PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Candi Ngawen, Berasal Dari Peninggalan Kerajaan Apa?

Blog

Lokasi dan Sejarah

Candi Ngawen terletak di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Pasar Muntilan dan berjarak sekitar 35 kilometer dari Kota Yogyakarta. Pemandangan sekitar candi masih asri dan alami, sehingga cocok untuk dikunjungi bagi pecinta wisata sejarah dan alam.

Sayangnya, sedikit yang diketahui tentang sejarah dan asal usul Candi Ngawen ini. Meskipun sudah hampir rampung, misteri tentang kawasan ini masih belum terpecahkan. Para ahli arkeologi dan sejarawan masih terus menggali informasi untuk mengungkap keberadaan dan riwayat candi ini.

Dalam catatan sejarah, Candi Ngawen pertama kali ditemukan oleh Belanda pada tahun 1911. Pada saat itu, kondisi candi sudah dalam keadaan rusak dan tidak utuh. Di pos penjagaan candi, terdapat catatan yang menyebutkan bahwa candi ini dibangun sekitar abad ke-8, pada masa dinasti Syailendra (Budha) dan dinasti Rakaipikatan (Hindu). Oleh karena itu, kawasan ini juga dikenal dengan sebutan Candi Peralihan.

Dalam penelitian selanjutnya, ditemukan pula bukti-bukti berupa prasasti dan artefak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak-artejak

BACA JUGA :  Liberta Malioboro Jogja, Salah Satu Penginapan Bintang Dua Dengan Bangunan Yang Instagramable!

Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *