Panduan Tips Pergi Liburan Ke Batam

Rate this post

Batam adalah sebuah kota Indonesia yang walaupun kecil namun padat aktivitas. Penduduknya berjumlah hampir satu juta orang. Kota ini dikenal sebagai penghubung proses produksi pada Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura.

Terletak hanya 20 km dari Singapura dan 25 km dari Johor-Malaysia, Batam menjadi serupa dengan Kawasan Ekonomi Khusus milik Cina – sebuah lokasi di mana perancang ekonomi bangsa tersebut melakukan uji coba terhadap kebijakan dan gagasan ekonomi yang baru.

Pulau ini merupakan pusat industri yang terdiri dari pabrik barang elektronik, industri reparasi kapal yang besar dan berkembang, dan bahkan sektor jasa minyak yang lebih besar. Karena jumlah tenaga kerja asing bekerja di sana lumayan banyak, maka banyak juga pub dan lapangan golf tersedia.

Sementara itu, kebanyakan turis yang datang ke sana berasal dari sekitar Singapura. Terdapat segilintir resor untuk keluarga di Batam, serta wisata kehidupan malam, terutama di Bintan.

Singapura terlihat begitu dekat dari Batam via @mistertourismkep.riau
Singapura terlihat begitu dekat dari Batam via @mistertourismkep.riau

Wilayah Utama Batam

Batam terdiri dari beberapa area yang orang biasa kenal dengan nama:

  • Nagoya
  • Batam Centre
  • Nongsapura
  • Sekupang
  • Telaga Punggur

Nagoya

Nagoya, yang juga dikenal sebagai Lubuk Baja, merupakan kawasan utama di Pulau Batam. Terletak di semenanjung utara Pulau Batam, kota ini dipilih oleh para pengusaha swasta untuk menjadi pusat kantor pemerintahan, bisnis dan perdagangan. Sementara, pemerintah daerah tadinya menginginkan Batam Centre yang menjadi pusat kota Batam. Kebanyakan hotel, tempat makan dan hiburan berlokasi di Nagoya. Penting untuk menyadari bahwa Nagoya di sini berbeda dengan Nagoya di Jepang.

Terminal ferry paling dekat dengan Nagoya adalah Harbour Bay, di sebuah wilayah bernama Jodoh. Hanya perlu berkendara beberapa menit dari pusat Nagoya ke Harbour Bay. Harbour Bay memiliki cukup banyak jam pelayanan kapal ferry dari terminal ferry Singapura, HarbourFront. Sementara itu, terminal ferry yang lama, Batu Ampar, sekarang sudah tutup.

Nagoya memiliki akses jalur darat yang baik. Pada jam puncak kepadatan lalu lintas, hanya dibutuhkan sekitar satu jam untuk mencapai tempat paling ujung di Batam dari Nagoya, seperti Tanjung Uncang atau pun Nongsapuri.

Biaya naik taksi dari Nagoya ke Sekupang sekitar 12.000 rupiah per orang jika menggunakannya beramai-ramai. Dan sekitar 40.000 rupiah untuk carteran. Sedangkan biaya taksi ke terminal ferry Harbourbay sekitar 15.000 rupiah.

Nagoya Hill merupakan mall terbesar di Batam dan merupakan pusat dari Matahari Department Store. Nonton film di bioskop 21 Cineplex hanya butuh biaya 35.000 di hari Sabtu atau Minggu.

Sementara itu, mall paling padat di Batam adalah Batam City Square. Nonton film di 21 Cineplex hanya butuh biaya 40.000 rupiah di hari Sabtu atau Minggu. Mall ini juga punya tempat karaoke, tempat bersantai, dan tempat permainan fantasi Timezone.

Di antara Nagoya Hill dan Batam city Square terdapat sebuah kuil bernama Da Bo Gong (大伯公廟). Kita bisa melihat banyak patung dewa-dewi. Selain kuil Da Bo Gong, ada tempat beribadah lain, yaitu Wihara Budhi Bhakti yang terletak di Jalan Pembangunan Windsor dan Masjid Baitussyakur yang terletak di Jalan Imam Bonjo, dekat Hotel Harmoni.

Ada juga theme park yang belum lama selesai dibangun, Ocarina. Ocarina memiliki pantai, theme park kecil dan water park baru. Kita juga bisa melihat patung shio sepanjang perjalanan. Dibutuhkan sekitar 15 menit dari pelabuhan Batam Centre ke Ocarina.

Jika ingin mencari pakaian, pergilah ke Batam City Square atau Nagoya Hill. Untuk alat olahraga, kebanyakan yang dijual di Batam adalah peralatan golf, yang mana bisa ditemukan di toko olahraga besar di Nagoya Hill dan mall bernama Mega Mall. Sedangkan oleh-oleh yang menjadi favorit adalah kue lapis, kerupuk gonggong, dan mie instan merk dalam negeri. Toko kue lapis paling tua di Batam adalah Layers Batam, yang berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki outlet di Batam City Square, Nagoya Hill, Mega Mall, Kepri Mall, terminal ferry Harbour Bay, dan terminal ferry Sekupang.

Hati-hati memilih tokonya karena saat ini banyak sekali toko roti baru yang menggunakan nama Layer. Kebanyakan toko di sana menerima Singapore Dollars karena letak Batam sangat dekat dengan Singapura. Jika sewaktu-waktu memerlukan rupiah untuk berbelanja, turis asing bisa menukarkan mata uang di money changers di sana dengan rate yang kompetitif, atau bisa gunakan kartu kredit.

Jika berbelanja di Nagoya Hill, jangan ragu untuk menawar karena harga bisa jadi sudah dinaikkan 1.5 sampai 2 kali lipat.

Nagoya memiliki banyak foodcourt luar ruangan, yang biasa disebut pujasera:

  • Nagoya Food Court, di seberang Hotel Sahid Rashinta, merupakan pujasera terbesar di Nagoya dengan kapasitas 400 tempat duduk. Cobalah 888 Seafood atau New Hai San Seafood (Telepon: +62-81177-9656).
  • Pujasera A1, dekat Lucky Plaza, memiliki banya variasi makanan Indonesia dan Cina, termasuk cabangnya New Hai San Seafood.
  • Pujaser Sindo Happy, di persimpangan Jalan Iman Bonjol dan Jalan Windsor.
  • Restoran Sederhana, terletak di Windsor Central Blok B No. 1 Nagoya Batam, yang menawarkan khusus makan Padang,

Ada banyak toko makanan lokal yang berlokasi di sisi kiri pintu masuk Nagoya Hill, di mana kita bisa menemukan sate, ayam panggang, dan ikan bakar.

Jika lebih memilih makanan lokal dengan tempat yang memiliki pengatur suhu ruangan dan mungkin lebih nyaman, pergilah ke foodcourt yang terletak di dalam mall. Nagoya Hill’s Food Street, contohnya, merupakan foodcourt yang besar, murah, dan enak, sehingga selalu padat.

  • Ayam Penyet Ria, terletak di Nagoya Hill dan mall lainnya, terkenal dengan ayam penyet mereka, serta gado-gado dan makanan Indonesia favorit lainnya.
  • Bakso Lapangan Tembak Senayan, terletak di Batam City Square, Nagoya Hill, dan Mega Mall.
  • Dapoer Kampoeng, berlokasi di Nagoya Hill, merupakan tempat makan Sunda yang menyajikan nasi timbel dengan ayam goreng, ikan, dan sambal super pedasnya.

Sedangkan untuk western food di pusat kota dapat ditemukan di Nagoya Entertainment District. Toko-toko yang ada di sana contohnya Red Cock, Bistro, dan Lucy’s Oarhouse.

Nagoya Entertainment District sendiri merupakan pusat wisata malam yang paling ramai.

Penginapan di Nagoya, Batam:

  • Hotel Prima Asia, Nagoya 2000 No. 09-10, Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, +62-778-429607, 429608, 429609 (fax: +62-778-426389). Berlokasi di Centerpoint, menawarkan kamar yang lumayan dengan hot shower dan TV, walaupun pemandangannya terbatas. Cocok untuk yang memiliki budget rendah.
  • Hotel Nagoya Plasa, Jl. Imam Bonjol, Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, ☎ +62-778-459888 (fax: +62-778-456690, 456418), Memiliki total kamar 131 kamar, Terletak di samping pusat perbelanjaan terbesar di Batam, Nagoya Hill. Kamarnya dipenuhi dengan amenities modern seperti kulkas dan mini bar. Fasilitas lain yang tersedia adalah bar & lounge, toko kopi, dan kafe. Hotel ini terkenal di kalangan eksekutif dan pemain golf.
  • Planet Holiday Hotel & Residence, ☎ +62-778-433555, 433666 (fax: +62-778-433777). Hotel ini merupakan hotel menengah ke atas khas Indonesia. Hotel ini memiliki banyak fasilitas, seperti komal renang, pub, pusat kebugaran, bank, dan restoran. Tersedia juga sarapan pagi.
  • Holiday Hotel, Jl. Iman Bonjol Blok B No. 1 Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, ☎ +62-778-458616 (fax: +62-778-457531). Hotel ini merupakan hotel menengah ke atas khas Indonesia. Hotel ini menawarkan harga yang terbaik di kelasnya. Harga kamar termasuk sarapan pagi.
  • Formosa Hotel, A8 City Plaza, Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, ☎ +62-778-426789 (fax: +62-778-426722), Hotel bintang tiga ini hanya beberapa langkah dari pusat perbelanjaan dan foodcourt (pujasera) Nagoya. Seluruh 110 kamar yang ditawarkan dipenuhi dengan karpet, dilengkapi perabotan bernada warna lembut, dan dilengkapi kamar mandi kedap suara. Hotel ini memiliki lobi yang besar dan modern, kamar yang luas, namun tidak ada kolam renang.
  • Goodway Hotel, Jl. Imam Bonjol, No. 1, Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, ☎ +62-778-426888 (fax: +62-778-458057), Hotel bintang empat kelas bisnis ini berada di lokasi yang bagus dan memiliki 273 kamar. Hotel ini dulunya dikenal sebagai Mandarin Regency Hotel dan. Hotel ini cukup megah walaupun agak tua. Namun demikian, hotel ini memberi pelayanan yang ramah dan suka membantu. Hotel ini memiliki pusat kebugaran, kolam renang, pub, dan tempat karaoke.
  • Sari Jaya Hotel, Kompleks Bumi Indah, Lubuk Baja (Nagoya), Pulau Batam 29432, ☎ +62-778-451338 (fax: +62-778-451342). Hotel ini memiliki kamar yang luas yang dilengkapi dengan TV, air panas, dan menyediakan sarapan..
  • Harmoni Hotel Batam, Jl. Imam Bonjol Nagoya, ☎ +62 778 459 308 (fax: + 62 788 428 168)
  • Puri Garden Hotel, Jl. Teuku Umar No.1, Nagoya – Batam 29432, ☎ +62 778 458888 (fax: +62 778 456333)
  • Panorama Regency Hotel, Komplek Panorama Nagoya – Batam Island 29432, ☎ +62 778 452888
  • Triniti Hotel Batam, Jalan Raja Ali Haji, Kompleks Boulevard No CC 11-18, Nagoya, Batam, ☎ +62 778 459 109, [7]. Hotel ini dilengkapi dengan fasilitas internet, spa, pusat kebugaran, dan restoran.
  • Sentosa Hotel, Jalan Raja Ali Haji, ☎ +62 778 452345, 452330. Hotel ini berlokasi di pusat kota, hanya 5 menit dari terminal ferry Harbour Bay. Hotel ini juga dekat dengan Nagoya Hill dan tempat-tempat makan terkenal seperti restoran nasi Padang, Putri Bungsu. Fasilitas yang ditawarkan mencakup tempat pijat, karaoke, meja billiard, salon kecantikan, kafe, restoran, dan kolam renang. Kolam renang yang mereka miliki merupakan tempat rekreasi favorit bagi penduduk lokal di akhir pekan. Harga kamar yang ditawarkan menarik mengingat mereka menyediakan kamar yang besar.

Batam Center

Dataran Engku Putri, Alun-Alun Kota Batam via @suchyregina
Dataran Engku Putri, Alun-Alun Kota Batam via @suchyregina

Batam Center merupakan sebuah kota di Pulau Batam yang dikembangkan oleh pemerintah daerah untuk menjadi pusat bisnis dan perdagangan. Namun demikian, sampai saat ini kebanyakan hanya terdapat bangunan kantor-kantor pemerintahan di Batam Center. Batam Center memiliki satu pusat perbelanjaan yang besar, yaitu Mega Mall. Kebanyakan tempat bisnis dan perdagangan berlokasi di Nagoya.

Batam Center merupakan salah satu terminal ferry dari Singapura. Jadi, jika seseorang menyebut Batam Center, orang-orang bisanya akan merujuk ke terminal ferry ini. Perjalanan dengan ferry dari Singapura ke sini memakan waktu sekitar satu jam.

Kita bisa menggunakan taksi dari bandara ke Batam Center. Taksi resmi bandara biasanya mengenakan biaya sekitar 80.000 rupiah. Tapi, jika kita berjalan ke luar bandara, maka ada taksi yang mengenakan biaya sekitar 30.000 rupiah saja. Pastikan untuk menawar dan menyepakati biaya perjalanan sebelum berangkat dengan taksi.

  • Masjid Raya (Grand Mosque) Masjid ini memiliki arsitektur berbentuk piramida yang cantik. Penampakan masjid ini kuno dan bagus. Ia terletak di seberang kantor pemerintah daerah dan Mega Mall.
  • Gedung Otorita Batam Building Gedung ini memiliki arsitektur yang menarik dengan beratapkan teras.
  • Gedung Pemerintah Daerah Arsitektur gedung ini berkonsep lokal
  • Mega Mall Mall ini cukup bagus, layaknya sebuah mall di Jakarta. Ia terhubung dengan terminal ferry Batam Center melalui sebuah jembatan. Pintu masuk ke jembatan berada di lantai paling atas, dekat dengan titik keberangkatan ferry. Terdapat banyak toko kopi di Mega Mall yang menawarkan Wi-fi gratis. Hotel Harris terletak persis di sebelah kiri terminal ferry. Hotel bintang empat ini memiliki kamar dengan tempat tidur ukuran king dan single. Hotel ini juga menawarkan buffet breakfast.
  • Maha Vihara Duta Maitreya Kuil Buddha yang baru dan besar ini berlokasi di Sungai Panas, di jalan menuju ke Nagoya. Kuil ini memiliki restoran vegetarian dan sekolah Buddha. Menggunakan taksi dari Mega Mall.

Sekupang

Sekupang merupakan sebuah kota di Batam. Untuk mencapai Sekupang dari tempat-tempat lain di Indonesia atau pun Singapura bisa dilakukan melalui pelabuhan Sekupang yang masih baru dengan fasilitas yang modern.

Tempat golf yang terkenal di Sekupang adalah Batam Golf. Batam Golf bisa diakses melalui terminal ferry Batam. Batam sendiri merupakan surganya para pegolf. Pulau Batam memiliki tujuh lapangan golf besar yang merupakan penyelenggara kejuaraan golf tingkat atas. Pelabuhan Sekupang terkenal di kalangan pegolf yang bermain di Indah Puri, Batam Hills, dan Southlinks.

Beberapa penginapan di Sekupang:

  • Apartement Batam Holiday, Jalan Sutami , ☎ +6531080729
  • KTM Resort, Jalan Kolonel Soegiono, Tg. Pinggir, ☎ 62 778 323700. Merupakan cottages bergaya Bali yang dilengkapi dengan pendingin udara, kulkas, TV, dan kamar mandi pribadi. Beberapa dari fasilitas yagn ditawarkan adalah: jacuzzi air garam, restoran, pijat dan spa, kolam renang luar ruangan, dan lapangan tenis.

Telaga Punggur

Telaga Punggur merupakan pelabuhan utama bagi speedboat yang ingin menuju ke Tanjung Pinang, dekat Bintan. Biaya taksi resmi dari Batam Center ke Telaga Punggur sekitar 65.000 rupiah. Sementara arah sebaliknya, dari Telaga Punggur ke Batam Center, biayanya sekitar 60.000 rupiah. Cobalah naik taksi dari luar pelabuhan dan menawar harga yang lebih rendah. Mobil van yang biasa disebut oleh orang lokal sebagai Metro Trans beroperasi dari Telaga Punggur ke Jodoh atau Nagoya. Kita bisa menaikinya dari luar pelabuhan.

Bahasa di Batam

Kebanyakan penduduk Batam berbicara dalam bahasa melayu. Sehingga kebanyakan turis Malaysia mudah paham dengan bahasa yang digunakan penduduk Batam. Batam juga memiliki populasi etnis Cina-Indonesia yang besar yang bisa berbicara dalam bahasa Hokkien, Teochew dan Mandarin, Selain itu, ada juga populasi penduduk yang migrasi dari berbagai daerah di Indonesia, yang berbicara dalam dialek Indonesia yang berbeda.

Cara Pergi Ke Batam

Semua pelabuhan di Batam, seperti Harbour Bay, Batam Center, Nongsapura, Sekupang, dan Waterfront City merupakan pelabuhan yang menyediakan visa-on-arrival atau pun bebas visa.

Bandara Hang Nadim Batam Airport via @ananda.hrp
Bandara Hang Nadim Batam Airport via @ananda.hrp

Ada beberapa cara untuk pergi ke Batam. Bisa naik kapal laut atau naik pesawat terbang ke Batam. Untuk detailnya ada dibawah ini:

Pergi Ke Batam Dengan Pesawat Terbang

Bandar udara di Batam bernama Bandara Internasional Hang Nadim. Hampir semua penerbanganya merupakan penerbangan domestik yang menghubungkan Batam dengan kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Pontianak, Yogyakarta, dan Bandung. Maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan maskapai lainnya menyediakan penerbangan dari kota-kota tadi ke Batam.

Selain penerbangan domestik, maskapai Firefly dan Malindo Air menyediakan penerbangan internasional dari Bandara Subang yang terletak di dekat Kuala Lumpur. Bagi kebanyakan wisatawan asing, cara paling praktis untuk mencapai Batam adalah dengan terbang ke Singapura dan menumpangi kapal ferry dari sana. Jika kita ingin ke luar dari Batam dengan terbang dari bandara Changi di Singapura, kita harus menumpangi kapal ferry dari Batam ke Singapura setidaknya tiga jam sebelum jam keberangkatan pesawat.

Pergi Ke Batam Naik Kapal Laut

Pelabuhan utama di Batam adalah Batam Center, Sekupang, Waterfront City, Nongsapura, dan Telaga Punggur. Kota utama, Nagoya, sekarang bisa dicapai melalui Harbour Bay, menggantikan terminal ferry yang lama, yaitu Batu Ampar.

Terminal ferry Batam Center memiliki jalur ferry paling banyak dari dan ke Singapura, serta Johor Baru. Terminal ferry ini merupakan terminal paling dekat dengan bandara Hang Nadim. Sementara itu, Sekupang merupakan terminal ferry yang terjauh dari bandara, tapi bisa menghubungkan Batam dengan pulau Sumatera dan pulau Karimun. Waterfront City dan Nongsapura kebanyakan melayani resor-resor di sekitarnya, sementara Telaga Punggur merupakan terminal ferry utama bagi kapal cepat dari dan ke Bintan. Harbour Bay sendiri dimonopoli oleh Berlian/ Wavemaster.

Dari dan ke Bintan:

  • Pelabuhan utama untuk kapal ferry yang menghubungkan ibukota Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, di pulau Bintan dengan Batam, adalah Telaga Punggur yang terletak di ujung tenggara pulau Batam.
  • Kapal cepat Baruna di Telaga Punggur (+62-778-479162) dan Tanjung Pinang (+62-771-28578), serta kapal cepat Sentosa beroperasi menghubungkan Telaga Punggur dan Tanjung Pinang sekitar 15 menit sekali di siang hari.
  • Kapal cepat juga beroperasi menghubungkan Telaga Punggur ke Tanjung Uban di bagian sebelah barat pulau Bintan.
  • Kapal yang menghubungkan Pulau Sumatra (Dumai, Pekanbaru, dan Karimun) dan Tanjung Pinang juga mampir di Sekupang yang merupakan bagian timur laut dari Batam. Namun kapal ini beroperasi tidak sesering kapal yang berangkat dari Telaga Punggur.
  • Dari dan ke Sumatera dan pulau-pulau lain di Kepulauan Riau, kita bisa menaiki kapal ferry dari pelabuhan Sekupang. Banyak taksi yang beroperasi di sekitar Sekupang dan Nagoya. Ada juga angkutan umum yang menghubungkan Sekupang dengan Batam Center dan juga Nagoya.
  • Dari dan ke Pulau Karimun, kita bisa menaiki kapal ferry yang menghubungkan Tanjung Balai, Karimun dengan Sekupang. Beberapa kapal ferry berangkat dari Pulau Sumatera atau Pulau Kundur. Kapal juga singgah di Tanjung Balai ketika berangkat dari Sekupang ke Sumatera atau Kundur.
  • Dari dan ke Pulau Dumai, kita bisa menaiki kapal ferry Dumai Express yang beroperasi setiap harinya dari dan ke Sekupang. Sebagian besar kapal ferry ini berangkat dari Tanjung Pinang, kota utama Bintan, dan juga singgah di Tanjung Balai di Pulau Karimun setelah singgah di Sekupang.
  • Dari dan ke Pulau Kundur, kita bisa menaiki kapal ferry yang beroperasi menghubungkan Sekupang dan Tanjung Batu di Kundur. Kapal-kapal ferry ini juga singgah di Tanjung Balai.
  • Jurusan ferry terutama termasuk Pekanbaru, Selat Panjang, Bengkalis, Tanjung Buton di Riau, dan Kuala Tungkal di provinsi Jambi.
  • Dari dan ke daerah lain di Indonesia, kita bisa naik kapal laut Pelni yang melayani berbagai jaur di Indonesia ke Sekupang.

Transportasi Umum Di Batam

Taksi Di Batam

Pada dasarnya ada banyak taksi di Batam, tapi taksi-taksi tersebut tidak menggunakan warna. Namun demikian, taksi yang memang berlisensi menggunakan plat kuning. Sedangkan yang tidak berlisensi tidak menggunakan plat kuning, dan sebaiknya dihindari.

Taksi-taksi ini tidak menggunakan argo, sehingga sebaiknya kita menawar dan menyepakati di awal biaya perjalanan. Sebagai referensi, berikut adalah perkiraan harga kasar menyewa mobil di Batam:

  • Biaya taksi resmi dari Batam Center ke Telaga Punggur sekitar Rp 65.000. Dan biaya taksi sebaliknya sekitar Rp 60.000. Mobil van atau mikrolet yang dikenal sebagai Metro Trans oleh penduduk setempat beroperasi menghubungkan Telaga Punggur dan Jodoh/ Nagoya.
  • Telaga Punggur ke Batam Center: biaya sekitar Rp 50.000, lama perjalanan sekitar 25 menit
  • Nagoya ke terminal ferry Harbour Bay di Batu Ampar: biaya sekitar Rp 20.000, lama perjalanan sekitar 8 menit
  • Sekupang ke Batam Center: biaya sekitar Rp 50.000
  • Bandara Hang Nadim ke Nagoya/ Jodoh: biaya sekitar Rp 75.000
  • Taksi untuk disewa seharian: sekitar Rp 500.000

Jika merasa lebih nyaman menggunakan taksi berargo, maka pastikan untuk meminta supir taksi menggunakan argo sebelum naik. Kalau tidak, maka biasanya mereka tidak akan menggunakan argo, dan akan mengenakan biaya yang lebih tinggi dari biasanya.

Bus Di Batam

Menggunakan bis kecil, yang biasa disebut penduduk setempat sebagai Metro Trans, kelebihannya ada di biaya perjalanan yang tetap. Berikut perkiraan ongkos minibus:

  • Jodoh ke Sembulang via Sukajadi: sekitar Rp 9.500
  • Jodoh ke Galang Baru via Sukajadi: sekitar Rp 12.000
  • Dapur 12 ke Mukakuning: sekitar Rp 3.000
  • Dapur 12 ke Jodoh via Sukajadi; sekitar Rp 4.000

Menggunakan bis berwarna biru, yang pemerintah namakan Bus Pilot Project, ongkosnya untuk trayek Batam Center ke Batu Aji adalah sekitar Rp 4.000 dan Batam Center ke Sekupang adalah Rp 4.000. Tiket dibeli di petugas sebelum bis berangkat.

Hotel-hotel pada umumnya di siang hari menyediakan shuttle bus ke pelabuhan ferry dan pusat perbelanjaan. Namun, sepertinya tidak ada shuttle bus yang ke bandara. Shuttle bus (berwarna kuning) di Megamall Batam Center bisa kita naiki untuk mencapai hotel-hotel besar di Nagoya atau Jodoh.

Banyaknya layanan kapal ferry di Batam, menjadikan Batam batu loncatan yang bagus untuk mencapai pulau-pulau lain di Kepulauan Riau, seperti Tanjung Uban dan Pulau Kijang Bintan, juga Pulau Sumatera. Layanan penerbangan yang bagus juga menjadikan Batam tempat untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah ke Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Tempat Wisata di Batam

Tempat-tempat wisata di Batam yang indah dan sayang untuk dilewatkan adalah:

  • Mesjid Raya
  • Pantai Melur
  • Kuil Maha Vihara Duta Maitreya
  • Holiday Resort di Pantai Nongsa

Waterfront City terletak di bagian barat Pulau Batam. Ada beberapa pertunjukan dan aktivitas yang tersedia di area ini, seperti kegiatan olahraga air, kolam pancing, go-kart, lapangan bola, dan juga pantai untuk berenang. Ada juga jet ski, parasailing dan banana boat.

Turun ke Pulau Barelang, yang dihubungkan ke Pulau Batam oleh 6 jembatan, ada banyak pantai yang indah, dan juga kamp pengungsi Vietnam puluhantahun silam. Kamp ini digunakan oleh orang-orang Vietnam dua puluh tahun lalu, dan saat ini telah direstorasi sebagai tempat wisata turis.

Situs ini ada di hutan lebat dan memakan waktu sekitar satu jam untuk mencapainya menggunakan mobil dari Batam Center. Memasuki situs, ada sejumlah koloni monyet di dalamnya. Tempat ini merupakan jalur favorit bagi pesepeda.

Tempat wisata lain di Batam:

  • Kawasan Wisata Ocarina, Coastarina, dekat terminal ferry Batam Center; +62-778-7880660; kawasan ini mulai dibuka pada tanggal 28 Desember 2008, yang selanjutnnya diikuti dengan pembukaan Ocarina Waterpark pada 13 Desember 2009. Kawasan ini merupakan tempat yang ramah bagi turis keluarga untuk bersenang-senang. Ada taman air, bioskop 3D, dan restoran. Gerbang masuknya tidak jauh dengan wahana yang ditawarkan, tapi tersedia juga shuttle bus, dan mobil diperbolehkan masuk.
  • Batam Golf; Pulau Batam merupakan surga bagi para pegolf, dengan tujuh lapangan golf yang sangat besar, yang menyediakan lapangan kelas dunia.

Beli Oleh-oleh Di Batam

Ada banyak mall di Batam. Masing-masing memiliki berbagai toko dan restoran, Nagoya Hill yang terletak di Nagoya memiliki department store Matahari, supermarket Hypermat, ACE Hardware, dan bioskop 21Cineplex. Restoran-restoran di sana termasuk J.Co, KFC, A&W, Pizza Hut, Ayam Goreng Fatmawati, serta restoran masakan cina dan toko kopi di lantai atas mall.

BCS Mall di Baloi meimiliki departement store Golden Truly, Gramedia, dan arena bowling. Jika ingin berbelanja oleh-oleh makanan khas Indonesia, toko yang direkomendasikan adalah toko kue lapis Layers, yang tersedia di hampir semua mall dan terminal ferry. Kuenya dibuat handmade dan telah menjadi buah tangan khas Batam

Wisata Kuliner di Batam

Ada banyak tempat makan di Batam, seperti tempat makan seafood ala Cina di foodcourt di luar ruangan, seperti foodcourt Windsor, foodcourt Nagoya, foodcourt A2 dan Pujasera A1. Berikut tempat makan yang ada di Batam:

  • Untuk menikmati makanan laut, cobalah Golden Prawn Seafood di Bengkong. Mereka menjual makanan laut dan sangat terkenal di Batam dan juga Singapura. Restoran besar ini berbentuk rangkaian tenda-tenda. Banyak pilihan restoran seafood di Batam, khususnya Harbour Bay. Jika inging makan seafood yang benar-benar segar, cobalah ke jembatan Barelang atau Tanjung Piayu.
  • Mie lokal khas kepulauan Riau, bernama tarempa, dijual di restoran Mie Tarempa. Hidangan utama mereka adalah mie tarempa, roti gendang yang di dalamnya terdapat abon ikan, dan nasi dagang yang merupakan seporsi kecil nasi dengan kuah kari dan ikan teri.
  • Hampir semua hotel memiliki restoran di dalamnya. Jika berkunjung selama bulan Ramadhan, kita bisa memilih untuk memakan hidangan makan sekenyangnya di restoran-restoran tersebut.

Hotel di Batam

Kebanyakan penginapan di Batam terletak di Nagoya.

Setibanya di terminal ferry Batam Center, kita bisa mencoba ke pusat reservasi hotel di sana. Mereka memiliki beragam pilihan hotel bintang tiga atau pun lebih di pulau Batam. Setidaknya, mereka memberikan tawaran yang sedikit lebih menarik daripada jika harus reservasi langsung di hotel. Selain itu, ada juga pilihan yang lebih murah, seperti apartemen milik keluarga.

  • Apartemen Batamholiday, terletak di Sekupang
  • Golden View Hotel, Jl. Bengkong Laut, +62 778.771.7777; Hotel berbintang empat ini memiliki kamar-kamar yang luas, bersih, dilengkapi dengan pendingin udara, TV cable, dan juga aman. Di dalam hotel tersebut juga ada bar, kolam renang dengan perosotan air, pusat kebugaran, sauna jacuzzi, dan tempat pijat. Sarapan dengan gaya buffet juga tersedia. Ada juga tempat bermain billiard yang bisa disewa per jam. Juga ada banyak tempat rekreasi di sekitar hotel, seperti flying fox, tempat memancing, replika Cheng Ho Ship, miniatur rumah adat Indonesia, dan foodcourt. Restoran Golden Prawn hanya dua menit berjalan kaki dari hotel. Restoran ini dibangun di atas air dengan tenda-tenda yang besar. Pelayanannya ramah.
  • Resor Turi Beach, Nongsa; Turi Beach terletak di antara Nongsa Point Marina dan Nongsa Village. Hotel ini menyediakan berbagai jenis kamar, seperti Tirta Junior Suite, Riani Deluxe Beachfront, Tirta Premier Beachfront, Riani Suite, Tirta Premier, Riani Suite Beachfront, Tirta Executive Suite, Riani Deluxe, Riani Superiorr. Semua kamar dilengkapi dengan penyejuk udara, TV cable, pembuat kopi/ teh, dan minibar. Beberapa fasilitas dan jasa yang disediakan adalah ruang konferensi, tempat tukar mata uang asing, jasa laundry, tempat pijat, klub malam, dan lain-lain.
  • 89 Hotel, Jl. Pembangunan Baloi Blok VI Penuin, +62 778 433789. Hotel ini menawarkan kamar yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan, koneksi internet, minibar, dan TV kabel. Beberapa fasilias dan jasa yang mereka miliki adalah L’amour Restaurant, Viva 89 Spa & Fitness Centre, 89 Massage, ruang pijat, dan business centre.
  • Nongsa Point Marina & Resort, Jalan Hang Lekiu Nongsa, +62-778 761333; Semua kamarnya dilengkapi dengan penyejuk udara. Fasilitas dan servis yang mereka miliki adalah antar-jemput bandara, kolam renang luar ruangan.
  • Nongsa Village, JalanTeluk Mata Ikan, Nongsa, +62-778761111; Hotel ini menawarkan villa dua-kamar dilengkapi dengan TV kabel, pembuat kopi/ teh. Hotel juga menyediakan fasilitas kolam renang, pusat kebugaran, akses ke pantai, dan spa di pinggir kolam renang.
  • Hotel Harmoni One, Jalan Engku Putri, Batam Center Batam Island 29400, Indonesia, +62-778-464-111
  • Harris Resort Batam, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Waterfront City, +62-778-381142
  • Hotel Harbour Bay Amir, Jalan Duyung, Batu Ampar, Batam, +62-778-454855; Hotel Harbour Bay Amir merupakan hotel kelas atas yang merupakan penginapan yang ideal bagi business travellers. Hotel ini memilliki lima tipe penginapan, yang masing-masing dilengkapi dengan safe deposit box, internet service, television kabel, penyejuk udara, dan meja, Hotel Harbour Bay Amir juga memiliki fasilitas dan servis seperti room service, restoran, tempat merokok, jasa laundry, business center, ruang meeting, Wi-Fi di public area, tempat pijat, dan sauna.
  • Hotel Panorama Regency, Jalan Raja Haji, +62-778-433555
  • Hotel Planet Holiday, Jalan Raja Haji, +62-778-433555
  • Mercure Batam, Jl Raden Patah no 12, Nagoya, +62-778-425777
  • Hotel GGi, Jln. Duyung Sei Jodoh – Batu Ampar, +62-778-430999; Semua kamarnya dilengkapi penyejuk udara, pengering rambut, koneksi interenet yang tinggi, full-HD smart TV, telepon. Beberapa fasilitas dan servis yang dimiliki adalah kolam renang, restoran, atrium ruang terbuka, akses internet, dan jasa laundry.
  • Nongsa Point Marina & Resort, Jalan Hang Lekiu Nongsa, +62-778-761333; Semua kamarnya dilengkapi penyejuk udara, balkon, TV cable, dan koneksi internet. Beberapa fasilitas dan servis yang dimiliki adalah restoran, kolam renang luar ruangan, pusat kebugaran, jacuzzi, business centre, ruang konferens, lapangan tenis, penukaran mata uang asing, penyewaan mobil, parkir valet, jasa pijat, dan antar-jemput bandara.

Tips Liburan di Batam

  • Nagoya pada dasarnya merupakan kawasan yang cukup padat, sehingga kita sebaiknya selalu waspada terutama jika berjalan-jalan di malam hari. Jika harus keluar di malam hari, pergilah dengan teman. Selain itu, lebih bagus lagi jika menggunakan jasa antar-jemput dari hotel.
  • Taksi di luar bandar lebih murah dari taksi resmi di dalam bandara. Cobalah untuk menawar harga dan menyepakatinya sebelum naik.
  • Hindari menyewa taksi yang tidak berplat kuning.
  • Sebaiknya lengkapi diri dengan sunblock, topi, dan kacamata hitam.

Leave a Reply