Panduan Tips Pergi Liburan Ke Riau

Riau adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Sumatera, tepatnya di sepanjang pesisir Selat Malaka. Secara geografis, geoekonomi dan geopolitik, riau terletak pada jalur strategis pada perdagangan regional dan internasional yang berdekatan dengan Singapura. Ibukota Provinsi Riau adalah Pekanbaru dengan kota besar lainnya yakni Dumai, Selat Panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang dan Rengat.

Inilah salah satu provinsi terkaya di Indonesia dengan dominasi sumber daya alam terutama minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Untuk perkebunan karet dan kelapa sawit dikelola oleh negara, rakyat dan pihak swasta. Namun, sayangnya penebangan dan pembakaran hutan merajalela di provinsi ini, sehingga mengurangi luas hutan secara signifikan. Memang tujuannya adalah untuk pembukaan kebun-kebun kelapa sawit dan produksi kertas tetapi akibatnya timbul kabut asap yang sangat mengganggu selama bertahun-tahun dan menjalar ke negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Ada beberapa perusahaan besar dan berskala internasional yang bergerak di bidang minyak bumi dan gas, pengolahan hasil hutan dan sawit, serta pengolahan kopra dan karet di Provinsi Riau. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya Chevron Pacific Indonesia (anak perusahaan Chevron Corporation), PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk di Perawang dan PT. Riau Andalan Pulp & Paper di Pangkalan Kerinci.

Wilayah Utama Riau

Ibukota Provinsi Riau adalah Pekanbaru! Photo by @ariascrsn taken at Pekanbaru city
Ibukota Provinsi Riau adalah Pekanbaru! Photo by @ariascrsn taken at Pekanbaru city

Provinsi Riau memiliki luas wilayah 87.023,66 km² yang membentang dari lereng Bukit Barisan hingga Selat Malaka. Daerah-daerah yang mencakup wilayah Riau, yakni :

  • Kota Pekanbaru
  • Kota Dumai
  • Kabupaten Bengkalis
  • Kabupaten Indragiri Hulu
  • Kabupaten Indragiri Hilir
  • Kabupaten Kampar
  • Kabupaten Kuantan Singingi
  • Kabupaten Pelalawan
  • Kabupaten Rokan Hulu
  • Kabupaten Rokan Hilir
  • Kabupaten Siak
  • Kabupaten Meranti

Sejarah Riau

Sejarah Riau berhubungan erat dengan Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang. Pasca keruntuhan Kerajaan Sriwijaya, di Riau bermunculan beberapa kerajaan, salah satu yang terbesar adalah Kerajaan Malaka yang mencapai puncak kejayaan pada era pemerintahan Sultan Muhammad Iskandar Syah pada abad ke-15 dengan peran panglima angkatan laut, yakni Laksamana Hang Tuah.

Seperti daerah lain di Indonesia, terjadi pula perlawanan senjata di Riau terhadap kolonialisme. Kemudian, muncul semangat nasionalisme pada abad ke-20 dengan berdirinya berbagai organisasi, diantaranya Serikat Dagang Islam dan Muhammadiyah di Pekanbaru dan Rokan Kanan. Hingga kemerdekaan Republik Indonesia, Riau tidak langsung menjadi provinsi, melainkan bagian dari Provinsi Sumatera. Selanjutnya Riau masuk ke dalam Provinsi Sumatera Tengah dan baru pada tahun 1957 statusnya meningkat menjadi provinsi.

Cara Pergi ke Riau

Beberapa ini adalah cara pergi ke Riau yang bisa digunakan:

Photo by @denyariyandi taken at Tengku Agung Sultanah Latifah bridge,Siak Sri Indrapura
Photo by @denyariyandi taken at Tengku Agung Sultanah Latifah bridge,Siak Sri Indrapura

Pergi Ke Riau Dengan Pesawat

Cara mudah menuju Provinsi Riau adalah dengan menggunakan pesawat terutama bagi Anda yang berada di luar provinsi ini. Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru menjadi pintu masuk menuju Riau. Anda dapat menggunakan penerbangan domestic dari Jakarta, Batam dan Medan atau penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dengan maskapai Pelangi dan dari Singapura dengan maskapai Silk Air.

Tak hanya itu, Provinsi Riau merupakan satu-satunya provinsi yang mempunyai BUMD di bidang transportasi udara, yakni PT. Riau Air yang melayani penerbangan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau melalui jalur darat dan laut. Riau Air mengoperasikan Fokker-50 buatan Belanda sebanyak lima unit dan menambah dua armada lagi dengan jenis Avro-RJ 100 pada tahun 2008.

Pergi Ke Riau Dengan Kapal

Ada beberapa pelabuhan di Provinsi Riau sebagai pintu masuk untuk jalur perdagangan dan penumpang. Kapal-kapal tersebut dating dari berbagai daerah, seperti Medan, Batam, Malaysia dan Singapura. Bahkan, ada pula dermaga yang khusus untuk kapal-kapal yang masuk dari negara jiran tersebut, termasuk kapal cepat untuk wisatawan. Banyak agen yang menjual tiket kapal menuju Riau.

Pergi Ke Riau Dengan Bus

Bus termasuk alternative transportasi darat yang dapat digunakan dari Medan, Padang, Jakarta dan daerah di Sumatera lainnya. Bus-bus yang beroperasi tidak hanya bertujuan ke Pekanbaru, tetapi juga wilayah lain seperti Dumai dan Duri. Umumnya bus yang beroperasi adalah tipe bus besar dengan jumlah penumpang yang cukup banyak.

Transportasi Umum di Riau

Berikut ini adalah beberapa transportasi umum di Riau yang bisa anda gunakan untuk berkeliling riau.

Taksi

Transportasi ini paling dapat diandalkan di segala situasi. Ada dua taksi yang rekomen untuk dinaiki dengan tarif argo, yakni Blue Bird dan Riau Taxi. Keduanya dapat ditemukan di berbagai pool atau pangkalan atau dipesan melalui telepon.

Trans Metro Pekanbaru

Bentuk dan sistemnya mirip bus TransJakarta, di mana penumpang cukup membayar satu kali saat naik dan dapat turun di haltenya dengan biaya sebesar Rp3.000. Pelajari rutenya agar Anda tidak kesasar karena tidak semua wilayah dilalui bus ini.

Oplet/Angkot

Ini transportasi murah di Riau yang tersebar di berbagai daerah. Rutenya juga banyak tetapi perhatikan baik-baik rutenya sebab tidak semua oplet mencantumkan rute di angkotnya. Tarifnya berkisar Rp2.000-Rp3.000 untuk sekali jalan.

Bus Kota

Tidak jauh berbeda dengan oplet, bus kota ini juga dapat melayani berbagai rute, terutama dari terminal ke terminal. Tarifnya juga terjangkau, yakni Rp2.000-Rp3.000 untuk jarak dekat dan jauh.

Ojek

Transportasi andalan terutama jika buru-buru atau cepat sampai tujuan. Akan tetapi, jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak mudah untuk ditemukan. Tarifnya disesuaikan dengan jarak tempuh Anda dan biasanya dapat dinegosiasikan dengan sopirnya.

Pemandangan Pekanbaru di malam hari yang cantik Photo by @sutanwaisalqarni
Pemandangan Pekanbaru di malam hari yang cantik Photo by @sutanwaisalqarni

Hotel di Riau

  • Whiz Hotel Sudirman Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman No. 345, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28111
  • Grand Hawaii Hotel, Jalan Gatot Subroto No. 8,Kota Tinggi,, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28155
  • PRIME PARK Hotel Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman Blok A No.3-6 Simpang Tiga, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28671
  • BATIQA Hotel Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman No. 17, Simpang Tiga, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28115
  • Pesonna Hotel Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman No. 455 , Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28116
  • FOX HARRIS Hotel Pekanbaru (fka Tangram Hotel Pekanbaru), Jalan Riau No. 147, Senapelan, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28154
  • Grand Jatra Hotel Pekanbaru, Jl. Tengku Zainal Abidin No. 1, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28112
  • Hotel Pangeran Pekanbaru, Jalan Jend Sudirman No. 371-373, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28131
  • Red Planet Pekanbaru, Jl. Tengku Zainal Abidini No. 23, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28112
  • Cititel Hotel, Jalan Sisingamangaraja No. 32, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28133
  • Ayola First Point Hotel Pekanbaru, Jalan HR. Soebrantas Panam No. 98, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28292
  • Grand Central Hotel Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman No 1 Pekanbaru 28, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28292
  • The Premiere Hotel Pekanbaru, Jln. Jendral Sudirman No. 389, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28116
  • Evo Hotel Pekanbaru, Jalan Jend. Sudirman No.8, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28125
  • Favehotel Pekanbaru, Jalan Pinang 10, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28125
  • Citismart Bandara, Jalan Kaharudin Nasution. Simpang Jalan Utama, Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28282
  • Tjokro Hotel Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman No. 51 , Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28282
  • Ratu Mayang Garden Hotel, Jalan Jenderal Sudirman No.11 Kec. Simpang Tiga, Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28282
  • Hotel Alpha Pekanbaru, Jalan H. Imam Munandar (Simpang Sudirman) No. 17, Pekanbaru City Center, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28282
  • Grand Suka Hotel Pekanbaru, JL. Soekarno Hatta Kav. 148, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia, 28294

Iklim di Riau

Riau memiliki iklim tropis basah dengan rata-rata curah hujan berkisar 2000-3000 milimeter per tahun, serta rata-rata hujan per tahun sekitar 160 hari.

Bahasa Daerah di Riau

Umumnya bahasa pengantar di Provinsi Riau adalah Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia. Mayoritas daerah-daerah pesisir, seperti Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir menggunakan Bahasa Melayu. Selain itu ada pula masyarakat yang menggunakan bahasa lainnya di beberapa daerah dan etnis. Misalkan penduduk asli di daerah Kampar, Kuantan Singingi dan Rokan Hulu menggunakan Bahasa Minang secara luas karena berbudaya serumpun minang dan para pendatang asal Sumatera Barat.

Sementara itu, Bahasa Hokkien digunakan oleh kalangan masyarakat Tionghoa yang bermukim di Pekanbaru, Selatpanjang, Bengkalis dan Bagansiapiapi. Sedangkan Bahasa Jawa dan Batak kerap digunakan oleh para pendatang asal Jawa dan Sumatera Utara yang telah bermukim di Riau sejak masa penjajahan dan kemerdekaan.

Tempat Wisata di Riau

Photo by @andica_bian taken at Mesjid Agung An-Nur,Pekanbaru.
Photo by @andica_bian taken at Mesjid Agung An-Nur,Pekanbaru.
  • Pulau Jemur
  • Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
  • Pantai Rupat Utara Tanjung Medang
  • Pantai Ketapang & Pantai Makruh Rupat Tengah
  • Air Terjun Aek Martua
  • Objek Wisata Bono
  • Wisata Bahari di Kabupaten Siak
  • Upacara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi
  • Perayaan Imlek di Selatpanjang
  • Kelenteng Hoo Ann Kiong/Vihara Sejahtera Sakti Selatpanjang
  • Masjid Raya Senapelan
  • Istana Siak Sri Indrapura
  • Candi Muara Takus
  • Benteng Tujuh Lapis
  • Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi
  • Perahu Baganduang
  • Ritual Petang Megang
  • Masjid An-Nur di Pekanbaru
  • Gedung Juang 45 Riau
  • Balai Adat Melayu Riau
  • Balai Adat Melayu Indragiri Hulu
  • Desa Wisata Buluh Cina
  • Tugu Tepak Sirih di Dumai

Mal di Riau

  • Mal SKA Pekanbaru
  • Mal Ciputra Seraya
  • Mal Pekanbaru
  • Metropolitan Trade Center Pekanbaru
  • Plaza Citra
  • Plaza Senapelan
  • Plaza Sukaramai
  • Plaza Ramayana
  • Panam Square
  • The Central Square
  • Pemuda City Walk Pekanbaru
  • Lotte Mart Pekanbaru
  • Metro Plaza Harapan Raya
  • Giant Soekarno Hatta

Hiburan Malam di Riau

  • MP Club International Mall Pekanbaru
  • Senapelan Plaza
  • Kompleks Hotel Grand Elite, Jalan Riau Pekanbaru
  • Karaoke Hotel Furaya
  • Komplek Hiburan di sepanjang Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru
  • Lokasi Hiburan di Jalan Kuantan Raya

Museum di Riau

  • Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Riau

  • Waroeng Steak & Shake
  • Mr. Brewok
  • Nasi Goreng Mafia
  • Local Pantry Café
  • Ayam Penyet Pemuda Semarang
  • Klepper Pie
  • Burger Gaboh
  • Koki Sunda
  • L’Cheese Factory
  • Asam Padeh Tapah RM Gulai Tapah
  • Es Durian Pekanbaru
  • Burung Belibis Goreng RM Bunda
  • Ikan Bakar Lubuk Idai

Tips Wisata di Riau

  • Persiapkan Air minum, Dikarenakan Riau termasuk daerah yang panas, sehingga siapkan air minum untuk menghindari dehidrasi selama berwisata di riau.
  • Kenakan Pakaian Warna Terang dan Gunakan Tabir Surya, Hal ini berfungsi untuk memantulkan cahaya matahari dan mencegah kulit terbakar. Selain itu, gunakan pula topi atau payung sebagai alternatif agar kepala tidak tersengat sinar matahari langsung.
  • Persiapkan Baju Ganti dan Sandal Antiselip, Meski daerah tropis, tetapi riau juga memiliki wisata air terjun atau wisata bahari lainnya. Maka, sandal antiselip diperlukan agar tidak licin karena sering kali bebatuannya berlumut. Main air akan membuat pakaian Anda basah, sehingga persiapkan baju ganti agar nyaman.

Perlu Kamu Tahu di Riau

Dinas Pariwisata

Jalan Jenderal Sudirman No.200, Pekanbaru

Telepon : 0761-31452,40356

Website : http://www.riau.go.id/

 

Leave a Reply