Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kota Batu

Kota Batu merupakan kota di Provinsi Jawa Timur yang terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Dahulunya Kota Batu adalah bagian dari Kabupaten Malang, yang kemudian ditetapkan menjadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Dan di tanggal 17 Oktober 2001, Batu ditetapkan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang.

Batu terkenal sebagai salah satu kota wisata menarik untuk dikunjungi yang ada di Indonesia karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Batu memiliki udara yang sungguh sejuk dan juga mempunyai panorama alam yang menawan.

Kota Batu yang sejuk dan segar ini pernah menjadi tempat peristirahatan Belanda di masa kolonial. Demikian pula, pada masa sekarang ini banyak pebisnis lokal kaya dari Surabaya dan Malang memiliki rumah di sini untuk liburan akhir pekan. Kawasan ini juga merupakan pusat pertanian utama kebun apel dan sejumlah besar tempat budidaya anggrek.

Sampai tahun 2001, Batu secara administratif merupakan bagian dari Malang namun sejak saat itu kota ini merupakan kota yang berdiri sendiri. Seluruh wilayah Batu, termasuk Selecta (khusus dibangun sebagai tempat wisata pada tahun 1928) dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan.

Kota Batu ini adalah kota yang wajib anda kunjungi lho via @irawan_itit
Kota Batu ini adalah kota yang wajib anda kunjungi lho via @irawan_itit

Gunung Welirang dan Gunung Arjuna (Gunung Welirang, Gunung Arjuna) berada di utara. Di sebelah selatan adalah Gunung Panderman, di sebelah barat terletak Gunung Banyak (situs paralayang sering digunakan untuk kompetisi tingkat nasional dan internasional), dan di sebelah timur adalah Gunung Wukir yang mungil.

Batu, termasuk Selecta dan desa-desa sekitarnya, membuat tempat yang menawan dengan banyak hal yang akan menarik perhatian pengunjung. Beberapa hari menjelajahi kawasan yang indah ini tentu pilihan yang tepat ketika liburan.

Sejarah Kota Batu

Sejak abad ke – 10, wilayah Batu dan sekitarnya sudah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan dikarenakan hawanya yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Dan seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo diperintahkan untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta dibangun sebuah candi yang diberi nama Candi Supo.

Pemberian nama Batu sendiri menurut kisah lokal yang berasal dari seorang ulama pengikut dari Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin. Masyarakat setempat menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu, akhirnya lambat laun sebutan Mbah Wastu dipanggil Mbah Tu menjadi Mbatu atau Batu sebagai sebutan yang digunakan untuk sebuah kota dingin di Jawa Timur.

Suasana sekitar Batu ini cenderung dingin nan sejuk via @alfynad
Suasana sekitar Batu ini cenderung dingin nan sejuk via @alfynad

Cara Pergi ke Kota Batu

Berikut ini adalah jenis beberapa moda transportasi yang bisa Anda pilih menuju ke kota Batu dari beberapa kota besar di Indonesia :

Pergi Ke Kota Batu Melalui Udara

Semua penerbangan menggunakan pesawat terbang akan mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh ( MLG ) Malang, karena kota Batu tidak memiliki bandara udara. Dari bandara Malang ke Kota Batu kira-kira memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Transportasi dari atau ke bandara Malang:

  • Angkutan Kota ( Angkot ), jika Anda memilih transportasi ini tersedia di luar kompleks bandara dan pilihlah angkot yang berwarna hijau dengan jurusan Arjosari – Lawang ( AL ). Atau dari Terminal Arjosari, naik angkot jurusan ADL dan turun di Terminal Landungsari. Di Terminal Landungsari, banyak tersedia angkutan umum menuju kota Batu.
  • Taksi, di Bandara Abdul Rahman Saleh tersedia taksi bandara dan untuk tarif taksi bandara mulai dari Rp. 125.000 dengan tujuan kota Batu.

Pergi Ke Kota Batu Lewat Jalur Darat

Jika anda memilih jalur darat, berikut adalah beberapa jenis transportasi yang bisa digunakan untuk pergi ke Kota Batu.

  • Bus, Anda dapat memilih bus jurusan Jakarta – Malang, setibanya di Terminal Malang melanjutkan perjalanan menuju kota Batu. Untuk estimasi waktu tempuh perjalanan sekitar 19 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas jalan raya.
  • Kereta Api, biasanya transportasi ini menjadi pilihan yang favorit selain menghemat waktu dan juga kenyamanan di perjalanan. Kereta Api tujuan Malang yaitu KA Eksekutif Gajayana dan KA Eksekutif Bima. Dari stasiun Malang Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Batu.

Transportasi Umum di Kota Batu

Ada beberapa jenis transportasi yang ada di Kota Batu, mulai dari Bus hingga angkot. Berikut jenis transportasi umum dalam kota yang ada di Batu:

Angkutan Kota ( Angkot )

Di Kota Batu terdapat beberapa jenis angkot yang melayani rute dalam kota dan bisa dikenali dari warna angkot atau huruf awal dari rute angkot. Untuk tarif angkotnya mulai dari Rp. 4.000. Berikut ini rute angkot yang ada di Batu, yaitu :

  • Angkot BL ( angkot warna ungu muda ) : rute Batu – Landungsari
  • Angkot BTL ( angkot warna ungu tua ) : rute Batu Torongrejo – Landungsari
  • Angkot BJL ( angkot warna kuning muda ) : rute Batu – Junrejo – Landungsari
  • Angkot BB ( angkot warna merah jambu bergaris hijau ) : rute Batu – Bumiaji
  • Angkot BG ( angkot warna merah jambu bergaris merah tua ) : rute Batu – Gunungsari

Bus Kota

Untuk bus kota terdapat tiga rute yang melayani tujuan Batu :

  • Malang – Batu
  • Surabaya – Batu
  • Kediri – Batu

Ojek Sepeda Motor

Transportasi ini dipilih jika Anda ingin menghemat waktu dan menuju tempat atau daerah yang tidak bisa ditempuh dengan angkot atau bus. Untuk tarif ojeknya sesuai dengan jarak tempuh dan kesepakatan. Tidak ada standard tarif ojek di Kota Batu.

Hotel di Kota Batu

  • The Batu Villas, Address: Jl Sultan Agung 29, Batu, ☎ +62 341 592955 ([email protected], fax: +62 341 592955)
  • Kartika Wijaya Hotel, Jl Panglima Sudirman 127, Batu,, ☎ +62 341 592600
  • Klub Bunga, Alamat: Jl Kartika 1, Batu, ☎ +62 341 594777
  • Kampung Lumbung Boutique Hotel and Spa, JL Puskesmas Dalam 1 Raya Beji, ☎ +62 341 5025177 ([email protected])
  • Metropole Hotel, Jl Panglima Sudirman 93, Batu, ☎ +62 341 591759.
  • Royal Orchid Garden, Jl. Indragiri 4, Batu, ☎ +62 341 593083
  • Hotel Sumber, Jl. Darsono 14, Batu 65311, ☎ +62 341 591467
  • Villa Gunung Putri, Jl. Arumdalu no. 42, Songgoriti, ☎ +6281916339191
  • Pondok Jatim Park. Hotel bintang 1 dekat dengan Jatim Park 1
  • Purnama Hotel, Jl. Raya Selecta 1-15 (Berada di jalan menuju Selecta), ☎ +62 341 592700.
  • The Singhasari Resort, Jl. Ir. Soekarno No. 120 (Dekat perbatasan Kota Batu dan Malang), ☎ +62 341 513333
  • Villa Mulyono, Jl. Salam – Bulukerto (Dekat Hotel Purnama, di jalan menuju Selecta), ☎ 081311646468

Iklim di Batu

Kota Batu memiliki iklim tropis dan curah hujan di kota Batu adalah signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Di kota Batu, suhu rata – rata tahunan adalah 26,9 C.

Bahasa Daerah di Kota Batu

Untuk bahasa daerah Batu masih sama dengan kota Malang, dimana masyarakat setempat menggunakan bahasa Jawa Malang atau dialek Malang untuk percakapan sehari – hari. Dialek Malang hanya membalikkan posisi huruf pada kosakata bahasa Jawa ataupun bahasa Indonesia pada umumnya.

Tempat Wisata di Kota Batu

Jangan lupa untuk mampir ke alun-alun kota Batu via @mhmmdjihad
Jangan lupa untuk mampir ke alun-alun kota Batu via @mhmmdjihad

Buat anda yang ingin liburan kesini, di kota Batu ini terdapat beberapa tempat wisata yang menarik dan bisa anda dikunjungi. Berikut adalah daftar tempat wisata di Kota Batu tersebut:

