Panduan Tips Pergi Liburan Ke Nihiwatu

Rate this post

Nihiwatu adalah sebuah pantai terelok di Pulau Sumba, yang memiliki peringkat ke-17 dari 100 pantai terbaik di dunia. Pantai Nihiwatu terletak di Kabupaten Sumba Barat, sekitar 30 kilometer dari Kota Waikabubak, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lokasi pantai yang jauh dari keramaian kota dan belum terkontaminasi oleh industrial, menjadikan Pantai Nihiwatu sebagai pantai privat yang menyimpan berjuta keindahan. Pantai yang dikelola oleh sebuah resort kelas dunia ini dijaga cukup ketat dan tidak boleh dikunjungi sembarang orang, hanya tamu resort yang menginap saja yang bisa menikmati keindahan pantainya. Selain itu, pengalaman paling asyik di pantai ini adalah Anda bisa berselancar sepuasnya.

Ya, Pantai Nihiwatu juga menjadi tujuan para surfer dunia, dan mereka menjuluki keistimewaan ombak di pantai ini sebagai God’s Left. Ombaknya salah satu yang tercepat di dunia. Namun, pengunjung yang bisa berselancar di pantai ini dibatasi maksimal 10 orang dalam sekali waktu, sementara peselancar lainnya harus antri menunggu giliran. Hal ini demi menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung yang berselancar. Beberapa aktivitas menarik lainnya juga dapat dilakukan di pantai ini, seperti memancing, snorkeling, scuba diving, dan berlayar ke Teluk Pantai Konda Maloba, mengamati burung, bersepeda gunung, bahkan trekking ke air terjun. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat para pengunjung betah dan mendapat pengalaman-pengalaman yang berkesan.

Di Tahun 2012, resort di pantai ini yaitu Resort Nihiwatu memenangkan penghargaan sebagai Hotel Terbaik kedua di Indonesia. Pemiliknya adalah warga negara asing, tapi 90% karyawannya adalah masyarakat Sumba. Penduduk lokal masyarakat Sumba ini pun juga menawarkan keunikan budaya yang bisa Anda eksplorasi selama berwisata di sini. Mereka masih kental akan budaya Megalitikum di mana terdapat batu-batu makam di area rumah adatnya. Sayang belum banyak orang yang mengetahui keistimewaan tempat ini. Padahal keindahan Pantai Nihiwatu bahkan berhasil mengalahkan keindahan Hanalei Bay yang populer di Hawai.

Wilayah Utama Nihiwatu

Berikut ini batas-batas wilayah Sumba Barat,

  • Sebelah Utara: Selat Sumba
  • Sebelah Selatan: Samudera Indonesia
  • Sebelah Barat: Kabupaten Sumba Barat Daya
  • Sebelah Timur: Kabupaten Sumba Tengah

Sejarah Nihiwatu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Nihiwatu

Di Tahun 1988, Petra dan Claude Graves sampai di Pulau Sumba dalam pencarian gelombang ombak yang sempurna. Pada Tahun 1998 mereka membuka Nihiwatu, sebuah resor peselancar di tengah-tengah sawah dan tanaman tropis. Kemudian, seorang pengusaha warga negara Amerika, Chris Burch dan seorang pengusaha ternama berdarah Afrika Selatan, James McBride, bersama-sama mengawali pembangunan resor di tahun 2012. Bangunan resor pertama di Sumba terdiri atas 12 villa.

Nihiwatu lahir dari keinginan untuk melindungi dan melestarikan keunikan budaya Sumba, serta memberdayakan masyarakatnya untuk menopang kehidupan mereka dan keluarganya secara mandiri. Resort-resort yang ada di Nihiwatu pun bangga bisa mempekerjakan lebih dari 90 persen masyarakat lokal Sumba, dengan semangat keramahan khas penduduk asli.

Cara Pergi ke Nihiwatu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Nihiwatu

Pergi ke Nihiwatu Naik Pesawat Udara

Untuk penerbangan Internasional, Anda perlu terbang melalui Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Setelah sampai di Denpasar, Anda bisa memilih bermalam sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Nihiwatu.

Dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, lanjutkan penerbangan menuju Bandara Tambolaka, di Kabupaten Sumba Barat. Setidaknya tiga maskapai penerbangan yang melayani rute ke Tambolaka setiap harinya, yaitu Wings Air, Garuda Indonesia, Aviastar, dan Trans Nusa. Dari Bandara Tambolaka Anda bisa menyewa mobil untuk mengantar Anda ke Pantai Nihiwatu. Waktu tempuh berkendara sekitar 2 – 3 jam dengan suguhan keindahan panorama alam Sumba dan petualangan menjelajahi dalamnya. Tarif sewa mobil antara Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000.

Alternatif jalan udara menuju Pulau Sumba bisa ditempuh melalui Bandara Eltari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan pendaratan di Bandara Tambolaka, Sumba Barat, atau bisa juga di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kota Waingapu, Sumba Timur.

Pergi ke Nihiwatu Lewat Jalur Laut dan Jalur Darat

Perjalanan melalui jalur laut dan darat tentu lebih murah, ada pengalaman tersendiri yang bisa Anda dapatkan di sini. Anda bisa berlabuh dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali, jika dari Jawa Timur. Dari sini dilanjutkan lewat perjalanan darat ke Pelabuhan Padang Bay, Bali, lalu menyebrang ke Pelabuhan Lembar di Lombok Barat. Lanjut lagi melalui jalur darat ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, baru menyebrang lagi menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa, dengan waktu tempuh selama 2 – 3 jam.

Belum berakhir di sini, Anda masih harus berkendara menuju Pelabuhan Sape, Bima. Dan, menempuh penyebrangan terakhir menggunakan kapal feri dari Sape ke Pelabuhan Waikelo, Sumba Barat Daya, selama 6 – 8 jam. Perjalanan yang panjang dan memakan waktu, tapi dari sinilah Anda mungkin mendapatkan petualangan yang sebelumnya tidak terbayangkan. Pada akhirnya, semua itu akan menambah nilai perjalanan wisata Anda ke Nihiwatu.

Transportasi Umum di Nihiwatu

Sarana transportasi umum tersedia di dalam kota, tapi pilihan satu-satunya dari bandara adalah menyewa kendaraan “oto”, sebutan penduduk lokal untuk mobil. Tarif sewa mobil berkisar Rp. 400.000 – Rp. 650.000 per hari, sudah termasuk supir dan bensin.

Hotel di Nihiwatu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Nihiwatu

Resort di Nihiwatu adalah sebuah tempat privat yang sangat terjaga keamanannya. Beberapa selebriti dunia pernah menginap di sini, yaitu Rolling Stones, Pink dan suaminya Carey Hart, bahkan Chris Hemsworth memilih menikahi pasangannya Elsa Pataky di Nihiwatu.

Bangunan resort terdiri atas bungalow dengan tiga kamar besar yang dibangun di atas bukit, lengkap dengan kolam pribadi yang menghadap ke Samudera Hindia. Villa-villa di resort ini menghadap ke laut, begitu juga restorannya yang menghadap ke pantai dengan konsep outdoor.

Arsitektur dan Interior resort adalah perpaduan gaya tradisional dan modern. Kecantikan dan kerapihannya dikombinasikan dengan keindahan laut, pantai yang menawan, serta keunikan Budaya Sumba yang eksotis mengantarkan Nihiwatu pada kemewahan kelas dunia. Tarif menginap di Resort Nihiwatu berkisar Rp. 5 juta per malam, itu pun dengan minimum waktu menginap selama 5 malam. Namun, Nihiwatu tampaknya tutup pada Bulan Januari dan Februari, sebab musim hujan berada dalam intensitas yang tinggi.

Iklim di Nihiwatu

Hawa di Nihiwatu adalah sejuk, umumnya hangat dan sedang, dengan iklim tropis maritim dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Suhu udara rata-rata di daerah ini antara 24°C – 33°C. Jumlah hari hujan sekitar 70 – 90 hari dalam setahun.

