilihan kata, struktur kalimat, hingga cara penyampaiannya. Akan tetapi, masyarakat Solo juga tetap memahami dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, terlebih lagi jika mitra tuturnya tidak mengerti bahasa Jawa atau berasal dari suku lain.

Tempat Wisata di Solo

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang ada di Kota Solo

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat yang menjadi ciri khas sekaligus identitas dari Kota Solo. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo tanpa mengunjungi keraton yang didirikan oleh Sultan Pakubuwono sejak 1745 Masehi ini.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terbuka untuk umum atau siapa saja yang ingin melihat keindahan keraton ini. Keraton ini menawarkan dan menyajikan wisata budaya serta sejarah yang menarik. Anda dapat merasakan suasana kerajaan yang kental sekaligus melihat benda-benda koleksi keraton serta beberapa benda bersejarah lainnya yang merupakan peninggalan Belanda. Anda juga dapat melihat langsung pelataran pendopo keraton ini yang berpasir yang konon pasir tersebut diambil langsung dari Gunung Merapi serta Laut Selatan.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memiliki aturan hari dan jam kunjungan sebagai berikut.

  • Senin–Kamis : Jam 09.00–14.00 WIB.
  • Sabtu dan Minggu : Jam 09.00–15.00 WIB.
  • Jumat : tidak buka/tutup.

Berikut ini adalah harga tiket masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

  • Domestik : Rp4.000 per orang.
  • Mancanegara : Rp8.000 per orang.

Pandawa Water World

Pandawa Water World merupakan tempat rekreasi air yang baru dan satu-satunya di Kota Solo. Pandawa Water World berlokasi di Komplek Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, atau sekitar 4 km dari Kota Solo.

Pandawa Water World menawarkan pengalaman bermain air dengan fasilitas menarik dan lengkap bagi Anda dan keluarga. Desain dan fasilitas yang dimiliki Pandawa Water Wolrd berkelas internasional namun tetap memasukkan unsur budaya Jawa ke dalamnya.

Unsur budaya Jawa ditampilkan salah satunya melalui tokoh pewayangan jawa bernama Pandawa yang menjadi ikon besar dari tempat rekreasi air ini. Tidak hanya Pandawa, beberapa tokoh pewayangan lainnya juga turut dimasukkan menjadi nama dan ikon beberapa wahana seperti Kresna Wave Pool dan Gatotkaca Bungy Tower.

Di Pandawa Water World terdapat 27 wahana air antara lain adalah Action River, Kresna Wave Pool, Black Hole Slide, Fantastic Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower, dan masih banyak yang lainnya. Setiap wahana air yang ada di Pandawa Water World dijaga oleh 2 orang life guard sehingga aman untuk anak-anak yang ingin bermain. Fasilitas lainnya yang dimiliki Pandawa Water World adalah fasilitas fooodcourt yaitu salah satunya dalah Drupadi Food Servery.

Harga tiket masuk Pandawa Water Wolrd adalah sekitar Rp50.000 untuk hari Senin sampai dengan Jumat dan sekitar Rp100.000 untuk hari Sabtu dan Minggu. Jika Anda berkunjung ke Solo, tidak ada salahnya untuk berkunjung dan bermain di Pandawa Water World.

Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan salah satu pasar tradisional tertua dan terbesar yang ada di Kota Solo. Pasar Klewer menyediakan sekaligus menawarkan beraneka jenis batik khas Solo dengan motif yang variatif yang akan memanjakan mata Anda. Beberapa motif batik Solo yang terkenal di antaranya adalah batik motif Sido Asih, batik motif Ratu Ratih, dan batik motif Parangkusumo. Selain karena motifnya yang bagus, kepopuleran ketiga batik tersebut juga disebabkan oleh makna dan sejarah yang terkandung di dalam motif tersebut.

