Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman
5 (100%) 1 vote

Pakem adalah suatu kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kecamatan Pakem merupakan dataran tinggi, lokasi ibukotanya berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, tepatnya di lereng Gunung Merapi dan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Objek wisata Kaliurang yang terdapat di Kecamatan Pakem menghidupkan berbagai sektor pariwisata seperti perdagangan, jasa, hotel, dan restoran, sebagai pendapatan daerah. Selain itu sektor pertaniannya pun turut menopang pertumbuhan Kecamatan Pakem.

Di Pakem terdapat Rumah Sakit Jiwa Pakem yang kini berubah nama menjadi Rumah Sakit Grhasia Yogyakarta. Sektor pariwisatanya masih akan terus berkembang dengan adanya aktivitas wisata Jelajah Merapi.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman

Wilayah Utama Pakem

Batasan wilayah Kecamatan Pakem antara lain:

  • Sebelah Barat: Kecamatan Turi
  • Sebelah Utara: Gunung Merapi
  • Sebelah Timur: Kecamatan Cangkringan
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Ngaglik

Pembagian administratif desa-desa di Kecamatan Pakem yaitu,

  • Candibinangun
  • Hargobinangun
  • Harjobinangun
  • Pakembinangun
  • Purwobinangun

Cara Pergi ke Pakem

Semua perjalanan yang bertolak dari Yogyakarta menuju Pakem bisa mengambil arah Ringroad Utara dan melintasi Jalan Kaliurang, dari sini Anda bisa sampai di Kota Kecamatan Pakem.

Bila dengan transportasi umum dari Yogyakarta ke Pakem, tersedia bus jurusan Yogya – Kaliurang yang berhenti di Pasar Pakem. Selain bus, Anda juga bisa menggunakan taksi.

Kalau dari Kota Semarang, Magelang, atau kota lainnya di pesisir utara Pulau Jawa, Anda akan tiba di Yogyakarta melalui Kota Muntilan. Dari Muntilan Anda menuju Yogyakarta melewati jembatan Kali Krasak Kecamatan Turi. Ikuti saja jalan yang mengarah ke Turi, lalu teruskan perjalanan menuju Pakem melalui pertigaan Pulowatu. Nah, dari pertigaan ini Anda lanjut berjalan melintasi Jalan Pakem – Turi, sejauh 2.5 kilometer menuju Kecamatan Pakem.

Transportasi Umum di Pakem

Jumlah angkutan umum di Kecamatan Pakem dan Kabupaten Sleman semakin berkurang jumlahnya. Hal ini disebabkan banyaknya kendaraan pribadi terutama motor, dan rusaknya infrastruktur jalan pedesaan, khususnya di Kecamatan Cangkringan, akibat erupsi Gunung Merapi pada Tahun 2010 silam. Jumlah armada angkutan desa dan angkutan antar kota kini semakin sulit ditemukan. Maka pilihan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil menjadi solusi yang paling nyaman. Lebih-lebih banyak tempat tujuan wisata yang belum terjangkau oleh angkutan umum.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman

Hotel di Pakem

Terdapat banyak hotel dan penginapan di sekitar kawasan Kaliurang, Pakem. Mulai dari wisma, villa, resort, guest house, dan hotel berbintang dapat dengan mudah Anda temukan.

Rata-rata penginapan di kawasan kaki Gunung Merapi ini menawarkan panorama Gunung Merapi dan hawa sejuk dataran tinggi. Ada juga yang dilengkapi fasilitas spa dan restoran yang menyajikan hidangan ala Jawa serta masakan khas Indonesia. Namun, beberapa restoran juga menyajikan menu internasional.

Rata-rata penginapan di sini mematok harga sewa kamar antara Rrp. 300.000 hingga Rp. 500.000 per malam.

Iklim di Pakem

Iklim tropis turut menaungi Kecamatan Pakem. Curah hujannya cukup signifikan mendominasi dalam setahun, sehingga musim keringnya hampir tidak mempengaruhi iklim keseluruhan.

Suhu rata-rata di Pakem adalah 24.3 derajat Celsius. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Pakem adalah 32 derajat Celsius, dan yang terendahnya 18 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Pakem

Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa Yogyakarta

Tempat Wisata di Pakem

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman

1. Tlogo Putri

Salah satu wisata alam yang terdapat di kaki bukit Plawangan Turgo, Kaliurang. Alamnya asri, tenang, berhawa sejuk dan segar. Ada sebuah danau kecil atau tlogo, di mana Anda bisa bermain kano atau becak air bersama anak Anda, anak-anak pasti menyukainya. Anda juga bisa bermain flying fox atau sekedar piknik menikmati alam. Tiket masuk Tlogo Putri hanya sebesar Rp. 2.500 per orang, di luar biaya parkir kendaraan.

2. Gardu Pandang

Sebuah pos pengamatan Gunung Merapi yang kini menjadi objek wisata untuk mengamati Gunung Merapi lebih jelas, meski terkadang di sore hari gunung kerap tertutup awan. Berlokasi di tepi Kali Boyong. Anada juga bisa menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang dari gardu pandang ini.

3. Goa Jepang

Goa di Kaliurang merupakan peninggalan tentara Jepang di masa lampau, yang dulunya dijadikan tempat tinggal sementara dan persembunyian dari serangan tentara sekutu. Terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung secara alami. Untuk mencapai goa ini, Anda perlu berjalan kaki sekitar 45 menit. Selain itu, Anda dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari dekat.

4. Taman Wisata Plawangan Turgo

Bagi Anda penggemar petualangan, kawasan ini memiliki hutan tropis yang tertata apik dan bebatuan vulkanik hasil letusan Gunung Merapi yang berusai 40.000 tahun. Di kawasan ini Anda juga dapat melihat lokasi yang pernah diterpa awan panas Merapi pada Bulan November 1994. Jika beruntung Anda bisa menyaksikan sekawanan monyet yang menghuni taman wisata ini.

5. Gunung Merapi

Salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia yang menjadi simbol kesakralan masyarakat Jawa Tengah, khususnya Jawa Tengah. Mereka menganggap Gunung Merapi sebagai salah satu dari tiga kekuatan utama Daerah Istimewa Yogyakarta, di samping Pantai Parangtritis dan Keraton Yogyakarta. Jalur pendakian di gunung berapi ini didominasi kemiringan 45 derajat, sebuah pendakian yang cukup menantang. Di puncaknya, Anda bisa melihat erupsi gunung berapi dari dekat, keindahan sebuah gunung yang mematikan.

6. Agrowisata Wisata Karangasri Pakem

Suatu tempat wisata agro di lereng pegunungan yang dikelilingi hamparan kebun salak dan sawah. Tersedia fasilitas outbond, camping ground, fishing, outing, home stay dan pemancingan, dengan tiket masuk Rp. 40.000 – Rp. 60.000 per orang.

7. Kaliadem

Suatu titik pengamatan Puncak Gunung Merapi, tanpa adanya penghalang mata sedikit pun. Di sini Anda bisa melihat sekaligus merasakan keagungan Gunung Merapi. Pemandangan terbaiknya pada pagi hari di kala gunung belum tertutup kabut. Untuk mencapai Kaliadem, belum terdapat kendaraan umum yang langsung menuju lokasi, paling-paling Anda hanya akan sampai di Kaliurang.

8. Wisata Lava Tour Merapi

Perjalanan Lava Tour bermula di Dusun Kinahrejo, Sleman. Dusun ini mengalami kerusakan paling parah akibat letusan Merapi, beberapa waktu lalu. Anda bisa melihat sisa-sisa amukan Merapi yang menghancurkan Kinahrejo dan 25 dusun lainnya. Di dusun inilah juru kunci Merapi Mbah Maridjan tinggal. Ada sebuah warung milik keluarga Mbah Maridjan tepat di depan bekas rumahnya. Warung ini menjual kaos, CD kisah letusan Merapi, dan suvenir lainnya seharga Rp. 15.000 – Rp. 100.000. Namun, Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil untuk ke tempat ini. Lalu jika ingin melanjutkan ke atas, Anda bisa naik ojek, menyewa motorcross, mobil jeep, sepeda gunung, atau berjalan kaki.

Tempat Belanja di Pakem

Pasar Pakem berada di lereng Gunung Merapi, di pertigaan menuju Kaliurang dan Cangkringan. Pengunjung bisa singgah ke pasar ini untuk membeli suvenir dan makanan ringan khas setempat. Pasarnya dilengkapi berbagai toko cinderamata dan menjual aneka buah-buahan hasil pertanian lereng Merapi. Pasar Pakem diprogram menjadi pasar sehat yang bersih dan nyaman.

Museum di Pakem

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pakem, Sleman

1. Museum Vulkanik Merapi

Museum ini menyajikan berbagai informasi mengenai Gunung Merapi, aktivitasnya, erupsinya, letusannya, serta kehidupan masyarakat di sekitarnya. Ada juga mitos-mitos yang berkaitan dengan gunung tersebut. Lokasi museum ini di JL. Boyong Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

2. Museum Ullen Sentalu

Sebuah museum seni dan budaya Jawa milik keluarga Haryono. Berlokasi di kaki bukit Turgo, Gunung Merapi dan Bukit Plawangan, Kaliurang. Museum ini memiliki Sembilan ruang pamer yang terletak pada permukaan tanah, dalam tanah, dan di atas air. Koleksinya berupa gamelan, foto-foto, arca, artefak, lukisan, syair-syair tembang, ruang-ruang bersejarah, serta ada restoran di dalamnya untuk makan malam.
Alamat Museum: Jl. Boyong Km. 25, Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta
Telepon 0274 895161
Harga Tiket: Rp. 30.000 per orang (sudah termasuk pemandu dan minuman ala Ratu Mas)

Jika Anda berkunjung dengan kendaraan pribadi, Anda bisa melintasi Jalan Kaliurang dan ikuti jalan utama kea rah utara sepanjang 18 kilometer. Atau melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar dengan mengikuti arah utara sejauh 10 kilometer, lalu belok kanan di pertigaan Pulowatu, lanjut belok kiri di pertigaan Pasar Pakem, dan ikuti jalan utama berjarak 6.5 kilometer.

Atau Anda bisa menggunakan angkutan umum Bus Transjogja rute 2B atau 3B, turun di halte Ring Road Utara – Kentungan. Dilanjutkan dengan angkot rute Yogyakarta – Pakem lalu turun di Pasar Pakem. Ganti angkot jurusan Pakem – Kaliurang dan turun di Taman Kanak-kanak Kaliurang. Setelah itu lanjut berjalan sebentar ke arah barat sejauh 300 meter. Namun perlu diingat kalau angkot hanya beroperasi mulai jam 8 pagi hingga jam dua siang.

Hiburan Malam di Pakem

Boyong Kalegan Resto
Jl. Raya Pakem Turi Km. 3, Sleman
Jam Operasional Pukul 10.00 – 22.00 WIB

Tempat Makan Rekomendasi di Pakem

1. Rumah Makan Wisata Pakem Sari Sleman

Rumah makan berkonsep pedesaan yang juga menyediakan cottage, penginapan, dan wisata keluarga. Tempat ini mempunyai fasilitas waterboom yang bisa Anda nikmati dengan biaya Rp. 20.000 per orang.

Berangkat dari Yogyakarta, kalau memakai kendaraan umum ambil jurusan Kaliurang, lalu turun di pertigaan depan Pasar Pakem, dilanjutkan berjalan ke arah Turi.

Sedangkan kalau memakai kendaraan pribadi, dari tugu Monjali lurus ke utara sampai di pertigaan Pulowatu, lalu ambil kanan. Rumah Makan Pakem Sari berada kurang lebih 300 meter.
Alamat Jl. Pakem Turi Km. 4, Labasan, Pakem, Yogyakarta

2. Boyong Resto

Restoran yang cukup dikenal para pengunjung dari luar kota. Dibangun di tengah danau buatan, dengan konsep saung-saung lesehan. Pengunjung juga bisa naik gethek atau perahu rakit bambu di tengah danaunya.
Alamat Jl. Raya Pakem – Turi Km. 2, Kecamatan Sleman, DI Yogyakarta 55582
Telepon 0274 897047
Jam Buka Pukul 10.00 – 22.00 WIB

3. Kampung Labasan Tropical Resort

Alamat Dusun Paraksari, Desa Pakem Binangun, Jl. Kaliurang Km. 17, Kecamatan Sleman, DI Yogyakarta 55582
Telepon 0274 895896
Jam Buka Pukul 10.00 – 21.00 WIB

4. Amboja Herb Garden Resto

Restoran berarsitektur bamboo di area perkebunan herbal lereng Gunung Merapi.
Jl. Kaliurang Km. 18.7, Pakem

5. Tongseng Pak Krebo

Jl. Kaliurang Km. 18, Yogyakarta (sebelah utara Pasar Pakem)

Tips Wisata di Pakem

  • Jika Anda berencana berkunjung ke Gunung Merapi, sebaiknya mencari informasi dan memperhatikan saran-saran dari penduduk setempat sebelum memulai perjalanan.
  • Siapkan kondisi fisik Anda saat hendak menaiki Merapi, dan bekali diri Anda dengan mengikuti pelatihan-pelatihan pendakian gunung.
  • Udara di daerah pegunungan tidak terduga dan jalur pendakian bisa sangat licin di saat hujan. Sebaiknya Anda membawa jas hujan dan menyewa seorang pemandu untuk menemani perjalanan Anda.
  • Mata air dan sungai-sungai di Gunung Merapi sangat mengandung sulfur sehingga tidak disarankan untuk digunakan.
  • Lengkapi barang bawaan dan peralatan Anda untuk mendaki gunung Merapi. Gunakan sepatu khusus untuk berjalan di medan terjal.

Perlu Kamu Tahu di Pakem

  • Alamat Kantor Kecamatan Pakem, Jl. Cangkringan No. 3, Pakem, Kecamatan Sleman
  • Rumah Sakit Jiwa Grhasia, Jl. Kaliurang Km. 17, Kecamatan Sleman, DI Yogyakarta 55582, Telepon 0271 895143

Leave a Reply