Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Besar Yogyakarta

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Besar Yogyakarta
5 (100%) 49 votes

Stasiun Tugu Jogja atau dikenal sebagai Stasiun Yogyakarta (YK). Tertulis dalam aksara jawa ꦱꦼꦠꦱꦶꦪꦸꦤ꧀​ꦠꦸꦒꦸ​ꦔꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ  yang dibaca dengan Sêtasiyun Tugu Ngayogyakarta. Stasiun besar Yogyakarta yang lebih dikenal dengan Stasiun Tugu ini adalah stasiun kereta api kelas besar bertipe A yang lokasinya berada di pusat Kota Yogyakarta.

Stasiun Tugu ini berada pada ketinggian 113 meter diatas permukaan laut. Ini adalah stasiun terbesar yang dikelola PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI Yogyakarta. Pada stasiun ini terdapat rel kereta api yang membujur dari barat ke timur. Alamat dari Stasiun Tugu Jogja ini sendiri berada di Jalan Margo Utomo 1 (untuk pintu timur) dan Jalan Pasar Kembang (untuk pintu selatan) di Kecamatan Gedongtengen.

Stasiun besar Yogyakarta ini melayani banyak jadwal pemberangkatan dan kedatangan kereta api di Jawa.  Hampir semua kelas kereta api dilayani disini. Terkecuali untuk kereta api kelas ekonomi jarak jauh dan menengah yang bersubsidi. Selain setasiun ini, ada stasiun besar lainnya yaitu Stasiun Lempuyangan, yang khusus hanya melayani kereta api ekonomi dan kereta api lokal/komuter.

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta

 

 

Stasiun Tugu Jogja ini adalah stasiun tua yang pertama kali diresmikan pada tahun 1887. Karena itu arsitektur stasiun besar Yogyakarta ini bisa dibilang cukup unik. Banyak terjadi peristiwa bersejarah di stasiun yang bergaya art deco ini. Seperti misalnya ini adalah stasiun pemberhentian terakhir kereta luar biasa Presiden RI Ir Soekarno saat ibukota dipindah dari Jakarta ke Jogja.

Hal lain yang membuat stasiun besar Yogyakarta ini unik adalah karena ada beberapa monumen lokomotif yang berada tak jauh dari Stasiun Tugu Jogja. Yang pertama adalah sebuah mesin uap portabel buatan Marshall Britannia, Inggris. Monumen tadi yang dipajang di pintu masuk keberangkatan timur Stasiun Yogyakarta. Awalnya posisi monumen berada di tengah jalan masuk stasiun, namun sekarang sudah dipindahkan ke sayap utara pada jalan tersebut. Satu monumen lagi adalah sebuah monumen lokomotif diesel hidraulik D301 22 yang dipasang sejak 12 Desember 2018.

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta
Alamat Stasiun Tugu Yogyakarta?

Alamat Stasiun Tugu Yogyakarta?

Alamat dari Stasiun Tugu Yogyakarta ini adalah : 17113, Jl. Pringgokusuman, Pringgokusuman, Gedong Tengen, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272.

Pintu Masuk Stasiun Tugu Yang Mana?

Banyak yang bingung ketika datang ke stasiun besar Yogyakarta ini bertama kali. Kebanyakan ingin tahu dimana pintu masuk Stasiun Tugu. Sekarang ini ada dua pintu masuk stasiun Tugu. Yaitu pintu timur dan pintu selatan. Namun yang perlu kamu perhatikan, fungsi dari tiap pintu berbeda. Sekarang pintu masuk Stasiun Tugu sebelah timur, hanya dikhususkan untuk penumpang yang akan cek in dan berangkat naik kereta saja. Sementara itu penumpang yang baru saja tiba di stasiun besar Yogyakarta ini akan dilewatkan pintu selatan atau yang juga dikenal sebagai pintu keluar Jalan Pasar Kembang.

Apakah Stasiun Jogja Dekat Bandara?

Stasiun Jogja terdekat dengan bandara adalah Stasiun Maguwo. Meskipun begitu, bisa dibilang lokasi dari Stasiun Tugu ini juga tidak terlalu jauh dari lokasi Bandara Jogja Adi Sucipto. Dari stasiun menuju ke bandara kira-kira hanya memakan waktu kurang dari 30 menit dalam kondisi lalu lintas yang lancar.

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta
Apakah Stasiun Jogja Dekat Bandara?

Hotel Dekat Stasiun Yogyakarta?

Ada banyak hotel dekat Stasiun Yogyakarta. Karena stasiun Yogyakarta ini dekat ke Malioboro. Karena itu mencari penginapan atau hotel dekat Stasiun Yogyakarta ini bisa dibilang cukup mudah. Untuk daftar hotel dekat Stasiun Yogyakarta bisa kamu temukan dibawah ini :

  • Hotel Neo Malioboro, Jalan Pasar Kembang No 21.
  • Whiz Prime Hotel Malioboro Yogyakarta, Jl. Pasar Kembang No 9.
  • Khresna Guest House, Jl Pasar Kembang No 29.
  • Istana Batik Ratna Hotel, Jalan Pasar Kembang No.29.
  • Sofyan Inn Hotel Unisi Yogyakarta ( Syariah Hospitality ), Jalan Pasar Kembang No. 42 .
  • Horison Ultima Riss Malioboro Yogyakarta, Jl. Gowongan Kidul No. 33 – 49 , Gedongtengen.
  • Andrea Hotel, Sosrowijan Wetan GT I/140 Gang 2, Sosromenduran, Yogyakarta.
  • Hotel Mataram Malioboro, Jl. Pasar Kembang 61, Malioboro,.
  • Budget Room near Stasiun Tugu at Losmen Mawar, Sosrowijayan Wetan GT 1/136, Malioboro.
  • Hotel Virgo 2, Sosrowijayan Wetan GG.11 GT 1 No. 148D, Malioboro.
  • Hotel 1001 Malam, Sosrowijayan Wetan, Gedong Tengen I No. 57 (Masuk gang 30 M dari Jalan Raya Pasar Kembang No.29 / Gang 2), Malioboro.
  • Airy Stasiun Tugu Pasar Kembang Yogyakarta, Jl. Pasar Kembang No. 49.
  • Horaios Malioboro Hotel, Jalan Gowongan Kidul No. 57, Gedongtengen.
  • Red Palm Losmen, Sosrowijayan Wetan GT 1/62, Malioboro.
  • Mulia Kencana Hotel Jogja, Jalan Pasar Kembang No.15, Sosromenduran, Malioboro.
  • Losmen Setia Kawan, Jalan Sosrowijayan Wetan GT I /58A, Malioboro.
  • Abadi Hotel Malioboro Yogyakarta by Tritama Hospitality, Jl. Pasar Kembang No. 49.

Transportasi Dari Dan ke Stasiun Tugu Jogja

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta
Transportasi Dari Dan ke Stasiun Tugu Jogja

Ada beberapa transportasi umum dari Stasiun Yogyakarta ke Malioboro atau ke beberapa destinasi lain di Jogja. Beberapa transportasi umum yang tersedia di Jogja antara lain :

1. Becak

Tempat memangkal becak biasanya Di pintu keluar stasiun dan di luar pintu gerbang stasiun Tugu. Tarif naik becak Mulai dari IDR 15.000 dari Stasiun Yogyakarta ke Malioboro. Kamu bisa menemukan becak selama 24 jam disini.

2. Ojek Pangkalan

Ojek pangkalan juga bisa kamu temukan di sekitar stasiun Yogyakarta. Tempat memangkal mereka biasanya di dekat pintu keluar stasiun dan di luar pintu gerbang stasiun Tugu. Tarif ojek mulai dari IDR 10.000 dari Stasiun Yogyakarta ke Malioboro. Kamu bisa menemukan ojek pangkalan kapan saja. Mereka ada 24 jam penuh.

3. Taksi Plat Hitam

Taksi plat hitam di stasiun besar Yogyakarta ini dioperasikan oleh Koperasi Serba Usaha (KSU) Stasiun Tugu Yogyakarta. Mobil plat hitam yang tersedia biasanya Avanza, APV, Xenia dan Isuzu Panther. Kamu bisa memesan lewat kounter yang ada disana, dengan menyebutkan destinasi yang kamu tuju. Untuk harganya mulai dari IDR 50.000 untuk sekali antar di dalam kota. Kalau kamu mau sewa sehari mulai dari IDR 500.000. Sementara itu jika kamu mau carter mulai dari IDR 75.000 per jam untuk tujuan dalam kota dengan minimal 3 jam sewa. Atau IDR 100.000 per jam untuk tujuan luar kota.

4. Ojek Online

Ojek online juga tersedia untuk mengantar atau menjemput ke Stasiun Tugu Jogja. Meskipun kamu tidak bisa langsung naik ojek online di tempat parkir atau di depan pintu stasiun karena ojek online dilarang mengambil penumpang disana. Namun kamu tetap bisa naik ojek online kalau berjalan kaki ke depan Hotel Neo Malioboro yang berjarak 2 menit jalan kaki. Alternatifnya kamu bisa berjalan ke depan Polsek Gedongtengen untuk memesan ojek online darisana.

5. Taksi Online.

Kamu juga bisa naik taksi online dari Stasiun Tugu Jogja. Peraturan naik taksi online dari stasiun besar Yogyakarta masih sama dengan ketika naik ojek online. Kamu harus berjalan kaki ke depan Hotel Neo Malioboro yang berjarak 2 menit jalan kaki atau kamu bisa juga berjalan ke depan Polsek Gedongtengen untuk memesan ojek onlin darisana.

6. Sewa Motor Dan Mobil

Alternatif paling mudah untuk berkeliling Yogyakarta adalah dengan menyewa motor atau mobil. Biasanya ada banyak persewaan motor dan mobil yang mau mengantarkan motor atau mobil yang disewa ke stasiun.

7. Taksi Resmi Stasiun Yogyakarta, Taksi Jas

Terdapat taksi resmi Stasiun Tugu Jogja yang bisa kamu pilih sebagai moda transportasi dari Stasiun Yogyakarta ke Malioboro atau ke destinasi lain di Kota Jogja. Mereka biasanya mangkal di tempat parkir stasiun yang tak jauh dari minimarket Alfamart. Tarifnya mulai dari IDR 3.900 per kilometer untuk mobil biasa, dan IDR 4.800, kilometer jika menggunakan mobil Alphard. Mereka tersedia 24 jam.

8. Tans Jogja

Ada jalur rute Trans Jogja yang lewat dekat Stasiun Tugu.  Tarifnya murah hanya IDR 3.500 dan ada 2 halte Trans Jogja terdekat Stasiun Yogyakarta. Halte tersebut adalah Halte Malioboro 1 dan Halte Jlagran. Untuk Halte Malioboro 1 melayani Bus Trans Jogja rute 1A, 2A, 3A, dan 8. Sementara itu Halte Jlagran melayani Bus Trans Jogja rute 3A dan 8. Untuk lebih jelas mengenai rute Trans Jogja bisa kamu temukan disini.

9. Damri Dari Stasiun Tugu Yogyakarta

Tersedia bus damri dari Stasiun Yogyakarta dengan rute Stasiun Yogyakarta – Magelang (Hotel Wisata). Untuk Keberangkatan damri dari Stasiun Tugu ke Magelang tersedia setiap jam mulai dari jam 04.00 – 07.00 WIB, 12.00 – 17.00 WIB, dan 23.00 WIB. Tiket bus DAMRI bisa di beli di tempat penjualan yang berada di dekat konter Dinas Pariwisata DIY . Untuk tarif Damri dari Stasiun Tugu Jogja adalah

  • Damri tujuan Muntilan IDR 55.000.
  • Damri tujuan Borobudur IDR 75.000.
  • Damri tujuan Magelang IDR 55.000.

Kereta Api Yang Berangkat Dari Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Besar Yogyakarta

Berikut dibawah ini adalah kereta api yang berangkat dan bersilangan di Stasiun Tugu, stasiun besar utama Yogyakarta. Terdapat kereta api ekonomi, bisnis dan eksekutif yang lewat stasiun besar Yogyakarta ini.

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta
Kereta Api Yang Berangkat Dari Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Besar Yogyakarta

Kereta Api Kelas Eksekutif Berangkat Dari Stasiun Tugu Jogja

  • Argo Wilis, adalah kereta api tujuan Bandung dan tujuan Surabaya.
  • Argo Lawu (reguler dan fakultatif), adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Solo.
  • Argo Dwipangga (reguler dan fakultatif), adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Solo.
  • Gajayana (reguler dan tambahan), adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Malang.
  • Bima, adalah kereta apitujuan Jakarta via dan tujuan Surabaya bersambung Malang.
  • Turangga, adalah kereta apitujuan Bandung dan tujuan Surabaya.
  • Taksaka (reguler dan tambahan), adalah kereta api dari dan tujuan Jakarta.
  • Sancaka Tambahan, adalah kereta api dari dan tujuan Surabaya.

Kereta Api Kelas Campuran Berangkat Dari Stasiun Tugu Jogja

  • KA Lodaya, adalah kereta api tujuan Bandung dan tujuan Solo (reguler: kelas eksekutif-ekonomi AC premium, tambahan: kelas eksekutif-bisnis).
  • KA Sancaka, adalah kereta api dari dan tujuan Surabaya (reguler: kelas eksekutif-ekonomi AC premium; tambahan: kelas eksekutif-bisnis/ekonomi AC plus).
  • KA Malabar, adalah kereta api tujuan Bandung dan tujuan Malang (kelas eksekutif-bisnis-ekonomi AC).
  • KA Malioboro Ekspres, adalah kereta api dari dan tujuan Malang (kelas eksekutif-ekonomi AC plus).
  • KA Ranggajati, adalah kereta api tujuan Cirebon dan tujuan Surabaya bersambung Jember (kelas eksekutif-bisnis, terkadang juga ditambahkan kelas ekonomi AC plus).
  • KA Mutiara Selatan, adalah kereta api tujuan Bandung dan tujuan Surabaya bersambung Malang (kelas eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Senja Utama Solo, adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Solo (kelas eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Fajar Utama YK, adalah kereta api dari dan tujuan Jakarta (kelas eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Senja Utama YK, adalah kereta api dari dan tujuan Jakarta (kelas eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Bogowonto, adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Yogyakarta Lempuyangan (kelas eksekutif-ekonomi AC plus).
  • KA Gajah Wong, adalah kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Yogyakarta Lempuyangan (kelas eksekutif-ekonomi AC plus).
  • KA Wijayakusuma, adalah kereta api tujuan Cilacap dan tujuan Surabaya bersambung Banyuwangi (kelas eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Joglosemarkerto, KA yang memiliki rute memutar atau looping menuju Jawa Tengah dan Yogyakarta yang memiliki kelas eksekutif-ekonomi AC plus dengan tujuan:
    • Tegal bersambung Solo-Yogyakarta via Semarang.
    • Solo bersambung Semarang.
  • KA Mataram, adalah kereta api tujuan Jakarta (kelas eksekutif-bisnis).

Kereta Api Kelas ekonomi AC premium Berangkat Dari Stasiun Tugu Jogja

KA Jayakarta Premium, kereta api tujuan Jakarta dan tujuan Surabaya.

Kereta Api Lokal/komuter Berangkat Dari Stasiunt Tugu Jogja

  • KA Sidomukti, adalah kereta api dari dan tujuan Solo (kereta lokal eksekutif-ekonomi AC premium).
  • KA Prambanan Ekspres (Prameks), adalah kereta api dari dan tujuan Solo serta tujuan Kutoarjo (komuter ekonomi).
  • KA Solo Ekspres, adalah kereta api tujuan Solo dan tujuan Kutoarjo (komuter eksekutif).
  • KA Bandara YIA, adalah kereta api tujuan Maguwo dan tujuan Wojo (komuter eksekutif, menggunakan rangkaian Solo Ekspres).

Kereta Api Berpapasan dan persusulan Di Stasiun Tugu Jogja

  • KA Prambanan Ekspres (Prameks) dari Solo (KA 253) berpapasan dengan KA Logawa tujuan Surabaya bersambung Jember (KA 188/189) yang melintas langsung.
  • KA Sancaka dari Surabaya (KA 83) disusul KA Singasari tujuan Jakarta (KA 155A) yang melintas langsung.
  • KA Sancaka tujuan Surabaya (KA 86) berpapasan dengan KA Logawa tujuan Purwokerto (KA 190/187) yang melintas langsung.
  • KA Turangga tujuan Bandung (KA 49) berpapasan dengan KA Singasari tujuan Blitar (KA 156A) yang melintas langsung.
  • KA Gajayana Tambahan tujuan Jakarta (PLB 7007A) berpapasan dengan KA Kahuripan tujuan Blitar (KA 182) yang melintas langsung.
  • KA Taksaka Tambahan tujuan Jakarta (PLB 7011A) berpapasan dengan KA Progo tujuan Yogya Lempuyangan (KA 186) yang melintas langsung.
  • KA Lodaya Tambahan tujuan Bandung (PLB 7021) berpapasan luar biasa dengan KA Purwosari Tambahan tujuan Solo (KLB 12982) yang melintas langsung.

Jadwal Keberangkatan Kereta Api Dari Stasiun Tugu Jogja

Berikut dibawah ini adalah jadwal keberangkatan kereta api dari Stasiun Tugu Jogja, stasiun besar Yogyakarta

Stasiun Tugu Jogja, Stasiun Utama Yogyakarta
Jadwal Keberangkatan Kereta Api Dari Stasiun Tugu Jogja

Kereta Api Reguler & Kereta Api Fakultatif

No. KA KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
10 Argo Dwipangga Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 15.39 15.44
9 Argo Dwipangga Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo 20.52 20.57
10F Argo Dwipangga Fakultatif**) Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 17.29 17.35
9F Argo Dwipangga Fakultatif**) Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo 22.23 22.35
8 Argo Lawu Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 03.48 03.53
7 Argo Lawu Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo 08.52 08.57
8F Argo Lawu Fakultatif**) Solo Balapan (SLO) Eksekutif Argo 04.58 05.03
7F Argo Lawu Fakultatif**) Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Argo 09.53 10.00
5 Argo Wilis Bandung Hall (BD) Eksekutif Argo 11.18 11.25
6 Argo Wilis Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif Argo 15.52 16.00
44/45 Bima Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 00.40 00.52
46/43 Bima Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 21.46 22.00
152 Bogowonto Yogyakarta Lempuyangan (LPN) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 05.44 05.48
151 Bogowonto Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 09.04 09.07
117 Fajar Utama YK Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 07.00
118 Fajar Utama YK Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 14.35
154 Gajah Wong Yogyakarta Lempuyangan (LPN) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 14.53 14.56
153 Gajah Wong Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 18.04 18.08
42 Gajayana Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 01.47 02.00
41 Gajayana Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 20.22 20.30
7063B Jayakarta Premium Jakarta Kota (JAKK) Ekonomi AC Premium 20.15 20.37
7064B Jayakarta Premium Surabaya Gubeng (SGU) Ekonomi AC Premium 21.54 22.08
7079/7082/7089 Joglosemarkerto Tegal (TG) bersambung Solo Balapan (SLO)-Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 07.03 07.10
7081/7080/7083 Joglosemarkerto Solo Balapan (SLO) bersambung Semarang Tawang (SMT) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 13.50 13.53
7079/7082/7089 Joglosemarkerto Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 18.48
7088/7085 Joglosemarkerto Solo Balapan (SLO) bersambung Semarang Tawang (SMT) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 19.55
D6 11219 KA Bandara YIA Wojo (WJ) Komuter Eksekutif 10.49 10.52
D6 11210 KA Bandara YIA Maguwo (MGW) Komuter Eksekutif 14.43 14.46
82 Lodaya Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 02.57 03.05
79 Lodaya Bandung Hall (BD) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 08.03 08.08
80 Lodaya Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 15.12 15.20
81 Lodaya Bandung Hall (BD) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 20.03 20.08
92 Malabar Malang Kotabaru (ML) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 00.00 00.05
91 Malabar Bandung Hall (BD) Eksekutif, Bisnis, & Ekonomi AC 23.23 23.30
95 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 03.35
94 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 07.45
93 Malioboro Ekspres Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 15.35
96 Malioboro Ekspres Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Plus 20.45
114/111 Mutiara Selatan Bandung Hall (BD) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 00.00 00.15
112/113 Mutiara Selatan Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Malang Kotabaru (ML) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 01.23 01.38
249 Prambanan Ekspres (Prameks) Kutoarjo (KTA) Komuter Ekonomi 04.30
250 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 05.30
251 Prambanan Ekspres (Prameks) Kutoarjo (KTA) Komuter Ekonomi 06.22 06.24
252 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 07.08 07.12
253 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 08.36
254 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 09.05
256 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 09.42 09.45
255 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 10.22
258 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 10.45
257 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 11.55
260 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 12.30
259 Prambanan Ekspres (Prameks) Kutoarjo (KTA) Komuter Ekonomi 13.26 13.30
261 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 14.20
262 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 14.40
263 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 15.15
264 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 16.05
266 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 16.58 17.02
265 Prambanan Ekspres (Prameks) Kutoarjo (KTA) Komuter Ekonomi 17.22 17.24
267 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 19.20
269 Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta Tugu (YK) Komuter Ekonomi 19.52
268 Prambanan Ekspres (Prameks) Solo Balapan (SLO) Komuter Ekonomi 19.58 20.02
102/103 Ranggajati Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Jember (JR) Eksekutif, Bisnis(, & Ekonomi AC Plus) 09.51 09.56
104/101 Ranggajati Cirebon Kejaksan (CN) Eksekutif, Bisnis(, & Ekonomi AC Plus) 14.31 14.38
84 Sancaka Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 06.45
83 Sancaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 12.45
86 Sancaka Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 16.40
85 Sancaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 22.32
116 Senja Utama Solo Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 05.53 06.00
115 Senja Utama Solo Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 18.27 18.40
120 Senja Utama YK Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 03.13
119 Senja Utama YK Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 17.45
128F Sidomukti Solo Balapan (SLO) Lokal Eksekutif & Ekonomi AC Premium 11.45
127F Sidomukti*) Yogyakarta Tugu (YK) Lokal Eksekutif & Ekonomi AC Premium 11.02
11575 Solo Ekspres Kutoarjo (KTA) Komuter Eksekutif 09.46 09.49
11630 Solo Ekspres Solo Balapan (SLO) Komuter Eksekutif 12.11 12.14
11577 Solo Ekspres Kutoarjo (KTA) Komuter Eksekutif 16.48 16.51
11638 Solo Ekspres Solo Balapan (SLO) Komuter Eksekutif 19.23 19.30
54 Taksaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 04.15
51 Taksaka Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 08.00
52 Taksaka Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 16.25
53 Taksaka Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 20.00
50 Turangga Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif Satwa 03.25 03.30
49 Turangga Bandung Hall (BD) Eksekutif Satwa 21.19 21.25
7092/7093 Wijayakusuma Surabaya Gubeng (SGU) bersambung Banyuwangi Baru (BW) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 18.09 18.16
7094/7091 Wijayakusuma Cilacap (CP) Eksekutif & Ekonomi AC Premium 23.47 23.57

Keterangan:

*): hanya dijalankan pada hari Minggu dan libur nasional.

**): biasanya hanya dijalankan di akhir pekan-pekan tertentu dan libur nasional. lebih-lebih saat lebaran, natal, dan tahun baru.

KA Tambahan (beroperasi pada masa lebaran dan natal-tahun baru; terkadang juga pada hari libur nasional atau akhir pekan tertentu)

No. PLB KA Tujuan Kelas Tiba Berangkat
7007A Gajayana Tambahan Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 02.30 02.45
7008B Gajayana Tambahan Malang Kotabaru (ML) Eksekutif Satwa 07.25 07.35
7022 Lodaya Tambahan Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Bisnis 04.09 04.17
7021 Lodaya Tambahan Bandung Hall (BD) Eksekutif & Bisnis 09.10 09.16
7020 Lodaya Tambahan Solo Balapan (SLO) Eksekutif & Bisnis 17.22 17.27
7019 Lodaya Tambahan Bandung Hall (BD) Eksekutif & Bisnis 22.58 23.03
7029B Mataram Jakarta Pasar Senen (PSE) Eksekutif & Bisnis 08.20 08.25
7026 Sancaka Tambahan Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif Satwa 08.30
7023B Sancaka Tambahan Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif/Bisnis/Ekonomi AC Plus 14.44
7024C Sancaka Tambahan Surabaya Gubeng (SGU) Eksekutif/Bisnis/Ekonomi AC Plus 18.00
7025 Sancaka Tambahan Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 23.45
7012A Taksaka Tambahan Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 03.40
7011A Taksaka Tambahan Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 06.40
7014B Taksaka Tambahan Yogyakarta Tugu (YK) Eksekutif Satwa 18.23
7013A Taksaka Tambahan Jakarta Gambir (GMR) Eksekutif Satwa 22.15

Leave a Reply