PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Gambar Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang, Sejarah Museum, Letak Lokasi + Tiket Masuk

Blog

Heading 2: Lokasi Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya terletak di Jalan Syakhyakirti, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Kota Palembang. Kawasan ini berada di barat daya pusat kota dan berhadapan dengan pertemuan Sungai Musi-Ogan-Kramasan. Dilihat dari denah atau peta, lokasi Taman Purbakala ini tepat di sebelah Selatan Bukit Seguntang atau sekitar 4 km di barat daya pusat kota Palembang.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus kota atau kendaraan lain yang menuju ke arah Tangga Buntung-Gandus. Jarak tempuh dari pusat kota Palembang ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sekitar 4 km atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit tergantung kondisi lalu lintas.

Heading 3: Keistimewaan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, yang sebelumnya dikenal sebagai Situs Karanganyar, memiliki daya tarik yang unik dan menarik bagi para pengunjung. Kawasan ini merupakan daerah pemukiman warga dengan beberapa taman yang memiliki penataan yang sangat rapi. Dalam penataan kawasan ini terdapat jaringan parit, kanal, dan kolam yang tersusun dengan rapi. Keadaan ini menguatkan pendapat bahwa Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya pada masa lalu.

Di kawasan ini juga terdapat banyak peninggalan bersejarah yang memberikan bukti bahwa tempat ini dulunya menjadi pusat kegiatan masyarakat dan pemukiman. Meskipun tidak ditemukan bangunan candi, terdapat barang-barang yang menunjukkan kegiatan keseharian masyarakat Sriwijaya seperti keramik, struktur bata, tembikar, dan manik-manik yang kemungkinan berasal dari Dinasti Tang, Song, Yuan, serta Qing.

BACA JUGA :  5 Daftar Pilihan Rental Sepeda Motor di Wilayah Tasikmalaya Yang Harganya Murah

Selain itu, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya juga memiliki beberapa pulau buatan, kanal, dan taman yang menambah keindahan dan keunikannya. Lokasi-lokasi ini juga menjadi spot yang indah untuk berfoto.

Heading 3: Fasilitas di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Di dalam kawasan ini terdapat Museum Sriwijaya yang menjadi pusat informasi mengenai Situs Karanganyar atau Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Di dalam museum ini terdapat replika Prasasti Kedukan Bukit yang menceritakan perjalanan Siddhayatra Dapunta Hyang.

Selain itu, di tengah-tengah situs terdapat pendopo berbentuk rumah Limas yang menjadi tempat penyimpanan replika kapal Laksamana Cheng Ho. Kapal ini merupakan replika kapal yang dikendarai oleh Laksamana Cheng Ho, seorang panglima perang dari kekaisaran Tiongkok yang berperan besar dalam penyebaran agama Islam di kawasan Palembang.

Bagi pengunjung yang gemar fotografi, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya menawarkan berbagai momen istimewa dan indah. Keunikan dan kerapian penataan situs ini akan memberikan kesempatan untuk mengambil foto landskap yang menakjubkan atau ber-selfie di lokasi yang indah.

Biaya masuk ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp3.000 untuk dewasa. Namun, jika ingin masuk ke dalam Museum Sriwijaya, pengunjung dewasa perlu membayar tambahan sebesar Rp2.000 dan anak-anak Rp1.500. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, tersedia juga fasilitas parkir dengan biaya sekitar Rp3.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor.

Heading 3: Kondisi Objek Wisata Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya
Meskipun sudah lebih dari 10 tahun sejak peresmian pertama Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui lokasi ini dan belum memahami daya tarik wisatanya. Bahkan di antara penduduk sekitar Palembang pun masih ada yang belum mengetahui keberadaan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya sebagai objek wisata.

BACA JUGA :  Dari Surabaya Ke Lumajang Hanya Dengan 90 Ribu! Bisa, Cek Aja Daftar Travel Berikut Ini

Hal ini menjadi perhatian pemerintah karena Situs Karanganyar atau Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya memiliki potensi wisata yang sangat besar. Sayang sekali jika objek wisata yang potensial dan penting ini terbengkalai begitu saja. Oleh karena itu, perlu adanya upaya promosi untuk membangun kembali destinasi wisata ini.

Sebagai masyarakat, kita juga memiliki tanggung jawab untuk mempromosikan potensi wisata di negara kita. Dengan bersama-sama membangun dan menjaga pariwisata, kita dapat menjaga keberlanjutan dan kelestarian warisan budaya Indonesia.

Dengan fasilitas yang memadai, keunikan penataan situs, dan berbagai peninggalan bersejarah yang ada, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Mari kita kunjungi dan promosikan keindahan dan keunikan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya kepada dunia.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *