Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pekanbaru

Pekanbaru merupakan ibu kota dari Provinsi Riau yang sekaligus juga bagian dari Pulau Sumatera. Provinsi Riau sendiri merupakan pusat dari kegiatan produksi minyak. Secara geografis, Kota Pekanbaru memiliki posisi yang cukup strategis yaitu berada pada jalur lintas timur Sumatera, tepatnya di tepi sungai Siak dengan ketinggian berkisar antara 5-50 meter di atas permukaan laut.

Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Sumatera setelah Kota Medan dan Kota Palembang. Kota ini memiliki luas sekitar 632,26 km2 (63.226 ha). Dari total luas tersebut, sekitar 57.135 ha-nya belum terbangun. Kota ini juga terhubung dengan beberapa kota lain seperti Kota Medan, Padang, dan Jambi.

Pekanbaru pernah meraih penghargaan Adipura untuk kategori kota besar sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia. Saat ini, Kota Pekanbaru telah berkembang pesat. Keunikan kota ini salah satunya dapat terlihat dari arsitekturnya yang unik yang merupakan hasil perpaduan dari budaya melayu.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pekanbaru via @ayuraminda
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pekanbaru via @ayuraminda

Wilayah Utama Pekanbaru

Wilayah Kota Pekanbaru berbatasan dengan daerah kabupaten atau kota. Berikut ini adalah batas-batas wilayah Kota Pekanbaru.

  • Sebelah Barat                : Kabupaten Kampar
  • Sebelah Selatan               : Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan
  • Sebelah Utara               : Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar
  • Sebelah Timur                : Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan

Sejarah Pekanbaru

Sebagai kota yang menjadi pusat aktivitas ekonomi di Indonesia, Pekanbaru mempunyai sejarah yang cukup panjang. Kota Pekanbaru merupakan kota yang menjadi pusat perdagangan dan sekaligus juga telah menjadi penghubung utama antara Daratan Sumatera dengan Selat Malaka. Letaknya yang strategis telah mengundang para pedagang untuk mengadu peruntungan di negeri yang dahulu bernama Senapelan ini.

Pada zaman dahulu, Kota Pekanbaru dikenal dengan nama Senapelan yang dipimpin oleh seorang kepala suku bernama Batin. Pada masa itu, wilayah Senapelan didominasi oleh ladang. Seiring berjalannya waktu, lambat laun, area ladang tersebut berkembang menjadi sebuah perkampungan. Perkampungan inilah yang dinamakan Kampung Senapelan.

Kemudian, Perkampungan Senapelan berpindah ke permukiman baru yang disebut Dusun Payung Sekaki yang terletak di tepi muara Sungai Siak. Secara resmi, pada tanggal 21 rajah 1204 H atau tanggal 23 juni 1784 M, berdasarkan musyawarah yang dilakukan oleh datuk dari empat suku yaitu Suku Pesisir, Suku Lima Puluh, Suku Tanah Datar, dan Suku Kampar.

Mereka sepakat untuk mengganti nama Kampung Senampelan menjadi Pekan Baharu. Penggantian nama ini sekaligus juga merupakan awal dari lahirnya Kota Pekanbaru. Sejak saat itu pula, nama Senampelan perlahan-lahan ditinggalkan dan kampung tersebut mulai populer dengan nama Pekanbaru.

Cara Pergi ke Pekanbaru

Untuk menuju ke Kota Pekanbaru, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan alat transportasi mulai dari pesawat terbang, dan kendaraan jalur darat sebagai berikut.

Pergi Ke Pekanbaru Naik Pesawat

Jika Anda berasal dari luar Pulau Sumatera atau luar Provinsi Riau, Anda sebaiknya menggunakan pesawat untuk menuju Kota Pekanbaru. Pesawat merupakan alat transportasi udara yang cukup efektif dan cepat untuk menuju Riau. Jika Anda mengunjungi Kota Pekanbaru menggunakan pesawat, pesawat Anda akan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II memiliki luas sekitar 321,21 ha. Pada tahun 2009, pihak Angkasa Pura II telah bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Riau untuk melakukan perluasan terhadap Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II.

Perluasan bandara ini direncanakan akan diselesaikan pada akhir tahun 2011 sebagai salah satu persiapan untuk menghadapi Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan diselenggarakan pada tahun 2012. Perluasan tersebut dicanangkan salah satunya karena Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II dinilai tidak lagi dapat menampung jumlah penumpang yang setiap tahunnya semakin meningkat.

Sebagai bandara dengan predikat bandara internasional, Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II memiliki berbagai fasilitas yang disediakan bagi para pendatang dan pengguna transportasi udara. Berbagai fasilitas tersebut antara lain adalah Anjungan Tunai Mandiri (ATM), ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan.

Book Store & Magazine Cafe Transit, I-Port, Reflexiology, toko souvenir, dan mushola juga ada disini. ATM yang tersedia di bandara ini juga cukup banyak mulai dari bank pemerintah hinga bank swasta yaitu antara lain ATM Bank Muamalat, ATM Bank Riau Kepri, ATM BCA, ATM BJB, ATM BRI, ATM Bank CIMB Niaga, ATM Bank Mandiri, dan ATM Bank Panin.

Untuk meningkatkan pelayanan dan penyediaan fasilitas yang lebih baik, Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II mengatur informasi pajak bandara atau yang dikenal dengan Biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara sebesar Rp45.000 bagi penumpang dengan rute penerbangan domestik dan Rp150.000 bagi penumpang dengan rute penerbagan internasional.

Beberapa maskapai yang membuka dan melayani rute penerbangan di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II antara lain adalah sebagai berikut.

Maskapai Rute Domestik Dari Bandara Pekanbaru

  • Batik Air
  • Citilink
  • Garuda Indonesia
  • Indonesia AirAsia
  • Lion Air
  • Nusantara Air Charter
  • Pelita Air Service

Maskapai Rute Internasional Dari Bandara Pekanbaru

  • AirAsia
  • Firefly
  • Malindo Air
  • Silk Air

Pergi Ke Pekanbaru Naik Bus

Untuk berkunjung ke Kota Pekanbaru, Anda dapat menggunakan Bus. Bus merupakan salah satu alat transportasi alernatif yang terbilang murah untuk menuju ke Pekanbaru. Dengan menggunakan Bus, Anda juga dapat melihat pemandangan yang indah sepanjang perjalanan menuju Kota Pekanbaru.

Bus yang membawa Anda menuju Pekanbaru akan berhenti di Terminal Payung Sekaki. Bangunan terminal ini terbilang cukup unik dengan hiasan ornamen khas budaya Melayu. Dengan ornamen khas Melayu ini, Terminal Payung Sekaki seperti ingin memberikan kesan sekaligus menunjukkan ciri khas dari Kota Pekanbaru kepada para pendatang.

Terminal Payung Sekaki berlokasi di Jalan Nangka (Tuanku Tambusai) yang berada tepat di pusat Kota Pekanbaru. Terminal ini melayani rute dari Riau menuju Sumatera Utara, Sumatera Barat, Nanggroe Aceh Darussalam, Pulau Jawa, dan daerah lainnya di Pulau Sumatera. Terminal ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, musala, tempat penitipan barang, dan tempat penginapan.

Transportasi di Pekanbaru

Anda tidak perlu khawatir mengenai transportasi ketika Anda berkunjung ke Kota Pekanbaru. Kota ini menyediakan alat transportasi alternatif bagi Anda yang ingin berwisata atau mengunjungi berbagai daerah dan tempat yang diinginkan selama berada di Pekanbaru. Alat transportasi alternatif tersbeut antara lain adalah sebagai berikut.

Taksi Di Pekanbaru

Taksi adalah alat transportasi darat yang dapat menjangkau semua kalangan. Anda dapat menggunakan taksi argo untuk bepergian atau berwisata mengelilingi Kota Pekanbaru. Anda dapat memilih salah satu dari Blue Bird Taxi atau Riau Taxi. Kedua taksi ini merupakan taksi yang direkomendasikan karena memiliki catatan reputasi pelayanan yang cukup baik.

Bagi Anda yang berencana mengelilingi Kota Pekanbaru dengan salah satu dari dua taksi tersebut, Anda bisa memesan atau melakukan booking terlebih dahulu melalui telepon dengan nomor: 0761-561-234 (Bluebird Taxi) atau 0761-38123/0761-36969 (Riau Taxi).

Trans Metro Pekanbaru

Trans Metro Pekanbaru (TMP) merupakan alat transportasi alternatif yang disediakan oleh pemerintah setempat. Sama halnya dengan Trans Jakarta, Trans Bandung, dan Trans Jogja, Trans Metro Pekanbaru menggunakan bus dengan sistem rapid dan transit cepat.

Trans Metro Pekanbaru juga memiliki rute perjalanan dan rute transitnya sendiri sehingga Anda perlu bertanya atau membaca informasi di halte terdekat untuk mengetahui TMP mana yang akan membawa Anda ke tempat tujuan Anda. Jika Anda berencana mengelilingi Kota Pekanbaru dengan menggunakan Trans Metro ini, Anda hanya perlu membayar ongkos sekitar Rp3.000 untuk satu kali perjalanan.

Hotel di Pekanbaru

Sebelum menentukan hotel untuk tempat Anda menginap selama di Pekanbaru, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Lokasi Hotel

Sebelum Anda tiba di Kota Pekanbaru, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu lokasi hotel yang akan menjadi tempat menginap Anda. Lokasi hotel yang berada tidak jauh dari pusat kota merupakan lokasi idaman para wisatawan. Dengan lokasi hotel yang dekat dengan pusat kota, Anda akan lebih dekat dengan tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

Selain itu, Anda juga tidak akan terlalu lama menghabiskan waktu di jalan, tidak terjebak macet, dan lebih hemat ongkos. Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah  melihat area sekitar hotel sekaligus memastikan bahwa hotel tersebut aman untuk ditempati.

Fasilitas Hotel

Selain lokasi, fasilitas hotel merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Hotel dengan fasilitas yang lengkap bisa menjadi kebutuhan utama para wisatawan saat menginap di suatu daerah. Fasilitas hotel ini antara lain adalah seperti sarapan, perlengkapan mandi, kolam renang, hingga air hangat.

Anda dapat memperoleh informasi mengenai hotel beserta fasilitasnya yang ada di Pekanbaru dari internet dengan pencarian (browsing), dari website resmi hotel, situs-situs pengulas (review) hotel, hingga menghubungi atau bertanya langsung dengan datang ke hotel yang menjadi tujuan Anda.

Setelah mendapatkan informasi yang memadai mengenai hotel yang akan dijadikan tempat menginap, Anda juga perlu melakukan perbandingan harga dan fasilitas hotel tersebut dengan beberapa hotel lainnya sebelum membuat keputusan.

Anda sebaiknya tidak hanya terpaku pada satu hotel saja. Anda perlu membandingkan dan memperhitungkan biaya serta fasilitas yang akan Anda dapatkan dari biaya yang Anda keluarkan. Jika Anda menemukan hotel yang jauh lebih bagus, modern, memiliki fasilitas yang banyak, lokasinya lebih strategis, dan selisih harganya tidak jauh berbeda dari hotel pertama yang Anda pilih, tidak ada salahnya untuk memilih hotel yang kedua.

Pelayanan Hotel

Selain fasilitas, pelayanan hotel juga menjadi hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih hotel. Untuk mengetahui standar pelayanan sebuah hotel yang akan Anda booking, Anda dapat mencari informasinya melalui situs traveler dan situs pengulas (review) hotel sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut.

Iklim di Pekanbaru

Pada umumnya, Kota Pekanbaru beriklim tropis dengan suhu udara maksimum berkisar antara 34,1ºC – 35,6ºC dan suhu minimum antara 20,2ºC – 23,0ºC. Kota Pekanbaru juga memiliki curah hujan yang berkisar antara 38,6 – 435,0 mm per tahunnya. Jumlah curah hujan tersebut juga memengaruhi musim yang ada di Kota Pekanbaru. Di Kota Pekanbaru, musim hujan jatuh pada bulan Januari sampai dengan bulan April dan bulan September sampai dengan bulan Desember, sedangkan musim kemarau terjadi pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus.

Bahasa Daerah di Pekanbaru

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sampai saat ini digunakan oleh masyarakat di Pekanbaru. Berdasarkan sejarahnya, dahulu Kota Pekanbaru merupakan daerah perkampungan Melayu yang penduduknya sebagian besar adalah orang Melayu Siak.

Bahasa Melayu merupakan bahasa ibu yang pernah digunakan oleh masyarakat Pekanbaru pada masa itu. Berbagai variasi bahasa Melayu pun terdapat di kota Pekanbaru di antaranya adalah bahasa Melayu Pekanbaru dan bahasa Melayu Kampar.

Variasi bahasa Melayu Kampar muncul di wilayah Pekanbaru karena Pekanbaru dikelilingi oleh wilayah Kampar. Hal itu membuat bahasa Melayu Kampar mengalami perpaduan tradisi dengan Melayu Riau dan juga berkembang dengan pesat terutama di kawasan-kawasan atas, barat, dan selatan Kota Pekanbaru.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan banyaknya pendatang, Kota Pekanbaru bertransformasi menjadi kota yang penduduknya heterogen. Selain masyarakat asli Riau serta penduduk asli Pekanbaru, ada juga masyarakat yang bersuku Minangkabau, Jawa, Batak, Medan, Sunda, Bugis, Banjar, Palembang, Aceh, dan sebagainya.

Dengan kondisi masyarakat yang heterogen tersebut, perlahan-lahan posisi bahasa Melayu mulai bergeser dan berganti dengan penggunaan bahasa Indonesia. Untuk bisa berkomunikasi satu sama lain, masyarakat suku yang satu dengan masyarakat suku lainnya pun menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, saat ini, di Pekanbaru jarang ditemukan penduduk atau masyarakat yang berkomunikasi dengan bahasa Melayu.

Tempat Wisata di Pekanbaru

Kota Pekanbaru memiliki beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi. Objek wisata tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura merupakan tempat wisata yang sekaligus juga peninggalan dari Kesultanan Siak. Kesultanan Siak merupakan kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai abad ke-20. Istana Siak Sri Indrapura ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin dengan perpaduan gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu.

Di lantai satu istana ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam yang berhiaskan berlian. Ada juga sebuah gendang tua warisan masa lampau yang telah berusia lebih dari 200 tahun. Gendang ini terakhir kali dibunyikan pada tahun 1914 tepatnya pada saat pelantikan Sultan Syarif Kasim II.

Untuk masuk ke dalam Istana Siak Indrapura, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp3.000. Untuk bisa masuk ke bangunan utama, ada beberapa peraturan wajib yang harus Anda patuhi ketika berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura. Selain itu, Anda juga harus melepaskan alas kaki Anda karena dikhawatirkan dapat merusak lantai granit istana.

2. Riau Fantasi

Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar di Sumatera yang luasnya mencapai hingga 6,5 hektar. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Labersa yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit dari Kota Pekanbaru. Di Riau Fantasi juga terdapat berbagai jenis kolam renang dan papan seluncur salah satunya yaitu adventure pool.

Di adventure pool juga terdapat menara dan ember raksasa yang dapat menambah keseruan Anda di taman rekreasi ini. Selain itu, ada juga kolam renang untuk orang dewasa yang memiliki kedalaman 1,5 meter dan kolam untuk anak-anak yang memiliki kedalaman 30 cm dan dilengkapi juga dengan pancuran air.

Untuk wahana kering atau wahana selain kolam, ada beberapa wahana permainan yang akan menguji adrenalin Anda yaitu di antaranya adalah wave blaster, speedy coaster, family swinger, komidi putar, kora-kora, sky tower, dan juga kereta wisata.

Tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas bagi pengunjungnya yaitu antara lain musala, toilet, kafetaria yang dilengkapi dengan gazebo, hingga akses free WiFi. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Riau Fantasi pada hari SeninJumat (weekdays), Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp60.000, sedangkan jika Anda berkunjung pada hari Sabtu atau Minggu (weekend), Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp70.000.

3. Kebun Binatang Kasang Kulim

Saat musim liburan tiba, Kebun Binatang Kasang Kulim dapat menjadi alternatif tempat berlibur bersama keluarga atau pun sahabat. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 10 hektar dan memelihara cukup banyak jenis binatang yaitu antara lain ular, burung, monyet, landak, dan masih banyak binatang yang lainnya.

Kebun Binatang Kasang Kulim ini merupakan tempat wisata favorit bagi anak-anak karena selain dapat berkenalan dengan berbagai jenis binatang, anak-anak juga dimanjakan dengan arena dan wahana bermain seperti papan seluncur, kolam pancing, hingga kolam renang untuk anak-anak. Selain itu, di kebun binatang ini, anak-anak juga dapat bermain langsung dan menaikki gajah dengan harga tiket sebesar Rp10.000 per 10 menit.

Untuk mengunjungi Kebun Binatang Kasang Kulim, dari pusat Kota Pekanbaru, Anda akan menempuh perjalanan selama 30 menit. Harga tiket masuk kebun binatang ini adalah sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan sebesar Rp10.000 untuk anak-anak.

Mal di Pekanbaru

Pekanbaru memiliki tiga mal yang cukup besar dengan dua di antaranya yang terbaik adalah Mal SKA dan Mal Ciputra Seraya. Secara umum, lokasi mal-mal ini sudah dikenal oleh masyarakat luas sehingga akses jalan dan angkutan menuju ke mal-mal tersebut cukup mudah. Utamanya, mal-mal ini menghadirkan berbagai pilihan IT dan produk ponsel serta gerai makanan dan minuman bagi para pengunjung.

Akan tetapi, uniknya, selain ketiga mal ini, Pekanbaru juga memiliki mal-mal yang kondisi serta suasananya lebih mirip pasar daripada pusat perbelanjaan modern. Hal itu salah satunya terlihat dari kegiatan tawar-menawar saat jual beli yang kerap dilakukan di mal-mal tersebut. Mal-mal yang bersuasana serta berkondisi seperti pasar tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Mal Pekanbaru

Mal ini berlokasi di Jalan Jendral Sudirman. Mal Pekanbaru atau yang biasa disingkat dan disebut dengan MP ini merupakan mal atau pusat perbelanjaan modern pertama yang ada di Pekanbaru. Mal ini memiliki beberapa toko atau outlet di dalamnya yang cukup menonjol dan menjadi sasaran kunjung dari pengunjung mal ini. Toko atau outlet tersebut antara lain adalah MP Handphone Centre, Mega Department Store, Lucky Mart, Gramedia Book Store, Solaria, Bakso Lapangan Tembak, Ikan Bakar Cianjur, KFC, Roti Boutique, MP Night Club, dan lain-lain.

2. Plaza Senapelan

Plaza Senapelan berlokasi di Jalan Teuku Umar No. Plaza Senapelan ini terkenal bersamaan dengan Suzuya Department Store sebagai plaza sekaligus department store pertama dan tertua yang telah berdiri sejak tahun 1990-an di Pekanbaru bersama juga dengan Plaza Citra. Di kalangan masyarakat Pekanbaru sendiri, Plaza Senapelan lebih dikenal sebagai pusat belanja handphone atau telepon seluler dan segala aksesorinya.

3. Plaza Sukaramai

Plaza Sukaramai berlokasi di Jalan Jendral Sudirman. Plaza ini dikenal dengan adanya Ramayana Departemen Store dan juga Pusat Perdagangan dan Pasar Sukaramai.

4. Pasar Bawah (Pasar Wisata/Tourist Market)

Pasar bawah atau yang dikenal juga dengan Pasar Wisata ini berlokasi di Kampung Dalam, Senapelan. Di Pasar Bawah, Anda dapat menemukan berbagai macam pilihan cendera mata (souvenir), makanan tradisional dan makanan ringan, produk tradisional, dan berbagai produk impor.

5. Mal SKA

Mal ini berlokasi di Jalan Soekarno Hatta. Untuk masa sekarang, Mal ini dianggap sebagai pusat dan kompleks perbelanjaan terbesar yang ada di Pekanbaru. Mal ini memiliki beberapa toko atau outlet di dalamnya yang cukup terkenal dan menjadi sasaran kunjung dari pengunjung.

Toko atau outlet tersebut antara lain adalah Matahari Department Store, Hypermart, Pizza Hut, A&W, Excelso Coffee, J.CO Donuts & Coffee, BreadTalk, Excelsior, Rotiboy, Solaria, Rice Bowl, KFC, Disc Tarra, The Face Shop, The Body Shop, Pusat Elektronik, dan lain-lain.

6. Mall Ciputra Seraya

Mal Ciputra Seraya berlokasi di Jalan Riau. Mal ini merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang paling banyak dikunjungi di Pekanbaru. Mal ini  menghadirkan variasi toko atau outlet terkemuka yang cukup beragam seperti Matahari Department Store, Hypermart, Hush Puppies, The Executive, Everbest, Shihlin Taiwan Street Snacks, XO Suki, KFC, Texas Chicken, A&W, Pizza Hut, Solaria, Rice Bowl, J.CO Donuts & Coffee, Bakso Lapangan Tembak, Disc Tarra, Time Zone, Karisma Book Store, XXI atau Riau 21, dan lain-lain.

7. Plaza Citra

Plaza Citra berlokasi di Jalan Pepaya. Sama halnya dengan Plaza Senapelan, Plaza Citra juga merupakan salah satu dari dua pusat perbelanjaan pertama yang dibangun di Pekanbaru. Akan tetapi, saat ini, popularitas Plaza Citra sebagai pusat perbelanjaan modern kini sudah tidak begitu populer dibandingkan dengan Plaza Senapelan. Beberapa toko atau outlet terkenal yang ada di plaza ini antara lain adalah Matahari Department Store, Pak Bakso, dan Timezone.

8. Metropolitan City (MTC), Jl HR Subrantas.

Metropolitan City berlokasi di Jalan H.R. Soebrantas. Metropolitan City merupakan salah satu pusat perbelanjaan mewah di Pekanbaru yang menghadirkan beberapa outlet terkemuka seperti Giant Hypermarket, KFC, dan Solaria.

9. Cerdas Computerindo

Cerdas Computerindo berlokasi di Jalan Riau nomor 12. Cerdas Computerindo merupakan sebuah tempat yang menyediakan semua hal terkait IT dan gadget dengan harga yang relatif bisa bersaing. Bagi Anda yang menyukai dunia IT dan perkembangan teknologi terutama soal gadget, Cerdas Computerindo bisa menjadi salah satu pilihan wisata belanja Anda.

10. Pasar Buah Pekanbaru

Pasar Buah Pekanbaru berlokasi di Jalan Jendral Sudirman nomor 88-92. Pasar Buah Pekanbaru merupakan pusat belanja buah modern yang berbentuk sebuah toko kelontong yang cukup besar yang menjual berbagai macam buah-buahan. Selain menjajakan dan menjual aneka buah-buahan, layaknya pusat perbelanjaan modern lainnya yang, bagian dalam toko Pasar Buah Pekanbaru dilengkapi dengan AC yang dapat memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung yang datang.

Museum di Pekanbaru

Kota Pekanbaru juga memiliki tempat wisata sejarah berupa museum yaitu sebagai berikut.

Museum Sang Nila Utama

Museum yang berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, ini memiliki luas sekitar 1.123 m2. Bangunan museum ini terdiri atas dua lantai dan bergaya arsitektur rumah tradisional Melayu. Di museum ini tersimpan berbagai benda bercorak budaya peninggalan dari masa lampau yang sudah berusia puluhan hingga ratusan tahun.

Jika Anda berkunjung ke museum ini, di pintu utama, Anda akan disambut oleh jajaran benda-benda peninggalan masa lampau seperti kapak batu serta alat serpih yang digunakan pada Zaman Paleolitikum, Neolitikum, dan Mesolitikum.

Perpustakaan di Pekanbaru

Kota Pekanbaru juga terkenal akan perpustakaannya yang bertitel terbesar se-Asia Tenggara. Namanya Perpustakaan Soeman H.S. Perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di Asia Tenggara yang sekaligus juga menjadi landmark dari Kota Pekanbaru.

Bangunan perpustakaan ini didesain dengan mengadopsi unsur kebudayaan Melayu. Desain tersebut di antaranya terlihat dari bentuk atap khas rumah adat Melayu dan adanya pilar-pilar tinggi pada bangunan perpustakaan ini.

Perpustakaan Soeman H.S. merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat Anda datang ke Kota Pekanbaru. Selain akan disuguhkan nuansa budaya Melayu yang indah yang tercermin pada desain bangunan perpustakaan, Anda juga akan melihat langsung perpustakaan yang bertitel sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara beserta koleksi literatur yang ada di dalamnya.

Layanan Perpustakaan Soeman H.S. beroperasi setiap hari atau Senin sampai dengan Minggu dan hanya tutup pada saat libur nasional. Jam operasional perpustakaan ini adalah pukul 08.00-16.00 WIB pada hari Senin sampai dengan Jumat dan pukul 09.00-14.00 WIB khusus untuk hari Sabtu dan Minggu.

Hiburan Malam di Pekanbaru

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Kota Pekanbaru di malam hari, berikut ini adalah beberapa referensi tempat wisata atau hiburan malam yang ada di Kota Pekanbaru.

  • Senapelan Plaza Club (SP Club)
  • Kompleks Hotel Grand Elite di Jalan Riau
  • Karaoke Hotel Furaya di Jalan Tuanku Tambusai

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Pekanbaru

Pekanbaru memiliki berbagai kuliner khas yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke kota ini. Berbagai kuliner khas Kota Pekanbaru tersebut biasanya juga dijual dan disajikan di berbagai tempat makan atau restoran yang ada di Kota Pekanbaru. Berikut ini adalah beberapa referensi tempat makan yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati kuliner khas Kota Pekanbaru.

Pondok Durian Pangeran

Pondok Durian Pangeran ini berlokasi di Jalan Sudirman tepatnya di depan Hotel Pangeran Pekanbaru. Durian adalah buah khas di Pekanbaru yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja ketika berkunjung ke kota ini. Durian Pekanbaru terkenal dengan rasanya yang manis dan daging buah yang gurih serta tekstur yang unik dibandingkan dengan durian di daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Joglo Mie Jowo

Joglo Mie Jowo berlokasi di Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru. Joglo Mie Jowo menyediakan aneka menu makanan berbahan dasar utama mi dengan berbagai pilihan bumbu. Harga makanan dan minuman di tempat ini terbilang cukup murah dan terjangkau yaitu di bawah Rp30.000. Tempat makan ini buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Pondok Patin H.M. Yunus

Pondok Patin H.M. Yunus berlokasi di Jalan Kaharuddin Nasution 1, Simpang Tiga, Pekanbaru, Riau. Pondok Patin H.M Yunus merupakan rumah makan yang menyediakan menu khas gulai ikan patin yang cukup terkenal sekaligus menjadi favorit di Kota Pekanbaru.

Kombinasi rasa asam manis kuah gulai dan lembutnya daging ikan patin membuat rumah makan ini wajib Anda kunjungi ketika Anda berada di Pekanbaru. Rumah makan Pondok Patin H.M Yunus buka setiap hari mulai pukul 11.00-14.00 WIB pada waktu siang hari dan pukul 19.00-21.00 WIB pada waktu malam hari.

Sup Tunjang GOR Tri Buana

Sup Tunjang GOR Tri Buana berlokasi di kawasan Gor Tri Buana tepatnya di Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Sup Tunjang GOR Tri Buana merupakan rumah makan yang menyediakan satu menu makanan khas sekaligus favorit yaitu sup tunjang.

Rumah makan yang telah berdiri sejak tahun 1997 ini menyajikan sup tunjang dengan racikan bumbu tradisional yang khas serta kuah kaldu yang gurih. Oleh karena itu, saat Anda berkunjung ke Pekanbaru, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi  sup tunjang di rumah makan ini.

Rumah makan ini hanya buka setengah hari yaitu pada pukul 07.00-15.00 WIB. Akan tetapi, saat ini, Sup Tunjang GOR Tri Buana telah membuka cabang di Jalan Mustika, tepatnya di dekat RSUD Riau, dan buka hingga pukul 21.00 WIB.

Jika Anda tidak sempat mencicipi sup ini pada waktu siang hari, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat berkunjung ke cabang Sup Tunjang Gor Tri Buana yang berlokasi di Jalan Mustika pada waktu malam hari. Satu porsi sup tunjang dihargai untuk harga sekitar Rp30.000 dan Rp15.000 untuk per ½ porsi.

Sate Cun Rumbai

Sate Cun juga merupakan salah satu kuliner khas Pekanbaru yang wajib Anda coba. Sate Cun sudah berdiri sejak tahun 1980 dan berlokasi di kawasan Rumbai tepatnya di depan gerbang Camp Chevron dan di samping Masjid Ittihad Rumbai, Pekanbaru. Sate Cun ini adalah sate berbahan dasar daging, lidah, atau pun jantung sapi yang disiram dengan kuah kari kental berwarna kuning dan disajikan dengan bawang goreng dan ketupat.

Sebagian besar orang yang berasal dari luar Pulau Sumatera mungkin lebih mengenal Sate Cun ini sebagai Sate Padang. Sate Cun merupakan salah satu kuliner favorit karena rasanya yang enak dan juga bentuk warungnya yang unik yaitu menggunakan mobil pick-up. Harga Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu mendatangi warung Sate Cun Rumbai.

Martabak Djoeragan

Martabak Djoeragan berlokasi di Jalan Sekolah atau Jalan Khayangan, Pekanbaru. Martabak Djoeragan hadir dalam bentuk kios yang cukup besar dengan dominasi warna kuning terang sehingga kios ini cukup menarik perhatian. Martabak Djoeragan menyediakan menu martabak yang cukup variatif mulai dari martabak manis hingga martabak asin (telur). Martabak yang disajikan di Martabak Djoeragan ini bertekstur tebal dan lembut serta memiliki pinggiran yang garing dan renyah.

Martabak favorit yang paling banyak dipesan oleh pengunjung adalah martabak asin atau martabak telur. Sementara itu, untuk martabak manis, yang menjadi favorit pengunjung adalah martabak manis dengan keju, kacang, dan cokelat. Harga martabak di Martabak Djoeragan juga relatif standar dan terjangkau oleh berbagai kalangan.

Kedai Kopi Kim Teng

Kedai Kopi Kim Teng berlokasi di Jalan Senapelan nomor 22. Bagi Anda pecinta kopi, Kedai Kopi Kim Teng merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi. Kedai kopi ini menyediakan berbagai menu makanan seperti aneka mi, nasi goreng, sop dan soto, dimsum, roti canai, roti bakar dengan selai srikaya yang menjadi favorit pengunjung.

Kopi yang disajikan di Kedai Kopi Tim Teng ini juga cukup khas karena didatangkan langsung dari Solok, Sumatera Barat. Kedai Kopi Tim Teng memiliki tempat yang cukup luas dan nyaman. Kedai kopi ini juga tidak pernah sepi terutama pada pagi hari. Banyak orang yang datang ke kedai ini di waktu pagi hari untuk sarapan. Harga makanan dan minuman yang ada di kedai ini juga terbilang cukup murah yaitu berkisar Rp10.000-Rp.20.000.

Tips Liburan di Pekanbaru

Ada beberapa tips bagi Anda yang akan berlibur ke Kota Pekanbaru.

  • Sebelum bepergian, sebaiknya Anda menyiapkan itinerary terlebih dahulu agar perjalanan Anda lebih terencana dengan baik.
  • Sebaiknya Anda juga membawa uang tunai (cash) untuk mengantisipasi jika sulit menemukan ATM di tempat tujuan wisata Anda.
  • Anda disarankan untuk mengunjungi Perpustakaan Soeman H.S. sebagai perpustakaan terbesar di ASEAN.

Hal Penting Perlu Anda Ketahui selama Pergi Liburan di Pekanbaru

Berikut adalah beberapa nomor telepon yang bisa Anda hubungi ketika Anda berada dalam keadaan darurat di Kota Pekanbaru.

  • Info Telekomunikasi (+62-761-108 )
  • Pelabuhan Sungai Duku (+62-761-21056)
  • Terminal Bus Bandar Raya Payung Sekaki (+62-761-770345)
  • Pemadam Kebakaran (+62-761-113 / 0761-22382)
  • Polisi (+62-761-110)
  • Ambulance (+62-761-118)
  • Palang Merah Indonesia (+62-761-22224, 23126)
  • Tim SAR (+62-761-674821, 115)
  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (0761-39184)

Leave a Reply