Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karawang

Rate this post

Karawang adalah sebuah kabupaten yang ada di bagian utara provinsi Jawa Barat. Ibukotanya bernama sama, Karawang. Jumlah penduduk di kabupaten Karawang adalah 2.273.579 jiwa (pada tahun 2015). Luas wilayah kabupaten Karawang mencapai 1.753,27 km persegi.

Karawang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, kabupaten Subang di sebelah timur, kabupaten Bogor dan Cianjur di sebelah selatan serta kabupaten Bekasi di sebelah barat.

Karawang selain dikenal sebagai lumbung padi Jawa Barat juga paling dikenal sebagai kawasan industri. Karawang juga menjadi lokasi pemakaman paling mewah dan indah di Indonesia – San Diego Hills Memorial Park.

Wilayah Karawang

Secara administratif, kabupaten Karawang terdiri dari 30 kecamatan. Antara lain: Banyusari, Batujaya, Ciampel, Cibuaya, Cikampek, Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Cilebar, Jatisari, Jayakerta, Karawang Barat, Karawang Timur, Klari, Kotabaru, Kuta Waluya, Lemahabang, Majalaya, Pakisjaya, Pangkalan, Pedes, Purwasari, Rawamerta, Rengasdengklok, Tegalwaru, Telagasari, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Tempuran, Tirtajaya dan Tirtamulya.

Sejarah Karawang

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karawang

Pada zaman Kerajaan Pajajaran, Karawang merupakan jalur lalu lintas yang sangat penting karena menghubungkan Kerajaan Pakuan Pajajaran (sekarang Bogor) dengan Galuh Pakuan (sekarang Ciamis).

Maka itu ada dua spekulasi asal muasal nama Karawang. Pertama, dari kata bahasa Sunda ‘kerawaan’. Dulu, Karawang masih hutan belantara dan banyak rawa-rawa. Ini juga lah yang membuat banyak tempat di Karawang diawali dengan kata “Rawa”. Seperti Rawasari, Rawagede, Rawamerta, Rawagempol, dll.

Spekulasi kedua adalah dari bahasa Portugis ‘caravan’. Dalam buku-buku Portugis tahun 1512 – 1522, disebutkan bahwa ada pelabuhan penting bagi Pajajaran yaitu caravan yang ada di sekitar muara Citarum. Karawang memang juga terletak di sekitar sungai Citarum. Inilah mengapa disebut caravan sebagai asal usul nama Karawang.

Cara Pergi ke Karawang

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karawang

Pergi ke Karawang Menggunakan Bus

Dari Jakarta, Anda bisa naik bus jurusan Karawang dari terminal Kampung Rambutan atau Kalideres.

Pergi ke Karawang Menggunakan Kereta Api

Dari Jakarta, naik kereta dari stasiun Jakarta Kota (Beos) dengan tujuan Purwakarta atau Cikampek. Kereta akan singgah di stasiun Karawang. Perlu dicatat, kereta terakhir tujuan Jakarta dari stasiun Karawang adalah pukul 16.54

Pergi ke Karawang Menggunakan kendaraan pribadi (mobil)

Dari Jakarta, masuk tol dalam kota menuju ruas tol Jakarta – Cikampek. Keluar di Exit 47: Rengasdengklok (Gerbang Tol Karawang Barat).

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karawang

Transportasi Umum di Karawang

Di dalam kota Karawang ada 7 rute angkot dengan ciri mobil berwarna dasar kuning.

  • Nomor 01: Terminal Klari – Johar – Ahmad Yani (PP)
  • Nomor 02: Terminal Klari – Johar – Tuparev – Kertabumi – AR Hakim (Niaga) – Johar – Terminal Klari
  • Nomor 17: Terminal Klari – Johar – Ahmad Yani – Sacakusuma – Terminal Tanjung Pura (PP)
  • Nomor 15: Perum Resinda – Ahmad Yani / AR Hakim – Tuparev – Kertabumi – Perum Resinda
  • Nomor 16: Badami – Jalan Interchange – Ahmad Yani – Cinangoh – Pasar Johar
  • Nomor 63: Teluk Jambe (Perumnas), Perum Galuh Mas, Kertabumi, AR Hakim (Niaga) – Ahmad Yani – Jalan Interchange – Teluk Jambe

Hotel di Karawang

Berbagai hotel bintang 3 dan 4 yang nyaman tersedia di pusat kota Karawang. Ini memudahkan akses dari tol Jakarta – Cikampek, maupun yang menuju kawasan industri. Berikut ini beberapa contoh hotel yang dapat Anda pilih jika ingin menginap di Karawang:

1. Resinda Hotel Karawang

Hotel yang berada di bawah manajemen grup Padma Hotels ini menawarkan kenyamanan khas hotel bintang empat. Lokasinya pun strategis, di pusat kota Karawang. Dekat dengan Mall Karawang Central Plaza. Di Resinda Hotel Karawang sendiri ada 3 restoran dengan citarasa internasional, Chinese dan Jepang. Tarif menginap di Resinda Hotel Karawang berkisar dari Rp 800.000,- s/d Rp 2 juta per malam.

2. Delonix Hotel Karawang

Inilah hotel bintang empat yang menawarkan tarif cukup terjangkau. Rate kamar di Delonix Hotel Karawang mulai dari Rp 600.000,- hingga Rp 1,2 juta. Lokasinya berada persis di Komplek Sedana Golf. Jadi hotel ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain golf. Ada golf course 18 holes dan 27 holes yang dirancang dengan standar internasional oleh arsitek kenamaan.

3. Swiss-Belinn Karawang

Jaringan Swiss-Belhotel yang satu ini menambah variasi pilihan menginap nyaman di pusat kota Karawang. Terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani no. 29, Swiss-Belinn Karawang sangat strategis. Tarif menginap di hotel bintang tiga ini mulai dari Rp 600.000,- s/d Rp 900.000,- per malam.

4. Amaris Hotel Karawang

Hotel bintang tiga ini terletak di Jalan Arteri Tol Karawang Barat, sangat dekat dari pintu keluar tol. Tarif menginap di Amaris Hotel Karawang sangat terjangkau, sekitar Rp 400.000,- per malam. Cocok bagi traveler yang ingin menghemat budget tapi tetap mengidamkan akomodasi yang bersih dan nyaman.

Iklim di Karawang

Karawang memiliki iklim tropis dengan suhu di siang hari sekitar 33 derajat celcius dan suhu di malam hari sekitar 23 derajat celcius. Curah hujan di Karawang setiap bulannya cukup signifikan. Sementara musim kemarau di Karawang tergolong singkat.

Bahasa Daerah di Karawang

Masyarakat Karawang berbicara dalam bahasa Sunda dialek utara. Bahasa Sunda Karawang tidak memiliki tingkatan.

Tempat Wisata di Karawang

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karawang

1. Pantai Samudera Baru

Pantai Samudera Baru terletak di kecamatan Pedes. Tidak terlalu jauh dari ibukota Karawang, sekitar 30 km. Akses jalannya pun mudah, hanya perlu mengikuti jalur utama kota Karawang – Rengasdengklok – Pedes. Meski Pantai Samudera Baru tidak memiliki pasir berwarna putih dan air biru, tapi kondisinya bersih. Pantainya luas dan ombak tidak terlalu besar sehingga cocok untuk anak-anak bermain pasir.

Pantai ini memang telah dikembangkan oleh pemerintah Karawang sehingga memiliki fasilitas yang mumpuni. Warung jajanan, rumah makan, penyewaan ban dan tempat bilas sudah tersedia. Harga tiket masuk untuk pengendara motor adalah Rp 15.000,- sementara untuk mobil Rp 30.000,-.

2. Curug Ciomas

Anda dapat menemui ‘Green Canyon’ versi mini di Kampung Tonjong Roke, desa Medal Sari, kecamatan Pangkalan. Ya, Curug Ciomas di Karawang ini menawarkan keindahan pemandangan seperti Green Canyon di Pangandaran. Ada air terjun dan sungai yang airnya berwarna hijau jernih. Untuk masuk ke sini, Anda harus membayar tiket masuk Rp 5.000,-. Dari pusat kota Karawang, perjalanan memakan waktu kurang lebih 45 menit.

