PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Rute Jalan Menuju Lokasi Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung dan Potret Keindahannya

Blog

Mengenal Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Keindahan Alam di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keaneka ragaman alam yang mempesona. Salah satu contohnya adalah keindahan pantai-pantainya. Pantai Kedung Tumpang Tulungagung merupakan salah satu pantai yang terkenal di Jawa Timur. Pantai ini memiliki keindahan dan panorama yang eksotis, sehingga menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Sejarah Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung mulai dilirik oleh para wisatawan dan backpacker sejak tahun 2015. Foto-foto dan gambar-gambar pantai ini mulai muncul di media sosial seperti Facebook dan Instagram, yang membuat para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Sejak saat itu, pantai ini mulai dilirik oleh para traveller dari berbagai luar kota.

Lokasi dan Akses Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung terletak di desa Pucunglaban, kecamatan Pucunglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Untuk menuju ke pantai ini, wisatawan bisa mengambil arah dari Terminal Tulungagung. Perjalanan dilanjutkan ke arah timur hingga melewati Kampus IAIN Tulungagung, kemudian ke arah timur lagi hingga bertemu dengan perempatan lampu merah. Di perempatan ini, wisatawan harus mengambil jalur yang menuju ke arah kanan dan terus mengikuti jalan utama.

BACA JUGA :  10 Dokter Gigi di Balikpapan, Ada Yang Melayani BPJS

Jalan utama ini memiliki banyak tikungan dan terus berkelok-kelok hingga mencapai desa Jabon Dusun Njeruk, Kalidawir. Dari sini, perjalanan dilanjutkan hingga bertemu dengan pertigaan. Wisatawan harus mengambil jalur ke arah kiri yang menuju daerah Pantai Molang, dan setelah itu bertemu dengan pos penjaga. Untuk menuju ke Pantai Kedung Tumpang, wisatawan harus mengambil jalur ke arah kanan. Akses dan jalur menuju pantai ini cukup rumit dan sulit, namun sekarang ini dengan perkembangan teknologi, wisatawan bisa menggunakan GPS atau Google Map untuk memudahkan perjalanan.

Keindahan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pemandangan Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung memiliki keunikan tersendiri. Meskipun tidak memiliki hamparan pasir seperti pantai pada umumnya, pantai ini memiliki gugusan tebing karang yang membentang luas dari area barat Pantai Blabak hingga ke bagian timur Pantai Globok. Gugusan tebing karang ini memberikan pesona tersendiri bagi pantai ini. Selain itu, di pantai ini juga terdapat kolam-kolam alami yang terbentuk akibat terjangan arus dari gelombang laut selatan. Kolam-kolam ini memiliki air yang sangat jernih, mirip dengan kolam air. Pantai Kedung Tumpang juga memiliki air terjun yang merupakan sisa dari gelombang ombak yang menghantam pantai.

Aktivitas Menarik di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Di pantai Kedung Tumpang Tulungagung, wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik. Selain berfoto di tengah keindahan pantai ini, wisatawan juga bisa merasakan sensasi melompat ke dalam kolam-kolam alami yang ada di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa berenang hanya boleh dilakukan saat air laut sedang surut, karena ombak yang menghantam pantai dapat membahayakan keselamatan wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai dan menikmati pesona keindahan pantai ini.

BACA JUGA :  40 Tempat Wisata di Medan Yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas di Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di sekitar Pantai Kedung Tumpang Tulungagung belum terlalu lengkap. Hanya ada sedikit warung makanan dan minuman, sehingga wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Fasilitas lain seperti penginapan dan toilet juga masih belum tersedia dengan baik.

Kesimpulan

Pantai Kedung Tumpang Tulungagung merupakan salah satu pantai yang indah dan eksotis di Jawa Timur. Meskipun tidak memiliki hamparan pasir, pantai ini memiliki keunikan dengan adanya gugusan tebing karang, kolam-kolam alami, dan air terjun. Wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik di pantai ini, seperti berfoto, merasakan sensasi melompat ke dalam kolam alami, dan bersantai menikmati keindahan pantai. Fasilitas di sekitar pantai ini masih terbatas, namun keindahan alam yang ditawarkan pantai ini membuat wisatawan tetap tertarik untuk mengunjunginya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *