Panduan Tips Pergi Liburan Ke Blitar

Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan 80 km sebelah barat Malang. Blitar terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno.

Blitar memiliki beberapa julukan. Kota ini dijuluki sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepimpinanan Soeprijadi, Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang menginspirasi timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.

Selain itu kota ini juga dijuluki sebagai Kota Koi, karena Ikan koi yang populer di Jepang dapat dibudidayakan dengan baik di Blitar. Sejak puluhan tahun lalu budidaya ikan koi telah mendatangkan pendapatan miliaran rupiah bagi para petani maupun daerah.

Tak heran jika di salah satu sudut Kota Blitar terpancang patung koi sebagai simbol kebanggaan dan “penanda” kota. Beberapa wilayah penghasil koi di Blitar terpusat di Kecamatan Selopuro, Nglegok, dan Sanankulon.

Blitar juga mempunyai beragam kuliner unik yang dapat membuat lidah menari. Sebut saja Sego Pecel, sayur ikan kutuk, Gudeg, Rujak Cingur, Wajik kletik, Es Pleret dan Es Drop. Beragam kuliner tersebut dapat ditemukan di Blitar. Begitu pun dengan objek-objek wisatanya.

Taman Pecut adalah salah satu taman terbaru di dekat alun-alun kota Blitar via @andii.motret
Taman Pecut adalah salah satu taman terbaru di dekat alun-alun kota Blitar via @andii.motret

Wilayah Utama Blitar

Wilayah administratif pemerintahan Kota Blitar dikelilingi oleh wilayah Kabupaten Blitar. Saat ini, Kota Blitar terdiri atas tiga kecamatan, yaitu Kepanjenkidul, Sananwetan, dan Sukorejo.

  • Kecamatan Kepanjenkidul: Kecamatan Kepanjenkidul terdiri atas tujuh kelurahan, yaitu Kepanjenkidul, Kepanjenlor, Sentul, Ngadirejo, Tanggung, Bendo, dan Kauman.
  • Kecamatan Sananwetan: Kecamatan Sananwetan terdiri atas tujuh kelurahan, yaitu Sananwetan, Karangtengah, Bendogerit, Plosokerep, Rembang, Klampok, dan Gedog.
  • Kecamatan Sukorejo: Kecamatan Sukorejo terdiri atas tujuh kelurahan, yaitu Sukorejo, Pakunden, Tlumpu, Karangsari, Blitar, Turi, dan Tanjungsari.

Sejarah Blitar

Dimulai pada fase “kepemimpinan” Djoko Kandung, atau Adipati Ariyo Blitar III, sekitar tahun 1723 dan di bawah Kerajaan Kartasura Hadiningrat pimpinan Raja Amangkurat, Blitar jatuh ke tangan penjajah Belanda. Karena Raja Amangkurat menghadiahkan Blitar sebagai daerah kekuasaannya kepada Belanda yang dianggap telah berjasa membantu Amangkurat dalam perang saudara termasuk perang dengan Ariyo Blitar III yang berupaya merebut kekuasaannya. Blitar pun kemudian beralih kedalam genggaman kekuasaan Belanda, yang sekaligus mengakhiri eksistensi Kadipaten Blitar sebagai daerah pradikan.

Dalam genggaman Belanda, rakyat Blitar banyak mengalami penderitaan. Untuk meredam perlawanan rakyat Blitar, pada tahun 1906 pemerintahan kolonial Belanda mengeluarkan sebuah Staatsblad van Nederlandche Indie Tahun 1906 Nomor 150 tanggal 1 April 1906, yang isinya adalah menetapkan pembentukan Gemeente Blitar. Momentum pembentukan Gemeente Blitar inilah yang kemudian dikukuhkan sebagai hari lahirnya Kota Blitar.

Pada tahun 1928, Kota Blitar pernah menjadi Kota Karisidenan dengan nama “Residen Blitar”, dan berdasarkan Stb. Tahun 1928 Nomor 497 Gemeente Blitar ditetapkan kembali. Pada tahun 1942, Jepang berhasil menduduki Kota Blitar dan istilah Gementee Blitar berubah menjadi “Blitar Shi”, yang diperkuat dengan produk hukum yang bernama Osamu Seerai. Kota Blitar masih belum berhenti dari pergolakan.

Candi Penataran, sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis di Blitar via @gugymaulana
Candi Penataran, sebuah gugusan candi bersifat keagamaan Hindu Siwaitis di Blitar via @gugymaulana

Bukti yang paling hebat, adalah pemberontakan PETA Blitar, yang dipimpin Soedancho Suprijadi. Pemberontakan yang terjadi pada tanggal 14 Februari 1945 itu, merupakan perlawanan yang paling dahsyat atas kependudukan Jepang di Indonesia yang dipicu dari rasa empati serta kepedulian para tentara PETA atas siksaan yang dialami rakyat Indonesia oleh penjajah Jepang.

Di luar pemberontakan itu, untuk kali pertamanya di bumi pertiwi ini Merah Putih berkibar. Adalah Partohardjono, salah seorang anggota pasukan Suprijadi, yang mengibarkan Sang Merah Putih di tiang bendera yang berada di seberang asrama PETA. Kini tiang bendera itu berada di dalam kompleks TMP Raden Widjaya, yang dikenal pula sebagai Monumen Potlot.

Beberapa saat setelah pemberontakan PETA Blitar, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno – Hata memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Rakyat Kota Blitar pun menyambutnya dengan gembira. Sebab, hal inilah yang ditunggu-tunggu dan justru itulah yang sebetulnya menjadi cita-cita perjuangan warga Kota Blitar selama ini. Karena itu, rakyat Kota Blitar segera mengikrarkan diri berada di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sebagai bukti keabsahan keberadaan Kota Blitar dalam Republik Indonesia, Pemerintah mengeluarkan Undang-undang Nomor 22 Tahun 1945 tentang perubahan nama “Blitar Shi” menjadi “Kota Blitar”.

Cara Pergi ke Blitar

Blitar merupakan sebuah kota kecil yang terletak di bagian Selatan Propinsi Jawa Timur. Untuk mencapai Blitar dapat menggunakan moda transportasi darat, salah satunya yaitu kereta api dan Bus . Untuk transportasi kereta api, kereta api yang melewati Kota Blitar antara lain Kereta api Penataran yang melayani rute menuju Surabaya Kota via Malang Kota Baru dan Kereta api Rapih Dhoho yang menuju ke Surabaya Kota Via Sukomoro.

Sedangkan untuk transportasi Bus, lintas bus antar-kota di jalur selatan yang jadi simpul adalah terminal Tulung Agung. Tulung Agung jadi titik temu bus dari utara (Semarang via Nganjuk dan Kediri) dengan bis dari Barat (Yogyakarta via Pacitan). Namun bagi jalur kendaraan pribadi, kota Blitar memang jadi titik penting: dari arah utara (Kediri), tak perlu memutar ke Tulung Agung, tetapi bisa langsung ke Blitar untuk menuju Malang dan terus ke Surabaya.

Berikut Jadwal Kereta Api Yang Melewati Stasiun Blitar:

No. KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
141 Majapahit Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC Plus 20.10 20.15
142 Majapahit Malang Kotabaru (ML) Ekonomi AC Plus 08.08 08.13
155 Singasari Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC Plus 06.40
156 Singasari Blitar (BL) Ekonomi AC Plus 03.20
171 Matarmaja Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC 19.14 19.19
172 Matarmaja Malang Kotabaru (ML) Ekonomi AC 05.51 06.00
175 Brantas Jakarta Pasar Senen (PSE) Ekonomi AC 12.50
176 Brantas Blitar (BL) Ekonomi AC 07.50
181 Kahuripan Bandung Kiaracondong (KAC) Ekonomi AC 12.10
182 Kahuripan Blitar (BL) Ekonomi AC 08.31
41 Gajayana Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 15.10 15.14
411/420 Dhoho Kertosono (KTS) bersambung Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 04.35
413/422 Dhoho Kertosono (KTS) bersambung Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 09.38
415/424 Dhoho Kertosono (KTS) bersambung Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 12.26
417/426 Dhoho Kertosono (KTS) bersambung Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 16.52
419/412 Dhoho Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 10.04
42 Gajayana Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 07.20 07.25
421/414 Dhoho Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 13.16
423/416 Dhoho Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 17.38
425/418 Dhoho Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 22.35
429 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 09.34
431 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 12.22
432 Penataran Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 04.45
433 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 16.43
434 Penataran Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 10.20
435 Penataran Blitar (BL) Lokal Ekonomi AC 22.46
436 Penataran Surabaya Gubeng (SGU) Lokal Ekonomi AC 13.25
438 Penataran Surabaya Kota (SB) Lokal Ekonomi AC 17.45
91 Malabar Bandung Hall (BD) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 17.42 17.47
92 Malabar Malang Kotabaru (ML) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 05.19 05.24
93 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 10.09 10.13
94 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 13.45 13.50
95 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 21.48 21.53
96 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 02.05 02.10

Transportasi Umum di Blitar

Angkutan Kota (Angkot) Blitar merupakansalah satu sarana transportasi umum yang masih beroperasi di kawasan kota Blitar dan sekitarnya. Adapun angkutan kota ini beroperasi mulai dari pagi hari sampai malam hari. Blitar memiliki sejumlah terminal bus, salah satunya adalah Terminal Patria. Terminal ini merupakan Terminal Tipe B dengan luas sekitar 5.174 m2 untuk melayani trasportasi Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) serta Angkutan Dalam Kota.

Angkutan Kota menjadi sarana transportasi didalam Kota Blitar, trayek dari Terminal Patria sampai Terminal Ngadirejo Rute Barat, melewati jalur Terminal Patria, Tlumpu, Pakunden, Ngadirejo Rute Tengah , melewati jalur Terminal Patria, Jl. Palem, Jl. Cepaka, Jl. Mawar (Pasar Legi), Jl. Wilis, Kepanjenlor, PIPP, Ngadirejo. Rute Timur, melewati jalur Terminal Patria, Jl. Kenari, Jl. Bali, Jl. Kalimantan, Jl. Imam Bonjol, Jl. S. Soeprijadi, Jl. Soekarno.

Selain itu sarana transportasi didalam kota selain angkutan kota juga tersedia sarana transportasi yang menggunakan tenaga manusia, yakni jasa becak.

Hotel di Blitar

  • Hotel Tugu Sri Lestari, Alamat: Jl. Merdeka, Blitar, Jawa Timur. Hotel ini dikenal dengan sebutan Sri Lestari. Hotel bergaya kolonial ini merupakan hotel tertua yang berdiri di pusat Kota Blitar dan merupakan saksi sejarah dari peristiwa Pemberontakan Peta yang terjadi pada tanggal 14 Februari 1945.
  • Patria Plaza Hotel, Alamat: Jl. Kartini, Blitar, Jawa Timur. Hotel ini diresmikan oleh Wali Kota Blitar pada tanggal 1 Januari 2005.
  • Hotel Puri Perdana, Alamat: Jl. Anjasmoro, Blitar, Jawa Timur. Hotel ini adalah hotel pertama di Kota Blitar yang memberikan fasilitas internet gratis
  • Patria Garden Hotel, Jalan Batanghari No. 1, Blitar, Indonesia, 66117
  • Patria Palace Hotel, Jalan Mastrip No. 56, Blitar, Indonesia, 66111
  • Airy Alun Alun Mastrip 56 Blitar, Jalan Mastrip No. 56, Blitar, Indonesia, 66111
  • Grand Mansion, Jalan Melati 90, Blitar, Indonesia, 66111
  • Ilhami Hotel, Jalan raya jatilengger ponggok blitar, Blitar, Indonesia, 66153

Iklim di Blitar

Secara geografis, Kota Blitar terletak di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur, berada di kaki Gunung Kelud dengan ketinggian 156 meter dari permukaan laut, dan bersuhu udara rata-rata cukup sejuk antara 24°–34° Celsius.

Bahasa Daerah di Blitar

Bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat di Blitar umumnya adalah Bahasa Jawa Timur-an.

Tempat Wisata di Blitar

Rambut Monte adalah sebuah telaga di Blitar dengan air yang sangat jernih ditambah warna biru tosca di tengah telaga via @gugymaulana
Rambut Monte adalah sebuah telaga di Blitar dengan air yang sangat jernih ditambah warna biru tosca di tengah telaga via @gugymaulana

Ada beberapa tempat wisata di Blitar yang bisa anda kunjungi. Tempat tujuan wisata di Kota Blitar antara lain:

Tempat Wisata Blitar Bukan Pantai

Berikut ini adalah tempat wisata di Blitar bukan pantai.

  • Makam Bung Karno
  • Perpustakaan dan Museum Bung Karno
  • Istana Gebang atau Ndalem Gebang
  • Petilasan Arya Blitar
  • Kelurahan Blitar, Kecamatan Sukorejo.
  • Monumen Supriyadi
  • Taman Air Sumberudel
  • Green Park

Tempat Wisata Pantai Blitar

Ini adalah tempat wisata pantai di Blitar yang bisa kamu kunjungi :

1. Pantai Tambakrejo

 

Lokasi Pantai Tambakrejo Blitar : (Google Maps) Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.
Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar : IDR 8000
Jam Buka : 24 Jam

2. Pantai Jolosutro
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Jolosutro Blitar
Pantai Jolosutro Blitar

Lokasi Pantai Jolosutro Blitar : (Google Maps) Ringinsari, Ringenrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Jolosutro Blitar : IDR 5000
Jam Buka : 24 Jam

3. Pantai Pudak
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Pudak Blitar
Pantai Pudak Blitar

Lokasi Pantai Pudak Blitar : (Google Maps) Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Pudak Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

4. Pantai Jebring
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Jebring Blitar
Pantai Jebring Blitar

Lokasi Pantai Jebring Blitar : (Google Maps) Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Jebring Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

5. Pantai Pasur
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Pasur Blitar Pantai Pasur Blitar
Pantai Pasur Blitar

Lokasi Pantai Pasur Blitar : (Google Maps) Kedung Biru, Bululawang, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Pasur Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

6. Pantai Pangi
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Pangi Blitar
Pantai Pangi Blitar

Lokasi Pantai Pangi Blitar : (Google Maps) Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Pangi Blitar : IDR 8000
Jam Buka : 24 Jam

7. Pantai Gayasan
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Gayasan Blitar
Pantai Gayasan Blitar

Lokasi Pantai Gayasan Blitar : (Google Maps) Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Gayasan Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

8. Pantai Umbul Waru
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Umbul Waru Blitar
Pantai Umbul Waru Blitar

Lokasi Pantai Umbul Waru Blitar : (Google Maps) Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Umbul Waru Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

9. Pantai Serang
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Serang Blitar
Pantai Serang Blitar

Lokasi Pantai Serang Blitar : (Google Maps) Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Serang Blitar: IDR 3000
Jam Buka : 24 Jam

10. Pantai Pehpulo
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Pehpulo Blitar
Pantai Pehpulo Blitar

Lokasi Pantai Pehpulo Blitar : (Google Maps) Dusun Pehpulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

Tiket Masuk Pantai Peh Pulo Blitar : Gratis.
Jam Buka : 24 Jam

11. Pantai Keben
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Keben Blitar
Pantai Keben Blitar

Lokasi Pantai Keben Blitar : (Google Maps) Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

12. Pantai Legundi Blitar
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Legundi Blitar
Pantai Legundi Blitar

Lokasi Pantai Legundi Blitar : (Google Maps) Gn. Gede, Gunung Gede, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

13. Pantai Sumur Gemuling Blitar
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap
Pantai Sumur Gemuling Blitar

Lokasi Pantai Sumur Gemuling Blitar : (Google Maps) Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

14. Pantai Pasir Putih / Pantai Gondo Mayit
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap
Pantai Gondo Mayit Blitar

Lokasi Pantai Gondo Mayit Blitar : (Google Maps) Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

15. Pantai Indah Blitar
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Indah Blitar
Pantai Indah Blitar

Lokasi Pantai Indah Blitar : (Google Maps) Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

16. Pantai Geger Sapi
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Geger Sapi Blitar
Pantai Geger Sapi Blitar

Lokasi Pantai Geger Sapi Blitar : (Google Maps) Tulungsari, Tumpakoyot, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

17. Pantai Banteng Mati Blitar
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Banteng Mati Blitar
Pantai Banteng Mati Blitar

Lokasi Pantai Banteng Mati Blitar : (Google Maps) Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

18. Pantai Wedi Ireng
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Wedi Ireng Blitar
Pantai Wedi Ireng Blitar

Lokasi Pantai Wedi Ireng Blitar : (Google Maps) Dusun Mbanyuurip, Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

19. Pantai Ngablak
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Ngablak Blitar
Pantai Ngablak Blitar

Lokasi Pantai Ngablak Blitar : (Google Maps) Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur.

20. Pantai Bakung
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap
Pantai Bakung Blitar

Lokasi Pantai Bakung Blitar : (Google Maps) Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur.

21. Pantai Serit
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap
Pantai Serit Blitar

Lokasi Pantai Serit Blitar : (Google Maps) Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

22. Pantai Mesang Padang
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Mesang Padang Blitar
Pantai Mesang Padang Blitar

Lokasi Pantai Mesang Padang Blitar : (Google Maps) Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

23. Pantai Pasir Putih Sumbersih
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Pasir Putih Sumbersih Blitar
Pantai Pasir Putih Sumbersih Blitar

Lokasi Pantai Pasir Putih Sumbersih Blitar : (Google Maps) Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

24. Pantai Wediciut
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Wediciut Blitar
Pantai Wediciut Blitar

Lokasi Pantai Wediciut Blitar : (Google Maps) Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

25. Pantai Bukit Indah
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Bukit Indah Blitar
Pantai Bukit Indah Blitar

Lokasi Pantai Bukit Indah Blitar : (Google Maps) Dsn.panggung pucung ds.kaligambir kec.panggung rejo, Area Hutan, Tulungrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

26. Pantai Sekar Gadung
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap
Pantai Sekar Gadung Blitar

Lokasi Pantai Sekar Gadung Blitar : (Google Maps) Area Hutan, Tulungrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

27. Pantai Wedi Ireng Ringinrejo
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Wedi Ireng Ringinrejo Blitar
Pantai Wedi Ireng Ringinrejo Blitar

Lokasi Pantai Wedi Ireng Ringinrejo Blitar : (Google Maps) Ringinsari, Ringinrejo, Wates, Ringinanyar, Ringinrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

28. Pantai Gurah Bahari
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Gurah Bahari Blitar
Pantai Gurah Bahari Blitar

Lokasi Pantai Gurah Bahari Blitar : (Google Maps) Ringinsari, Ringinrejo, Wates, Ringinanyar, Ringinrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

29. Pantai Watu Tebing
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Watu Tebing Blitar
Pantai Watu Tebing Blitar

Lokasi Pantai Watu Tebing Blitar : (Google Maps) Wonosari, Tugurejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

30. Pantai Gurah Blitar
Daftar Tempat Wisata Pantai Di Blitar Jawa Timur Lengkap Pantai Gurah Blitar
Pantai Gurah Blitar

Lokasi Pantai Gurah Blitar : (Google Maps) Wonosari, Tugurejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

31. Pantai Gupit Emas

Lokasi Pantai Gupit Emas Blitar : (Google Maps) Area Hutan, Tulungrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur.

32. Pantai Leles

Lokasi Pantai Leles Blitar : (Google Maps) Sumberpucung, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

33. Pantai Ngadean

Lokasi Pantai Ngadean Blitar : (Google Maps) Wonorejo, Plandirejo, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

34. Pantai Selok Setan

Lokasi Pantai Selok Setan : (Google Maps) Tulungsari, Tumpakoyot, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

35. Pantai Tebing Tinggi Blitar

Lokasi Pantai Tebing Tinggi Blitar : (Google Maps) Tulungsari, Tumpakoyot, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

36. Pantai Kali Urang Blitar

Lokasi Pantai Kali Urang Blitar : (Google Maps) Tulungsari, Tumpakoyot, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

37. Pantai Bebagu

Lokasi Pantai Bebagu Blitar : (Google Maps) Kalibawang, Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur.

38. Pantai Segoro Alas

Lokasi Pantai Segoro Alas Blitar :  (Google Maps) Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

39. Pantai Rowo Gebang

Lokasi Pantai Rowo Gebang Blitar : (Google Maps) Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur.

Mal Pusat Perbelanjaan di Blitar

  • Swalayan Sea Mart, Alamat: Jl. TGP No. 07, Blitar, Jawa Timur, Indonesia
  • Sinar Makmur Swalayan, Alamat: Jl. Mastrip, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Beta Swalayan,Alamat: Jl Raya Kesamben, Kesamben, Blitar, Jawa Timur
  • Dito Swalayan, Alamat: Jl Raya Dandong 12 RT 003/02, Srengat, Blitar, Jawa Timur
  • Tiara Swalayan, Alamat: Jl Jend A Yani 26, Blitar, Jawa Timur, Indonesia

Museum di Blitar

  • Museum Bung Karno

Hiburan Malam di Blitar

  • Vivace Family Karaoke & Resto-Cafe, Alamat JL. Tanjung No.40, Blitar, Jawa Timur, Indonesia
  • Traffic Light Family Karaoke, Alamat: Jalan Anjasmoro 78 Blitar, Jawa Timur, Indonesia

Rekomendasi Tempat Makan di Blitar

  • Gudeg Endang, Alamat: Jl S Supriyadi, Blitar, Jawa Timur, Indonesia
  • Soto Mbok Ireng, Soto Mbok Ireng merupakan salah satu rumah makan favorit di Blitar, Alamat: Jl. Kelud Blitar, Blitar Jawa Timur, Indonesia
  • Warung Pecel Mbok Bari, Salah satu rumah makan pecel yang menjadi favorit warga Blitar adalah Nasi Peceleraneka macam menu tradisional, ayam goreng, tahu, telur bumbu,  tempe, macam-macam gorengan, Alamat: Jalan Ir. Soekarno No.93, Blitar, Jawa Timur, Indonesia
  • Ayam Tulang Lunak WR47, Alamat: Jl. WR. Supratman No.47 Blitar, Jawa Timur, Indonesia
  • Ayam Bakar Bu Manik, Alamat: Jl.Veteran 103 Kota Blitar, Jawa Timur, Indonesia

Tips Liburan di Blitar

  • Sebelum pergi berlibur ke Blitar, ada baiknya rencanakan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan disana. Jadi lakukanlah survei terlebih dahulu, mulai dari survei transportasi yang akan dipilih menuju ke kota tersebut, penginapan, tempat belanja, sampai dengan objek-objek wisata.
  • Untuk tempat wisata, pilihlah tempat wisata yang benar-benar unik, bagus, dan ada ciri khasnya di Blitar. Jangan sampai pergi ke tempat yang tidak menarik, kurang diminati orang, dan biayanya mahal.
  • Pastikan juga ada dana untuk melakukan perjalanan dan jangan sampai kehabisan uang saat melakukan perjalanan di Blitar. Biaya perjalanan akan lebih murah jika pergi di saat bukan musim liburan, atau di awal dan akhir liburan. Selain itu, jika menikmati suasana yang tidak terlalu riuh karena banyak orang, ini waktu yang tepat. Pergi di musim liburan, membuat tempat-tempat wisata dipenuhi banyak orang.

Daftar Rumah Sakit Di Blitar

  • Rumah Sakit Umum Aminah Blitar, Alamat: Jl. Veteran No.39, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, (0342) 816304
  • Rumah Sakit Ibu dan Anak Aminah, Alamat: JL Veteran, No. 12, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, (0342) 801662
  • Badan Pelayanan Kesehatan RSD Mardi Waluyo, Alamat: Jl. Kalimantan No. 113, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, (0342) 801118
  • RSK Budi Rahayu, Alamat: No. 18, Jl. Jend. Ahmad Yani, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, (0342) 801066

Leave a Reply