Bahasa Daerah di Nihiwatu

Bahasa Sumba, Bahasa Wewewa (Sumba Barat), Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Tempat Wisata di Nihiwatu

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Nihiwatu

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Nihiwatu. Pemandu setempat dapat membawa Anda berkeliling ke tempat-tempat spektakuler yang hanya bisa diakses dengan berjalan kaki atau berperahu layar. Ada air terjun yang mempesona, pantai-pantai menawan, dan Desa-desa khas jaman batu yang bisa Anda lihat.

Beberapa aktivitas wisata menarik lainnya yang ditawarkan,

  • Menunggang Kuda
  • Bersepeda Gunung
  • Trekking, ke beberapa air terjun
  • Jeep Tour, ke pantai-pantai dan desa-desa tradisional dan pasar.
  • Mengamati Burung-burung, setidaknya ada 300 jenis burung di Sumba, surga para burung.
  • Memancing Kelas Dunia, kesempatan Anda menangkap berbagai jenis ikan besar.
  • Menyelam (Scuba Diving)
  • Snorkeling
  • Ekspedisi Perahu
  • Rumah Perahu
  • Jet Ski
  • Surfing
  • Private Boat Charters
  • Sunset / Sunrise Beach Ride
  • Spa
  • Meditasi

Hiburan Malam di Nihiwatu

Tidak banyak kehidupan malam di Nihiwatu. Anda bisa menunggang kuda di sepanjang tepi pantai pada saat bulan purnama, atau sekedar bercengkerama menikmati suasana laut malam di tepi pantai.

Rekomendasi Tempat Makan di Nihiwatu

Restoran tersedia bagi tamu resort di Nihiwatu, dengan hidangan yang disajikan oleh chef berpengalaman kelas dunia.

Tips Wisata di Nihiwatu

  • Tersedia paket wisata Nihiwatu yang menawarkan discount harga kamar hotel di waktu –waktu tertentu. Anda bisa memantaunya secara online atau bertanya pada agen wisata khusus Nihiwatu dari jauh hari sebelumnya.
  • Siapkan perbekalan yang cukup bila Anda hendak melakukan perjalanan via laut dan darat ke Nihiwatu, sebab perjalanannya sangat panjang dan memakan waktu lama. Sedangkan mungkin tidak mudah mencari penjual makanan dan minuman selama dalam perjalanan.
  • Bawalah pelindung sinar matahari seperti lotion tabir surya, kacamata UV, dan topi. Sebab sebagian besar aktivitas Anda di Nihiwatu dilakukan sambil menantang matahari.
  • Berhati-hatilah saat bermain di tepi pantai dan laut, karena ombak lautan di sini cukup besar. Pastikan Anda tidak sendirian.
  • Jagalah kebersihan alam dan hormati masyarakat setempat.

Perlu Kamu Tahu di Nihiwatu

Nihiwatu Bali Office

Kuta PoLeng Complex Block C/2

Kuta 80361 Bali, Indonesia

Tel: (62) 361 757 149

Fax: (62) 361 755 259

[email protected]

 

Pemesanan

Tel: +62 361 757149

Mobile: +65 9274 2344 (English)

+62 8123 8236 60 (English / Bahasa Indonesia)

Rumah Sakit Umum

Jl. Adhyaksa 118, Komerda Waikabubak

Telepon 0387 21021/21118

 

AS Rent Car

Telepon 0852 3189 4277

Hubungi Ibu Ita. Tersedia kendaraan roda empat jenis Panther dengan tarif Rp. 400.000 untuk dalam kota dan Rp. 500.000 untuk luar kota. Harga sudah termasuk biaya sopir dan bensin.

 

Rental Mobil Sinar Tambolaka

Jl. Radamata, Tambolaka

Telepon 0387-2524086.

 

Kantor Polisi

Jl. Keretana, Waitabula

Telepon 0387 2524110

Leave a Reply