Panduan Tips Pergi Liburan Ke Rantepao

Rantepao adalah kota utama kedua setelah Makale di Toraja. Rantepao juga merupakan Ibukota Kabupaten Toraja Utara, yang dikenal sebagai pusat kebudayaan Suku Toraja. Banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi hanya dalam jangkauan 15 kilometer dari pusat kota. Dinas pariwisata nasional terus mengembangkan Rantepao, mulai dari dibukanya pariwisata di daerah ini sejak sekitar Tahun 1970.

Rantepao dikelilingi desa-desa tradisional di mana budaya adat Suku Toraja masih kental terlihat dan terjaga. Misalnya Kambira, di desa ini terdapat kuburan anak-anak dan bayi-bayi yang terkubur di dalam sebuah pohon tua sekitar 100 tahun silam. Ada pula Kete’Kesu, sebuah desa popular di selatan Rantapeo, yang memiliki sebuah gua dengan beberapa kuburan. Anda juga bisa melihat 5 Tongkonan (rumah adat Suku Toraja) berukuran besar, dan lusinan rumah adat lainnya.

Berbagai sarana wisata tersedia di Rantepao, seperti akomodasi, rental motor, rental mobil, agen travel, dan restaurant. Kopinya yang terkenal dengan Kopi Toraja memiliki reputasi unggul dan menjadi keistimewaan yang perlu dicicipi oleh pengunjung wisatawan.

 

Wilayah Utama Rantepao

Batas-batas Wilayah Kabupaten Toraja Utara,

Sebelat Utara: Sulawesi Barat dan Kabupaten Majene

Sebelah Selatan: Kabupaten Tana Toraja

Sebelah Barat: Sulawesi Barat, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Majene

Sebelah Timur: Kabupaten Luwu dan Kota Palopo

 

Sejarah Rantepao

Ketika terjadi pemberontakan di Kota Rantepao di masa penjajahan Belanda, pemerintah Belanda memindahkan pusat pemerintahannya di Rantepao. Banyaknya obyek wisata di sekitar Rantepao mengubah kota ini dari pusat pemerintahan menjadi pusat pariwisata.

Kemudian Rantapeo berkembang leih dinamis dibandingkan Makale. Namun keduanya merupakan kota-kota terbesar di Tana Toraja.

 

Cara ke Rantepao

Darat

Jika Anda dari Makassar, Anda perlu berkendara selama 8 – 10 jam. Ada beberapa bus dari Makassar menuju Rantepao dan Makale, dengan tarif Rp. 70.000 per penumpang untuk bus tanpa AC, dan Rp. 150.000 untuk bus berfasilitas AC. Ada bus yang berangkat pagi hari dan malam hari. Bus dari Makassar ke Tana Toraja umumnya bersih dan nyaman. Bemo-bemo atau Mikrolet secara rutin berangkat dari Makassar menuju terminal bus, yang memakan waktu 40 menit.

Mobil sewaan umumnya memasang tarif sewa Rp. 850.000 – Rp. 1.200.000 sekali jalan dari Makassar. Tapi bukan tidak mungkin Anda mendapat harga lebih murah. Lebih-lebih jika Anda berencana tinggal beberapa hari dan menginginkan perjalanan arah kembali, maka harga sewa mobil termasuk pengemudi seharusnya sekitar Rp. 550.000 per hari.

Berhati-hatilah jika Anda hendak mengendarai mobil sendiri, sebab mungkin akan berhadapan dengan kondisi jalan yang tidak bersahabat, khususnya ketika hari menjelang malam.

Udara

Dari Bandar Udara Hasanuddin, Makassar, Anda bisa terbang ke Tana Toraja dan sebaliknya. Maskapai yang melayani penerbangan rute ini adalah Maskapai Aviastar dan Susi Air. Maskapai Susi Air memiliki jadwal terbang ke Tana Toraja 3 kali dalam seminggu, yaitu Hari Senin, Rabu, dan Sabtu, dengan tarif tiket pesawat Rp. 775.000. Sedangkan maskapai Aviastar melayani penerbangan rute ini pada Hari Selasa dan Jumat.

 

Transportasi di Rantepao

Seperti halnya Makale sarana angkutan di Rantepao pun hanya berupa bis dan Colt disamping truk untuk angkutan hasil pertanian. Bis untuk trayek jauh (Ujung Pandang) Sedang Colt dipakai untuk trayek-trayek jarak dekat. Bis dan Colt ini untuk angkutan umum, trayek-trayek dan jenis kendaraannya sebagai berikut,

  • Bis, trayek Ujung Pandang- Palopo, lewat Makale dan Rantepao,
  • Microbus, trayek Ujung Pandang – Rantepao,
  • Colt, trayeknya berpusat di Rantepao dengan tujuan Tikala, Sa’dan, Palawa, Palopo, Sangala, Makal,
  • Pick-up, untuk angkutan hasil pertanian dan pedagang keliling, trayeknya Rantepao, Tikala, Palopo Sa’dan, Buntao, Madandan, Rembon, Makala, Sangala.
  • Motor atau Scooter dapat dengan mudah dipesan dari tempat penginapan. Ada juga jasa-jasa penyewaan motor lainnya tapi biasanya mereka membatasi penggunaannya hanya sampai jam 5 sore, meski Anda membayar sewa untuk sehari penuh. Biaya sewa umumnya adalah Rp. 80.000 per hari.
  • Sedangkan Bemo atau Mikrolet mematok tarif antara Rp. 2.000 – Rp. 10.000, tergantung pada jauh dekatnya jarak.

 

Hotel di Rantepao

Kebanyakan pengunjung memilih bermalam di Rantepao atau Makale. Selain Makassar, Tana Toraja adalah satu-satunya daerah di Sulawesi Selatan yang mempunyai beberapa hotel berbintang, seperti Toraja Heritage, Toraja Misiliana Hotel, Toraja Prince Hotel, Toraja Sahid Hotel, dan Tongkonan Layuk Lion.

Ada juga hotel-hotel kelas budget, homestay, dan perumahan penduduk yang bisa digunakan sebagai akomodasi. Umumnya harga kamarnya berkisar antara Rp. 100.000 – Rp. 300.000.

Fasilitas standar yang ditawarkan oleh hotel-hotel di sini melingkupi air panas, telepon, sarana hiburan, makanan, fasilitas olahraga, spa dan pijat, laundry, dan lain sebagainya. Harga kamar hotel-hotel di Rantepao melonjak di saat musim liburan (Bulan Juni dan Agustus). AC jarang digunakan karena udara di tempat ini sudah sejuk.

Beberapa informasi hotel dan penginapan di Rantepao,

  • Wisma Monton

Jl. Abdul Gani 14A.

Harga Kamar Rp. 150.000

 

  • Riana Homestay

Harga Kamar Rp. 150.000 – Rp 300.000, bisa ditawar.

Telepon 081343696270

 

  • Hotel Pison

Jl. Pongtiku NO. 8, di samping Pia Poppies Hotel

Harga Kamar Rp. 200.000

 

  • Toraja Heritage Hotel

Jl. Kete Kesu

Kamar superior dan deluxe berada di dalam rumah adat Toraja bernama Tonkonan

 

  • Wisma Maria 1

Harga Kamar Rp. 115.000 – Rp. 220.000

Terdapat jasa sewa scooter

 

  • Pia’s Poppies

Harga kamar Rp. 176.000

 

  • Toraja Misiliana Hotel

Jl. Pongtiku No. 27, Rantepao

 

  • Madaranda

Jl. Sadan 21, Rantepao

 

  • Luta Resort Toraja

JL. Dr. Ratulangi No. 26, Rantepao

 

  • Wisma Monika

Jl. Sam Ratulangi, Rantepao

Telepon +62 423 21216

 

Iklim di Rantepao

 

Rantepao beriklim tropis dengan curah hujan yang signifikan sepanjang tahunnya. Suhu udara rata-rata dalam setahun adalah 22.6 °C.. Dalam setahun, curah hujan rata-rata adalah 3313 mm.

 

Bahasa Daerah di Rantepao

Bahasa Toraja, adalah bahasa yang digunakan oleh suku Toraja yang tersebar di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa. Bahasa Toraja masih memiliki beberapa dialek di daerah Kabupaten Tana Toraja, yang dibagi atas tiga dialek, yaitu dialek Makale-Rantepao, dialek Saluputti-Bonggakaradeng, dan dialek Sillanan-Gandangbatu.

 

Objek Wisata di Rantepao

Pasar Bolu

Pasar ini terletak sekira 2 kilometer di timur laut Rantepao. Banyak pedagang berjualan kerbau, babi, rempah-rempah, dan kopi khas Toraja.

 

Cagar budaya Kete Kesu

Kete Kesu, merupakan desa yang memiliki deretan rumah adat (tongkonan) yang usianya mencapai ratusan tahun. Rumah adat ini berjajar rapi, berhadap-hadapan dengan lumbung padi (Alang Sura).

 

Londa

Makam kuno ini terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi. Gua-gua makam tersebut dipahat di dinding-dinding tebing. Tampak di teras-teras gua, patung kayu (tau-tau) berbaris rapi. Anda dapat menyewa jasa pemandu untuk memasuki gua makam di Londa. Kabarnya usia makam ini mencapai 500 tahun.

 

Lemo

Situs pemakaman kepala-kepala suku dan pemuka adat di Toraja di masa lampau ini terdapat deretan tau-tau, patung bagi jenazah yang dikubur di sana. Lemo merupakan situs kuburan batu yang paling populer di Tana Toraja.

 

Batutumonga

Batutumonga terkenal dengan pesona alam pegunungannya yang mengagumkan. Batutumonga berada di Sesean, Makale. Selain pesona alam, terdapat juga 56 menhir megalitikum berukuran 2 sampai 3 meter di kawasan ini.

Kambira

Kuburan bayi berusia 7 bulan di dalam pohon tua, Kambira. Bayi memang tidak dikubur di tebing atau di gua-gua batu. Pohon yang dijadikan makam bayi ini adalah pohon Tarra, berusia 300 tahun dengan lingkar batang pohon sekira 3,5 meter. Jenazah bayi akan dimasukkan ke dalam pohon yang telah dilubangi. Lubang ini kemudian ditutup dengan serat pohon atau ijuk dari pohon enau.

 

Tangdanun

Tangnadun berjarak sekitar 8 kilometer dari Labo. Atau, Anda bisa juga terus ke Kebuntau, sebuah tempat pemandian alam yang terletak di Tembamba.

 

Dana

Dari Rantepao, Anda bisa naik minibus menuju Marante Tondon untuk melihat kuburan gantung Dana. Kemudian, dengan mobil Anda bisa lanjut ke Nanggala – kawasan perkampungan dengan lumbung-lumbung yang indah.

 

Festival Kandean Dulang

Festival Kandean Dulang adalah acara tahunan yang digelar di Toraja Utara sebagai upaya promosi pariwisata. Pengunjung Festival Kandean Dulang dapat menikmati berbagai atraksi dan seni tradisional seperti parade gendang, tikka-tikka, manganda’, sisambak lidi dan sebagainya.

 

Toraja International Festival

Sebuah event budaya berskala internasional yang dilangsungkan setiap tahun di wilayah Toraja. Toraja International Festival menampilkan kesenian daerah khas Toraja serta pertunjukan musik tradisional maupun non-tradisional, bahkan oleh musisi mancanegara. Sebagai daerah penghasil kopi unggulan, Toraja International juga memanjakan pengunjung dengan menyediakan kopi khas Toraja secara cuma-cuma.

 

Bukit Singki

Dari atas puncak Bukit Singki, Anda bisa leluasa menikmati pemandangan Kota Rantepao. Perjalanan ke sana sekitar satu kilometer dari pusat kota. Dan, sebaiknya Anda pergi antara pukul 08.00 dan 10.00 atau sekitar pukul 16.00. Setelah menikmati panorama dari Gunung Singki, Anda bisa lanjut berpetualang ke Siguntu – sebuah kompleks rumah adat yang berjarak 4 kilometer dari Rantepao. Lalu, dari Siguntu Anda teruskan ke Buntu Tabang untuk melihat panorama indah dari sebagian besar wilayah Tana Toraja. Jaraknya dari Siguntu sekitar 2 kilometer.

 

Tilaga

Tilaga adalah tempat pemandian alam berair jernih. Untuk pergi ke sana, Anda bisa naik minibus jurusan Makale dan setop di Rantelemo yang berjarak 8 kilometer dari Rantepao.

