PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Pura Batu Bolong di Lombok

Blog

Pulau Eksotis

Pura Batu Bolong di Lombok

Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, tak terkecuali pulau-pulau yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satu pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya adalah pulau Bali dan Lombok. Kedua pulau ini terkenal dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya yang menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Pura Batu Bolong adalah salah satu pura yang terletak di pulau Lombok. Pura ini merupakan salah satu tempat ibadah umat Hindu di Lombok yang memiliki keunikan tersendiri. Pura Batu Bolong terletak di kawasan Senggigi, pesisir pantai Lombok. Pura ini memiliki ukuran yang cukup kecil, namun memiliki daya tarik yang luar biasa.

Lokasi dan Rute Menuju Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak di Jalan Raya Senggigi, Batu Layar, Denpasar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB 83355. Lokasinya yang strategis membuat Pura Batu Bolong sangat mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini.

Untuk menuju Pura Batu Bolong, terdapat beberapa rute yang dapat dipilih. Jika Anda berasal dari Kota Mataram, Anda dapat menggunakan transportasi darat seperti motor, mobil, atau bus. Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Pura Batu Bolong hanya sekitar 20 menit saja.

Selain itu, jika Anda ingin menuju Pura Batu Bolong dari pelabuhan Bangsal, Anda dapat menggunakan jalur darat. Rute ini sangat mudah dijangkau dan dapat ditempuh dengan berbagai jenis transportasi seperti motor, mobil, bus, atau taxi. Anda juga dapat menikmati keindahan pantai di daerah Lombok Barat saat berjalan kaki menuju Pura Batu Bolong.

BACA JUGA :  Daftar Toko Aki di Jogja Yang Menyajikan Produk Berkualitas dan Awet Digunakan

Sejarah Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong memiliki sejarah yang sangat menarik. Pura ini didirikan oleh seorang resi bernama Dang Hyang Dwijendra pada tahun 1533. Dang Hyang Dwijendra merupakan tokoh yang membawa kepercayaan Hindu masuk ke Bali dan Lombok.

Pada awalnya, Pura Batu Bolong dibangun sebagai tempat ibadah umat Hindu di Lombok. Namun, seiring berjalannya waktu, Pura Batu Bolong juga menjadi salah satu tempat wisata spiritual yang populer di kalangan wisatawan. Pura ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh umat Hindu maupun wisatawan dari berbagai agama.

Salah satu keunikan dari Pura Batu Bolong adalah keberadaan sebuah batu besar dengan lubang di tengahnya. Batu ini menjadi simbol dari Pura Batu Bolong dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain itu, Pura Batu Bolong juga memiliki keindahan alam yang memukau, terutama saat matahari terbenam di sepanjang pesisir pantai barat Lombok.

Daya Tarik Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong memiliki daya tarik yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Salah satunya adalah keindahan alam sekitar Pura Batu Bolong. Dari Pura ini, Anda dapat melihat pemandangan pantai Senggigi yang begitu indah. Anda juga dapat melihat kegiatan para pemancing tradisional yang mencari ikan di sepanjang pantai.

Selain itu, Pura Batu Bolong juga menjadi tempat yang populer untuk menyaksikan matahari terbenam. Banyak wisatawan yang datang ke Pura ini untuk menikmati indahnya matahari terbenam dengan latar belakang Gunung Agung di Bali.

Tidak hanya itu, Pura Batu Bolong juga memiliki keunikan tersendiri. Batu besar dengan lubang di tengahnya menjadi daya tarik utama Pura ini. Batu ini menopang seluruh struktur Pura, sehingga menjadi simbol penting bagi umat Hindu yang beribadah di Pura Batu Bolong.

BACA JUGA :  10 Toko Kosmetik di Samarinda, Harga Murah!

Selain itu, Pura Batu Bolong juga menjadi tempat ibadah bagi umat Hindu. Setiap hari, Anda dapat melihat masyarakat yang berpakaian tradisional dan membawa sesajen saat beribadah di Pura ini. Pada hari-hari besar keagamaan, seperti Kuningan dan Galungan, Anda juga dapat menyaksikan prosesi peribadatan yang dipimpin oleh pemimpin adat dan diiringi dengan musik tradisional khas Lombok.

Fasilitas di Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong juga menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Di dalam kompleks Pura, terdapat mata air suci yang dipercaya memiliki khasiat bagi para penggunanya. Selain itu, terdapat juga tempat parkir, penginapan, warung makan, pusat penjualan souvenir, toilet, café, dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung tidak perlu khawatir jika ada kebutuhan mendesak atau kebutuhan sehari-hari. Semua fasilitas tersebut sudah tersedia di sekitar Pura Batu Bolong.

Kesimpulan

Pura Batu Bolong merupakan salah satu tempat wisata spiritual yang populer di Lombok. Pura ini memiliki sejarah yang menarik dan keindahan alam yang memukau. Lokasinya yang strategis membuat Pura Batu Bolong sangat mudah dijangkau oleh wisatawan. Selain itu, Pura Batu Bolong juga menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Jadi, jika Anda sedang berada di Lombok, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pura Batu Bolong.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *