Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pangandaran

Pangandaran adalah sebuah kota kecamatan dari Kabupaten Pangandaran, Propinsi Jawa Barat. Ibukotanya adalah Parigi. Terletak di pantai selatan Pulau Jawa. Pantainya yang terkenal sebagai salah satu tempat berselancar menjadikan Pangandaran banyak dikunjungi wisatawan.

Pangandaran adalah salah satu pantai terbaik di Pulau Jawa. Nuansa ketenangan yang mungkin berbeda dengan kalau Anda berwisata di Bali. Pada akhir pekan banyak pengunjung datang dari Jakarta dan Bandung sehingga kawasan Pangandaran bisa penuh ramai, terlebih lagi pada saat libur nasional.

Pangandaran sendiri berbentuk sebuah Tanjung atau daratan yang menjorok ke laut, dengan adanya dua pantai berpasir vulkanik. Sisi timur pantai lebih tenang, lebih nampak sebagai kawasan nelayan. Sangat tepat jika Anda berada di daerah ini pada waktu makan malam, di mana berbagai restoran hidangan laut mengolah hasil tangkapannya di hari tersebut, seperti kepiting, ikan-ikan, udang, dan cumi-cumi. Suasana dan hidangan lautnya sangat layak dinikmati.

Sedangkan di ujung selatan tanjung terdapat Taman Nasional Pangandaran, yang melewati Hutan Pananjung. Kawasan ini dihuni berbagai satwa liar, dan ada Bunga Rafflesia yang tergolong spesies langka, dengan waktu mekar antara Bulan Juni – Juli.

Banyak terdapat sarana akomodasi dan restoran di kawasan Pantai Pangandaran. Festival Internasional Layang-layang Pangandaran pun kerap diselenggarakan dari sejak Tahun 1985.

Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Pangandaran via @cingoxdistortion
Salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Pangandaran via @cingoxdistortion

Sejarah Pangandaran

Mulanya, Desa Pangandaran dihuni oleh para nelayan Suku Sunda. Para pendatang kemudian menempati daerah ini karena gelombang lautnya kecil sehingga mudah mencari ikan. Daerah ini memiliki tanjung yang menjorok ke laut, karenanya menghambat gelombang besar sampai ke pantai.

Daerah ini lantas dijadikan tempat penyimpanan perahu nelayan yang istilah Sundanya yaitu Andar. Semakin banyaknya pendatang akhirnya membentuk suatu perkampungan yang disebut Pangandaran. Pangan berarti makanan, dan Daran berarti pendatang, makan Pangandaran artinya Sumber Makanan Para Pendatang.

Pada Tanggal 17 Juli 2006, gempa bumi bawah laut berkekuatan 7.7 skala richter pernah mengguncang Pangandaran, dan menimbulkan bencana tsunami yang menghancurkan daratan serta area pemukiman, hingga memakan korban jiwa sebanyak lebih dari 300 orang.

Cara Pergi ke Pangandaran

Akses Jalan darat untuk pergi ke Pangandaran dapat ditempuh lewat berbagai cara. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Naik Bus Ke Pangandaran

  • Jakarta – Pangandaran (355 Km),  Bus Gapuraning Rahayu, rute Kampung Rambutan – Pangandaran, Terminal Kp. Rambutan Rp. 90.000 non AC, Rp. 95.000 AC. Waktu tempuh perjalanan 7 jam.
  • Bandung – Pangandaran (236 Km), Bus Budiman, rute Bandung – Tasikmalaya – Banjar – Pangandaran, Terminal Cicaheum Rp. 53.000 non AC, Rp. 65.000 AC. Waktu tempuh perjalanan 7 jam.
  • Yogyakarta – Pangandaran (385 Km), Bus rute Yogyakarta – Cilacap – Kalipucang – Pangandaran.

Berikut rincian tarif bus yang melayani rute ke Pangandaran :

  • Tasikmalaya : Rp. 30.000
  • Ciamis : Rp. 20.000
  • Banjar : Rp. 12.000
  • Kalipucang atau Majingklak : Rp. 5.000
  • Cilacap : Rp. 25.000
  • Cijulang : Rp. 7.000

Tersedia mini bus Sari Harum yang melayani rute Pangandaran – Bandung, dengan biaya Rp. 100.000 per orang. Serta mini bus Perkasa Jaya yang melayani rute Pangandaran – Terminal Kp. Rambutan Jakarta, dengan tarif Rp. 150.000 per penumpang. Fasilitas mini bus ini lebih nyaman jika dibandingkan bus regular.

Naik Kereta Api Ke Pangandaran

Bila Anda naik kereta, ambil jurusan Banjar, lalu lanjutkan perjalanan ke Pangandaran menggunakan bus.

Naik Pesawat Udara Ke Pangandaran

Ada penerbangan dengan rute Jakarta – Pangandaran menggunakan pesawat Cessna Susi Air, yang berangkat dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Harga tiket Rp. 520.000 dengan lama penerbangan 45 menit.

Sedangkan penerbangan Susi Air dengan rute Bandung – Pangandaran memasang tarif tiket Rp. 445.000, dengan lama penerbangan 40 menit.

Naik Mobil Ke Pangandaran

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengambil rute yang sama dengan rute bus. Selain itu, tersedia banyak jasa agen perjalanan wisata menuju Pangandaran dan sekitarnya yang bisa Anda hubungi.

Transportasi Umum di Pangandaran

Anda bisa menggunakan becak untuk berkeliling kawasan Pangandaran dengan ongkos mulai Rp. 10.000. Anda juga bisa menyewa sepeda dengan biaya sewa Rp. 25.000 per hari, dan sewa motor Rp. 50.000 per hari, di luar biaya bensin.

Ada juga angkutan umum Angkot dari Terminal Pangandaran yang langsung menuju tempat tujuan wisata Green Canyon, yaitu angkot dengan rute terakhir Terminal Cijulang yang berjarak 30 kilometer, dan ditempuh dalam waktu 1.5 jam. Tarif angkot Rp. 15.000 per penumpang.

Hotel di Pangandaran

Laut Biru Pangandaran via @fukkin_lee
Laut Biru Pangandaran via @fukkin_lee

Ada ratusan penginapan dan hotel dengan berbagai tipe dan variasi harga kelas budget dan menengah. Lokasi hotel sangat dekat dengan pantai dan berdekatan satu dengan lainnya. Hotel dengan tarif murah meriah. Ada guesthouse model rumah bamboo yang semua kamarnya sudah dilengkapi kamar mandi modern.

Harga kamar rata-rata dengan fan dimulai dari Rp. 50.000 – Rp. 110.000, sedangkan kamar dengan AC Rp. 80.000 – Rp. 120.000, sudah termasuk sarapan dan kopi/teh gratis. Beberapa penginapan di sini menawarkan jasa penyewaan mobil, motor, sepeda, atau speed boat.

Sementara itu beberapa hotel di Pangandaran yang bisa anda gunakan untuk menginap adalah sebagai berikut:

  • Horison Palma Pangandaran, Jalan Pantai Barat No 91, Kawasan Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46596
  • Hotel Surya Pesona Pangandaran, Jalan Pamugaran, Desa Bulak Laut, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • The Arnawa Hotel, Jl. Bulak Laut No. 12, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Surya Kencana Seaside Hotel, Pantai Barat Pananjung, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Nyiur Indah Beach Hotel, Jalan Pantai Barat No. 46, Pangandaran, Indonesia, 46936
  • d’BILZ Hotel, Jalan Kidang Pananjung No. 198, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Nyiur Resort Hotel Pangandaran, Jalan Bulak Laut No. 49, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • In Out Hotel Pangandaran, Jl.Pramuka No 11 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Uni Beach Hotel, Jl. Pamugaran Bulak Laut No.28, Pananjung, Pangandaran, Jawa Barat , Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Laut Biru Resort Hotel, Jalan E. Jaga Lautan No. 17-18, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Sun In Pangandaran Hotel, Jl. Kidang Pananjung No. 199 , Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Grand Aquarium Hotel Pantai Barat Pangandaran, Jl. Pantai Barat No.87 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Bamboo House Pangandaran, Jalan Barui Bulak Laut No. 8, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Menara Laut Hotel, Jalan Bulak Laut Pantai Barat, Pamugaran,Pananjung,, Pangandaran, Indonesia, 56396
  • Rose Inn Pangandaran, Jl. Kidang Pananjung No. 119, Pantai Timur, Pangandaran, Indonesia 46396, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Krisna Beach Hotel 2, JL. Pramuka No. 13 Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Hotel Malabar Pangandaran, Jalan Pamugaran 128, Pantai Barat , Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Krisna Beach Hotel 1, Jalan Pantai Barat No. 21, Pangandaran, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Sofia Beach Hotel Pangandaran, Jalan Sumardi No. 26, Pangandaran, Indonesia, 46396
  • Wisma AHLEN Pangandaran (Guest House), Jalan Prapat 503, Pangandaran, Indonesia, 46396

Iklim di Pangandaran

Pangandaran beriklim tropis denga curah hujan yang signifikan sepanjang tahun. Suhu rata-rata 26.8 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Pangandaran

Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Pangandaran

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pangandaran via @akusandiii
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pangandaran via @akusandiii

Ada beberapa tempat wisata di Pangandaran yang bisa anda kunjungi. Beberapa diantaranya dalah sebagai berikut:

Pantai Batu Karas

Berlokasi di Batu Karas, Kecamatan Cijulang, pantai ini memiliki nuansa alam yang tenang di pantainya yang landau. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Pangandaran. Terdapat pondok wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Ciamis.

Dilengkapi fasilitas hotel, area perkemahan, toko cinderamata, jasa sewa papan selancar dan ban renang. Tiket masuk untuk pejalan kaki dan sepeda motor adalah Rp. 7.500, sedangkan untuk kendaraan mobil Rp. 36.000, kendaraan bus mulai dari Rp. 86.000 hingga Rp. 172.000 tergantung ukuran bus.

Citumang Pangandaran

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Ciamis. Kira-kira 15 kilometer ke arah barat Pangandaran, atau 4 kilometer dari jalan besar Pangandaran – Cijulang. Jarak total dari Ciamis adalah 95 kilometer. Anda dapat mencapainya dengan kendaraan umum rute Cijulang, lalu naik ojek, dan lanjut berjalan kaki menyusuri sisi sungai dan perkebunan sejauh 500 meter. Carilah hulu sungai sebab di situlah Anda akan mendapati kesejukan dan beningnya air sungai.

Pantai Karapyak

Keindahan pantai ini melebihi keindahan Pantai Pangandaran dan Batu Hiu. Pantai Karapyak berlokasi di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Ciamis. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari Pantai Pangandaran. Akses menuju pantai ini cukup mudah karena jalannya sudah bagus dan dilengkapi papan petunjuk arah.

Namun, hanya pengunjung dengan kendaraan pribadi dan kendaraan sewa yang bisa mencapai pantai ini, sebab belum tersedia angkutan umum. Keindahan hamparan pasir putih, batu-batu karang yang menjorok ke laut, dan tebing-tebing menjadi kelebihan pantai ini. Belum lagi jika air laut surut, ada banyak kumang, ikan hias, cangkang kerang dan keunikan lainnya di sepanjang pantai. Letak pantai ini dekat dengan Pulau Nusakambangan dan Segara Anakan.

Green Canyon Pangandaran (Cukang Taneuh)

Berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Sekitar 130 kilometer dari Kota Ciamis atau 35 kilometer dari Pantai Pangandaran. Letaknya dekat dengan Batu Karas dan Lapangan Terbang Nusawiru.

Aliran Sungai Cijulang melintasi kawasan Green Canyon, Pangandaran, melewati hutan-hutan yang kaya akan pepohonan jati, palem, beraneka ragam tumbuhan yang menggantung, serta suara-suara burung liar. Pengunjung biasa rafting atau berperahu menyusuri sungai ini, berangkat dari dermaga Ciseureuh yang berjarak kurang lebih 3 kilometer selama 45 menit, dari lokasi Green Canyon.

Ada dua destinasi goa di kawasan ini, yaitu Goa Kolor dan Goa Bagong. Suasana alam dan petualangan di kawasan ini akan mengesankan perjalanan wisata Anda. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Biaya tiket perahu Rp. 125.000 dengan kapasitas maksimal 6 orang.

Rute jalan menuju objek wisata Green Canyon Pangandaran:

  • Jika berangkat dari Jakarta dan Bandung, ikuti rute menuju Jawa Tengah melalui Kota Tasik – Ciamis – Banjar – Pangandaran.
  • Jika berangkat dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, ikuti rute menuju Jawa Barat melalui Purworejo – Kebumen – Wangon – Banjar – Pangandaran – Ciamis.

Pantai Karang Nini

Pantai ini berada di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, sekitar 83 kilometer dari Kota Ciamis ke arah selatan. Di pantai ini ada hamparan batu-batu karang yang salah satunya berbentuk mirip seorang nenek yang dalam Bahasa Sunda disebut Nini, maka pantai ini dijuluki Pantai Karangnini.

Tempat tujuan wisata yang merupakan perpaduan hutan jati dan pantai ini juga memiliki pondok wisata yang dikelola Perhutani Ciamis. Terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti goa, makam, aquarium alam, di sekitar pantai ini.

Pantai Pangandaran

Pantai yang popular di Jawa Barat ini berlokasi di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, sekitar 92 kilometer ke selatan Kota Ciamis. Pantainya landai dengan air laut yang jernih, ombaknya bersahabat sehingga aman untuk berenang, ikan-ikan hias di taman bawah lautnya sangat mempesona, dan Anda dapat melihat matahari terbit juga terbenam dari tempat yang sama.

Beragam aktivitas pantai dapat Anda lakukan di sini, didukung fasilitas yang lengkap. Bahkan ada event Festival Layang-layang Internasional yang selalu diselenggarakan di pantai ini, setiap Bulan Juni atau Juli. Tiket masuk untuk pejalan kaki dan sepeda motor adalah Rp. 7.500, sedangkan untuk kendaraan mobil Rp. 36.000, kendaraan bus mulai dari Rp. 86.000 hingga Rp. 172.000 tergantung ukuran bus.

Curug Taringgul (Green Jorge)

Salah satu wisata body rafting mengarungi sungai selama satu hingga dua jam, dengan dikelilinggi lembah dan batu-batu relief yang mempesona. Terdapat beberapa titik air terjun di mana Anda bisa meloncat dan menyebur ke sungai. Lokasinya di Jalan Cibanten, Dusun Cibuluh, Desa Kertayasa, Cijulang, sekitar 30 menit dari Green Canyon.

Sungai Tubing Santirah

Terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, sekitar 15 kilometer dari Kota Pangandaran. Sebuah sensasi wisata air body rafting water tubing, yaitu mengarungi sungai tanpa perahu dan hanya bermodalkan ban dalam, pelampung, dan sepatu khusus. Sambil menempuh 2 – 3 jam perjalanan mengarungi sungai, Anda dapat menikmati keindahan dinding tebing dan ngarainya yang masih sangat alami.

Curug Bojong

Lokasi Curug Bojong ada di kawasan Hutan Negara yang dikelola Perhutani, dan termasuk dalam kelompok Gunung Wayang, Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Nama Curug Bojong berasal dari aliran hulu sungai Cibojong dari Kampung Bojong, yang jatuh membentuk air terjun atau curug. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa mengambil rute perjalanan Pangandaran – Babakan – Sukahurip – Curug Bojong, sejauh lebih dari 6 kilometer.

Taman Wisata Alam Pananjung Pangandaran

Kawasan ini ditetapkan sebagai Cagar Alam setelah ditemukannya bunga Rafflesia Padma. Terletak di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Kawasan cagar alam ini berdekatan dengan semenanjung yang membelah pantai timur da pantai barat, sehingga memungkinkan Anda menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari satu titik tempat yang sama.

Museum di Pangandaran

Museum Nyamuk, Mengoleksi beragam spesies nyamuk di Indonesia, tanaman anti nyamuk, dan tanaman obat untuk gejala penyakit akibat nyamuk. Museum dan teater turut difasilitasi Departemen Kesehatan guna memperkenalkan kepada masyarakat akan berbagai jenis nyamuk dan ancaman nyamuk yang menularkan penyakit (vector), juga sebagai pendukung penelitian serta wisata ilmiah.

Alamatnya di JL. Raya Pangandaran Km. 3, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Telepon 0265 639375

Tempat Hiburan Malam di Pangandaran

  • Bamboo Beach Café, Jalan Pantai Barat Bulak Laut, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0812 21118668, Jam buka pukul 07.00 – 05.00 Wib
  • Warung Paletoy Pantai Barat Pangandaran, Jl. Pamugaran, Pangandaran, Jawa Barat 46396
  • Mungil Steakhouse, Steakhouse, Lounge, dan Café, Jl. Bulak Laut (Pantai Barat), Pangandaran, Jawa Barat
  • Jacko Bar, Beer Garden, Bar, dan Hiburan lainnya, Jl. Bulak Laut (depan Hotel Malabar), Pangandaran, Jawa Barat 46396
  • Uni Beach Hotel, Hotel, Hotel Bar, dan Hotel Pool, Jalan Pamugaran No. 28, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0265 639919
  • D’Coastal Pangandaran – Beach Bar & Café, Café dan Bar, Jalan Pamugaran, Pangandaran, Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Makan di Pangandaran