3. Curug Cigentis

Curug Cigentis memiliki air terjun setinggi 25 meter. Suasana segar dan keindahan pemandangan alami Curug Cigentis inilah yang diburu pengunjung. Curug Cigentis berada di desa Mekarbuana, satu kawasan dengan Kampung Wisata Cigentis.

Dari kota Karawang, waktu perjalanan yang harus ditempuh kurang lebih 1 jam. Setibanya di gerbang wilayah desa Mekarbuana untuk parkir kendaraan, Anda masih harus berjalan kaki lagi beberapa km. Kurang lebih 1 jam barulah Anda tiba di Curug Cigentis.

Rincian biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengunjungi Curug Cigentis adalah sebagai berikut: Rp 2.500,- untuk tiket masuk kawasan wisata Mekarbuana, Rp 7.000,- untuk kendaraan roda empat / Rp 5.000,-kendaraaan roda dua dan Rp 10.000,- untuk masuk Curug Cigentis.

4. Situs Candi Jiwa

Candi Jiwa merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara dan usianya diduga lebih tua daripada Candi Borobudur. Diperkirakan Candi Jiwa dibangun pada abad 4 – 5 SM. Candi Jiwa berukuran 19 x 19 m dengan tinggi 4,7 meter. Situs Candi Jiwa ada di desa Segeran, kecamatan Batujaya. Lokasinya di tengah persawahan, sekitar 2 kilometer dari pasar Batujaya dan 500 meter dari Sungai Citarum.

5. Monumen Rawagede

Monumen Rawagede berada di desa Balongsari, kecamatan Rawamerta, sekitar 10 km dari pusat kota Karawang. Monumen ini dibuat untuk mengenang warga desa Rawagede yang menjadi korban pembantaian tentara Belanda pada 9 Desember 1948. Ada relief dan diorama peristiwa pembantaian penduduk, juga ada makam para korban di Monumen Rawagede.

6. Danau Cipule

Danau Cipule bukan danau alami, melainkan danau buatan dari bekas tambang pasir. Luas danau mencapai 20 hektar dengan kedalaman bervariasi, dari 2 meter hingga 20 meter. Danau Cipole berada di desa Kutapohaci, kecamatan Ciampel. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Karawang.

Daya tarik Danau Cipule adalah Pulau Cinta yang berada di tengah-tengah danau. Menghabiskan waktu saat sunset di Pulau Cinta terasa romantis. Inilah mengapa pulau ini dinamakan Pulau Cinta.

Untuk menuju ke sana, Anda dapat naik perahu kecil dengan tarif Rp 2.000,- pulang pergi. Pulau Cinta memiliki luas 2.000 meter persegi. Ada banyak saung bambu, warung makanan dan minuman, bahkan arena permainan anak di sini.

Rekomendasi Kuliner / Tempat Makan di Karawang

  • RM Soto Gempol, Alamat: Jalan Rangga Gede No. 33
  • Gabus Pucung Warung Mandiri, Alamat: Jalan Pangkal Perjuangan No. 48, Tanjung Pura
  • Tahu Bumbu Sari Rasa, Alamat: Jalan Dewi Sartika
  • Soto Tangkar Mang Nean, Alamat: Jalan Dewi Sartika (samping Hotel Dewi)
  • RM Pepes Jambal Walahar Bpk. H. Dirja, Alamat: Jalan Raya Kosambi No. 36, Duren, Klari

Mal / Pusat Perbelanjaan di Karawang

  • Karawang Central Plaza, Alamat: Kawasan Galuh Mas, Jalan Galuh Mas Raya, Sukaharja
  • Festive Walk, Alamat: Kawasan Galuh Mas, Jalan Galuh Mas Raya, Sukaharja
  • Technomart, Alamat: Kawasan Galuh Mas, Jalan Galuh Mas Raya, Sukaharja
  • Mega Mall Karawang, Alamat: Jalan Jend. Ahmad Yani

Tips Wisata di Karawang

  • Jalanan menuju beberapa destinasi wisata di Karawang masih banyak yang rusak atau berlubang. Jadi pastikan Anda berhati-hati saat membawa kendaraan pribadi, terutama di malam hari.
  • Beberapa destinasi wisata tidak punya petunjuk arah yang jelas. Jadi Anda harus sering-sering bertanya pada penduduk setempat.

Leave a Reply