  • Jatim Park 1, adalah sebuah sarana rekreasi sekaligus tempat belajar. Tempat wisata ini ada di Kota Wisata Batu, Malang. Untuk Jatim Park 1 dikelilingi hawa pegunungan yang segar. Harga tiket masuk Jatim Park 1 Rp. 55.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 75.000 ( Sabtu – Minggu )
  • Jatim Park 2, merupakan sebuah museum yang berisi satwa – satwa yang diawetkan dan fosil – fosil purba yang didatangkan dari berbagai seluruh dunia. Di tempat ini juga terdapat Batu Secret Zoo, yang menawarkan konsep kebun binatang modern terdapat berbagai macam jenis satwa dari berbagai dunia dimana kandangnya dibuat menyerupai habitat aslinya. Harga tiket masuknya Rp. 70.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 100.000 ( Sabtu – Minggu ).
  • Museum Angkut, merupakan koleksi aneka jenis mobil dan kendaraan bermotor zaman dahulu hingga masa kini. Museum ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung No 2 Kota Wisata Batu Jawa Timur. Di museum ini disediakan tema bagi Anda yang ingin berfoto, yaitu tema Batavia, Eropa ( Buckingham ) dan Amerika ( Hollywood, Las Vegas, Broadway ). Harga tiket masuknya Rp. 50.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 75.000 ( Sabtu – Minggu ) dan bagi Anda yang membawa kamera dikenakan biaya Rp. 30.000
  • Batu Night Spectacular ( BNS ), yang menarik dari tempat wisata ini adalah jam operasional tempat wisata ini dari sore hingga malam hari. Tempat wisata ini terkenal dengan lampion – lampion yang sangat romantis di malam hari. Letak BNS ini berdekatan dengan Jatim Park, harga tiketnya Rp. 20.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 25.000 ( Sabtu – Minggu ).
  • Eco Green Park, adalah tempat wisata yang menyenangkan bagi anak – anak untuk diperkenalkan. Di tempat ini anak – anak diajarkan untuk mencintai lingkungan. Eco green park sangat cocok untuk tempat wisata keluarga. Karena tempat wisata ini terdapat lebih dari 10 zona yang bisa Anda kunjungi, antara lain Zona Insectarium, Zona Music Plaza, Zona Walking Bird, Zona Jungle Adventure, Zona World Parrots, Zona Duck Kingdom, Zona Animal Farm, Zona Rumah Terbalik, dan lain – lain. Harga tiket masuknya Rp. 40.000 ( Senin – Kamis ) Rp. 60.000 ( Jumat – Minggu ).
  • Alun – alun Kota Wisata Batu, letaknya tepat ada di tengah – tengah kota menjadikan alun – alun ini sentra hiburan masyarakat Batu maupun wisatawan dari luar kota. Alun – alun berbentuk replika buah apel super besar dan menjadi ikon untuk kota Batu. Dan keunikan dan berbeda dari alun – alun ini adalah terdapatnya bianglala tepat di tengah alun – alun. Harga tiket bianglala sekitar Rp. 3.500 per orang. Anda bisa menikmati pemandangan kota batu di malam hari, dari atas bianglala.

Mal di Kota Batu

  • Batu Town Square, Lippo Plaza Batu, Jalan Diponegoro Sisir Kec Batu, Kota Batu Jawa Timur

Museum di Kota Batu

  • Museum Angkut ( Movie Star Studio ), Jalan Terusan Sultan Agung No 2, Telp : 0341 – 595007, Jam Operasional : 10:00 – 20:00

Hiburan Malam di Kota Batu

  • Batu Night Spectacular, Jalan Oro – Oro Ombo 200, Batu, Telp : 0341 – 5025111

Rekomendasi Tempat Makan di Kota Batu

  • Ketan Legenda Batu, Alun – Alun Batu Malang
  • Warung Wareg, Jalan Raya Beji No 7 Batu, Telp : 0341 – 5339393
  • Warung Bethania Batu, Jalan Diponegoro 103, Desa Sisir Batu, Telp : 0341 – 591158
  • Depot Susu KUD Ganesha Batu, Jalan Sudiro Alun – Alun Batu
  • Waroeng Bamboe, Jalan Raya Selecta Desa Punten, Telp : 0341 – 590754

Tips Liburan di Kota Batu

  • Pilihlah penginapan di sekitar Batu, agar lebih dekat dengan tempat wisata karena biasanya pada saat akhir pekan dan liburan panjang jalanan menuju Batu sangat padat.
  • Siapkan pakaian hangat, karena Batu termasuk daerah dataran tinggi, dan terkadang suhu di sana cukup rendah di malam hari.
  • Jangan lewatkan kuliner yang ada di Batu dengan harga yang cukup murah.

Tempat Penting Di Kota Batu Perlu Anda Ketahui

  • Rumah Sakit Baptis Batu, Jalan Raya Tkelung No 1 Tlekung Batu, Telp : 0341 – 594161
  • Polres Kota Batu, Jalan Hasanuddin Junrejo Batu, Telp : 0341 – 325900

Leave a Reply