Panduan Tips Pergi Liburan Ke Kubu Raya, Kalimantan Barat

Merupakan sebuah Kabupaten di Propinsi Kalimantan Barat dan kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Mempawah. Sudah lima tahun usia Kabupaten Kubu Raya yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2007 dan secara definitif sudah tiga tahun lebih Bupati H. Muda Mahendrawan, SH bersama dengan Wakil Bupati DR. Drs. Andreas Muhrotien, M.Si memimpin penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kubu Raya sejak dilantik oleh Gubernur Kalimantan Barat pada tanggal 17 Februari 2009 lalu di Kantor Bupati Kubu Raya.

Wilayah Utama Raya

Di lihat dari sisi administrasi Kabupaten ini terbagi dari sembilan kecamatan, yaitu :

  1. Kecamatan Batu Ampar
  2. Kecamatan Terentang
  3. Kecamatan Kubu
  4. Kecamatan Teluk Pakedai
  5. Kecamatan Sungai Kakap
  6. Kecamatan Rasau Jaya
  7. Kecamatan Sungai Raya
  8. Kecamatan Sungai Ambawang
  9. Kecamatan Kuala Mandor
Kalau main ke Kubu Raya Kalimantan Barat, sebaiknya anda mampir ke tempat wisata Batu Masjid ini! @merantii
Kalau main ke Kubu Raya Kalimantan Barat, sebaiknya anda mampir ke tempat wisata Batu Masjid ini! @merantii

Sejarah Raya

Kabupaten kubu Raya merupakan salah satu kabupaten yang berkembang pesat dengan sumber daya melimpah dan luas daerahnya. Karena kabupaten kubu Raya memiliki luas wilayah 6.958,22 km2.

Potensi dalam bidang peternakan menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh kubu Raya. Karena dengan luas tempat yang mencukupi banyak masyarakat yang memanfaatkan lahan mereka untuk beternak hewan, contohnya hewan seperti ayam, kambing, dan sapi. Namun yang paling sering ditemukan di daerah ini adalah peternakan sapi salah satunya terletak di jalan penghubung antara trans Kalimantan dan daerah parit mayor.

Cara Pergi ke Raya

Perjalanan dari Kota Pontianak menuju Kabupaten Kubu Raya ditempuh sekitar 45 menit perjalanan darat. Dari Pelabuhan Rasau Jaya dilanjutkan melewati Sungai Rasau dengan speed boat 40-PK menuju Desa Kubu selama 1 jam atau sekitar 3 jam dengan menggunakan kapal bermotor.

Transportasi Umum di Raya

  • Angkutan air, jenis transportasi yang menggunakan perahu kecil mengantarkan dari satu daerah ke daerah lainnya. Dan angkutan air yang menggunakan Sungai Kubu itu hanya dilayani satu perahu setiap harinya, yaitu 10.00 berangkat dari Rasau Jaya dan jam 07.00 dari Bengkalang.

Hotel di Raya

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Raya

Iklim yang ada di Kubu Raya adalah tropis. Dan bahkan di bulan kering ( kemarau ) masih memiliki banyak curah hujan.

Bahasa Daerah di Raya

Bahasa daerah yang digunakan di Kubu Raya adalah bahasa Melayu Pontianak yang di pengaruhi oleh Bahasa Dayak dari rumpun Klemantan juga memiliki kesamaan beberapa kosakata dengan bahasa Melayu.

Tempat Wisata di Raya

Batu Masjid adalah salah satu tempat wisata di Kubu Raya, Kalimantan Barat! @dcgaluh
Batu Masjid adalah salah satu tempat wisata di Kubu Raya, Kalimantan Barat! @dcgaluh
  • Air Terjun Bujang Bahar dan Wisata Hiking, untuk menempuh ke tempat wisata ini dari Desa Kubu ( Ibukota Kec Kubu ) bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan ongkos ojek sekitar Rp. 85.000 ( PP ) dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam perjalanan melalui rute Desa Kubu – Penyebrangan Sungai Kapuas – Desa Air Putih – Lokasi Kaki Gunung Ambawang ( Desa Ambawang ). Kemudian dari lokasi Kaki Gunung Ambawang menuju lokasi Air Terjun Bujang Bahar dilakukan dengan jalan kaki melewati rute – rute jalan setapau menempuh hutan pegunungan yang memiliki kemiringan lebih dari 30 derajat dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.
  • Batu Masjid, letaknya ada di Dusun Parit Baru Desa Sungai Bemban. Batu Masjid merupakan sebuah bangunan batu yang bentuknya menyerupai kubah masjid. Dan tumpukan batu sejenisnya hanya ditemui di satu lokasi ini saja, tidak ditemui di loasi lainnya. Di tempat wisata ini belum ada akomodasi penunjang wisata di sekitar batu masjid ini.
  • Batu Wangkang, letaknya sekitar 3 km ke arah barat dari lokasi wisata Air Terjun Gunung Ambawang ditemui DTW Batu Wangkang. Dan keindahan dari lokasi Batu Wangkang ini dengan menikmati alam hutan dan kesejukan air sungai yang sangat jernih dan di tengahnya terdapat batu – batu pegunungan yang besar.

Rekomendasi Tempat Makan Di Raya

  • Dangau Restaurant
  • Papirus Restaurant
  • Randayan Restaurant

Tips Wisa ta di Raya

  • Selalu sediakan uang tunai secukupnya, karena masih jarang ATM yang tersedia di Raya.
  • Jangan lupa bertanya jika Anda hendak menuju ke suatu tempat, karena transportasi di Raya hanya perahu air.

Perlu Kamu Tahu di Raya

  • RSIA Anugrah, Jalan Sungai Raya No 43, Telp : 0561 – 721176
  • Dinas Pariwisata, Jalan Johar No 1 Pontianak, Telp : 0561 – 732340

Leave a Reply