PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Daftar Pilihan Minuman Khas Kota Palembang Yang Wajib Kamu Tahu dan Kalian Coba!

Blog

Minuman Khas Palembang yang Wajib Dicicipi

1. Es Kacang Merah

Palembang, kota yang dijuluki “Venice of the East” ini tidak hanya memiliki tempat wisata yang menarik, tetapi juga kuliner khas yang sangat menggoda. Salah satu minuman khas Palembang yang wajib dicicipi adalah Es Kacang Merah. Minuman ini terbuat dari kacang merah yang kaya akan protein. Tidak hanya digunakan sebagai bahan dalam pembuatan makanan, kacang merah juga diolah menjadi minuman yang sangat nikmat dan menyegarkan.

Penyajian Es Kacang Merah biasanya dilengkapi dengan tambahan susu kental manis, gula merah, kayu manis, dan serutan es untuk memberikan sensasi kesegaran yang lebih. Minuman ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat di Palembang, mulai dari kedai makan, pedagang kaki lima, kafe, hingga restoran mewah. Harganya pun cukup bervariasi, mulai dari 12 ribuan per porsi.

2. Teh Secang

Teh Secang adalah minuman herbal yang populer di Palembang. Minuman ini memiliki warna air yang mirip dengan teh karena bahan utamanya terbuat dari serutan atau potongan kayu secang. Teh Secang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menghangatkan tubuh di musim hujan dan membantu mengobati berbagai macam penyakit seperti diabetes, disentri, dan diare.

Namun, sayangnya keberadaan Teh Secang semakin sulit ditemui karena tergerus oleh minuman kekinian. Meskipun demikian, jika Anda memiliki kesempatan untuk mencicipi Teh Secang, jangan sampai melewatkannya.

BACA JUGA :  10 Distributor Minyak Goreng di Wilayah Bekasi, Manakah Yang Menjual Varian Merk Paling Banyak?

3. Smoothies Saron

Smoothies Saron adalah minuman khas Palembang yang terbuat dari berbagai buah-buahan, sayur-sayuran, susu, yoghurt, dan es batu. Proses pembuatannya cukup mudah, semua bahan dicampur menjadi satu lalu diblender hingga teksturnya menjadi lebih pekat. Untuk mempercantik penampilan, biasanya ditambahkan taburan bubuk coklat dan whipped cream di atasnya.

Selain melepaskan rasa dahaga, Smoothies Saron juga sangat menyehatkan jika dikonsumsi. Anda bisa mencicipinya di Fresqa Bistro, Batiqa Hotel Palembang. Harganya berkisar Rp.26.000 per porsi.

4. Pokat Kocok

Pokat Kocok adalah minuman kekinian yang sangat disukai oleh kaum milenial di Palembang. Minuman ini terbuat dari buah alpukat yang dikocok secara manual dan diberi gula serta berbagai varian topping. Tampilannya mirip dengan jus, namun Pokat Kocok tidak menggunakan air sama sekali.

Pokat Kocok tidak hanya disukai oleh anak muda, tetapi juga ibu hamil karena selain enak, minuman ini juga diketahui berkhasiat untuk kesehatan jantung. Anda bisa menemukan Pokat Kocok di gerai-gerai minuman di pinggir jalan atau kedai makan di Palembang. Harganya mulai dari 10 ribuan per porsi.

5. Es Jagung

Es Jagung adalah minuman yang sangat disukai oleh masyarakat Palembang karena rasanya yang manis. Minuman ini terbuat dari buah jagung manis yang diblender dan diberi gula serta es batu agar semakin menyegarkan. Seperti Pokat Kocok, Es Jagung juga mudah ditemui karena merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang terjangkau harganya.

6. Sarsaparilla

Sarsaparilla adalah minuman yang pernah terkenal pada awal 1980-an dan menjadi favorit masyarakat Palembang. Minuman ini memiliki rasa yang khas dan dikemas dengan baik dalam botol berwarna hijau bertutup merah. Sarsaparilla sering menjadi minuman yang digemari pada saat lebaran Idul Fitri atau Idul Adha.

BACA JUGA :  Situ Bagendit Garut

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan Sarsaparilla semakin jarang karena kalah saing dengan minuman soda produksi luar negeri. Meskipun demikian, masih ada beberapa kawasan di Palembang yang menjual Sarsaparilla dengan harga yang terjangkau.

7. Sugus

Sugus adalah minuman bersoda yang pernah merajai pasar dan menjadi favorit masyarakat Palembang. Sugus diproduksi oleh PT. Djarum Emas Unggul dan memiliki beberapa varian rasa. Meskipun kalah bersaing dengan minuman impor, Sugus masih diminati oleh sebagian masyarakat Palembang.

8. Kopi Janji Jiwa

Kopi Janji Jiwa adalah minuman khas Palembang yang cocok untuk para pecinta kopi. Minuman ini menggunakan gula aren dalam campuran kopi, sehingga memberikan sensasi yang berbeda. Kopi Janji Jiwa menggunakan kopi Sumatera dan memiliki banyak varian rasa. Anda bisa menikmati Kopi Janji Jiwa di atrium Picon Mal dengan harga sekitar 18 sampai 30 ribuan per porsi.

9. Kopi Besemah

Kopi Besemah adalah minuman khas Palembang yang terkenal di Pagaralam. Meskipun tampilannya mirip dengan kopi pada umumnya, rasa Kopi Besemah memiliki keunikan tersendiri. Minuman ini bisa diminum di warung kopi atau dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang di rumah. Kopi Besemah sangat mudah didapatkan di swalayan atau supermarket di Palembang dengan harga yang terjangkau.

10. Sop Buah

Sop Buah adalah salah satu jenis minuman segar yang cukup menyehatkan jika dikonsumsi. Minuman ini terbuat dari aneka macam buah-buahan segar pilihan dan menjadi salah satu menu jajanan pasar yang mudah ditemui di Palembang. Harganya pun tergolong murah meriah.

Itulah 10 minuman khas Palembang yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kota tersebut. Setiap minuman memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda-beda. Jadi, jangan lupa mencoba minuman-minuman ini saat mengunjungi Palembang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *