Panduan Tips Pergi Liburan Ke Jalan Malioboro

Berpelesir ke Kota Yogyakarta tak kan lengkap rasanya bila tidak singgah menikmati pengalaman berbelanja souvenir dan cuci mata di Jalan Malioboro. Jalan-jalan di Malioboro bagaikan masuk ke dalam dunia pasar seni di mana Anda bisa mendapati toko-toko yang mendagangkan berbagai jenis kerajinan tangan, mulai dari batik, aneka produk tekstil lokal, produk kerajinan kulit, rotan, kelapa, kerang laut, tanaman kering, perak, dan lain sebagainya, memenuhi sepanjang jalan.

Ada seniman-seniman jalanan seperti pelukis, penari, penyanyi tembang Jawa, ikut menghiasi area ini. Jalanan yang merupakan surga belanja bagi para wisatawan ini juga kerap menggelar festival kesenian jalanan. Contohnya yang rutin digelar seperti Yogyakarta Arts Festival di Bulan Juni – Juli, dan Chinese Cultural Week yang diadakan setiap perayaan Tahun Baru Imlek.

Ketika berjalan-jalan di Malioboro, Anda akan selalu ditemani alunan musik gamelan Jawa yang dimainkan langsung oleh musisi jalanan atau dari kaset yang diputar. Tempat ini hidup 24 jam, ramai di siang hari dan meriah di malam hari.

Para penjaja makanan di sepanjang jalan Malioboro menggelar tikar-tikar mereka selepas senja, mengundang para pengunjung datang meluruskan kakinya sambil menikmati kuliner lesehan, setelah lelah seharian berbelanja. Banyak jajanan khas Yogyakarta ditawarkan di area lesehan ini.

Ada banyak penjual di jalan utama Jogja ini via @malioboro_jogja
Ada banyak penjual di jalan utama Jogja ini via @malioboro_jogja

Beberapa restoran terbuka di sisi jalan pun mulai beroperasi di sore hari. Tak ketinggalan, Angkringan Nasi Kucing yang juga merupakan kuliner malam masyarakat Yogyakarta turut menjadi gaya hidup para wisatawan yang sedang berkunjung di kota ini.

Jika Anda ingin bermalam di sekitar kawasan Malioboro, Anda dapat menemukan banyak penginapan tersebar hampir di setiap meternya. Ada dua jalan utama di ujung utara jalan Malioboro, yaitu Pasar Kembang dan Sosrowijayan, di ana terdapat beberapa hotel dan motel buka 24 jam. Hotel-hotel di area ini sangat strategis, memungkinkan Anda untuk pergi ke berbagai tujuan dengan banyak pilihan transportasi yang tersedia.

Namun, sebagai catatan, semua produk kerajinan, kesenian, dan makanan yang dijual di Jalan Malioboro bisa jadi tidak semurah yang dibayangkan. Seringkali harga yang ditawarkan pedagang cenderung mahal, maka Anda perlu untuk selalu menawar sampai setengah harganya lebih dulu, untuk mendapatkan harga yang sepantasnya. Dan pastikan dulu harga makanan dan minuman yang hendak Anda beli sebelum membeli.

Jika Anda cukup lihai menawar, Anda akan terkejut sendiri dengan harga-harga yang Anda dapatkan untuk barang-barang yang berhasil Anda beli murah. Salah satu pengalaman unik nan menarik lainnya dari sebuah jalanan di Kota Yogyakarta.

Wilayah Utama Jalan Malioboro

Batas-batas wilayah kawasan wisata Jalan Malioboro sebagai berikut,

  • Sebelah Utara: Stasiun Tugu Yogyakarta, Jalan Pangeran Mangkubumi
  • Sebelah Timur: Jalan Abu Bakar Ali
  • Sebelah Selatan: Jalan Achmad Yani
  • Sebelah Barat: Jalan Pasar Kembang

Sejarah Jalan Malioboro

Dulu, Jalan Malioboro hanyalah sebuah jalan sepi yang ditumbuhi pohon-pohon asam di sisinya. Jalanan yang hanya dilintasi orang-orang yang hendak pergi ke Keraton atau Pasar Beringhardjo. Kala itu jalanan terbagi dua lajur arah, tapi di Tahun 1980 menjadi satu lajur dan satu arah, mulai dari stasiun kereta api ke arah Pasar Beringhardjo.

Hotel Belanda tertua, Hotel Garuda, terletak di ujung utara jalan Malioboro. Bertahun-tahun kemudian, sebuah papan iklan rokok terpampang di bangunan pertama dekat stasiun kereta api, yang mengiklankan rokok merek Marlboro. Tak heran jika warga setempat dan orang-orang asing kemudian menyebut jalan ini dengan julukan dari pelesetan nama iklan rokok tersebut.

Paling menarik mengunjungi Jalan Malioboro ketika malam hari via @malioboro_jogja
Paling menarik mengunjungi Jalan Malioboro ketika malam hari via @malioboro_jogja

Masih ada dua versi lainnya lagi tentang asal-usul nama Malioboro. Versi yang pertama menjelaskan kalau nama Malioboro terambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Konon, di sepanjang jalan ini sering dipenuhi karangan bunga setiap kali Keraton menggelar acara perayaan. Sedangkan versi kedua menganggap nama Malioboro berasal dari seorang bangsawan Inggris bernama Marlborough, yang tinggal di Yogyakarta pada sekitar Tahun 1881.

Cara Pergi ke Jalan Malioboro

Banyak cara bisa Anda tempuh untuk sampai di Jalan Malioboro. Pertama-tama Anda harus menginjakkan kaki di Daerah Istimewa Yogyakarta lebih dulu. Pilihan tercepatnya bisa naik pesawat udara ke Bandara Adisucipto, jika Anda bertolak dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bali.

Penerbangannya hanya sekitar satu jam. Setelah tiba di Yogyakarta, Anda bisa lanjut menggunakan bus kota atau bus Transjogja, yang memiliki beberapa rute dari Bandara Adisucipto ke beberapa tempat tujuan di Yogyakarta, begitu pun sebaliknya. Tarif bus kota hanya berkisar Rp. 2.000, sedangkan untuk bus Transjogja sekitar Rp. 3.500.

Kalau naik kereta api dari Jakarta atau Bandung, memakan waktu kurang lebih 8 – 12 jam. Namun jika Anda menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan, bus antar kota, atau agen perjalanan, akan menempuh waktu perjalanan selama 12 jam.

Anda bisa berkeliling Jalan Malioboro dengan becak seperti ini via @malioboro_jogja
Anda bisa berkeliling Jalan Malioboro dengan becak seperti ini via @malioboro_jogja

Begitu Anda tiba di Yogyakarta, Anda bisa menggunakan bus kota yang bisa ditemui di Terminal Pusat Giwangan dan halte-halte bus seputar Yogyakarta. Bagi Anda yang turun di Stasiun Tugu, bisa menyambung becak, andong, bahkan berjalan kaki sejauh 100 meter.

Ongkos becak dari Stasiun Tugu ke Jalan Malioboro sekitar Rp. 10.000, dan kalau naik andong sekitar Rp. 20.000. Tarifnya kurang lebih sama jika Anda turun di Stasiun Lempuyangan, meski jaraknya agak lebih jauh sekitar 500 meter ke jalan Malioboro.

Transportasi di Jalan Malioboro

Mayoritas pengunjung kawasan jalan Malioboro lebih menikmati berjalan kaki dari etalase ke etalase untuk melihat-lihat beraneka ragam kerajinan dan kesenian yang dipamerkan. Namun, jika ingin menyusuri jalan dan berkeliling dengan cara lain, lebih-lebih jika Anda juga sudah membawa banyak barang belanjaan.

Anda bisa naik becak atau andong yang dapat dengan mudah dijumpai berjajar di jalanan. Anda juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kawasan Malioboro dan sekitarnya. Selain angkutan tradisional tersebut, angkutan taksi, angkot, dan bus kota juga tersedia untuk Anda gunakan.

Hotel di Jalan Malioboro

Banyak penginapan di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Tarif kamar rata-rata untuk penginapan jenis budget hotel atau hotel murah meriah, dimulai dari Rp. 120.000 per malam. Di sini Anda sudah dapat bermalam di kawasan super strategis Kota Yogyakarta, dekat dengan stasiun kereta api, dekat objek-objek wisata lainnya, dekat pusat hiburan dan kuliner Yogya, dekat surga belanja Malioboro, dan mudah mendapatkan transportasi umum.

Tersedianya banyak pilihan penginapan bisa juga justru membuat Anda bingung menentukan tempat bermalam, ada baiknya Anda mengecek secara online lebih dulu sebelum datang untuk mengetahui harga dan ketersediaan kamar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penginapan dan hotel di Malioboro untuk anda menginap:

  • Hotel Neo Malioboro, Jalan Pasar Kembang No 21, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Grand Inna Malioboro, Jl. Malioboro 60 Yogyakarta , Yogyakarta, Indonesia, 55213
  • Whiz Hotel Malioboro Yogyakarta, Jl. Dagen No 8, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta, Jalan Dagen No. 60 , Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Amaris Hotel Malioboro – Jogja, Jalan Pajeksan No 10, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Cordela Hotel Kartika Dewi Jogjakarta, Jalan Bhayangkara No. 35 Ngampilan, Yogyakarta, Indonesia, 55261
  • Whiz Prime Hotel Malioboro Yogyakarta, Jl. Pasar Kembang No 9, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55164
  • HOTEL JENTRA MALIOBORO, Jalan Dagen No.85, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Summer Quest Hotel Jogja, Jl. Sosrowijayan Gg. Sosromenduran, Yogyakarta, Indonesia
  • Malioboro Garden Hotel, Jalan Sosrokusuman Dn 1/163 Danurejan, Yogyakarta, Indonesia, 55211
  • ibis Styles Yogyakarta, Jalan Dagen No 109, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta ( Syariah Hospitality ), Jalan Pasar Kembang No. 42 , Yogyakarta, Indonesia, 55721
  • Grage Jogja Hotel, Jl. Sosrowijayan No.242, Kawasan Maliboro, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • POP! Hotel Malioboro – Yogyakarta, Jl. Gandekan Lor No. 92 , Yogyakarta, Indonesia, 55272
  • Abadi Hotel Yogyakarta by Tritama Hospitality, Jl. Pasar Kembang No. 49 Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, 55271
  • Nueve Malioboro Jogja Hotel, Jl. Mataram No. 9, Yogyakarta, Indonesia, 55213
  • Prima In Hotel Malioboro, Jalan Gandekan Lor 47 Malioboro, Yogyakarta, Indonesia, 55272
  • Pesonna Malioboro, Jalan Gadean No.3, Yogyakarta, Indonesia, 55122
  • Grage Ramayana Hotel, Jalan Sosrowijayan No.33, Malioboro, Yogyakarta, Indonesia
  • The Arizon Hotel @ Malioboro, Jl.Jlagran No.6 Gedongtengen Pringgokusuman , Yogyakarta, Indonesia, 55272

Iklim di Jalan Malioboro

Iklim di Malioboro sama mengikuti iklim di Yogyakarta, yaitu beriklim tropis basah. Dalam setahun, curah hujan cukup signifikan mendominasi, sehingga musim kemarau pun hanya berdampak kecil. Bulan terkering terjadi pada Bulan Agustus, dan bulan terhangat terjadi di Bulan April.

Bahasa Daerah di Jalan Malioboro

Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Karena kawasan ini merupakan kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing, maka penggunaan Bahasa Inggris dapat dijumpai di setiap tempat. Bahkan pedagang kecil dan pengendara becak pun kerap menggunakannya.

Tempat Wisata di Jalan Malioboro

Objek wisata lainnya di seputar Malioboro, atau tempat wisata di Malioboro yang bisa anda kunjungi adalah sebagai berikut:

Memang jalan malioboro adalah salah satu tempat fotogenik di Jogja @malioboro_jogja
Memang jalan malioboro adalah salah satu tempat fotogenik di Jogja @malioboro_jogja

Pasar Beringharjo

Pasar ini letaknya strategis, berdekatan dengan Malioboro dan Benteng Vredeburg. Anda dapat menjangkaunya dengan kendaraan umum maupun pribadi. Pasar ini menjual ratusan produk batik dan produk tekstik lokal di lantai dasar. Batik yang berada di Pasar Beringharjo tidak hanya batik Yogya dan Solo, tapi juga ada batik Pekalongan. Bahan dan kualitas batiknya pun beranek macam dari yang termurah hingga yang termahal.

Anda juga bisa menemukan penjual bahan makanan dan kelontong di bagian lantai atas. Ada juga penjual gado-gado dan lotek yang enak di lantai dua pasar. Para pedagang usia lanjut seperti nenek-nenek yang mengenakan kebaya seadanya akan banyak Anda lihat di sini. Pasar Beringharjo berada di Jl. Pabringan, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Telepon: (0274) 515871

Taman Pintar

Taman Pintar adalah tempat tujuan wisata bagi anak-anak. Sebuah tempat untuk berekspresi, apresiasi dan kreasi di dalam suasana bermain yang menyenangkan. Terletak di pusat Kota Yogyakarta. Tempat yang dibangun pada Tahun 2004 ini bermaksud meningkatkan minat anak-anak dan generasi muda terhadap ilmu pengetahuan berbasis imajinasi, percobaan-percobaan dan permainan-permainan yang bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

  • Alamat: Jl. Panembahan Senopati No. 1 – 3, Yogyakarta
  • Email: [email protected]
  • Telepon: 0274-583-631
  • Website: www.tamanpintar.com
  • Harga tiket masuk anak Rp. 10.000, dan dewasa Rp. 18.000

Untuk memasuki wahana tertentu pengunjung dibebankan biaya lagi. Wahana tersebut antara lain planetarium, theater 3D, wahana bahari, dan program kreativitas seperti melukis, membuat kerajinan gerabah, membatik, atau robotik.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta bukan hanya sekedar istana tempat tinggal Sultan dan keluarganya, tapi juga berperan sebagai akar budaya masyarakat Jawa. Di sini Anda dapat menyaksikan langsung bagaimana budaya dan tradisi masih kental dipertahankan meski perkembangan jaman sudah sedemikian modern. Keraton ini terletak di pusat kota Yogyakarta, di mana menjadi pusat garis sejajar yang menghubungkan Gunung Merapi dan Laut Selatan. Keraton Yogyakarta juga merupakan kerajaan terakhir yang pernah

  • Harga tiket masuk pengunjung Rp. 10.000
  • Jam berkunjung mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB, Silahkan datang pukul 09.00 untuk menyaksikan pementasan Tari Tradisional Jawa.

Taman Sari Keraton Yogyakarta

Taman ini adalah bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sri Sultan 65Hamengku Buwono I (1758 – 1765). Taman yang dulunya juga merupakan kolam pemandian kerajaan ini terlihat indah terawat. Wisata Taman Sari dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Harga tiket wisatawan local Rp. 3.000 per orang, dan wisatawan asing Rp. 7.000 per orang.

Tugu Jogja

Tugu ini juga didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I sebagai simbol kekuatan supranatural yang menghubungkan Laut Selatan, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi ke dalam satu garis sejajar. Tugu yang menjadi ikon Kota Yogyakarta ini terletak di tengah kota, tepatnya di perempatan Jalan Jenderal Soedirman, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan A. M. Sangaji dan Jalan Dipenogoro. Banyak pengunjung berfoto ria di Tugu ini, khususnya pada malam hari saat jalanan sudah sepi.

Alun-alun Kidul

Di sini terdapat dua pohon beringin besar yang dianggap keramat. Ada permainan menarik yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini, yaitu disebut Masangin. Permainannya sederhana, Anda hanya perlu mencoba berjalan melewati tengah-tengah pohon beringin kembar tersebut dengan mata tertutup. Padahal jarak sela antar pohon beringin lumayan lebar, tapi herannya tak banyak orang yang berhasil melewatinya meski berulang kali mencoba.

Lucunya, malah banyak orang yang berjalan berputar-putar sekian lama dan kembali lagi ke tempat semula tanpa berhasil mendekati pohon kembar tersebut. Menurut mitos, hanya orang-orang yang berhati bersih saja yang mampu melewatinya. Dan kalau berhasil melewati tengah-tengah pohon keramat tersebut, maka keinginannya dapat terkabul. Berkunjunglah dan buktikanlah sendiri.

Jalan ini adalah tempat favorit untuk berburu foto di Jogja via @malioboro_jogja
Jalan ini adalah tempat favorit untuk berburu foto di Jogja via @malioboro_jogja

Mal di Jalan Malioboro

Berikut ini adalah beberapa mall di dekat jalan Malioboro yang bisa anda kunjungi untuk berbelanja:

  • Mal Malioboro, Alamat: Jalan Malioboro No. 52 – 58, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Telepon: 0274 551888, Jam buka: 10.00 – 21.30 WIB
  • Mall Ramayana, Jl. Malioboro No. 124, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY 55271, Telepon: 0274 555191
  • Mirota Batik, Menjual berbagai produk batik berkualitas, aneka kerajinan tangan, boneka wayang, barang antik, lukisan, mainan dan hiasan kayu, produk gerabah, rotan, dan berbagai produk cinderamata lainnya. Alamat: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 9, Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Telepon: 0274 588524, Jam buka: 08.00 – 21.00 WIB

Museum di Jalan Malioboro

Ada beberapa museum di dekat Jalan Maliobor yang bisa anda kunjungi dengan berjalan kaki. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Museum Sonobudoyo

Museum ini berlokasi di dekat alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Koleksinya berupa kesenian budaya adalah yang terlengkap kedua setelah Museum Nasional di Jakarta. Alamat: Jl. Trikora No. 6, Yogyakarta

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg adalah museum yang terletak masih di kawasan Malioboro. Koleksinya berupa benda-benda peninggalan masa perjuangan, diorama, dan pemutaran film perjuangan di jaman penjajahan Belanda. Benteng ini dibangun di bawah pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I.

Benteng Vrederburg dibangun berlandaskan akal-akalan pemerintah Belanda pada waktu itu yang ingin memantau dan mengontrol aktivitas masyarakat di Kesultanan Yogyakarta di masa Sri Sultan Hamengku Buwono I, karena pemerintah Belanda mengkuatirkan kemajuan rakyat Yogyakarta pada masa itu, dan sebagai antisipasi kemungkinan perlawanan balik rakyat terhadap pemerintah Belanda.

Jam buka:

  • Hari Selasa – Jumat buka dari jam 08.00 – 16.00
  • Hari Sabtu dan Minggu buka jam 08.00 – 17.00
  • Sedangkan hari senin tutup. Untuk hari libur nasional selain hari senin tetap buka seperti biasa.

Harta tiket masuk Benteng Vredeburg untuk pengunjung dewasa Rp. 2.000 dan anak-anak Rp. 1.000

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta Hadiningrat bertempat di sebelah selatan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro.

Beberapa pagelaran pertunjukan budaya di Keraton yang tak bisa anda lewatkan:

  • Senin dan Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 wib)
  • Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 wib)
  • Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 wib)
  • Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 wib)
  • Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 wib)
  • Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 wib)
  • Jam buka: Setiap hari pukul 08.00 – 14. Khusus Hari Jumat sampai pukul 12.00 siang.

De Mata Trick Eye Museum

Museum tiga dimensi pertama di Indonesia. Gambar-gambar yang terpampang di museum ini sebagian besar adalah hasil karya Petrus Kusuma. Ruang pamer sendiri berada di lorong-lorong berkelok atau labirin basement XT Square. Pengunjung bisa membeli tiket masuk seharga Rp. 50.000 per orang, dan jika ingin membeli tiket terusan ke De Arca Statue Museum cukup membayar Rp. 80.000 per orang. Museum Tipuan Mata dalam Bingkai Museum ini dibuka setiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Yogyakarta, Indonesia. Telepon: (0274) 380 809

Hiburan Malam di Jalan Malioboro

Jika perlu hiburan malam di dekat jalan Malioboro, anda bisa mencoba beberapa hiburan malam ini:

  • Lucifer Bar and resto, Jl. Sosrowijayan No. 71, Sosromenduran Gedong, Tengen, Yogyakarta, Indonesia, 818-0261-0506
  • Neo Sky Lounge, Jl. Pasar Kembang no. 21 | Hotel NEO Malioboro, Yogyakarta 55271, Indonesia, 62274511999
  • Excelso Café, Jalan Malioboro No. 52 – 58 | Malioboro Mall, 1st FIoor, Unit 21A, Yogyakarta, Indonesia
  • Angkringan, Angkringan Lik Man
  • Wayang kulit di Sasana Sasono Hinggil.
  • Sendratari Ramayana. Jl. Raya Yogya-Solo km 16 Prambanan
  • Bar-bar dan Cafe-cafe di area Sosrowijayan

Rekomendasi Tempat Makan di Jalan Malioboro

Ada banyak tempat makan di Jalan Malioboro. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat makan di sekitar Jalan Malioboro yang bisa anda coba.

  • Warung-warung Lesehan Malioboro, Depan Hotel Garuda sampai ke perkantoran Pemda Yogya. Buka mulai pukul 19.00 – pagi. Menu Jajanan: Gudeg Krecek, Ayam Goreng Pecel Lele, Burung Dara Goreng, Sate.
  • Gudeg Yu Djum. Gudeg legendaris dengan rasa gudeg asli Yogyakarta. Harganya mulai dari Rp. 10.000, lalu tergantung pada lauk makanan yang Anda pilih. Jl. Dagen 2C, Malioboro, Jl. Wijilan No 168
  • Lumpia Samijaya. Lokasinya ada di depan toko handphone Samijaya yang bersebelahan dengan Hotel Mutiara, Malioboro. Alamat: Jl. Malioboro No. 18
  • Es Dawet Campur Malioboro. Lokasi yang sama di depan toko handphone Samijaya. Alamat: Jl. Malioboro No. 18
  • Soto Ayam 61. Restoran soto ini sudah berdiri sejak Tahun 1976. Jl. A. Yani No. 61, Yogyakarta. Harga satu porsi soto Rp. 11.000
  • Angkringan Lik Man. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 – Rp. 15.000, Anda sudah bisa menikmati kopi hangat dan nasi kucing lengkap dengan lauk-lauk sederhananya. Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta dan Jalan Sosrowijayan. Jam buka pukul 18.00 sampai habis
  • eF eM Resto. Jalan Sosrowijayan 10, Yogyakarta,
  • Jogja Kopitiam. Jalan Sosrowijayan 12 – 14, Gedong Wetan Sosromenduran, Yogyakarta 55271. Telepon +62 274 544296
  • Bakmi Mbah Mo. Jl. Dusun Conde, Malioboro, Yogyakarta. Telepon +62 274 7486989
  • Arroy Mak Mak. Makanan khas Thailand. Jl. Malioboro No. 52 – 58, Malioboro Mall lantai 3, Yogyakarta. Telepon +62 274 520352
  • Terang Bulan. Menu burung dara. Malioboro, Yogyakarta
  • Bedhot Resto. Sosrowijayan Wetan GT I/58A, Yogyakarta. Telepon +62 274 512 452
  • Lokasi Bakmi Shibitsu. Jl. Raya Bantul No. 106. Tempat ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.
  • Lotek Teteg. Jl. Argolubang, Baciro, Yogyakarta
  • Soto Madura Stasiun Tugu Yogyakarta. Lokasinya memang dekat stasiun Tugu, dekat juga dengan parkir bus Malioboro.

Tips Wisata di Jalan Malioboro

Ada beberapa tips penting berwisata di Malioboro yang mungkin akan berguna buat anda seperti beberapa tips wisata di Jalan Malioboro di bawah ini:

  • Menawar setengah harga sebelum membeli
  • Periksa kondisi barang dari cacat
  • Hati-hati terhadap barang bawaan Anda, jangan lengah ketika berbelanja
  • Periksa dan pastikan harga makanan dan minuman lebih dulu
  • Bikin list barang yang akan dibeli
  • Siapkan uang tunai buat belanja sekaligus uang receh buat bayar parkir
  • Jangan terburu-buru untuk membeli, cari yang cocok terlebih dahulu
  • Bersikap jual mahal dengan para pedagang
  • Dandan sewajarnya dan jangan berlebihan
  • Pelajari bahasa setempat, ya minimal percakapan umum untuk menawar barang
  • Mengajak teman untuk menemani kegiatan berbelanja

Perlu Kamu Tahu di Jalan Malioboro

Ada beberapa tempat penting di sekitar Jalan Malioboro yang mungkin akan berguna buat kamu. Beberapa diantaranya adalah informasi rumah sakit dekat Malioboro dan tempat penukaran uang dekat malioboro.

Beberapa Informasi Rumah Sakit di sekitar Jalan Malioboro:

  • RS PKU Jogja Unit 1, Jl KHA Dahlan 20 Yogyakarta 55152 Indonesia, Telepon: (0274) 512 653, Email: [email protected], Terletak hanya sekitar tiga menit dari Malioboro
  • Rumah Sakit Umum Bethesda, Jl. Hayam Wuruk 6
  • RS Panti Rapih, Jl. Cik Ditiro 30, Kota Yogyakarta – DI Yogyakarta, Telepon: 0274 514845
  • RS Jogja International Hospital, Alamat : Jl. Ring Road Utara No. 160, Condong Catur, Kota Yogyakarta, Telepon: 0274 4463535 Fax: 0274 4463444

Informasi pengunjung dan Penukaran mata uang:

  • Money Changer – Yogyakarta, Barumun Abadi, Jl. Malioboro No. 60, Yogyakarta, Telepon: +62 274 561155, +62 274 566353 Ext. 1400, Fax: +62 274 516769, Hp: +62 8122698822 (Edi)
  • Mulia Bumi Artha, Jl. Malioboro No. 60 Yogyakarta 55213, Telepon: +62-274-563314 fax: +62-274-549777
  • Intravalas Malioboro, Jl. Malioboro No. 131 Yogyakarta 55271, Telepon: +62-274-7490857 fax: +62-274-513938

Leave a Reply