  • Rumah Makan Laksana, Jl. Talanca Pasar Ikan Pantai Timur, Pangandaran, Telepon 0265 639776 atau 0813 1280 4335
  • RestauranT 33, Jl. Pacuan Kuda (Pantai Timur), Pangandaran
  • RM Berkah Sea Food, Pasar Ikan, Jalan Talanca No. 315 Pantai Timur, Pangandaran, Telepon 0265 630876
  • RM Karya Bahari 2, Jl. Raya babakan Km. 2, Pangandaran
  • RM Kidang Mas 1, Jl. Talanca Pasar Ikan, Blok. Pasar ikan Pantai Timur, Pangandaran
  • Rumah Makan Dita, Blok. Pasar Ikan Pantai Timur, Pangandaran, Telepon 0265 639720
  • Rumah Makan Karya Bahari 1, Jl. Pasar Ikan Pantai Timur, Pangandaran, Telepon 0265 639780
  • Rumah Makan Risma, Jl. Pasar Ikan Pantai Timur, Pangandaran, Telepon 0265 639837
  • Dawet Dawala, Jl. Raya Babakan Km. 01 No. 282, Pangandaran
  • Karya Putra, Jl. Raya Babakan Km. 1, Pangandaran
  • Puja Sera Nanjung, Jl. Pesanggrahan, Pantai Barat Pangandaran
  • Putra Bahari Catering, Jl. Raya Babakan Km. 05, Samping SPBU Putrapinggan, Telepon 0852 23170636
  • RM Bu Surman, Jl. Pantai Timur, Pangandaran
  • Rumah Makan Sari Melati, Jl. Talanca Pantai Timur, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0265 630840
  • Rumah Makan Sauyunan, Jl. Talanca Pantai Timur No.2, Pangandaran (Pasar Ikan), Telepon 0812 1487059
  • Sari Laut Rasa Sayang, Jl. Kidang Pananjung No. 236, Pangandaran, Telepon 0265 639094
  • Warung Sate Galunggung, Jl. Kidang Pananjung, Pangandaran
  • Yans Seafood Restaurant, Jl. Raya Babakan Km. 1, Pangandaran, Jawa Barat 46396
  • Restoran Kang Ayi Batu Karas, Jl. Pantai Batu Karas, Cijulang, Jawa Barat
  • Bayview Seafood Restaurant, Pantai Batukaras, Pangandaran, Jawa Barat

Tips Liburan di Pangandaran

  • Hati-hati bila berenang di pantai. Berenanglah di tempat yang dinyatakan aman untuk berenang, dan patuhi larangan berenang di pantai yang tidak aman atau berombak besar.
  • Jika Anda berkunjung pada musim liburan, pesanlah kamar hotel dari jauh hari sebelumya, karena akomodasi di musim liburan bisa sangat penuh ramai.
  • Pastikan Anda berlibur ke Pangandaran di waktu terbaik untuk berkunjung dan berwisata air. Seperti beberapa saat setelah memasuki musim kemarau, di mana debit air tidak terlalu besar, arus sungai cenderung lebih aman, dan jalanan tidak licin.
  • Gunakan jasa pemandu wisata untuk memudahkan perjalanan wisata Anda di Pangandaran.
  • Sediakan uang tunai yang cukup karena fasilitas mesin ATM masih jarang ditemui, malah di beberapa tempat wisata alam seperti Green Canyon Pangandaran tidak terdapat mesin ATM sama sekali.
  • Siapkan perbekalan dan perlengkapan wisata Anda.
  • Lindungi diri Anda dengan lotion atau spray anti serangga, dan lotion tabir surya.
  • Agar tidak bingung sesampainya di sana, susunlah renana kegiatan wisata dan destinasi wisata Anda selama di Pangandaran, dengan mencari informasi lebih dulu sebanyak-banyaknya

Tempat Penting di Pangandaran

  • Kantor Polisi Sektor Pangandaran, Jl. Merdeka No. 175, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0265 639075
  • Puskesmas Pangandaran, Jl. Parapat No. 11, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0265 6639118
  • Kantor Balawista, Jl. Pantai Barat No. 33, Pangandaran, Jawa Barat 46396, Telepon 0265 630179
  • Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) tersedia di dekat terminal bus dan di dekat Nyiur Indah Resort, yaitu di jalan Bulak Laut. Ada tiga buah mesin ATM di tempat ini.

Leave a Reply