Panduan Tips Pergi Liburan Ke Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu monument terbesar di dunia. Dibangun pada abad ke tujuh. Keseluruhan bentuk bangunan candi menyerupai bunga teratai atau lotus, bunga yang dianggap suci oleh umat Buddha. Candi yang terletak di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang ini dikelilingi oleh gunung, yaitu Gunung Merbabu di sebelah timur, Gunung Merapi di sebelah barat laut, Gunung Sumbing di sebelah selatan, dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan terbesar Dinasti Kerajaan Syailendra yang memeluk Agama Buddha, pada masa kekuasaan Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini dibangun pada tahun 824, dengan lama pembangunan sekitar 100 tahun, dan hingga saat ini telah mengalami dua kali pemugaran. Pemugaran pertama di tahun 1907 – 1911 oleh Theodorus Van Erp pada masa kolonial Belanda, dan yang kedua di tahun 1973 – 1983 oleh Presiden Soeharto dibantu Unesco. Candi ini dibangun 300 tahun lebih dulu dibandingkan Angkor Wat di Kambodja.

Candi yang merupakan warisan budaya dunia ini terdiri dari 72 stupa terawang, satu stupa induk, dan 504 patung arca, dengan tinggi candi 42 meter sebelum pemugaran. Relief-relief yang terukir pada batu candi berjumlah 1460 dan menceritakan tentang kehidupan. Candi Borobudur sendiri dibangun menggunakan batu-batu vulkanik berjumlah lebih dari dua juta batu, yang disusun dengan pola kepunden berundak.

Nama Borobudur terambil dari kata Boro yang artinya kuil atau candi, dan Budur yang artinya bukit. Maka Borobudur dimaksudkan sebagai candi di atas bukit. Penamaan ini disebutkan pertama kali oleh Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya berjudul Sejarah Pulau Jawa.

Candi Borobudur terbagi dalam tiga bagian falsafah Buddhis, yang dapat Anda telusuri dari dasar candi menuju ke puncak, dengan melewati 10 tingkatan candi. Tiga bagian falsafah tersebut yakni, Kamadhatu (dunia keinginan), Rupadhatu (dunia berbentuk), dan Arupadhatu (dunia tak berbentuk).

Borobudur adalah candi buddha terbesar di Indonesia via @lucas_in_china
Borobudur adalah candi buddha terbesar di Indonesia via @lucas_in_china

Banyak misteri tersimpan pada Candi Borobudur yang hingga kini belum bisa terungkap secara pasti. Namun, kemegahan dan keajaibannya sungguh mempesona hingga pengunjung akan selalu tertarik melihatnya, meski sudah berkunjung berkali-kali. Harga tiket masuk kompleks Candi Borobudur adalah Rp. 30.000 untuk pengunjung lokal, dan Rp. 135.000 untuk turis asing.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur adalah pagi dini hari. Pintu gerbang dibuka mulai pukul 6 pagi. Keindahan panorama gunung-gunung berapi yang mengelilinginya terlihat jelas meski kadang-kadang kabut menyelimutinya hingga pukul 8 pagi. Pengunjung berjalan sejauh 500 meter ke dasar bukit lalu menanjak beberapa langkah untuk mencapai kaki candi. Untuk menyaksikan matahari terbit, Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau bermalam di hotel-hotel di kawasan Borobudur.

Wilayah Utama Borobudur

Batas-batas wilayah Desa Borobudur antara lain,

  • Sebelah Utara: Desa Bumiharjo dan Sungai Progo yang berbatasan dengan Kec. Mungkid
  • Sebelah Timur: Desa Wanurejo
  • Sebelah Selatan: Desa Tuksongo
  • Sebelah Barat: Desa Karangrejo dan Desa Wringin Putih

Sejarah Borobudur

Menurut Prasasti Karangtengah dan Kahulunan, bisa diperkirakan kalau pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno di masa Dinasti Syailendra yang bernama Samaratungga, pada tahun 824 M. Beberapa sejarawan menduga candi ini dulunya adalah biara Buddha. Dalam Bahasa Sansekerta disebut “Vihara Buddha Uhr” yang berarti “Biara Buddha di Bukit”, dan kemudian dinamakan Borobudur.

Luas area candi berukuran 123 x 123 meter, dan ternyata didirikan di tengah-tengah danau purba yang dulunya adalah muara berbagai aliran sungai. Lama kemudian danau itu tertimbun endapan lahar dari gunung-gunung di sekitarnya lantas menjadi dataran. Di akhir abad ke-8, Raja Samaratungga membangun Candi Borobudur dengan memerintahkan seorang arsitek bernama Gunadharma, dan pembangunan terus berlangsung hingga selesai.

Berabad-abad lamanya, kemegahan Borobudur terpendam dalam lapisan ampas vulkanik, akibat erupsi Gunung Merapi. Borobudur ditemukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Raffles, yang menerima laporan adanya indikasi penemuan sebuah bukit yang dipenuhi batu-batuan berukir, pada saat akan berkunjung ke Semarang. Raffles lalu membentuk tim komisi yang dipimpin oleh Cornelius untuk menyelidiki bukit itu. Di tahun 1835, situs bersejarah ini pun selesai dibersihkan. Usaha-usaha restorasi dan pemugaran pun lanjut dilakukan setelahnya.

Patung di Borobudur via @oussamaelharti
Patung di Borobudur via @oussamaelharti

Sayang, pada tahun 1896, pemerintah kolonial menyerahkan delapan kontainer batu-batu candi asal Borobudur, termasuk beberapa relief, arca-arca, tangga-tangga, dan pintu-pintu, sebagai hadiah untuk Raja Siam yang berkunjung ke Indonesia.

Sebuah pemugaran yang berlangsung selama tahun 1973 dan 1984 oleh pemerintah Indonesia, banyak mengembalikan kejayaan situs candi ini, dan menjadikan candi ini sebagai tujuan ziarah umat Buddha. Pada tanggal 21 Januari 1985, candi ini sempat mengalami kerusakan akibat serangan bom. Dan pada tahun 1991, Candi Borobudur diresmikan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia, oleh UNESCO.

Cara Pergi ke Borobudur

Borobudur berjarak satu jam dari Yogyakarta dan dua jam dari Semarang. Perjalanannya melewati kota-kota kecil dan ladang sawah. Borobudur terletak di sebuah tepi desa bernama Desa Borobudur, yang mayoritas penduduknya adalah petani dan penjual cinderamata. Sepanjang perjalanan ke Borobudur, Anda akan dimanjakan dengan udara sejuk nan segar khas Kota Magelang, serta pemandangan alam di antara dua gunung Merbabu dan Merapi.

Cara mudah ke Borobudur adalah dengan menyewa mobil, motor, atau bergabung dalam tur. Anda bisa menyewanya di hotel atau penginapan Anda, bahkan Anda bisa menyewa mobil berikut pengemudinya. Jika Anda naik taksi dari pusat Kota Yogyakarta ke Borobudur, tarifnya sekitar Rp. 200.000, dan harga pastinya dapat diketahui dari loket taksi Yogyakarta yaitu Rp. 190.000.

Foto pelepasan ribuan lampion di Borobudur ketika waisak via @itspratama
Foto pelepasan ribuan lampion di Borobudur ketika waisak via @itspratama

Selain itu, Anda bisa naik angkutan umum. Naiklah bus atau mini bus dari terminal bus Yogyakarta. Ada angkutan bus kecil langsung dari Yogya ke Borobudur, yang melayani pengunjung setiap hari, setiap 10 menit. Bua yang paling dikenal bernama Cemara Tunggal, ongkosnya Rp. 12.000 sekali jalan. Lalu Anda turun di Candi Mendut. Setelah itu Anda bisa jalan atau menyewa kuda menuju Candi Pawon. Candi Pawon dan Candi Borobudur hanya berjarak sekitar 300 meter.

Transportasi di Borobudur

Tersedia kereta mini atau biasa dikenal kereta kelinci untuk berkeliling kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Wahana kereta yang juga merupakan hiburan bagi anak-anak ini bisa Anda naiki dengan tarif Rp. 5000 per penumpang dan sekali putaran.

Andong pun mudah dijumpai mulai dari terminal, pasar Borobudur, hingga di dalam kompleks candi untuk berkeliling kawasan candi. Anda bisa menyewanya dengan tarif Rp. 30.000 per empat penumpang dan sekali putaran, jika hanya berkeliling candi. Namun jika Anda hendak berkeliling desa, maka tarifnya Rp. 75.000, dengan rute yang melewati empat desa.

Anda juga bisa menyewa sepeda dari hotel tempat Anda menginap atau di kawasan Candi Borobudur. Tarif sewa sepeda onthel sekitar Rp. 20.000 per 10 jam, dan tarif sepeda biasa berkisar Rp. 25.000 per 10 jam. Atau sekitar Rp. 30.000 – Rp. 50.000 untuk penyewaan selama satu hari. Khusus areal candi, tarif sewa sepeda Rp. 10.000 dan untuk sepeda tandem Rp. 15.000. Pilihan menggunakan sepeda cukup baik jika ingin mengeksplorasi bagian-bagian lain dan desa-desa penduduk di sekitar Borobudur.

Hotel di Borobudur

Berkunjung ke Borobudur cukup menarik minat pengunjung untuk tinggal sejenak di dekat kemegahan candi tersebut. Berbagai macam hotel sederhana dan hotel berbintang dapat Anda temukan di sekitar kawasan candi. Setidaknya kini terdapat 6 hotel berbintang dan puluhan hotel melati maupun homestay.

Hotel berbintang tentu menyajikan pelayanan dan fasilitas berkelas yang menawarkan kemewahan dan kepuasan. Ada penginapan model resort dan spa yang juga menyediakan kolam renang pribadi di dalam setiap kamar.

Harga hotel murah di sekitar kawasan candi berkisar Rp. 80.000 – Rp. 350.000 per malam. Ada pula hotel yang menyediakan paket wisata sunrise di Borobudur dan sudah termasuk sarapan, lalu sunset dengan sajian teh sore hari, hingga makan malam romantis di bawah sinar rembulan. Sedangkan untuk penginapan model villa, disewakan dengan harga mulai dari Rp. 2 juta hingga Rp. 5 juta

Berikut beberapa hotel di dekat Borobudur yang bisa anda pergunakan untuk menginap:

  • De Borobudur Hotel, Jalan Mayor Kusen No.47 Mendut III, Mungkid, Magelang, Indonesia, 56512
  • Plataran Heritage Borobudur Hotel, Dusun Kretek, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553
  • Shankara Borobudur, Jalan balaputradewa No.18, Magelang, Indonesia, 56553
  • Wahid Borobudur, Jalan Medang Kamulan Dusun Janan, Magelang, Indonesia, 56553
  • Homestay Anugrah Borobudur, Jalan Badrawati No. 20, Ngaran 2, Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553
  • Affordable Room at Ada Homestay, Jl. Pramudyawardani. Dusun Kurahan RT 001/003 Borobudur, Magelang, Indonesia
  • Cempaka Villa, Jalan Badrawati, Ngaran Lor No 1, Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553
  • Cempaka Villa II, Jalan Badrawati, Dusun Ngaran I, Magelang, Indonesia, 56553
  • Ndalem Nitihardjan Guesthouse, Desa Wisata Jowahan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553
  • Ardian Hotel, JL.Pramudya Wardani Gg Palem no 49 Janan RT 3 RW 4 Borobudur Kab. Magelang Jawa Tengah Indonesia, Magelang, Indonesia, 55000
  • First Kinara Homestay, Jalan Borobudur – Ngadiharjo, Ngaran 2 No.1, Kelurahan Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553
  • Cempaka Guesthouse Borobudur, Jl. Medang Kamulan No 8B, Borobudur, Magelang, Magelang, Indonesia, 56553
  • Plataran Borobudur Resort and Spa, Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang, Magelang, Indonesia, 56553
  • Graharu Boutique Hotel & Spa, Dusun Tingal Wetan Rt 05 Rw 02, Wanurejo, Magelang, Indonesia, 56553
  • Kebon Ndalem Homestay, Bumi Segoro No.18, Rt 01 Rw.08 A, Borobudur, Magelang, Indonesia
  • Rajasa Hotel, Jalan Badrawati No.2, Magelang, Indonesia, 56553
  • Udan Mas, Jl. jend. Sudirman (D.H. Jl. Syailendra Raya) No. 8 Borobudur – Magelang, Magelang, Indonesia, 56553
  • Hotel Sarasvati Borobudur, Jalan Balaputeradewa No. 10, Borobudur, Magelang, Indonesia, 56553Villa Borobudur Resort, Rt.003/Rw.003 Dusun Pete, Majaksingi, Magelang, Indonesia, 56553
  • Hotel Milik Kita Borobudur, Jalan Syailendra Raya Dusun Jligudan, Magelang, Indonesia, 56553

Iklim di Borobudur

Iklim di Borobudur adalah tropik basah dengan curah hujan cukup tinggi jika dibandingkann dengan tempat lainnya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Pengaruh iklim yang tak menentu seperti perubahan suhu udara, angin, kelembapan udara, hujan, dan terpaan sinar matahari, lambat laun menimbulkan kerusakan pada batu-batu candi, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bahasa Daerah di Borobudur

Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tempat Wisata di Dekat Borobudur

Candi Borobudur

Suasana Candi Borobudur ketika waisak via @candiborobudur
Suasana Candi Borobudur ketika waisak via @candiborobudur

Tarif Masuk Kompleks Taman Wisata Candi Borubudur

  • Wisatawan Asing: Dewasa Rp. 280.000, Pelajar/Mahasiswa Rp. 110.000 (dengan menunjukkan ID pelajar), Dewasa Rp. 30.000 (dengan menunjukkan ijin kerja di Indonesia)
  • Wisatawan Lokal: Dewasa Rp. 30.000

Candi Mendut

Candi ini berlokasi tiga kilometer dari Candi Borobudur. Candi Mendut juga merupakan candi Buddha yang memiliki nilai historis juga simbolis, serta memiliki keterkaitan dengan Candi Pawon dan Candi Borobudur. Ketiganya dibangun dalam masa yang hampir bersamaan. Beberapa relief dan patung arcanya memiliki kualitas terbaik, menjadikannya sangat layak untuk dikunjungi. Untuk mengunjungi candi ini, Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp. 5.000.

Candi Pawon

Candi lainnya yang masih berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon, jaraknya dua kilometer dari Borobudur. Candi ini berukuran lebih kecil dibandingkan Candi Mendut. Lokasinya cukup tersembunyi, yaitu di tengah-tengah pemukiman penduduk. Harga tiket untuk melihat keindahan candi ini dari dekat juga kurang dari Rp. 5.000 saja.

Tempat Belanja di Borobudur

Banyak pedagang cinderamata di area sekitar kompleks Candi Borobudur, sebab penduduk Desa Borobudur memang rata-rata adalah penjual cinderamata, selain juga petani. Bahkan nenek-nenek yang sudah renta pun bisa Anda lihat masih berdagang di sini.

Mereka menjajakan hasil kerajinan tangan lokal, seperti hiasan patung, replika Candi Borobudur dan Candi Prambanan, tas batik, kaos oblong, pernak-pernik seperti gelang, kalung, gantungan kunci, jepitan rambut, dan lain sebagainya.

Museum di Borobudur

Terdapat dua museum yang berlokasi di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, yaitu Museum Karmawibhangga dan Museum Samudraraksa.

  • Museum Samudraraksa menampilkan replika Perahu Borobudur dalam ukuran sebenarnya. Museum ini juga memberi informasi tentang teknologi maritim dan sejarah perdagangan Indonesia Afrika pada masa lalu, di Samudera Hindia.
  • Museum Karmawibhangga adalah museum arkelologi yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah seputar Borobudur, seperti proses pemugaran, foto-foto relief pada kaki Borobudur yang tersembunyi, dan yang paling menarik mungkin relief-relief tentang hukum karma, serta foto pada abad ke-19 di saat kompleks candi belum dipugar.

Museum dibuka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore, dan pengunjung tidak dipungut biaya lagi karena sudah termasuk dalam harga tiket masuk kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Rekomendasi Tempat Makan Rekomendasi di Borobudur

  • Sekar Kedaton, Restoran bernuansa etnik Jawa yang menyajikan berbagai menu masakah khas Jawa Tengah, sambil ditemani iringan musik gamelan dan wayang kulit. Jalan Raya Borobudur Km. 2.5, Mungkid, Magelang 56551, Jawa Tengah, Telepon 0293 5580 508, Jalan Tegal Gendu No. 28, Kotagede, Yogyakarta 55173, Telpon 074 386 868, www.sekar-kedhaton.com
  • Amanjiwo, Restoran elegan di sebuah resort mewah yang dikelilingi sawah dan hutan tropis, dengan pemandangan Candi Boroburur yang berjarak hanya 4 kilometer., Alamat Ds. Majaksingi, Borobudur, Magelang 56553, Jawa Tengah
  • Stupa Restaurant Plataran, Alamat Dusun Kretek, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Telepon +62 812 2615 8999
  • Restoran Patio Plataran Borobudur, Dusun Tanjungan, Borobudur, Magelang 56553, Jawa Tengah, Telepon 0293 788888
  • BS Resto, Jalan Mayor Kesen Km. 2.4, Mungkid, Borobudur, Magelang 56512, Jawa Tengah, Telepon 0293 789325, Jam Buka pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Kupat Tahu Pak Slamet, Jalan Tentara Pelajar kios 8, Magelang, Jawa Tengah 56121Benoa Café dan Restoran, Jalan Sarwo Edhie Wibowo, Magelang, Jawa Tengah, Telepon +62 888 0271 9171
  • Rumah Makan Pak Dar, Jalan Raya Borobudur Km. 5, Ngrajek, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Telepon 0239 788393
  • Kampoeng Ulu, Jalan Raya Borobudur Km. 2, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Telepon 0239 789616
  • Waroeng Sawah, Jalan Pal Bapang, Borobudur, Danggan, Ngrajek, Mungkid, Jawa Tengah, Telepon 0858 6722 7849
  • Resto Waroeng Jamur, Tegal Arum, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Warung Makan Pikatan, Jalan Syailendra Raya 12, Borobudur, Telepon 0813 9279 3789
  • Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, Jalan Raya Borobudur Km. 3, Selag, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah
  • Paksi Coffee House, Jalan Badrawati, Ngaran I, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Telepon 0283 788025

Tips Liburan Wisata di Borobudur

Suasana candi borobudur ketika siang hari via @devinajulian
Suasana candi borobudur ketika siang hari via @devinajulian
  • Berkunjung ke Borobudur di saat Festival Waisak, yang diadakan setahun sekali di Bulan Mei pada saat bulan purnama, akan memberi pengalaman yang mengesankan. Festival ini banyak mengundang pengunjung dan peziarah untuk merayakan fase kelahiran, fase kematian, dan fase pencerahan Sang Buddha. Anda bisa mencari tahu agenda pariwisata Candi Borobudur sebelumnya dari Dinas Pariwisata Magelang atau DI Yogyakarta.
  • Pakailah pakaian yang sopan dan nyaman, mengingat situs Candi Borobudur adalah tempat yang dianggap suci dan merupakan lambang spiritual Buddha Mahayana.
  • Anda bisa menyewa seorang pemandu wisata resmi untuk menemani kunjungan selama di Borobudur agar mendapatkan informasi yang lengkap.
  • Jika udara panas dan matahari terik, tidak ada salahnya menyewa payung yang disediakan di depan gerbang masuk kawasan Kompleks Candi Borobudur. Namun sebaiknya Anda juga siap topi dan kacamata UV, serta memakai lotion tabir surya.
  • Pilihan menyewa motor selama berada di kawasan sekitar Borobudur akan memudahkan Anda untuk leluasa berkeliling ke tempat-tempat yang jauh bahkan yang sulit dijangkau kendaraan besar. Misalnya Bukit Punthuk Setumbu atau Puncak Suroloyo. Biaya sewa sepeda motor rata-rata adalah Rp. 50.000 – Rp. 70.000 per 12 jam.
  • Sediakan uang tunai selama perjalanan wisata Anda, karena di Magelang masih agak jarang ditemukan mesin ATM.

Informasi Penting di Borobudur

  • Pusat Informasi, PT. Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko, Kantor Unit Candi Borobudur, Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553, Jawa Tengah., Telepon 0293 788266, Email: [email protected], Fax: 0293 788132, Buka setiap hari, pukul 06.00 – 18.00 WIB
  • Campa Tour, Telepon 081263679350, Email: [email protected]
  • Informasi Perusahaan Penyewaan Mobil (Car Rental),, Transportasi Jawa Tengah, Telepon +6285225993574
  • Tersedia paket wisata ke dua Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang dapat Anda beli seharga 30 USD, khususnya untuk wisatawan asing, lebih murah dibandingkan membayar tiket masuk terpisah untuk keduanya. Harga tersebut sudah termasuk teh, kopi, dan air minum botolan.

Leave a Reply