PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Prasasti Palas Pasemah Lampung

Blog

Destinasi Wisata Sejarah di Desa Palas Pasemah

Lokasi dan Informasi Umum

Foto By dictio.id

Desa Palas Pasemah, Kabupaten Lampung Selatan merupakan destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Terletak di daerah Palembang, tepi sungai Musi, desa ini memiliki kaitan erat dengan kerajaan Sriwijaya, kerajaan Budha yang berpengaruh besar di Nusantara pada masa lampau. Dalam bahasa Sanskerta, Sriwijaya berarti “cahaya kemenangan”, menggambarkan kemegahan dan kejayaan kerajaan ini.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga edukatif. Pengunjung dapat belajar langsung tentang sejarah kerajaan Sriwijaya dan menambah wawasan mereka tentang masa lalu Indonesia. Salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di daerah Lampung adalah Prasasti Palas Pasemah, sebuah batu bertulis yang berisi informasi penting tentang kerajaan tersebut.

Rute Menuju Lokasi

Foto By befren.com

Untuk mencapai lokasi Prasasti Palas Pasemah, pengunjung dapat memulai perjalanan dari Bakauheni atau kota Bandar Lampung. Lokasi ini terletak di desa Palas Pasemah, kecamatan Palas, kabupaten Lampung Selatan. Meskipun tidak begitu populer, situs ini tetap terawat dengan baik dan dapat dengan mudah dicapai.

Setelah perjalanan sejauh 20 kilometer dari Bakauheni atau Bandar Lampung, pengunjung akan menemukan sebuah persimpangan yang mengarah ke Palas dan jalur tengah Lampung. Dari persimpangan tersebut, pengunjung harus mengambil arah kanan menuju lokasi situs. Jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 10 kilometer.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Cafe di Daerah Ubud Ini Bisa Bikin Nongkrong Tambah Seru dan Lupa Waktu

Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Foto By id.wikipedia.org

Sebelum Indonesia ada, Nusantara dihuni oleh berbagai kerajaan yang tersebar di seluruh wilayah. Salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh di Nusantara adalah Sriwijaya. Kerajaan Budha ini berkembang pesat dari abad ke-6 hingga ke-11 Masehi dan memiliki kekuasaan yang meluas hingga ke luar daratan, termasuk wilayah-wilayah di Asia Tenggara.

Kekuasaan Sriwijaya tidak hanya terbatas pada daratan, tetapi juga meluas ke wilayah maritim. Palembang, di tepi sungai Musi, merupakan pusat pemerintahan dan pusat agama Budha pada masa itu. Kerajaan ini dikenal akan kebesarannya dan kekuasaannya yang mencakup sebagian besar wilayah Indonesia, termasuk Lampung.

Prasasti Palas Pasemah

Foto By kumparan.com

Prasasti Palas Pasemah adalah salah satu peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di daerah Lampung. Prasasti ini berbentuk batu bertulis, juga dikenal sebagai prasasti. Prasasti merupakan situs bersejarah yang berisi informasi penting tentang kerajaan. Prasasti Palas Pasemah berisi informasi tentang kutukan dan ancaman bagi penentang penguasa kerajaan Sriwijaya.

Prasasti ini terletak di wilayah Kaliandra, tepi Sungai Pisang, anak Way Sekampung di daerah Lampung Selatan. Tulisan dalam prasasti ini menggunakan aksara lama yaitu Palawa dengan bahasa Melayu Kuna. Meskipun beberapa baris tulisannya telah hilang, informasi yang tersisa memberikan gambaran tentang kehidupan dan pemerintahan kerajaan Sriwijaya pada masa itu.

Pemeliharaan dan Keadaan Saat Ini

Foto By inphedia.id

Sejak ditemukannya, Prasasti Palas Pasemah tetap berada di lokasi aslinya dan tidak pernah dipindahkan. Situs ini tetap terawat dengan baik oleh pemerintah. Untuk menjaga keasliannya, prasasti ini dilindungi dengan kaca di sekelilingnya dan dikelilingi oleh pagar.

BACA JUGA :  10 Gambar Museum Benteng Heritage Tangerang, Harga Tiket Masuk, Sejarah Legenda, Jam Buka Tutup + Lokasi Alamat

Pemerintah juga mempekerjakan seorang juru kunci prasasti yang bertugas menjaga dan merawat situs ini. Juru kunci prasasti bekerja di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya di bawah Direktorat Jendral Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang.

Selain itu, plang jalan dan kawasan sekitar prasasti juga telah diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Pengunjung yang ingin mengunjungi Prasasti Palas Pasemah dapat menikmati suasana yang tenang dan merenungkan kebesaran Sriwijaya yang pernah ada.

Destinasi Wisata Sejarah Lain di Lampung

Di Lampung juga terdapat destinasi wisata sejarah lain yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah prasasti Hujung Langit yang terletak di desa Haur Kuning. Prasasti ini juga berusia tua dan ditulis dalam bahasa Melayu Kuno dengan menggunakan aksara Pallawa. Meskipun tulisannya sudah tergerus oleh waktu, pengunjung tetap dapat belajar dan mengambil foto di tempat ini.

Kunjungan ke destinasi wisata sejarah seperti Prasasti Palas Pasemah dan prasasti lainnya di Lampung memberikan pengalaman yang berbeda dan berharga. Selain menikmati keindahan alam Lampung, pengunjung juga dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang sejarah Indonesia. Melalui peninggalan-peninggalan sejarah ini, kita dapat menghargai dan mengingat masa lalu yang pernah ada.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *