Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cikampek

Rate this post

Cikampek merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Karawang, provinsi Jawa Barat. Cikampek memiliki luas area 47,6 km persegi dengan jumlah penduduk 113.174 jiwa (data BPS kabupaten Karawang tahun 2014).

Khalayak umum biasa mengenal Cikampek sebagai jalur tol yang dilalui dari Jakarta menuju Bandung atau Jawa (jalur pantura). Cikampek dilalui 3 ruas tol yakni tol Jakarta – Cikampek, tol Cipularang dan tol Cikampek – Palimanan.

Namun Cikampek juga dikenal sebagai salah satu sentra perdagangan dan industri. Ada empat kawasan industri besar di Cikampek, di antaranya: Kota Bukit Indah, Autocar Cikampek, Indotaisei dan PT Pupuk Kujang Cikampek (Persero).

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cikampek

 

Wilayah Cikampek

Secara administratif, kecamatan Cikampek terdiri dari 5 kelurahan dan 5 desa yaitu:

  • Kelurahan Cikampek Barat
  • Kelurahan Cikampek Kota
  • Kelurahan Cikampek Pusaka
  • Kelurahan Cikampek Selatan
  • Kelurahan Cikampek Timur
  • Desa Dawuan Barat
  • Desa Dawuan Tengah
  • Desa Dawuan Timur
  • Desa Kalihurip
  • Desa Kamojing

Sejarah Cikampek

Sebagai bagian dari kabupaten Karawang, sejak zaman dulu Cikampek telah memiliki peranan penting dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk menguatkan pertahanan dari ancaman Belanda yang ingin merebut kembali kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1945 dibentuklah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Resimen V Cikampek.

Posisi Cikampek yang ada di perbatasan Jakarta dan Bandung membuatnya menjadi jalur strategis untuk transportasi maupun pengiriman logistik. Stasiun kereta api Cikampek pernah menjadi saksi bisu pertempuran TKR Resimen V Cikampek dengan Tentara Gurka pada November 1945. Berdalih membawa pasokan logistik dari Jakarta ke Bandung, ternyata kereta tersebut berisi senjata, amunisi, tentara Inggris dan NICA.

Cara Pergi ke Cikampek

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cikampek

Pergi ke Cikampek Menggunakan kendaraan umum (bus)

Naik bus Warga Baru jurusan Cikampek atau Purwakarta dari terminal Kampung Rambutan. Turun di Terminal Klari atau Cikopo.

Pergi ke Cikampek  Menggunakan kendaraan umum (kereta api)

Dari Jakarta ke Cikampek, Anda bisa naik kereta api lokal dari Stasiun Jakarta Kota (Beos) menuju Purwakarta. Turun di Stasiun Cikampek.

Pergi ke Cikampek  Menggunakan kendaraan pribadi (mobil)

Dari Jakarta, masuk ruas tol Jakarta – Cikampek. Lurus terus, kurang lebih 78 km lalu ambil Exit 68: Dawuan / Kawasan Industri. Ikuti jalan, maka Anda sudah sampai di kota Cikampek.

Transportasi Umum di Cikampek

Untuk mobilisasi di Cikampek, Anda bisa menggunakan angkot berwarna biru jurusan Cikampek – Karawang / Klari. Rute yang dilalui: Mall Cikampek dan PT Pupuk Kujang. Anda bisa naik angkot ini dari Jembatan Layang Cikampek.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cikampek

Hotel di Cikampek

Pilihan hotel berbintang di Cikampek cukup terbatas. Hanya ada 1 hotel bintang tiga dan 1 hotel bintang empat di kawasan Kota Bukit Indah. Tarif menginapnya semalam mulai dari Rp 1 juta. Fasilitas yang ditawarkan tentunya lengkap dan kamarnya nyaman, sesuai standar hotel berbintang.

Iklim di Cikampek

Cikampek termasuk daerah beriklim tropis dengan suhu rata-rata 27 derajat celcius dan curah hujan 1.100 – 3.200 mm per tahun.

Bahasa Daerah di Cikampek

Masyarakat Cikampek berbicara dalam bahasa Sunda dialek utara. Bahasa Sunda Cikampek tidak memiliki tingkatan.

Tempat Wisata di Cikampek

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cikampek
Situ Kamojing merupakan salah satu tempat rekreasi favorit warga setempat terutama saat matahari terbenam.

1. Situ Kamojing

Danau buatan seluas 62 hektar ini berada di desa Kamojing. Kedalamannya berkisar di 10 – 14 meter. Situ Kamojing merupakan salah satu tempat rekreasi favorit warga setempat terutama saat matahari terbenam. Anda bisa duduk-duduk santai atau memancing di sini.

Banyak pedagang makanan dan minuman juga di sini, jadi tidak perlu khawatir. Anda bisa menikmati pemandangan indah matahari terbenam sambil memanjakan lidah dengan sate maranggi dan segarnya es kelapa muda.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Situ Kamojing adalah di musim hujan karena debit airnya tinggi. Saat musim kemarau, situ ini kering karena sebenarnya Situ Kamojing berfungsi sebagai penampungan air untuk irigasi sawah.

2. Taman Rusa PT Pupuk Kujang

Bagi pecinta hewan, pasti Anda akan senang datang ke sini. Bagi Anda yang punya anak-anak, mereka juga pasti senang karena bisa bertemu rusa. Anda bisa memberi makan rusa-rusa menggemaskan turunan dari Istana Bogor ini. Meski berada di dalam kawasan pabrik PT Pupuk Kujang, tapi taman rusa ini terbuka untuk umum dan gratis!

3. Museum Lokomotif Kereta Stasiun Cikampek

11 lokomotif tua yang sudah tidak beroperasi (limpahan dari dipo Tanah Abang) dipajang di stasiun Cikampek. Anda bisa mengetahui lebih banyak tentang dunia lokomotif dan perkeretaapian dengan mengunjungi museum ini.

Rekomendasi Kuliner / Tempat Makan di Cikampek

  • Restoran Alam Sari, Alamat: Jl. Jend. Ahmad Yani No. 18, Menu andalan: nasi liwet, ikan balita & masakan khas Sunda lainnya, Kelebihan: pemandangan danau, saung-saung yang asri
  • Mie Setan Kobak Cikampek, Alamat: Jl. Ir. H. Juanda 187, Sukaseuri, Menu andalan: Mie Setan Centil, Mie Setan Banci, Mie Setan Gundul, Kelebihan: aneka menu mie pedas dengan level cabe rawit 12 – 60 buah
  • Ayam Bakar Pak Adul, Alamat: Jalan Pewarengan (arah Perum BMI Cikampek), Menu andalan: ayam bakar
  • Warung Makan Teh Eueu, Alamat: Jl. Raya Dawuan Barat No. 105 (depan Depot Pertamina), Menu andalan: Sop Soloyong Tipe 10-S, Sate Maranggi KRD, Sarmila

Mal / Pusat Perbelanjaan di Cikampek

Empat mall di Cikampek dan pusat perbelanjaan terbesar di Cikampek berada di Jalan Ahmad Yani. Berikut daftarnya:

  • Plaza Cikampek
  • Mall Cikampek
  • Cikampek Trade Center
  • Sudirman Center

Tips Wisata di Cikampek

  • Selalu berhati-hati dengan barang bawaan Anda ketika berkunjung ke obyek wisata yang ramai atau ketika naik kendaraan umum
  • Jangan buang sampah sembarangan atau memberi makan sesuatu yang berbahaya ketika bermain ke Taman Rusa

Leave a Reply