Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah kawasan wisata yang berada lereng Gunung Merapi. Letaknya sekitar 25 km di sebelah utara kota Yogyakarta. Secara harafiah, Kaliurang berarti sungai udang.

Kaliurang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini membuat sektor perdagangan, jasa, hotel dan restoran menjadi penyumbang utama pendapatan masyarakat setempat.

Wilayah Kaliurang

Secara administratif, Kaliurang berada di wilayah desa Hargobinangun, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, provinsi DI Yogyakarta. Desa Hargobinangun merupakan satu dari lima desa yang ada di kecamatan Pakem.

Sejarah Kaliurang

Sejak zaman Belanda, daerah Kaliurang sudah digunakan oleh orang-orang Belanda untuk beristirahat. Diperkirakan orang-orang Belanda mulai membangun bungalow-bungalow di Kaliurang pada awal abad ke-19. Kaliurang juga menjadi lokasi bersejarah lahirnya Notulen Kaliurang pada tahun 1948, hasil perundingan Indonesia dengan Komisi Tiga Negara (Belgia, Australia, AS).

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kaliurang! via @amarta_multimedia
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kaliurang! via @amarta_multimedia

Cara Pergi ke Kaliurang

Ada beberapa cara untuk pergi ke Kaliurang seperti beberapa di bawah ini:

Pergi Ke Kaliurang Menggunakan kendaraan umum (bus):

Dari Jakarta, naik bus AC jurusan Yogyakarta yang tersedia di terminal Pulogadung, Rawamangun, Lebak Bulus atau Pasar Minggu. Setibanya di Terminal Giwangan – Jogjakarta, Anda bisa naik bus Trans Jogja rute 3A atau 3B. Turun di halte Jl. Kaliurang. Harga tiketnya Rp 3.500,- sekali jalan. Sambung dengan angkutan menuju desa wisata Kaliurang dengan tarif Rp 5.000,-.

Pergi Ke Kaliurang Menggunakan kendaraan umum (kereta api):

Dari Jakarta, naik kereta api jurusan Yogyakarta yang tersedia di stasiun Gambir. Setibanya di stasiun Tugu, naik bus Trans Jogja rute 1A. Turun di halte Malioboro 1 lalu ganti naik bus Trans Jogja rute 3A atau 3B. Turun di halte Jl. Kaliurang. Harga tiketnya Rp 3.500,- sekali jalan. Sambung dengan angkutan menuju desa wisata Kaliurang dengan tarif Rp 5.000,-.

Pergi Ke Kaliurang Menggunakan kendaraan umum (pesawat terbang):

Dari bandara Adisutjipto – Jogjakarta, Anda bisa naik bus Trans Jogja rute 3A atau 3B. Turun di halte Jl. Kaliurang. Harga tiketnya Rp 3.500,- sekali jalan. Sambung dengan angkutan menuju desa wisata Kaliurang dengan tarif Rp 5.000,-.

Pergi Ke Kaliurang Menggunakan kendaraan pribadi (mobil):

Setibanya di pusat kota Yogyakarta, susuri Jalan Raya Kaliurang yang menanjak hingga habis. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam.

Anda bisa berkunjung ke Kaliurang dengan naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi. via @naikjeep.id
Anda bisa berkunjung ke Kaliurang dengan naik kendaraan umum atau kendaraan pribadi. via @naikjeep.id

Transportasi Umum di Kaliurang

Ada kereta kelinci yang siap membawa para wisatawan berkeliling Kaliurang dari timur ke barat maupun sebaliknya. Tarifnya murah, hanya Rp 3.000,-.

Hotel di Kaliurang

Tersedia berbagai pilihan hotel bintang 1 hingga bintang tiga di Kaliurang. Tarif menginapnya mulai dari Rp 250.000,- hingga Rp 1.000.000,- per malam. Beberapa hotel dekat Kaliurang yang bisa anda gunakan untuk menginap adalah sebagai berikut :

  • @K Hotel Kaliurang Yogyakarta, Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Villa Padi Yogyakarta, Jalan Cangkringan km 2 , Pusmalang, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Griya Persada Hotel, Jln. Boyong 99, Kaliurang Barat, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia.
  • Akasa Hotel Kaliurang, Jalan Boyong, Kaliurang Barat, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia.
  • Wisma Putra Jaya Kaliurang, Jalan Kaliurang KM 22,6 , Banteng, Hargobinangun, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Sambi Resort, Spa & Restaurant, Jalan Kaliurang KM 19, Desa Wisata Sambi, Pakem, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Sewu Padi Hotel, JL Kaliurang, Km. 20 Kab. Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Hotel Paraksari, Jalan Kaliurang KM.17 Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Fuji Villa Kaliurang, Jl. Pelajar 8 Kaliurang Hangobinangun, Pakem Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Hotel Vidi Kaliurang, Jl. Pelajar No.3, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Airy Eco Sleman Merapi Kaliurang KM 22.6 Yogyakarta, Jl. Kaliurang Km 22,6, Banteng Hargobinangun, Pakem, Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Airy Eco Sleman Kaliurang KM 19 Yogyakarta, Jl. Kaliurang No.KM19, Pakembinangun, Pakem,, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Centra Inn, Jl. Giriarum Rt 02/ Rw 17, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Puri Indah Inn, Jalan Pramuka No. 55, Kaliurang, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Bayu Murti 1 Guest House, Jalan Astomulyo Kaliurang, Sleman, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Villa Amaryllis, Gang Giri Renggo, Kaliurang Timur, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta, Indonesia.
  • Ndalem Joglo Hinggil, Jalan Kaliurang KM 20, Ngetehan, Pakem, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Homestay at Ekos UII 1, Jl Merpati no 11 RT04 RW06, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman , Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Rumah Jineman Kampung Labasan Tropical Resort, Kampung Labasan Tropical Resort, Jalan Kaliurang Km.17,Dusun Paraksari,Desa Pakembinangun,, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.
  • Disaster Oasis Training Center, Jl. Kaliurang Km 21,5 Hangrobinangun Pakem, Kaliurang, Sleman, Provinsi Yogyakarta.

Iklim di Kaliurang

Kaliurang terletak di ketinggian 900 mdpl, sehingga suhu di daerah ini tergolong sejuk. Sekitar 25 derajat celcius di siang hari dan 20 derajat celcius di malam hari.

Bahasa Daerah di Kaliurang

Masyarakat Kaliurang berbicara dalam bahasa Jawa Yogyakarta.

Tempat Wisata di Kaliurang

Ada beberapa tempat wisata di Kaliurang yang bisa anda kunjungi. Seperti misalnya beberapa dibawah ini:

Gardu Pandang Merapi adalah salah satu tempat wisata di Kaliurang. via @diamants2908
Gardu Pandang Merapi adalah salah satu tempat wisata di Kaliurang. via @diamants2908

1. Gardu Pandang Merapi

Saat ke Yogyakarta dan khususnya Kaliurang, tentunya Anda harus melihat pemandangan Gunung Merapi sepuasnya. Gardu Pandang adalah salah satu tempat terbaik untuk mengamati indahnya Gunung Merapi.

Waktu terbaik untuk melihat Gunung Merapi dengan jelas adalah pagi – siang hari setelah pukul 9 karena saat itu kabut yang menutupi puncak gunung sudah menghilang. Menjelang sore, kabut akan kembali turun. Untuk mencapai Gardu Pandang, Anda dapat berjalan kaki atau naik kereta kelinci dari berbagai taman wisata terdekat dengan tarif Rp 3.000,-.

2. Museum Vulkanik Merapi

Museum dua lantai ini diresmikan pada tahun 2010. Di sini, Anda bisa mengetahui berbagai informasi dan sejarah mengenai Gunung Merapi. Mulai dari replika sebaran awan panas ketika Gunung Merapi meletus pada tahun 1969, 1994 dan 2004, koleksi dari letusan tahun 2006 hingga batuan Gunung Merapi sejak tahun 1930.

Anda juga bisa melihat penampakan Gunung Merapi dari dulu sampai sekarang yang diabadikan lewat foto-foto. Selain itu juga ada informasi tentang tipe-tipe letusan gunung berapi. Tiket masuk ke Museum Vulkanik Merapi adalah Rp 3.000,-.

3. Tlogo Muncar

Tlogo Muncar adalah air terjun setinggi 30 – 45 meter yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Sumber air Tlogo Muncar berasal dari Bukit Plawangan. Saat musim hujan, Tlogo Muncar akan terlihat lebih indah karena derasnya debit air yang keluar. Namun di sisi lain, ada kemungkinan longsor jadi Anda harus berhati-hati. Biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Merapi adalah Rp 8.000,-.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Masih bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi, Anda bisa ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Di sini ada Goa Jepang dengan keunikannya yaitu 25 pintu yang saling terhubung. Namun untuk dapat menikmati wisata Goa Jepang, semuanya tergantung cuaca. Biasanya pengunjung hanya diizinkan sampai jam 2 siang. Sementara untuk Taman Wisata Plawangan Turgo, buka hingga pukul 4 sore. Tiket masuknya Rp 8.500,-.

4. Tur Lava Merapi

Saat ini banyak operator wisata yang melayani tur lava Merapi menggunakan mobil off-road. Anda bisa menyusuri Kaliurang, Kinahrejo, Kalikuning hingga Kaliadem yang terkenal dengan bunker menangisnya itu.

Durasi tur menyusuri sisa-sisa erupsi Merapi ini bervariasi. Mulai dari yang singkat sekitar 1,5 jam hingga yang terlama yaitu 3,5 jam. Biasanya tur yang lebih lama akan mengunjungi makam Mbah Maridjan juga. Untuk harga turnya, mulai dari Rp 300.000,- sampai Rp 500.000,-.

Rekomendasi Kuliner Tempat Makan di Kaliurang

  • Jadah Tempe Mbah Carik, Lokasi: dekat perempatan patung udang, Menu: jadah tempe / burger Jawa, tempe bacem diapit dua lapis jadah (uli ketan)
  • Sate Kelinci, Lokasi: Tlogo Putri
  • Warung Makan Sate Donal Pak Min, Lokasi: dekat Taman Rekreasi Kaliurang, Menu: sate daging bebek
  • Warung Makan & Catering Mbah Ganis, Lokasi: Terminal Tlogo Putri, Menu: tongseng kopyok, tongseng awul, nasi klenyer
  • Amboja Herb Garden Resto, Lokasi: Jl. Kaliurang KM 18,7, Menu: ayam rempah pedas, pepes nasi amboja, jamur asam manis, dll.
  • Kedai Mie Tarik, Lokasi: Jl. Kaliurang KM 5,2, Menu: mie tarik ayam, mie tarik tom yam, mie tarik goreng, dll.

Tips Wisata di Kaliurang

  • Saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Merapi, Anda akan bertemu dengan monyet-monyet berekor panjang. Mungkin mereka akan mengincar makanan yang Anda bawa. Tapi jangan memberikan mereka makanan manusia. Selama ini monyet-monyet itu bahkan mencari makanan sisa dari tong sampah. Maka kebiasaan ini harus dihentikan.
  • Bawa jaket, syal, sarung tangan atau topi kupluk jika Anda tidak tahan dingin. Pakailah juga sepatu yang nyaman dan bisa diajak menjelajahi jalanan berbatu. Rata-rata obyek wisata alam di Kaliurang semuanya memiliki medan yang cukup menantang.

Leave a Reply