Panduan Tips Pergi Liburan Ke Palembang

Palembang adalah Ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Palembang juga merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan, yang juga merupakan kota terbesar ketujuh di Indonesia. Kota Palembang pernah menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games ke-26 pada Bulan November 2011.

Palembang juga merupakan kota tertua di Indonesia, dan memiliki sejarah sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Melayu yang tersohor dan berpengaruh besar di Asia Tenggara.

Perekonomian Palembang berkembang pesat sejak menjadi penyelenggara pekan olah raga nasional mulai tahun 2004.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Palembang via @fpfdimas
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Palembang via @fpfdimas

Wilayah Utama Palembang

Palembang dibagi menjadi 16 Kabupaten dan 107 Kecamatan, Kabupaten-kabupaten tersebut adalah,

  • Alang-Alang Lebar
  • Bukit Kecil
  • Gandus
  • Ilir Barat I
  • Ilir Barat II
  • Ilir Timur I
  • Ilir Timur II
  • Kalidoni
  • Kemuning
  • Kertapati
  • Plaju
  • Sako
  • Seberang Ulu I
  • Seberang Ulu II
  • Sematang Borang
  • Sukarame

Sejarah Palembang

Kota Palembang merupakan kota tertua di Indonesia berumur setidaknya 1382 tahun jika berdasarkan prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedudukan Bukit, dengan rangka tahun 16 Juni 682. Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber dari sungai, rawa dan air hujan.

Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990). Berkemungkinan karena kondisi inilah maka nenek moyang penduduk kota ini menamakan kota ini sebagai Pa-lembang.

Dalam Bahasa Melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan; sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air (menurut kamus melayu), sedangkan menurut bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi oleh air.

Cara Pergi ke Palembang

Pergi Ke Palembang Naik Pesawat Terbang

Anda bisa berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Ada 3 maskapai yang melayani rute Jakarta-Palembang, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Dari ketiganya, maskapai yang memiliki jam penerbangan paling banyak adalah Garuda Airlines.

Garuda Indonesia mematok tiket mulai Rp. 447.000 per orang untuk kelas ekonomi. Maskapai Nasional ini memulai penerbangan pertamanya pada pukul 05.50 WIB, dan penerbangan terakhir pada pukul 20.00 WIB.

Selanjutnya ada Lion Air. Maskapai yang memiliki lambang singa merah ini memiliki 9 jadwal penerbangan dari Jakarta-Palembang setiap harinya. Kisaran harga Lion Air mulai Rp. 384.500 per orang untuk kelas ekonomi. Lion Air memulai penerbangan pada pukul 06.00 WIB. Sedangkan penerbangan terakhir Lion Air dari Jakarta-Palembang ada pada pukul 21.00 WIB.

Maskapai terakhir yang juga melayani rute penerbangan Jakarta – Palembang adalah Sriwijaya Air. Maskapai asal Sumatera Selatan ini memiliki 4 penerbangan setiap hari, mulai pukul 06.30 dan penerbangan terakhir pada pukul 19.00 WIB. Sriwijaya Air membuka harga tiket penerbangan mulai Rp. 370.000 per orang.

Tiket pesawat bisa selalu berubah dan tergantung pada jam penerbangannya, jadi sebaiknya Anda mencek dahulu sebelum melakukan pemesanan tiket, untuk mendapatkan harga yang terbaik.

Pegi Ke Palembang Naik Bus

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini sudah tersedia banyak, terutama dari Jakarta. Salah satu kota yang dituju bus AKAP adalah Palembang di Sumatera Selatan.

Jika Anda salah satu traveler yang ingin jalan-jalan ke Palembang melalui jalur darat, bus Kramat Jati bisa menjadi pilihan. Bus Kramat Jati dari Jakarta tersedia di beberapa terminal, antara lain Terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Pulo Gadung, Rawamangun, Grogol dan Kalideres.

Dari Lebak Bulus berangkat jam 14.00 WIB, kalau lancar jam 06.00 WIB tiba esok harinya. Bus Kramat Jati tujuan Jakarta-Palembang bisa Anda naiki dengan membeli tiket seharga Rp. 170.000/orang. Untuk Bus VIP, fasilitas berupa bangku sepasang-sepasang, bantal, selimut, toilet, dan smoking room.

Selain Kramat Jati, bus lain yang juga melayani rute Jakarta-Palembang adalah Pahala Kencana. Sama seperti Kramat Jati, Bus Pahala Kencana tersedia di beberapa terminal, seperti Lebak Bulus dan Rawamangun. Bila dari Rawamangun jalan jam 14.00 WIB, kira-kira tiba jam 11.00 esok harinya. Cukup dengan membeli tiket seharga Rp. 220.000 per orang, Anda sudah bisa duduk di dalam bus eksekutif Pahala Kencana.

Selain itu, ada juga bus Lorena. Lorena dengan rute Jakarta – Palembang, bisa ditumpangi dari Rawamangun maupun Lebak Bulus. Para calon penumpang Lorena bisa memilih untuk naik bus eksekutif atau VIP. Kpasitas tempat duduk VIP berjumlah 40, kalau eksekutif 30 bangku. Jika ingin naik bus eksekutif, Anda akan diminta membayar tiket Rp. 280.000 per orang. Sedangkan bus VIP dikenai harga Rp 225.000 per orang. Bus dari Rawamangun jalan pukul 12.00 WIB.

Pergi Ke Palembang Naik Kapal laut Dan Kereta Api

Selain bus, masih ada jenis transportasi lain yang bisa Anda pilih untuk menuju Palembang, yaitu kapal. Hanya saja, kapal milik Pelni dengan rute Jakarta-Palembang belum ada.

Jika ingin menggunakan kapal, traveler bisa naik kapal ferri dari Pelabuhan Merak di Banten menuju Bakauheni di Lampung. Ada banyak kapal yang tersedia untuk membawa banyak penumpang menuju Bakauheni.

Untuk penumpang dewasa tanpa membawa kendaraan, bisa naik dengan membayar Rp.  11.500 per orang, dan anak-anak seharga Rp. 7.000 per orang. Namun, jika Anda membawa kendaraan, maka penumpang harus membayar lebih.

Kendaraan golongan II, yaitu motor dengan kapasitas kurang dari 500 cc dikenai biaya Rp.  32.500/motor. Sedangkan penumpang dengan kapasitas lebih dari 500 cc dikenai biaya Rp.  78.500/motor. Untuk Anda yang membawa mobil, maka akan diminta membayar lebih Rp.  232.500/mobil, seperti yang ditulis dalam situs PT ASDP Indonesia Ferry.

Setelah tiba di Bakauheni, penumpang yang menggunakan kendaraan bermotor bisa lansung menancap gas untuk mencapai Palembang. Sedangkan bagi yang tidak berkendara, Lampung memiliki kereta api yang melayani rute Lampung – Palembang. Traveler bisa naik dari Stasiun Kotabumi di Lampung menuju Stasiun Kertapati di Palembang. Kereta berangkat pada pukul 22.36 WIB dan tiba di Palembang pada pukul 04.53 WIB.

Kereta yang melayani rute ini adalah Sriwijaya II. Ada beberapa jenis kelas yang bisa dipilih, yaitu eksekutif dan bisnis. Untuk eksekutif, turis diminta membeli tiket seharga Rp. 125.000 per orang, sedangkan penumpang kelas bisnis dikenai biaya Rp. 75.000 per orang.

Transportasi Umum di Palembang

Palembang memiliki jaringan bus mini sebagai alat transportasi umum yang utama, dan sistem Bus Rapid Transit (BRT), begitu juga dengan trans musi. Sistem Trans Musi menghubungkan fasilitas transportasi bandara, stasiun kereta api,  terminal bus dan terminal bus air.

Anda bisa menggunakan Bus Trans Musi yang akan mengantar Anda ke seluruh wilayah kota Palembang, dengan tarif tiket Trans Musi Rp. 5.000.

Berikut pembagian pintu rute bus,

  • Koridor 1 : Bus berhenti di bawah Jembatan Ampera – Stasiun bus Alang Alang (KM 12)
  • Koridor 2 : Stasiun Bus Perumnas – PIM (Palembang Indah Mall)
  • Koridor 3 : Plaju – PS Mall (Palembang Square Mall)
  • Koridor 4 : Jakabaring – Stasiun Bus Karya Jaya (Kertapati)
  • Koridor 5 : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II
  • Koridor 6 : Pusri – Palembang Square (PS)
  • Koridor 7 : Kenten – Dempo
  • Koridor 8 : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Terminal Karya Jaya (Kertapati)
  • Koridor Pangkalan Balai : Stasiun Bus Alang Alang Lebar (KM 12) – Pangkalan Balai
  • Koridor Indralaya : Terminal Karya Jaya – Indralaya
  • Koridor Unsri : Unsri Bukit – Unsri Indralaya

Palembang juga memiliki banyak armada taksi. Jumlahnya terus meningkat semenjak Pekan Olahraga Nasional 2004 dan SEA Games 2011, yang diselenggarakan di Palembang. Terdapat 4 perusahaan taksi yang beroperasi di Palembang yaitu,

  • Sriwijaya Taxi: Jl. Rustini, Palembang, tel. (0711) 815555
  • Dynasty Taxi: Jl. Aipda KS Tubun 64, Palembang, telp. (0711) 373673
  • Taxi 333: Jl. Kol. Atmo 445, Palembang, telp (0711) 356866
  • Blue Bird: Jl. Angkatan 45 No. 962, Palembang, telp (0711) 361111

Anda juga bisa menggunakan alternatif angkutan kota (angkot) atau yang di Palembang biasa disebut oplet. Tarif angkot bervariasi berkisar Rp. 3.000 – Rp. 5000, tergantung jarak tempuh angkot dan tujuan penumpang.

Ada perahu tradisional yang melayani penduduk yang tinggal di sepanjang tepi sungai. Perahu ini disebut “ketek” atau “sampan.”

Hotel di Palembang

Hotel Budget Di Palembang

Ada banyak pilihan hotel murah di Palembang untuk para backpacker atau wisatawan yang datang bersinggah. Namun meski murah, Anda tetap bisa mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Hotel Menengah Bintang 2 Dan 3 Di Palembang

Jika Anda ingin lebih nyaman, Anda bisa memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Palembang. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Hotel Mewah Di Palembang

Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Palembang untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

Iklim di Palembang

Palembang memiliki iklim hutan hujan tropis dengan kelembaban relatif tinggi dan berangin. Suhu berkisar 23,4 – 31,7 derajat Celcius. Curah hujan tahunan berkisar dari 2.000 mm sampai 3.000 mm. Rentang kelembaban 75-89% dengan rata-rata 45% dari sinar matahari tahunan.

Bahasa Daerah di Palembang

Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu Baso Pelembang alus atau bebaso dan Baso Pelembang sari-sari. Baso Pelembang alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara adat.

Bahasa ini mempunyai kemiripan dengan bahasa Jawa karena adanya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam dengan kerajaan di pulau Jawa. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak memiliki persamaan dengan kata dalam bahasa Jawa. Jadi baso sehari-hari digunakan oleh orang Palembang dan merupakan salah satu dialek dalam bahasa Melayu.

Tempat Wisata di Palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera sangat terkenal dan menjadi lambang Kota Palembang. Mulai dibangun pada tahun 1962 dan selesai dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi. Sekitar 50 meter dari Jembatan Ampera, terdapat sebuah pasar yang merupakan pusat souvenir dan makanan sehingga Anda dapat dengan mudah membeli oleh-oleh dan mengisi perut.

2. Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang mencapai 750 KM. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi 2 bagian dan dulunya merupakan sarana transportasi utama di Palembang. Di tepi Sungai Musi terdapat beberapa obyek wisata, di antaranya restoran terapung, Kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak.

3. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi, sekitar 6 KM dari Jembatan Ampera. Saat ini Pulau Kemaro adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal. Di Pulau Kemaro terdapat sebuah vihara yang banyak didatangi oleh umat Buddha untuk berdoa dan berziarah.

Di sini juga dapat ditemukan sebuah makam yang merupakan makam dari seorang putri Palembang. Putri ini mempunyai cerita tersendiri, yaitu dia menikah dengan anak raja dari China dengan mas kawin berupa 9 guci emas, namun pada akhirnya pasangan tersebut menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam.

Di Pulau Kemaro terdapat beberapa hal menarik, misalnya pagoda berlantai 9 yang dibangun pada tahun 2006, dan pohon cinta. Masyarakat setempat percaya bahwa bila sepasang kekasih mengukir namanya di pohon cinta ini, maka hubungan cinta mereka akan berlanjut sampai dengan pernikahan.

4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah tempat wisata di Palembang yang berupa hutan wisata. Hutan wisata ini adalah satu-satunya di Palembang, tidak ada hutan wisata yang lain. Berlokasi sekitar 7 KM dari pusat kota Palembang, Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah salah satu tempat wisata keluarga yang favorit di Palembang.

Mempunyai luas sekitar 50 hektar, Taman Hutan Wisata Punti Kayu mempunyai fasilitas wisata yang lengkap, disertai dengan penangkaran buaya dan kebun binatang. Selain berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman, Anda juga dapat melihat atraksi gajah dan menunggang kuda di sini. Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah hutan pinus kota yang paling besar di Indonesia. Harga tiket masuk Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah Rp. 5.000 dengan jam buka mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore.

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah bangunan kebanggan kota Palembang. Berdiri kokoh dengan bahan batu, Benteng Kuto Besak merupakan saksi perjuangan melawan para penjajah. Dari Benteng Kuto Besak, Anda dapat melihat banyak kapal berlayar di Sungai Musi. Benteng Kuto Besak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sudah menjadi ikon unik karena keindahannya, terutama pada sore hari.

6. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin adalah masjid terbesar di Kota Palembang. Jika Bangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan gabungan arsitektur Indonesia, Eropa, dan China. Tempat ini adalah tempat yang cocok untuk wisata budaya dan wisata religi di Palembang. Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Anda dapat menemukan 2 pasar yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, dan makanan.

7. Taman Kambang Iwak

Taman Kambang Iwak merupakan salah satu peninggalan sejarah sejak jaman penjajahan Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak digunakan untuk tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Sekarang ini, Taman Kambang Iwak adalah salah satu tempat wisata di Palembang yang sangat disukai.

Banyak orang berlari pagi di taman ini, mengelilingi kolam dengan panjang lebih dari 800 meter. Selain memiliki berbagai fasilitas permainan, tempat ini juga mempunyai banyak restoran yang cocok untuk berkumpul anak muda.

8. Gelora Sriwijaya

Gelora Sriwijaya adalah sebuah stadion sepak bola yang terbesar ketiga di Indonesia dengan kapasitas 40,000 orang. Selain besar, Gelora Sriwijaya juga diakui sebagai stadion berkelas internasional. Gelora Sriwijaya adalah bangunan kebanggaan Palembang.

Saat ini Gelora Sriwijaya digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan tempat pertandingan sepak bola. Selain itu, Gelora Sriwijaya juga sering kali digunakan sebagai tempat acara tertentu karena luas dan kapasitasnya yang besar.

9. Air Terjun Lematang Indah

Terletak di kota Pagar Alam. Air Terjun Lematang Indah mempunyai ketinggian sekitar 40 meter, tidak terlalu tinggi, namun mempunyai lingkungan sekitar yang asri yang bisa membuat Anda betah. Anda juga bisa menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Lematang Indah.

Namun berhati-hatilah  jika Anda datang berkunjung di musim hujan karena tangga di Air Terjun Lematang Indah dapat menjadi sangat licin bila terkena hujan. Harga tiket masuk Air Terjun Lematang Indah adalah Rp. 4.000 per orang.

10. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho adalah masjid yang unik. Masjid ini bernuansa khas China. Sekarang ini, Masjid Cheng Ho tidak hanya sekedar tempat ibadah, melainkan sudah menjadi salah satu daya tarik wisata Palembang. Pengunjung Masjid Cheng Ho datang dari berbagai tempat dan negara seperti Malaysia, Taiwan, Jakarta, Singapura, Medan, dan lainnya.

Mal di Palembang

  • Palembang Indah Mall (PIM), Jalan Letkol Iskandar No. 18, telepon (0711) 350999. Jam Buka: pukul 10.00 – 22.00
  • Palembang Square Mall, Jl. Angkatan 45, Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, telepon (0711) 380001. Jam Buka: pukul 9.00 – 22.00
  • Palembang Icon, Jl. POM IX, Ilir Bar. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137, telepon (0711) 5649366, Jam Buka: 10.00 – 22.00
  • Wellcomm Shop Palembang Indah Mall, Jl. Letkol Iskandar No. 18, Palembang Indah Mall Lt. 1 Unit FF-16, 40115, telepon (0711) 7623141, Jam Buka: 10.00 – 22.00

Museum di Palembang

  • Museum Tekstil, Jl. Dipenogoro
  • Museum Songket, Jl. Ki Gede Ingsuro
  • Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Jl. Sultan Mahmud Badaruddin II No. 2, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113. Telepon (0711) 371202
  • Museum Negeri Balaputera Dewa, Jalan Sriwijaya I No. 288, KM. 5,5, Alang Alang Lebar, Sukaramai, Sumatera Selatan 30139. Telepon (0711) 412636

Hiburan Malam di Palembang

Buat penyuka kehidupan malam, anda bisa mencoba mengunjungi beberapa pusat hiburan malam di Palembang ini:

The Venus Luxury Club Palembang

Jl. R. Sukamto No. 41, Palembang. Karaoke, klub malam dan restoran eksklusif dengan suasana yang nyaman dan santai. Ruang karaoke suite berkapasitas 50 – 100 orang dan 16 ruangan lainnya berkapasitas 5 hingga 8 orang. Club dan Resto berkapasitas 100 – 300 pengunjung dengan suguhan live music setiap malam.

Geisha Club and Karaoke

The Jayakarta Daira Hotel Palembang (lantai 2), Jl. Jend Sudirman No. 153. Terdapat 10 ruang karaoke mulai ukuran deluxe sampai VIP berkapasitas hingga 20 orang.

Diskotik Darma Agung DA

Kawasan Hotel Darma Agung, Jl. Kolonel Haji Burlan KM 7 No. 45, Palembang Diskotik dengan pengunjung menengah ke bawah khususnya para ABG dan mahasiswa dimana terdapat ruang karaoke VIP.

Princess Club and Lounge

Princess Hotel (lantai 5), Komplek Ilir Barat Permai Blok D2 No. 608, Palembang Klub malam ini menawarkan aneka minuman dan cocktail dengan jam operasional mulai jam 7 malam hingga jam 2 pagi.

Selebriti Cafe and Karaoke

Tempat hiburan malam di Palembang ini berada di Jl. Petanang No. 1241, Palembang. Mayoritas pengunjung adalah kaum eksekutif muda. Terdapat berbagai tipe ruang karaoke, dan bagi anda penggemar live music, setiap hari cafe ini dihibur oleh band terkenal di Palembang dan kerap mendatangkan artis dan band asal Jakarta.

Center Stage

Lokasi hiburan malam di Palembang ini berada di Hotel Notovel, Jl. R Sukamto No. 8A, Palembang Harga tiket masuk sekitar di atas Rp.100.000. Klub malam ini merupakan tempat paling populer di kota khususnya pada malam minggu dan kamis malam, di mana harga tiket masuk gratis untuk 100 pengunjung wanita pertama. Klub malam ini juga sering menyuguhkan acara hiburan, artis, band, dan DJ Internasional.

Rekomendasi Tempat Makan di Palembang

  • Pempek Lince, Jl. Tugu Mulyo No. 2398 Palembang
  • Pempek Beringin (toko pempek terbesar di Palembang), Jl. Lingkaran 1 No. 20/B 9, Jam buka pukul 10.00 – 22.00, Menu spesial Pempek Kapal Selam, Pempek Gelongdongan, Pangsit Ikan, Mie Celor, Sate Ikan, Nasi Goreng Samin dan aneka minuman, Harga paket: Rp. 70.000 – Rp. 420.000.
  • River Side Resto (terletak di tepi Sungai Musi), Jl. Angkatan 45 No. 18, Palembang, Menu kepiting saus tiram, ikan tenggiri, pindang patin dan lainnya. Jam buka pukul 7.00 – 23.00
  • Rumah Makan Pindang Musi Rawas, Menu aneka masakan pindang, Harga Rp. 20.000 – Rp. 100.000
  • Mie Celor 26 Ilir H. Syafe’I, Menu Mie Celor
  • Martabak HAR (pemilik Haji Abdul Rozak), Simpang Sekip Pangkal, Jl. Jendral sudirman 120/39, Palembang., Harga per porsi Rp. 17.000, Buka 24 jam
  • Bukit Golf Resto and Resort Café, Jl. AKBP Cek Agus No. 34, Palembang, Menu kuliner khas Indonesia, Harga mulai Rp. 20.000 – Rp. 100.000
  • Rumah Makan Pagi Sore, Jl. Ahmad Yani No. 285 B 8 Ulu Kertapati, Palembang
  • Pempek Vico, Jl. Letkol Iskandar No. 541-542, Palembang, Telepon (0711) 316066, Menu aneka pempek, tekwan, model, es kacang dan menu kuliner khas lainnya Harga di bawah Rp. 30.000 per porsi
  • Rumah Makan Sri Melayu, Jl. Demang Lebar Daun No. 1, Palembang, Menu makanan khas Palembang seperti pindang, ikan saluyang dan tempoyak. Harga mulai Rp. 20.000 – Rp. 50.000 per porsi, Jam buka 10.00 – 22.00
  • Es Mamat, Lapangan Hatta, Jl. Kebun Manggis Palembang, Menu spesial es kacang merah, es campur dan es krim dengan rasa yang segar dan manis

Berikut ini beberapa daftar tempat makan lainnya yang bisa Anda coba di Palembang,

  • Pondok Kelapo, Jl. Demang Lebar Daun
  • Rumah Makan Padas Uka, JL. Lematang 15 Ilir, No. 557 RT. 13
  • Rumah Makan Palapa, JL. Kolonel Haji Burlian, Palembang, South Sumatera
  • Palapa Indah RM, JL. MP Mangkunegara, No. 40
  • JNE Pempek Candy Rivai, Jl. Kapten A. Rivai
  • Saoenk Kito, JL. Demang Lebar Daun, No. 8
  • Pempek Saga Sudi Mampir, Jl. Merdeka
  • Rumah Makan Degrill Steak Rica, JL. Tasik, B-26/27
  • Samudra Rumah Makan, JL. Perintis Kemerdekaan, No. 27 A
  • Rumah Makan Bang Kumis, Jalan Veteran
  • Warung Tekko, Jl. Basuki Rahmat
  • Rumah Makan Bu Darmin, Jl. Jend. Ahmad Yani
  • Sederhana, Jalan Jendral Sudirman
  • Rumah Makan Sarinande, Jalan Mayor Ruslan
  • RM Musi Pindang Sekanak, Jl. Depaten Baru
  • Rumah Makan Sari Bundo, Jalan Jendral Sudirman
  • Rumah Makan Pagaruyung, Jl. Mayor Salim Batubara
  • Blackstone Grill, Jalan Letnan Dua Abdul Rozak, Ruko Taman Harapan Indah No. A3-A5
  • Mie Dempo Aloy/Alay, Jl. Dempo Luar
  • Sari Laut Musi, seafood, Jalan Sukamto No. 426
  • Pempek Pak Raden, JL. H. Alamsyah Ratu Prawira Negara
  • Pempek Dempo Indonesia, Jalan Lingkaran 1
  • Restoran Sederhana Lintau Masakan Padang Indonesian, Jl. Inspektur Marzuki
  • Rumah Omma Family Resto, Merpati, No. 8
  • Lek’Min, Jalan Dwikora 1
  • Pempek Ellen, JL. DI Panjaitan, No. 2984
  • Pondok Selera, Jalan Urip Sumoharjo
  • Pempek Ketty, Jalan Letkol Iskandar
  • Ketty Resto, Jalan Letkol Iskandar
  • Pempek Sentosa, Jl. Jend. Ahmad Yani
  • Pempek Bunda Gendis, Jl. Demang Lebar Daun
  • Pempek Ladera Palembang, Jl. Merdeka No. 1069 C, (Dekat POM Bensin Merdeka Palembang)

Tips Liburan di Palembang

  • Jika Anda ingin membeli kain songket khas Palembang, Anda bisa mengunjungi sentra pembuatan kain songket di daerah 30 Ilir
  • Anda perlu mencicipi kuliner khas Palembang bernama Pempek dan Tekwan
  • Karena begitu banyak tempat wisata dan tempat kuliner di Palembang, lebih baik Anda rencanakan lebih dulu kunjungan wisata sekaligus kuliner di dalam rute perjalanan yang sama untuk menghemat waktu perjalanan Anda.

Tempat Penting Yang Perlu Anda Ketahui di Palembang

Rumah Sakit di Palembang,

  • Siloam Hospitals Palembang ( Siloam Sriwijaya ), Alamat: Jl. POM IX Komplek Mall PSX Kel. Lorok Pakjo Kec. Ilir Barat I Palembang 30137 , Sumatera Selatan, Telp: 0711-5229100 ext. 27100, E-mail: [email protected]
  • RSUP Dr. Mohd.Hoesin. Alamat Jl. Jend.Sudirman KM 3.5, Palembang 30126, Telp: 0711-354088, Telp Humas: 0711-354088, Fax: 0711-351318, E-mail: [email protected]
  • RK. Charitas Palembang, Alamat Jl. Jendral Sudirman 1054, Palembang, Telp: 0711-353374 / 353375 / 350426, Fax: 0711-362205
  • Rumkit Tk II Dr. AK Gani Palembang, Jl. S M Badaruddin II, Palembang, Kota Palembang 30000, Telp: 0711-310672, E-mail: [email protected]
  • RSUD Palembang Bari, Jl. Panca Usaha No. 1 Kel 5 ulu Seb Ulu, Kota Palembang 30254, Telp: 0711-519211, Fax: 0711-519212, E-mail: [email protected]
  • RS Hermina Palembang, Basuki Rahmat No. 897, Palembang 30127, Telp: 0711352525
  • RS PT Pusri Palembang, Jl. Mayor M. Zen, Palembang, Telp: 0711-712071, Fax: 0711-712071

Leave a Reply