Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cangkringan, Sleman

Cangkringan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Sleman, Propinsi DI Yogyakarta, dan berada di dataran tinggi. Pusat kecamatannya terletak di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 25 kilometer dari Ibukota Kabupaten Sleman.

Kota kecil Cangkringan dan udara pegunungan yang segar menjadi tempat alternatif untuk mencari ketenangan di Yogyakarta yang jaraknya sekitar 20 kilometer. Para pengunjung yang datang ke Cangkringan biasanya tinggal dengan tujuan wisata Gunung Merapi, atau ke Lapangan Golf Internasional Merapi, sebuah tempat di ketinggian 800 meter dari permukaan laut dengan panorama Gunung Merapi dan wilayah Yogyakarta.

Struktur tanah di Cangkringan adalah bergelombang dan berbukit-bukit, tebing-tebing terjal di sebelah utara, beberapa hulu sungai dan sebagian kecil dataran rendah. Cangkringan mempunyai sumber daya alam berupa material tambang batu, pasir, dan kerikil.

Merapi terlihat begitu jelas dari sini! via @ikarizkasan
Merapi terlihat begitu jelas dari sini! via @ikarizkasan

Wilayah Utama Cangkringan

  • Sebelah Utara: Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali
  • Sebelah Timur: Kecamatan Kemalang dan Manisrenggo, Kabupaten Klaten
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Ngemplak
  • Sebelah Barat: Kecamatan Pakem

Cara Pergi ke Cangkringan

Cangkringan bisa dicapai melalui Jalan Kaliurang menuju Gunung Merapi. Jika menggunakan angkutan umum, naiklah angkutan kota jurusan Yogyakarta – Kaliurang, lalu turun di Terminal Pakem. Lanjutkan berganti minibus kuning bernomor 2A.

Transportasi Umum di Cangkringan

Akan lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua, mengingat letak kecamatan di dataran tinggi, dan angkutan umum ke daerah ini sangat terbatas. Namun, Anda bisa juga menyewa sepeda, ojek, trail atau jeep wisata yang banyak tersedia di area kaki gunung.

Jeep seperti ini banyak disewakan di Cangkringan, Sleman! via @marina_castle
Jeep seperti ini banyak disewakan di Cangkringan, Sleman! via @marina_castle

Hotel di Cangkringan

Penginapan-penginapan, villa dan spa yang berada di Cangkringan menawarkan panorama alam yang asri berikut Gunung Merapi yang bisa terlihat jelas.

Ada sebuah villa cantik bergaya Jawa modern berikut fasilitas spa yang cukup populer di Cangkringan. Harga kamarnya mulai dari Rp. 500.000 – Rp 2.500.000 per malam, dan hanya 17 menit berjalan kaki menuju Lapangan Golf Merapi.

Iklim di Cangkringan

Iklim di Kecamatan Cangkringan adalah tropis dengan hawa khas pegunungan yang sejuk. Suhu tertinggi di Cangkringan adalah 32 derajat Celsius dan suhu terendahnya 18 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Cangkringan

Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

Tempat Wisata di Cangkringan

Kecamatan Cangkringan memiliki beberapa taman rekreasi, sebuah hutan lindung, sanggar kesenian, tempat pertunjukan, desa wisata, wisata agro di Jambu, dan wisata lereng Merapi di Kinahrejo, Kepuharjo.

1. Desa Wisata Pentingsari

Desa Pentingsari terdiri dari dua dusun, yaitu Dusun Bonorejo dn Dusun Pentingsari. Desa ini ditetapkan sebagai desa wisata pada tanggal 15 Mei 2008. Desa ini memiliki banyak lembah mulai dari sebelah barat, selatan, utara, dan timur. Di antara lembah-lembah itu terdapat Kali Kuning, Kali Pawon, Goa Ledok dan Gondoran.

Setidaknya ada 8 obyek wisata di dalam desa wisata ini yang dapat Anda temui, dan terdapat paket-paket wisata beserta atraksi-atraksi kegiatan wisata yang bisa diikuti. Untuk menghubungi desa wisata ini guna memperoleh informasi lengkapnya, Anda dapat menelepon nomor 0819 0426 0985.

Museum di Cangkringan

Hanya ada satu museum di Cangkringan, yaitu Museum Sisa Hartaku.

Museum yang ada di Cangkringan, Sleman. Salah satu museum yang banyak dikunjungi! via @hrtndwnt
Museum yang ada di Cangkringan, Sleman. Salah satu museum yang banyak dikunjungi! via @hrtndwnt

Museum Sisa Hartaku

Museum ini berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Museum unik yang terletak di kaki Gunung Merapi ini merupakan sebuah rumah yang hancur akibat letusan Gunung Merapi di tahun 2010 silam. Di dalamnya pengunjung bisa menemukan barang-barang yang hancur milik pemilik yang juga menjadi korban erupsi.

Ada motor yang meleleh, kerangka hewan ternak, macam-macam perkakas rumah tangga, serta kondisi rumah sendiri yang sudah 80 persen hancur diterjang wedhus gembel, awan panas bergulung-gulung yang keluar dari kawah gunung berapi saat erupsi. Ada juga jam dinding yang mati dan jarum jamnya tepat berhenti pada saat rumah korban diterjang wedhus gembel. Nama korban bencana pemilik rumah ini pun terpampang di depan rumah.

Rumah korban bencana yang diabadikan sebagai museum ini bisa dijangkau dengan mengendarai mobil jeep 4WD atau sepeda motor yang banyak disewakan di sekitar Gunung Merapi. Medan perjalanannya cukup sulit karena area pedesaan yang sudah hancur serta rata dengan hamparan debu Merapi. Namun, perjalanan menuju Museum Sisa Hartaku akan membuat Anda berjalan di mesin waktu yang membawa kembali kejadian bencana letusan Gunung Merapi di waktu silam.

Hiburan Malam di Cangkringan

Ketoprak Tobong Kelana Bhakti Budaya, Alamat Dusun Brayut RT 01/RW 23, Wukir Sari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.
Telepon 0859 5913 0030

Rekomendasi  Tempat Makan di Cangkringan

1. Rumah Makan Timbul Roso

Menyajikan hidangan laut dengan menu andalan ikan gurami bakar pedas bumbu kuning.
Jl. Cangkringan Km. 3.5, Brayut, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta
Telepon 0274 897217
Jam Buka 09.00 – 21.00 WIB
Harga Menu Ikan Gurami Rp. 67.000

2. Lemah Ledok Garden Resto

Menyajikan masakan khas Nusantara dengan menu andalan ayam goreng kalasan lemah ledok dan ikan gurame bakar madu.
Jl. Solo Km. 12.5 dan Jl. Cangkringan Km. 0.3, Yogyakarta
Telepon 0274 8224329
Jam Buka 08.00 – 22.00

3. Balai Bengong Prambanan

Jl. Raya Cangkringan Tirtomartani Kalasan, Sleman

4. Rumah Makan Anda

Jl. Kaliadem, Balong, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta 55583

Tips Wisata di Cangkringan

  • Jika Anda penggemar fotografi dan berniat hunting foto sisa-sisa erupsi Merapi datanglah pagi-pagi di saat gunung belum tertutup kabut. Selain itu, warna cahaya alam dari langit dan matahari terbit lebih indah dan dramatis. Udaranya juga belum terlalu panas dan belum ramai pengunjung.
  • Pada saat menuju Dusun Kinahrejo, cobalah berhenti dulu di tengah jalan sebelum memasuki area parkir. Terdapat beberapa spot foto menarik yang bisa Anda abadikan.

Perlu Kamu Tahu di Cangkringan

  • Kantor Kecamatan Cangkringan, Jl. Cangkringan, Argomulyo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55583
    Telepon 0274 588019
  • Kantor Pos Cangkringan, Jl. Raya Bronggang, Desa Bronggang, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta 55583

Leave a Reply