PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Wisata Bukit Siguntang

Blog

Bukit Siguntang: Sebuah Harta Karun Sejarah di Palembang

Sejarah Legenda

Bukit Siguntang atau Bukit Seguntang adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di Palembang, Sumatera Selatan. Tempat ini memiliki sejarah panjang yang tercatat dalam kitab sejarah raja-raja Melayu di Perlis, Malaysia. Menurut keterangan dalam kitab tersebut, terdapat daerah di Muara Sungai Tatang yang saat ini dikenal dengan nama Palembang. Di daerah ini terdapat sebuah bukit yang dikenal dengan nama Bukit Siguntang. Pada abad ke-14 hingga 17, tempat ini dianggap suci karena terdapat makam para tokoh keturunan Kerajaan Sriwijaya.

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim yang berpusat di Palembang dan dikenal sebagai pusat kegiatan agama Buddha di Nusantara. Oleh karena itu, Bukit Siguntang menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Ada Tujuh Makam

Di wilayah Bukit Siguntang terdapat tujuh makam yang diyakini merupakan makam orang-orang penting Palembang zaman dahulu. Makam-makam ini memiliki sejarah dan cerita yang menarik. Berikut adalah detail dari masing-masing makam:

1. Radja Segentar Alam
Makam ini dihuni oleh seorang bernama asli Iskandar Zulkarnai Alamsyah. Radja Segentar Alam berasal dari kerajaan Mataram dan pertama kali tiba di Palembang membawa tiga kapal dengan bendera Lancar Kuning. Kapal-kapal ini karam selama perjalanan dan hanya menyisahkan satu kapal yang terdampar di Bukit Siguntang. Radja Segentar Alam berhasil menaklukan hampir seluruh Sumatera dan bahkan mencapai negara tetangga Johor dan Malaka di Malaysia.

BACA JUGA :  10 Tempat Cuci Mobil Andalan di Banjarmasin Agar Tungganganmu Bersih Mengkilap, Mulai Rp35.000

2. Putri Kembang Dadar
Putri Kembang Dadar, yang bernama asli Putri Bunga Melur, dikisahkan memiliki kecantikan yang luar biasa sehingga dikira berasal dari langit atau kayangan.

3. Putri Rambut Selako
Putri Rambut Selako, yang bernama asli Putri Damar Kencana Wungsu, berasal dari Keraton Yogyakarta. Julukan “Rambut Selako” merujuk pada rambutnya yang keemas-emasan. Putri ini memiliki darah campuran Barat.

4. Panglima Batu Api
Panglima Batu Api adalah seorang ulama dari Arab Saudi yang datang ke tanah Melayu untuk menyebarkan agama Islam.

5. Panglima Bagus Kuning
Panglima Bagus Kuning juga berasal dari Mataram dan bertugas mengawal Radja Segentar Alam.

6. Panglima Bagus Karang
Panglima Bagus Karang datang bersama Panglima Bagus Kuning dan Radja Segentar Alam.

7. Tuan DjungDjungan
Tuan DjungDjungan juga merupakan seorang ulama dari Arab yang datang ke tanah Melayu dengan tujuan yang sama dengan Panglima Batu Api.

Banyak Benda Sejarah

Bukit Siguntang juga menyimpan beragam benda peninggalan sejarah yang menarik. Salah satunya adalah arca Buddha dari batu granit dengan tinggi mencapai 2,77 meter. Arca ini memiliki hubungan dengan penganut agama Buddha, karena Bukit Siguntang telah menjadi tempat ibadah bagi penganut kepercayaan tersebut sejak abad ke-7. Arca Buddha ini saat ini disimpan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Selain arca Buddha, terdapat juga pecahan-pecahan tembikar dan keramik dari Dinasti Tang. Keberadaan pecahan tembikar dan keramik ini membuktikan bahwa Bukit Siguntang juga pernah menjadi tempat pemukiman warga pada masa lampau. Pecahan-pecahan tembikar dan keramik ini tersimpan di Museum Balaputera Dewa dan Museum Sriwijaya.

BACA JUGA :  10 Agen Travel Jakarta – Solo Dengan Harga Termurah Rp.160.000

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat mengunjungi Bukit Siguntang, pengunjung harus membeli tiket masuk dengan harga Rp. 3.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak. Harga tiket masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Hotel Terdekat

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat Bukit Siguntang, terdapat beberapa pilihan hotel terdekat. Beberapa di antaranya adalah:

1. Hotel Bukit Siguntang
Hotel bintang satu ini terletak di Bukit Lama, Kota Palembang. Jaraknya hanya 0,57 km dari Bukit Siguntang. Hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat ikonik lainnya di Palembang, seperti Palembang Square dan Masjid Agung Palembang. Harga per malam di hotel ini sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp. 172.500.

2. Hotel Puncak Sekuning
Hotel ini beralamat di Jalan Puncak Sekuning No.1, Bukit Besar Palembang. Jaraknya sekitar 1,21 km dari Bukit Siguntang. Hotel ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti pendingin udara, tempat parkir, restoran, dan WiFi.

3. Hotel Ratu Prawira Negara Pangkal Musi 2 Poligon
Hotel bintang satu ini terletak di Jl. Let. Jend. Alamsyah Ratu Prawira Negara Pangkal Musi 2 Poligon No. 414, Palembang. Harga per malam di hotel ini mulai dari Rp. 200.000. Meskipun jaraknya agak jauh dari Bukit Siguntang, hotel ini menawarkan pelayanan dan fasilitas yang lengkap.

4. Hotel Kapten A. Rivai
Hotel ini beralamat di Jalan Kapten A. Rivai No. 219, Ilir Barat I, Palembang. Hotel ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pusat kota Palembang setelah mengunjungi Bukit Siguntang.

Informasi Tambahan

Palembang juga memiliki pelabuhan yang menyediakan pelayaran ke Balikpapan, Padang Sumatera Barat, dan Makassar. Kapal-kapal ini memiliki jadwal keberangkatan setiap bulannya. Jadi, jika Anda berencana untuk berkunjung ke Palembang dan ingin melanjutkan perjalanan ke kota-kota tersebut, Anda dapat memanfaatkan jasa pelayaran kapal di pelabuhan Palembang.

BACA JUGA :  Rekomendasi Dokter Kulit Yang Bagus di Sukabumi, Lengkap Dengan Alamat Serta Nomor Teleponnya

Terkadang di Bukit Siguntang juga diadakan pertunjukan orkes. Selain itu, terdapat beberapa daerah di Palembang yang menyimpan misteri dan cerita mistis, termasuk Bukit Siguntang. Bagi Anda yang tertarik dengan hal-hal mistis, mungkin Anda dapat mencoba menjelajahi daerah-daerah tersebut.

Bukit Siguntang merupakan salah satu harta karun sejarah yang dimiliki oleh Palembang. Dengan sejarahnya yang panjang, makam-makam yang berada di sana, dan beragam benda peninggalan sejarah, tempat ini menjadi destinasi wisata yang menarik. Jadi, jika Anda berkunjung ke Palembang, jangan lewatkan untuk mengunjungi Bukit Siguntang dan menikmati keindahan sejarah yang tersimpan di sana.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *