Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dayeuhkolot

Dayeuhkolot merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kota ini terkenal daerah rawan banjir di Bandung. Oleh karena itu, kota ini menjadi daerah siaga bila musim hujan tiba. Dan kemungkinan untuk jalur transportasi dari atau ke Kota Bandung yang padat pun terputus selama banjir.

Wilayah Utama Dayeuhkolot

Dayeuhkolot terbagi atas yaitu,

  • Utara : Kota Bandung ( Kecamatan Bandung Kidul dan Bojongloa Kidul )
  • Selatan : Kecamatan Baleendah
  • Barat : Kecamatan Margahayu
  • Timur : Kecamatan Bojongsoang

Sejarah Dayeuhkolot

Dulu Karapyak adalah nama dari Dayeuhkolot, yang berarti rakit penyebrangan yang terbuat dari batang – batang bambu. Hingga tahun 1810 Karapyak adalah tempat kedudukan para Bupati Bandung. Pada saat itu yang menjabat Bupati Bandung adalah R. A Wiranatakusumah II ( masa jabatan 1794 – 1829 ). Kemudian Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels memerintahkan pemindahan pendopo kabupaten dari Karapyak ke tepi sungai Cikapundung, dengan alasan daerah yang berprospek lebih untuk di kembangkan.

Setelah pusat pemerintahan dipindahkan, jadi segala hal yang berhubungan dengan pemerintahan dan perekonomian beralih ke daerah baru. Di zaman dahulu orang – orang menyebutnya Karapyak sebagai kota tua atau kota lama. Karena hal tersebut, maka daerah Karapyak sekarang ini disebut Dayeuhkolot, dalam bahasa Sunda dayeuh berarti kota, dan kolot berarti tua.

Cara Pergi ke Dayeuhkolot

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Dayeuhkolot

Untuk menuju Dayeuhkolot, terdapat beberapa alternatif pilihan transportasi, yaitu :

Pergi ke Dayeuhkolot Melalui Udara

Pesawat atau transportasi udara merupakan jenis transportasi yang nyaman dan menghemat waktu untuk tiba di Bandung dan semua penerbangan akan tiba di Bandara Husein Sastranegara. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan taksi atau angkutan umum untuk menuju Dayeuhkolot.

Pergi ke Dayeuhkolot Melalui Darat

Kereta Api, semua kereta api dengan tujuan Bandung akan tiba di Stasiun Hall. Untuk perjalanan Jakarta – Bandung membutuhkan waktu tiga jam. Dan dilanjutkan perjalanan menuju Dayeuhkolot dengan angkutan umum atau taksi. Di Bandung terdapat stasiun Kiaracondong selain Stasiun Hall.

Untuk tarif kereta api dari Jakarta yaitu :

  • KA Argo Parahyangan ( Gambir – Stasiun Hall ) mulai dari Rp. 70.000 ( kelas eksekutif ) dan Rp. 35.000 ( kelas bisnis )
  • KA Serayu ( Jakarta Kota – Kiaracondong ) mulai dari Rp. 20.000 ( kelas ekonomi )

Mobil, jenis transportasi ini biasanya dipilih untuk Anda yang ingin bepergian bersama keluarga, selain nyaman dan memudahkan transportasi ketika hendak berkeliling di Dayeuhkolot. Untuk waktu perjalanan Jakarta – Bandung sekitar tiga jam tergantung dengan kondisi lalu lintas di jalan.

Motor, biasanya menggunakan motor untuk Anda yang bepergian bersama – sama teman atau touring, dan untuk waktu perjalanan sekitar tiga sampai empat jam tergantung dengan kondisi lalu lintas,

Transportasi Umum di Dayeuhkolot

Di Dayeuhkolot untuk transportasi umum ada beberapa jenis yaitu, angkutan umum, ojek sepeda motor, dan taksi. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan. Untuk tarifnya sesuai dengan jarak dan kesepakatan antara penumpang ( ojek sepeda motor ).

Hotel di Dayeuhkolot

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Dayeuhkolot

Iklim di Dayeuhkolot merupakan iklim tropika. Dan hujan turun sepanjang tahun di Dayeuhkolot, meskipun di bulan yang kering masih ada hujan.

Bahasa Daerah di Dayeuhkolot

Untuk daerah Dayeuhkolot bahasa daerah yang digunakan masih sama dengan Bandung, yaitu bahasa Sunda yang merupakan bahasa khas daerah Jawa Barat dan Banten, selain Bandung. Dan bahasa Sunda terdapat beberapa dialek, tetapi untuk kota Bandung dan sekitarnya menggunakan dialek selatan atau priangan.

Tempat Wisata di Dayeuhkolot

Dayeuhkolot termasuk bagian dari wilayah Bandung Selatan, dan untuk objek wisatanya hampir sama dengan Ciwidey, Banjaran, Ciparay, Majalaya, dan Baleendah.

Tempat Makan Rekomendasi di Dayeuhkolot

  • Mie Ayam Bakso Telor ( Bakso Jabrig ), Jalan Sukabirus ( PGA ) masuk komplek Universitas Telkom, Harga : Rp. 12.000 – Rp. 15.000
  • Ice Shake ORI, Jalan Sukabirus ( di belokan samping Indomaret ), Harga : Rp. 6.000 – Rp. 12.000

Tips Wisata di Dayeuhkolot

  • Perhatikan jalan dan rambu lalu lintas di Dayeuhkolot, karena rute jalan Dayeuhkolot selalu satu arah, jadi akan sulit untuk memutar balik dan akan membingungkan bagi Anda yang belum pernah datang ke Dayeuhkolot.
  • Cicipilah wisata kuliner yang ada di Universitas Telkom, harganya sangat sesuai dengan kantong.

Perlu Kamu Tahu di Dayeuhkolot

  • Rumah Sakit Bina Sehat, Jalan Raya Dayeuhkolot No 325 Dayeuhkolot, Telp : 022 – 5207965
  • Polsek Dayeuhkolot, Jalan Moch Toha No 170 Dayeuhkolot, Telp : 022 – 5206316

Leave a Reply