 

Patung Pong Massangka

Jika Anda naik minibus jurusan Pangli, yang berjarak 9 kilometer dari Rantepao, Anda bisa berkunjung ke Patung Pong Massangka. Pong Massangka adalah orang Toraja yang pernah ditahan di Nusa Kambangan pada zaman kolonialisme Belanda. Ia terkenal berani, khususnya karena pernah melawan harimau seorang diri. Ia dianggap sebagai pahlawan. Dari Patung Pong Massangka, Anda bisa lanjut ke Bori untuk melihat batu megalitikum di Rante. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari Pangli.

 

Masih ada tempat-tempat keramat berupa kuburan, situs, dan rumah-rumah adat lainnya, yang memiliki nilai wisata budaya spiritual, antara lain,

  • Pallawa
  • Bori Parinding
  • Kande Api
  • Nanggala
  • Buntu Pune
  • Rante Karassik
  • Ke’te Kesu’
  • Pala’ Toke’
  • Tumakke

 

Mal di Rantepao

Toko Todi

Jl. Andi Mappanyukki No. 25

Telepon 0423 25445

Buka setiap hari Senin – Sabtu, jam 09.30 – 19.00

 

Kaos Toraja

Jl. Ratulangi 1, Rantepao

Jam buka 10.00 – 19.30

Rata-rata harga kaos T-shirts Rp. 90.000

 

 

Museum di Rantepao

Museum Rantepao

Koleksinya berupa lukisan ukir Toraja, gambar khas Toraja, alat musik tradisional Toraja, dan Mummy. Yang terakhir ini adalah yang paling menarik pengunjung wisatawan. Museum Rantepao berlokasi di Art Centre, pusat Ibukota Rantepao, berdekatan dengan toko pernak-pernik khas Toraja di Jl. Andi Mappanyuki di Rantepao Toraja Utara. Museum ini dibuka pada tahun 2011. Waktu operasional museum dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore.

 

Museum Landorundun

Jl. Poros Rantepao – Palopo, Rantepao, Sulawesi Selatan 91831

 

Museum Indo Ta’dung

Kete Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Biaya tiket masuk sukarela dan digunakan untuk donasi

 

 

Hiburan Malam di Rantepao

Palangka Lounge & Bar

Toraja Misiliana Hotel

Jl. Pongtiku No. 27, Rantepao, Tana Toraja

 

Tempat Makan Rekomendasi di Rantepao

Ada beberapa restoran di Rantepao dan Makale. Mereka menyajikan masakan khas Indonesia, menu Chinese dan menu Barat. Hidangan khas Toraja misalnya Pa’piong yaitu babi, ayam, atau ikan yang dimasak dengan sayuran di dalam sebuluh bambu. Minuman tuak khas Toraja, Ballo, juga mudah Anda temukan di jalan-jalan.

Rumah Makan Ande

Jl. Dipenogoro

 

Rumah Makan Saruran

Jl. Diponegoro 19

Buka pukul 08.00 – 22.00

Harga makanan Rp. 15.000

 

Cafe Aras

Jl. Andi Mappanyukki

Harga berkisar antara Rp. 35.000 – Rp. 10.000

Waktu buka jam 7 pagi hingga jam 10 malam

 

Pia’s

Rantepao, Sulawesi Selatan

Telepon +62 423 21121

Jam buka 07.00 – 10.00 dan 18.00 – 22.00

Harga makanan berkisar Rp. 30.000 – Rp. 60.000

 

Rimiko Restoran

Jl. Andi Mappanyukki 115

Telepon +62 423 23366

Jam buka 08.00 – 22.00

Harga makanan antara Rp. 20.000 – Rp. 50.000

 

Restoran Mambo

Jl. Sam Ratulangi, Rantepao

Waktu buka Hari Senin – Sabtu, jam 10.00 – 22.00

Harga makanan Rp. 25.000 – Rp. 60.000

 

Tropical Café

Jl. Diponegoro No. 98, Rantepao 91831

Telepon 0811 4211883

Jam buka 09.00 – 22.30

 

Kaana Toraya Coffee

Jl. Pongtiku No. 8, Hotel Pison, Rantepao 91831

Telepon 0813 55340175

Jam buka mulai pukul 06.00 – 18.00

 

Ayam Penyet Ria

Jl. Ahmad Yani No. 88, Rantepao

Telepon 0812 41828866

 

Pizza Kinaya

Jl. Ahmad Yani 80, Rantepao

 

Celebes Restaurant

Jl. Paku Balasalu, Tallung Lipu Matallo

Jl. Poros Pasar Bolu, Rantepao 91832

Telepon +62 423 21691

 

Rumah Makan Setia Kawan

Jl. A. Mappanyukki 32, Kabupaten Tana Toraja

Makale Km 3, Rantepao 91831

Telepon 0813 4273 3309

 

Mentirotiku Restoran

Batutumonga, Tana Toraja, Rantepao

 

Queen Cafe & Resto

Jl. Pembangunan No. 19, Rantepao

Telepon 0853 4282 045 / 0813 5555 2728

 

Rama

Jalan utama Makale, Rantapeo

 

Padang Resto

Jl. Dipenogoro 58, Rantepao

 

Mambo Resto

Jl. Ratulangi 34, Rantepao

 

Resto Flamboyan

Jalan utama Makale, Rantepao

 

Resto Riman

Jl. A. Mappanyukki, Rantepao

 

Resto Rahmat

Jl. Ahmad Yani, Rantepao

 

Resto Sallebayu

Jl. Ke’te Kesu, Rantepao

 

Saruran

Jl. A. Mappanyukki, Rantepao

 

Christo

Jl. Landorundun, Rantepao

 

Pong Buri’

Jl. Monginsidi, Rantepao

 

Maleo Restoran

Hotel Marante

Jl. Jurusan Palopo Rantepao, Tana Toraja

 

Daerah Tana Toraja juga popular dengan kopi lokalnya. Ada beberapa warung kopi yang bisa Anda singgahi dan cicipi dengan harga yang relatif murah dan mudah ditemukan di jalan-jalan. Perlu diingat, semakin pekat warnanya berarti semakin kuat, bahkan bisa sangat kuat.

 

Tips Wisata di Rantepao

  • Bila Anda berwisata sendirian atau berdua, lebih baik sewa motor dengan harga sewa Rp. 60.000 – Rp. 80.000 per hari. Jauh lebih murah dibandingkan sewa mobil yang harganya Rp. 300.000 per hari. Lagi pula letak-letak lokasi wisata yang patut dikunjungi masih berdekatan.
  • Siapkan selalu uang tunai khususnya pecahan Rp. 5.000, sebab hampir semua tepat wisata mematok harga Rp. 5.000 – Rp. 10.000. Namun, Anda tidak perlu kuatir karena fasilitas ATM di sini sudah tersedia dengan baik.
  • Bawalah lampu senter kepala (head lamp), untuk melihat lokasi kuburun-kuburan di dalam gua di Londa.
  • Bagi Anda penggemar fotografi dan hendak mengambil gambar di daerah ini, gunakan lensa tele, wide angle, dan fish eye, untuk menangkap utuh gambar rumah-rumah adat Toraja yang tinggi-tinggi.
  • Manfaatkan promo maskapai penerbangan untuk mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah.
  • Berangkatlah dari Makassar pada malam hari. Anda bisa memilih naik bus tanpa AC dengan tarif yang lebih murah, lagian perjalanan malam hari tidak akan membuat Anda kepanasan. Perjalanan malam hari selama 8 – 9 jam akan tiba di Tana Toraja pada jam 5 – 6 pagi. Anda bisa langsung mengelilingi objek-objek wisata Tana Toraja.

 

Perlu Kamu Tahu di Rantepao

Travel Toraja

Jl. Pongtiku No. 76, Sarira Kugan Goran

Rantapeo, Toraja, Sulawesi Selatan

 

Nomor Telepon Penting,

Ambulance 118

Polisi

Polsek Rantepao

Jl. Budi Utomo, Rantepao

Telepon 0423 21358

 

Rumah Sakit,

RS. Lakipadada

Jl. Poros Makale, Rantepao

Telepon 0423 22118 / 22023 / 22264

 

RS. Fatimah

Jl. Nusantara

Telepon 0423 22058

 

RS. Elim

Jl. Jend. Ahmad Yani

Telepon 0423 21258

 

RS. Bersalin Marampa

Jl. A.Mappanyukki

Telepon 0423 21036

 

Sambungan Telepon Internasional: 101

Sambungan Awal Internasional: 001, 007, atau 008

Leave a Reply