Anda dapat menjumpai batik dengan motif tersebut di Pasar Klewer. Biasanya, batik-batik di Pasar Klewer dijual dengan harga yang murah namun kualitasnya tetap baik. Selain itu, Anda juga dapat memuaskan hobi kuliner Anda di Pasar Klewer. Banyak makanan khas Solo yang dijajakan oleh pedagang di Pasar Klewer salah satunya adalah Tengkleng yang berbahan dasar daging kambing.

Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan air terjun yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini merupakan salah satu wisata alam yang paling terkenal di Kota Solo yang berada di sisi barat Gunung Lawu atau sekitar 37 km dari sebelah timur Kota Solo.

Air terjun ini memiliki volume air yang cukup fantastis dengan ketinggian kurang lebih sekitar 81 meter. Selain itu, pemandangan alamnya yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun ini.

Gorojogan Sewu Tawanmangu wajib menjadi salah satu daftar destinasi wisata alam Anda selama berada di Kota Solo. Selain pesona alam dan air terjunnya yang indah, Grojogan Sewu Tawangmangu juga memiliki berbagai fasilitas dan wahana lainnya seperti Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Harga tiket masuk air terjun ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp18.000 per orang.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari Solo via @kamekameraa
Taman Sriwedari Solo via @kamekameraa

Taman Sriwedari merupakan sebuah kompleks taman yang berlokasi di Kecamatan Lawiyan, Kota Solo. Taman Sriwedari dibangun oleh Sunan Pakubuwono X yang terinspirasi dari adanya mitos tentang sebuah taman yang ada di surga. Pada awalnya, taman ini dibangun sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat beristirahat bagi keluarga kerajaan. Seiring berjalannya waktu, Taman Sriwedari terus dikembangkan hingga menjadi sebuah taman rekreasi yang terbuka untuk umum.

Taman Sriwedari memiliki beberapa fasilitas hiburan baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak, kios penjualan suvenir, dan restoran-restoran. Selain itu, di Taman Sriwedari juga terdapat pertunjukan wayang orang yang diselenggarakan di Gedung Wayang Orang (GWO). GWO berada di dalam Taman Sriwedari.

Di gedung ini sering diselenggarakan berbagai pertunjukan daerah salah satunya adalah pertunjukan wayang orang yang menyajikan cerita wayang yang berdasarkan pada cerita Ramayana dan Mahabarata. Selain itu, di beberapa kesempatan, di gedung ini juga diselenggarakan pertunjukan wayang orang hasil kolaborasi seniman-seniman Sriwedari dengan wayang orang RRI Surakarta dan dengan seniman-seniman lain dari berbagai kota. Tidak hanya wayang orang, pertunjukan wayang kulit juga sering diselenggarakan di GWO.

Taman Sriwedari dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuk Taman Sriwedari juga relatif murah dan sangat terjangkau yaitu sekitar Rp3.000. Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk datang ke Taman Sriwedari. Selain mendapatkan suasana yang berbeda dan harga yang murah, Anda juga dapat menyaksikan kesenian Jawa berupa pertunjukan wayang orang dan wayang kulit yang sering diselenggarakan di taman ini.

Shasra Adhi Pura

Shasra Adhi Pura merupakan sebuah kompleks candi Hindu yang berlokasi sekitar 5 km di sebelah timur Kota Solo. Kompleks candi Hindu ini dipenuhi dengan bangunan kuil untuk semua dewa yang dipercaya dan disembah oleh orang Jawa yang beragama Hindu. Sebagai representasi dari masing-masing dewa, setiap bangunan kuil memiliki relief batu dan diletakkan sebuah patung dewa.

Selain sebagai pura atau tempat berdoa dan beribadah, kompleks candi Shashra Adhi Pura seringkali digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai acara seperti pertemuan komunitas-komunitas yang ada di Kota Solo, perayaan berbagai hari raya umat Hindu, upacara persembahan, hingga pertunjukan orkestra dari gamelan Jawa.

Di Shasra Adhi Pura terdapat sekitar 50 buah miniatur dari bangunan kuno yang ada di seluruh penjuru dunia. Miniatur bangunan kuno tersebut antara lain adalah miniatur bangunan Candi Borobudur yang aslinya terdapat di Magelang, miniatur Piramida CHicen Itza yang aslinya terdapat di Meksiko, miniatur Stonehenge yang aslinya terdapat di Inggris, miniatur bangunan Kuil Mnajdra yang aslinya terdapat di Pulau Malta, miniatur Piramida Agung Giza yang aslinya terdapat di Mesir, miniatur Serpent Mound yang aslinya terdapat di Amerika serikat, miniatur lukisan batu dari Tassisi Najjer, miniatur Axum Eturgin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lima puluh miniatur bangunan kuno ini dibangun di atas lahan luas terbuka dengan ukuran yang lebih kecil dari aslinya namun tetap proporsional. Selain itu, miniatur-miniatur tersebut juga dibangun dengan posisi dan arah yang sesuai dengan arah matahari, bintang, dan bulan, sehingga dapat berfungsi sebagai penunjuk posisi matahari.

Bagi Anda yang ingin berwisata budaya dan sejarah, Anda wajib mengunjungi Shasra Adhi Pura. Selain dapat melihat sendiri minatur-miniatur bangunan kuno yang menganggumkan, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah di sekitar kompleks candi.

Mal di Solo

Bagi Anda yang ingin wisata belanja di Kota Solo, berikut ini adalah beberapa pusat perbelanjaan modern atau mal yang ada di Kota Solo.

Solo Grand Mall

Solo Grand Mall berlokasi di Jalan Slamet Riyadi nomor 273. Solo Grand Mall merupakan pusat perbelanjaan di Solo yang pertama kali dibuka dalam konsep modern atau konsep mal. Mal ini memiliki 4 lantai dan menyediakan aneka barang-barang murah seperti suvenir, pakaian, dan lain sebagainya.

Solo Square

Solo Square berlokasi berlokasi di Jalan Slamet Riyadi nomor 451-455. Solo Square merupakan mal kedua yang buka di Kota Solo. Mal ini juga memiliki 4 lantai yang diisi oleh berbagai toko atau tenant multinasional seperti Bioskop XXI, Pizza Hut, Excelso Cafe, J.Co, KFC, Gramedia, dan Sports Station.

Solo Paragon Mall

Solo Paragon Mall berlokasi di Jalan Yosodipuro nomor 133. Solo Paragon Mall merupakan pusat perbelanjaan modern yang bersegmen menengah ke atas. Hal ini terlihat dari berbagai tenant mewah yang mengisi mal ini yaitu antara lain Black Canyon Coffe, Katsu Tei, Erha Apothecary, Princess Syahrini Karaoke, serta bioskop XXI yang memiliki fasilitas The Premiere dan Seven Billion Shines. Hal yang membedakan mal ini dengan mal lainnya adalah adanya konsep food corridor. Di sepanjang food coridor, Anda dapat menemukan spot-spot makanan mewah dan enak yang dapat anda cicipi satu per satu.

Hartono Mall

Hartono Mall berlokasi di Jalan Ir. Soekarno. Mal ini menjadi tempat hangout para remaja di Kota Solo karena tenant yang ada di mal ini memiliki harga yang relatif terjangkau dan murah. Misalnya saja, harga tiket di Bioskop Platinum yang ada di mal ini adalah sekitar Rp15.000 untuk hari Senin hingga Kamis.

The Park Solo

The Park Solo juga berlokasi di Jalan Ir. Soekarno. The Park Solo merupakan mal yang muncul terakhir di Kota Solo dan bersegmen kalangan menengah ke atas. Berbagai tenant brand internasional hadir mengisi mal ini yaitu di antaranya adalah Hammer, Hush Puppies, Etude House, dan Centro. Mal ini juga seringkali menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event besar.

Tidak hanya itu, di mal ini juga terdapat banyak tenant yang menyajikan tempat untuk minum kopi seperti My Kopi O!, Liberica Coffee, Starbucks, J.Co, Killiney Kopitiam, HOB, Old Town White Coffee, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak jarang mal ini dijuluki sebagai surga bagi para penikmat dan pencinta kopi.

Museum di Solo

Kota Solo juga memiliki tempat wisata budaya dan sejarah yang berupa museum yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini beberapa museum yang ada di Kota Solo.

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi batik dari seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, di museum ini juga terdapat outlet yang menjual batik bermerek Danar Hadi yang merupakan merek batik ternama di Kota Solo. Bagi Anda yang berkunjung ke museum ini, Anda tidak hanya berwisata budaya dan sejarah, melainkan juga dapat membeli batik Danar Hadi sebagai buah tangan untuk kerabat Anda.

Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka juga berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Museum ini didirikan pada tahun 1980 oleh Kanjeng Adipati Sosroningrat IV. Sekitar tahun 1913, museum ini dipindahkan lokasinya ke Loji Kadipolo yang merupakan bekas kediaman seorang berkebangsaan Belanda yaitu Johanners Busselaar.

Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah yang bernilai historis tinggi seperti batu bertulis, Lingga dan Yoni, arca dewa dan dewi agama Hindu yanng berumur ratusan tahun, perabot antik, dan puluhan wayang kulit kuno. Semua benda tersebut disusun rapi dan diletakkan di bagian depan museum.

Sementara itu, di bagian tengah bangunan museum terdapat beberapa kamar berukuran besar yang setiap kamarnya diisi oleh benda-benda seperti keris, porselen, guci, kristal antik, hingga koleksi manuskrip dari abad ke-17 hingga abad ke-19. Manuskrip-manuskip yang ada di museum ini antara lain adalah manuskrip Jawa Carik, Babad Mataram, Kawruh Empu, Kitab Pararaton, buku-buku peninggalan Belanda seperti De Java-Oorlog Van 1825 – 1830, dan manuskrip kuno lainnya yang semuanya dirawat dengan baik.

Museum Radya Pustaka dibuka untuk umum setiap hari Selasa sampai dengan Sabtu mulai pukul 08.30–14.00 WIB dan khusus hari Jumat hanya sampai pukul 11.00 WIB. Harga tiket masuk museum ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp5.000 per orangnya. Bagi Anda yang berencana mengunjungi Kota Solo, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk datang ke museum ini.

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional berlokasi di Jalan Gajah Mada nomor 59. Banyak orang yang mengira bahwa monumen yang juga museum ini adalah candi yang berada di tengah kota karena bentuk bangunannya yang menyerupai Candi Borobudur. Pada awalnya, monumen ini bernama Gedung Societeit Sasana Soeka yang dibangun pada tahun 1918 atas prakarsa dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII bersama seorang arsitek yang bernama Abukasan Atmodirono.

Gedung Societeit Sasana Soeka merupakan gedung yang menjadi saksi bisu dari lahirnya radio kaum pribumi, Solosche Radio Vereeninging, yang didirikan pada tahun 1933 dengan semangat kebangsaan. Gedung ini juga menjadi tempat dari terbentuknya organisasi kewartawanan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) pada 9 Februari 1946.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan melalui sejarah yang cukup panjang khususnya di bidang media massa, pada tahun 1978 tepat di hari ulang tahun yang ke-32, Gedung Societeit Sasana Soeka berganti nama menjadi Monumen Pers Nasional dan diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto.

Selain sebagai monumen, Monumen Pers Nasional juga merupakan museum khusus yang menyimpan banyak koleksi yang berhubungan dengan media massa atau pers. Di monumen ini, Anda dapat menemui berbagai koleksi mulai dari surat kabar yang masih ditulis tangan sampai dengan surat kabar yang dicetak dengan mesin cetak yang ada sejak zaman kemerdekaan.

Cetakan pertama surat kabar Kedaulatan Rakyat juga disimpan di monumen ini. Selain itu, monumen atau museum ini juga memiliki koleksi pemancar radio kuno yang pernah digunakan saat terjadi Perang Gerilya pada tahun 1948–1949. Pada masa itu, pemancar radio kuno ini dikenal dengan sebutan Pemancar Radio Kambing.

Monumen Pers Nasional menyimpan banyak koleksi yang berhubungan dengan media massa ( pers ). Surat kabar yang masih ditulis tangan sampai surat kabar yang sudah menggunakan mesin cetak di zaman kemerdekaan bisa ditemui di sini. Selain cetakan pertama surat kabar Kedaulatan Rakyat, museum juga mempunyai koleksi pemancar radio kuno yang pernah digunakan saat perang gerilya tahun 1948-1949 yang dikenal dengan sebutan Pemancar Radio Kambing.

Monumen Pers Nasional dibuka untuk umum setiap hari dari Senin sampai dengan Minggu mulai pukul 09.00–14.30 WIB.

Hiburan Malam di Solo

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana Kota Solo di malam hari, berikut ini beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi di Solo pada malam hari.

Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo berlokasi di Jalan Diponegoro tepatnya di depan Pura Mangkunegaran dan berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Pada awalnya, Jalan Diponegoro ini merupakan area yang tidak tertata dengan baik. Seiring berjalannya waktu, pemerintah setempat kemudian mengubah jalan ini menjadi kawasan yang sangat nyaman untuk berkumpul yang diberi nama Ngarsopuro Night Market Solo.

Di Ngarsopuro Night Market ini banyak para pedagang yang menjajakan dagangannya mulai dari barang-barang khas Solo seperti batik, aneka suvenir, mainan, hingga makanan dan minuman. Harga yang ditawarkan oleh para pedagang ini pun beraneka ragam dan biasanya masih relatif murah dan terjangkau.

Ngarsopuro Night Market hanya ada setiap hari Sabtu dan Minggu dan hanya berlangsung sekitar 4 jam saja yaitu mulai pukul 19.00–21.00 WIB. Sementara itu, pada hari biasa yaitu Senin sampai dengan Jumat, tempat ini tetap ramai dikunjungi anak-anak muda untuk sekadar nongkrong atau hangout.

Gladag Langen Bogan (GALABO)

Gladag Langen Bogan (Galabo) adalah tempat wisata kuliner malam yang ada di Kota Solo yang berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo tepatnya di depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Area Galabo Solo ini diresmikan oleh pemerintah setempat pada 13 April 2008. Pada siang hari, area Galabo ini merupakan jalan raya sedangkan malam harinya area ini jalan tersebut ditutup untuk diubah menjadi area para pedagang kuliner. Galabo Solo selalu ramai pengunjung baik masyarakat Solo sendiri maupun wisatawan dari luar Kota Solo.

Di Galabo terdapat banyak pedagang yang menjual kuliner khas Solo seperti tengkleng, sate kere, mi thoprak, wedang ronde, wedang dongo, bistik, angkringan, bandeng bakar, soto, timlo, gudek, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya itu, area Galabo Solo ini juga menyediakan fasilitas hotspot dan sajian musik live yang dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo tanpa merasakan kuliner khas setempat. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mengunjungi area Galabo Solo ini. Galabo Solo ini juga tidak pernah sepi pengunjung.

Rekomendasi Makanan dan Tempat Makan di Kota Solo

Ada banyak banget kuliner solo yang bisa anda coba. Beberapa bisa anda temukan di bawah ini:

Suasana Imlek di Pasar Gede, Solo via @wimardywijaya
Suasana Imlek di Pasar Gede, Solo via @wimardywijaya

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah salah satu kuliner khas Solo yang tidak sulit untuk ditemukan. Di sepanjang jalan di Kota Solo, Anda akan menjumpai banyak warung makanan yang menyajikan menu nasi liwet. Keistimewaan nasi liwet khas Solo terletak di nasi yang pulen yang dilengkapi dengan irisan telur, suwir ayam yang gurih, tahu bumbu kuning, sayur labu siam, dan ampas santan.

Nasi liwet ini kemudian disajikan di atas lembaran daun pisang. Kuliner ini dijamin dapat menggugah selera makan Anda. Harga seporsi nasi liwet ini biasanya relatif murah yaitu berkisar antara Rp10.000 sampai Rp20.000 tergantung lauk yang Anda pilih.

Tengkleng Bu Edi

Tenkleng Bu Edi berlokasi tepat di bawah gapura Pasar Klewer Solo. Tengkleng merupakan menu olahan berbahan dasar daging, tulang belulang, dan jeroan kambing yang disiram dengan kuah kuning encer yang gurih. Tengkleng Bu Edi merupakan warung makan yang cukup terkenal di Solo dan selalu padat pengunjung. Bagi Anda pecinta makanan berbahan dasar daging kambing, Anda tidak boleh melewatkan kuliner ini. Satu porsi tengkleng dihargai sekitar Rp18.000.

Warung Timlo Sastro

Warung Timlo Sastro berlokasi di sebelah timur Pasar Gede Solo. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB. Warung ini menyajikan timlo yaitu makanan berkuah yang mirip dengan soto namun kuahnya bening dengan isi telur ayam pindang dan jeroan ayam seperti ampela dan dimakan dengan satu piring nasi. Satu porsi timlo komplit dihargai sekitar Rp15.000.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman berlokasi di Jalan Mohammad Yamin nomor 28. Warung serabi ini sudah berdiri sejak tahun 1923. Rasanya yang manis dan gurih serta tekstur serabinya yang lembut dengan berbagai varian rasa membuat Serabi Notosuman selalu ramai pengunjung. Satu buah serabi dihargai sekitar Rp2.000.

Pecel Ndeso

Pecel Ndeso berlokasi di Jalan Dr. Soepomo nomor 55. Menu makanan andalan di Pecel Ndeso adalah nasi merah yang dipadukan dengan daun kenikir, daun bayam, kembang turi, yang semuanya dicampur dengan sambal kacang yang memiliki rasa manis dan pedas. Harga satu porsi nasi pecel ini cukup murah yaitu sekitar Rp4.000.

Gudeg Ceker Bu Kasono

Gudeg Ceker Bu Kasno berlokasi di Jalan Wolter Mongonsidi. Warung gudeg ini hanya buka pada malam hari yaitu sekitar pulu 19.00 WIB. Ceker ayam menjadi makanan pelengkap andalan di warung ini yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker ini memiliki tekstur yang lunak dan rasa yang gurih karena direbus dengan santan dalam waktu yang lama. Tidak lupa juga tambahan sambal goreng krecek untuk menemani satu porsi gudeg ceker. Satu porsi gudeg ceker dihargai sekitar Rp15.000.

Aneka Jajanan Pasar

Bagi Anda yang ingin mencicipi aneka jajanan pasar khas Kota Solo, Anda dapat mengunjungi Pasar Jongke di Jalan Dr. Radjiman dan juga Pasar Singosaren di Jalan Kalilarangan.

Susu Segar Boyolali

Susu murni khas Boyolali dapat Anda jumpai di sepanjang Jalan Ir. Sutami, Jalan Veteran, dan Jalan Dr. Rajiman. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak pedagang yang menjual susu segar khas Boyolali dalam berbagai varian rasa seperti stroberi, coklat, dan jahe. Satu gelas susu murni khas Boyolali ini relatif murah yaitu sekitar Rp3.500 sampai dengan Rp.4.000.

Dawet Ayu Pasar Gede

Kuliner dawet ayu yang dijual di Pasar Gede merupakan salah satu kuliner favorit di Kota Solo. Di sepanjang jalan Pasar Gede, Anda akan menjumpai banyak pedagang yang menjual dawet ayu khas solo ini. Dawet ayu yang ada di Pasar Gede ini berbeda dengan dawet yang ada di tempat lainnya. Satu mangkuk dawet ayu yang ada di Pasar Gede ini berisi ketan hitam, bubur sumsum, dawet hijau, telasih, kemudian diberi capuran santan dan disiram dengan sirup gula cair dan ditambah dengan es batu. Anda juga dapat meminta tambahan tape ketan sesuai selera. Satu mangkuk es dawet ayu di Pasar Gede biasanya dihargai sekitar Rp5.000.

Sate Buntel

Warung sate buntel berlokasi di Jalan Sutan Syahrir nomor 39. Sate buntel merupakan salah satu kuliner khas Kota Solo yang berbahan dasar daging kambing. Daging kambing ini diberi merica dan bumbu bawang kemudian dibungkus dengan lemak kambing dan ditusuk kemudian dibakar. Satu porsi sate buntel disajikan dengan bumbu kecap yang dilengkapi dengan irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol, dan tomat.

Tips Wisata di Kota Solo

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang akan berkunjung ke Kota Solo.

  1. Sebelum berkunjung ke Kota Solo, Anda sebaiknya menyusun rencana perjalanan (itinerary) Anda terlebih dahulu. Anda dapat melakukan pencarian (browsing) di internet untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengenai Kota Solo dan hal-hal atau tempat-tempat menarik yang akan Anda kunjungi. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda selama berada di Kota Solo dan nantinya.
  2. Untuk berkeliling Kota Solo, Anda dapat juga meminta bantuan petugas hotel tempat Anda menginap untuk menyewa kendaraan yang akan digunakan selama berada di kota ini.
  3. Jika Anda ingin menyewa motor untuk berkeliling Kota Solo, demi keselamatan Anda sendiri, sebelumnya pastikan Anda memakai helm dan memiliki SIM.
  4. Perjalanan Anda di Kota Solo akan lebih menyenangkan jika bertepatan dengan acara tahunan seperti Solo Batik Carnival dan Upacara Sekaten.
  5. Jika Anda berencana untuk berwisata kuliner di Solo, sebaiknya anda harus cermat memilih makanan dan tempat untuk berwisata kuliner agar kesehatan Anda tetap terjaga.
  6. Jika Anda berkunjung ke Kota Solo dengan menggunakan kendaraan pribadi atau bus, Anda sebaiknya melewati rute Semarang, Salatiga, Boyolali, Kartasura, dan Solo. Jika Anda dari arah timur, Anda bisa melewati jalur provinsi yaitu Surabaya, Madiun, Ngawi, Sragen, dan Solo. Jika Anda dari arah barat, Anda bisa melewati jalur Kota Yogyakarta, Klaten, dan kemudian Solo dengan waktu tempuh sekitar 90 menit.

Hal Penting Perlu Anda Tahu di Solo

Berikut ini adalah beberapa alamat dan nomor telepon penting yang perlu Anda ketahui selama berada di Kota Solo.

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi nomor 275. Nomor telepon: (0271) 711435.

  • Ambulans (118)
  • Polisi (110)
  • Surakarta Police Station

Berlokasi di Jalan Slamet Riyadi.

Nomor telepon ( 376) +62 271 740683, +62 271 713003.

  • Pemadam Kebakaran (655-772)
  • Stasiun KA Balapan (714-039)
  • Pengaduan Kebersihan (713-495)
  • Pelayanan Pemakaman (655-398)
  • Gangguan Keamanan (714-352)

Berikut ini adalah daftar rumah sakit dengan pelayanan 24 jam (UGD) di Kota Solo.

  • RSUD Moewardi

Berlokasi di Jalan Kol. Sutarto 132 (nomor telepon: +62 271 634634).

  • RS Dr. Oen I

Berlokasi di Jalan Brigjen Katamso nomor 55 (nomor telepon: +62 271 643139).

  • RS Dr. Oen II

Berlokasi di Kompleks Perumahan Solo Baru (nomor telepon: +62 271 620220).

  • RS Kasih Ibu

Berlokasi di Jalan Slamet Riyadi nomor 354 (nomor telepon: +62 271 714422).

  • RS Panti Waluyo

Berlokasi di Jl Ahmad Yani nomor 1 (nomor telepon: +62 271 712077).

  • RS Brayat Minulyo

Berlokasi di Jalan Dr. Setiabudi nomor 106 (nomor telepon: +62 271 716646).

Leave a Reply