Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mungkid

Mungkid merupakan kecamatan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang berfungsi sebagai ibukota Kabupaten Magelang. Dan pusat kecamatan Mungkid berada di kelurahan Mungkid merupakan jalur propinsi antara Semarang – Magelang – Yogyakarta. Mungkid juga merupakan pusat oleh – oleh khas Magelang.

Wilayah Utama Mungkid

Pusat kota dari Mungkid berada di kelurahan Sawitan. Karena seluruh kantor dinas dan instansi pemerintah Kabupaten Magelang berada di sini.

Sejarah Mungkid

Magelang ditetapkan sebagai Kadipaten di tahun 1813 oleh Pemerintah Inggris hingga sekarang telah dipimpin 20 orang Bupati. Sebelum kemerdekaan kedudukan Pemerintah Kabupaten Magelang ada di ibukota Kabupaten Magelang yaitu Kota Magelang. Dan selama Revolusi Kemerdekaan berlangsung, kedudukan Pemerintah Kabupaten berpindah – pindah dari tempat pengungsian satu, ke tempat pengungsian lain.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mungkid! via @polanskidavid
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Mungkid! via @polanskidavid

Kantor Bupati Magelang pindah dari Kota Magelang ke Dusun Clebung, Desa Soronalan, Kecamatan Sawangan, kemudian pindah ke Dusun Manggoran, Kecamatan Mertoyudan, dan kemudian berpindah di wilayah Kecamatan Mungkid, di Desa Bojong. Dan pada akhir masa Revolusi Kantor Bupati pindah di wilayah Kecamatan Muntilan di Desa Jumbleng, setelah keadaan aman kembali lagi ke Kota Magelang.

Kota Mungkid diresmikan menjadi ibukota Kabupaten Magelang pada tanggal 22 Maret 1984 oleh Gubernur Jawa Tengah M Ismail, An. Menteri Dalam Negeri pada Prasasti peresmian Kota Mungkid, berada di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang, dan tiap tahun pada tanggal 22 Maret diperingati sebagai hari jadi Kota Mungkid.

Cara Pergi ke Mungkid

Menuju kota Mungkid hanya bisa melalui darat, yaitu :

  • Bus, semua bus yang menuju kota Mungkid akan berhenti di Terminal bus Borobudur.
  • Mobil Pribadi, Anda bisa menggunakan mobil pribadi untuk menuju ke kota Mungkid, estimasi waktu perjalanan sekitar 12 jam – 15 jam tergantung dari kondisi jalanan.

Transportasi Umum di Mungkid

  • Angkutan Kota ( Angkot ), Anda bisa mengelilingi Mungkid dengan menggunakan angkot karena angkutan ini mudah ditemui yang bisa mengantar berkeliling kota Mungkid dengan tarif sekitar Rp. 3.000

Hotel di Mungkid

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Berikut ini adalah beberapa hotel di Mungkid yang bisa anda gunakan untuk menginap:

  • Sevilla Resort, Jalan Blabak Sawangan KM.2, Pagersari, Mungkid, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56551
  • Puri Menoreh Borobudur Hotel & Restaurant, Jl. Raya Borobudur Km 5.5 , Ngrajek, Mungkid, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56551
  • Family Hotel Borobudur & Rafting Sungai Elo, Jln Borobudur km 5, Mendut II RT 02 RW IV, Mungkid, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56116
  • Oemahaji Widayat, Jalan Soekarno Hatta No 32, Sawitan, Kota Mungkid, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56511
  • Roro Mendut Homestay, Lingkungan Mendut 2, Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Rt 01 Rw 04. Jalan Mayor Kusen, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Warung Limasan Homestay, Warung Limasan. Jalan Borobudur km 2,5 (Depan Borobudur Silver), Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 55162
  • Papa W Guest House & Spa, Jl. Mayorkusen,Borobudur, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56512

Iklim di Mungkid

Kota Mungkid memiliki iklim tropis. Dan Mungkid merupakan kota dengan curah hujan yang signifikan. Bahkan di musim kemarau terdapat banyak hujan.

Bahasa Daerah di Mungkid

Bahasa daerah yang digunakan sehari – hari di kota Mungkid adalah bahasa Jawa dengan dialek Magelang.

Tempat Wisata di Mungkid

  • Candi Mendut, adalah objek wisata yang ada di Magelang yang letaknya sekitar 3km dari Candi Borobudur atau tepatnya ada di Jalan Mayor Kusen Kota Mungkid, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sejarah Candi Mendut dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dari Dinasti Syailendra. Dan bangunan ini berasal dari batu bara, yang kemudian ditutupi dengan batu alam. Di dalam bilik Candi Mendut terdapat 3 buah arca yang terkenal antara lain arca Dyani Budda Cakyamuni atau Varirocana,arca Avalokitesvara, dan arca Bodhisatva Vajrapani.

Mal di Mungkid

  • Blabak Square, Jalan Raya Blabak, Mungkid ( Jalan Magelang ) , Jawa Tengah

Museum di Mungkid

  • Museum Seni Rupa H. Widayat didirikan diatas areal tanah seluas sekitar 7.000 m2 yang letaknya di jalur wisata diantara candi Mendut dan candi Borobudur, tepatnya di Jalan Letnan Tukiyat 32 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Museum ini terdiri atas 3 bangunan utama, yaitu : Museum H Hidayat, Galeri Hj. Soewarni ( d/h Galeri Widayat ) dan Art Shop Hj. Soemini, serta area taman yang bermanfaat untuk meletakkan karya seni outdoor.

Rekomendasi Tempat Makan di Mungkid

  • BS Resto, Jalan Mayor Kusen km 2,5 Mungkid. Magelang – Jawa Tengah
  • Pondok Makan dan Pemancingan Rejosari, Jalan Raya Borobudur km 3 Selag, Mungkid. Magelang – Jawa Tengah
  • Kampoeng Ulu, Jalan Raya Borobudur km 2, Mungkid. Magelang – Jawa Tengah
  • Rumah Makan Pak Dar, Jalan Raya Borobudur km 5 Ngrajek, Mungkid. Magelang – Jawa Tengah

Perlu Kamu Tahu di Mungkid

  • Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jalan Soekarno Hatta Kota Mungkid, Telp : 0293 – 789799.
  • Rumah Sakit N-21 Gemilang, Jalan Pd. Pabelan No 5 Mungkid, Telp : 0293 – 782108
  • Polsek Mungkid, Jalan Pemandian No 1 Blabak Mungkid Magelang, Telp : 0293 – 326625

Leave a Reply