PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

23 – 25 Nama Pura di Bali dan Letaknya

Blog

23. Pura Uluwatu

Keunikan Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Bali. Keunikan utama dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas tebing dan menjorok ke laut. Pemandangan yang disuguhkan dari Pura Uluwatu sangatlah cantik, terutama saat matahari tenggelam. Keindahan panorama laut yang luas dan ombak yang menghantam tebing membuat pengunjung terpesona dan takjub.

Keberadaan Kera di Pura Uluwatu

Selain keunikan lokasinya, Pura Uluwatu juga terkenal dengan keberadaan sejumlah kera. Menurut kepercayaan umat Hindu di sana, kera-kera tersebut merupakan penjaga kesucian dari Pura Uluwatu. Kehadiran mereka menambah daya tarik dan keunikan dari pura ini. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati dan tidak mengganggu kera-kera tersebut.

Etika Berkunjung ke Pura Uluwatu

Seperti halnya saat mengunjungi Pura Besakih, pengunjung yang ingin masuk ke Pura Uluwatu juga diwajibkan mengenakan selendang dan sarung sebagai tanda penghormatan terhadap kesucian pura. Hal ini merupakan bagian dari etika berkunjung ke pura-pura di Bali. Dengan mengikuti aturan ini, pengunjung dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan di tempat suci ini.

24. Pura Besakih

Keistimewaan Pura Besakih

Pura Besakih adalah salah satu pura terbesar dan terpenting di Bali. Pura ini terletak di kaki Gunung Agung, yang memberikan udara yang sangat sejuk dan segar di sekitarnya. Keistimewaan Pura Besakih adalah karena dipercaya sebagai tempat suci dan induk dari seluruh pura di Bali. Oleh karena itu, tempat ini sering digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti upacara dan persembahyangan.

BACA JUGA :  10 Agen Rental Mobil di Kebayoran Lama, Mulai Rp.300.000

Peraturan Berkunjung ke Pura Besakih

Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, diharapkan untuk tidak memasuki Pura Besakih. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa wanita yang sedang haid dianggap tidak suci. Selain itu, saat memasuki area Pura Besakih, pengunjung diwajibkan menggunakan sarung yang disediakan di sekitar pura. Hal ini juga merupakan bagian dari tata krama dan etika berkunjung ke pura di Bali.

25. Pura Tanah Lot

Keindahan Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal di Bali. Keindahan utama dari pura ini adalah lokasinya yang berada di atas batu karang. Saat air laut pasang, pura ini terlihat seperti terapung di tengah ombak. Pemandangan ini sangat menakjubkan dan menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung. Selain itu, Pura Tanah Lot juga dikenal dengan keindahan matahari terbenamnya yang sangat memukau.

Pemujaan Dewa Laut di Pura Tanah Lot

Menurut kepercayaan penganut agama Hindu, Pura Tanah Lot adalah tempat untuk memuja dewa laut. Di dalam kompleks pura ini terdapat dua pura yang menjadi tempat ibadah. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memegang ular suci yang ada di pura ini. Ular tersebut sudah dijinakkan dan tidak berbahaya, sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman unik dan spiritual di Pura Tanah Lot.

Selain itu, Pura Tanah Lot juga memiliki fasilitas yang memadai, seperti area parkir yang luas dan toilet umum. Pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang untuk masuk ke dalam kompleks pura. Pura Tanah Lot buka dari pukul 07.00 hingga 19.00 WITA.

Dengan keberadaan Pura Uluwatu, Pura Besakih, dan Pura Tanah Lot, wisatawan dapat merasakan keindahan dan kedalaman budaya serta agama di Bali. Ketiga pura ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung terpesona. Selain itu, pengunjung juga diharapkan menghormati aturan dan etika berkunjung ke pura-pura ini guna menjaga kerukunan dan keharmonisan di tempat suci ini.

BACA JUGA :  10 Referensi Dokter Gigi di Bandar Lampung

Halaman Selanjutnya: 26 – 41 Pantai di Bali Yang Bagus Cocok Untuk Anak-Anak

Setelah mengeksplorasi keindahan pura-pura di Bali, halaman selanjutnya akan membahas tentang pantaipantai yang cocok untuk anak-anak. Bali memiliki banyak pantai yang indah dan menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Dengan memilih pantai yang tepat, liburan keluarga di Bali akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *