Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karang Bolong Anyer

Anyer adalah nama dari sebuah kecamatan di wilayah kabupaten Serang Provinsi Banten. Di wilayah ini terdapat lokasi wisata pantai yang terletak di bagian barat pulau Jawa yang biasa kita kenal dengan nama pantai Anyer. Pesisir pantai Anyer ini menghadap ke barat dan terhubung dengan selat sunda.

Untuk wilayah Banten sendiri ada beberapa wisata pantai seperti Anyer, Sawarna, Tanjung Lesung, Carita, dan lain-lain. Tetapi yang banyak dikunjungi khususnya akhir pekan biasanya adalah pantai di bagian Barat. Selain jarak yang tidak jauh, aksesnya pun mudah. Salah satu pantai yang cukup unik di wilayah sekitar pantai Anyer adalah pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong berlokasi sekitar 50 km dari Kota Serang atau 140 km dari kota Jakarta, sekitar 11 km ke arah selatan anyer atau sekitar 30 km utara labuan. Apabila Anda mengendarai mobil atau motor, pantai ini berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer dengan jalur menuju Pantai Carita dari Jakarta. Sesuai namanya yaitu karang bolong, pantai ini memiliki sebuah tebing karang yang bolong di tengahnya sehingga membuat pantai terlihat unik dan berbeda dari pantai-pantai lain.

Pantai Karang Bolong berbentuk lengkung yang sangat lebar dan menghadap langsung ke laut lepas. Oleh pengelola pantai ini, beberapa bagian karang diberi anak tangga agar pengunjung bisa menaiki karangnya hingga bagian atas. Dari tempat ketinggian di atas karang itulah para pengunjung bisa menikmati pemandangan laut.

Wilayah Utama Karang Bolong

Secara administratif, Pantai Karang Bolong masuk dalam wilayah Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia.

Karang Bolong Anyer ini adalah salah satu tempat liburan favorit di dekat Banten. via @acen.sarma
Karang Bolong Anyer ini adalah salah satu tempat liburan favorit di dekat Banten. via @acen.sarma

Sejarah Karang Bolong

Dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga, yaitu sebuah nama yang diambil dari seorang yang berlilmu tinggi yang bertapa di pantai ini sampai akhir hayatnya, nama orang tersebut adalah Suryadilaga. Seiring perkembangannya, pantai ini berubah nama menjadi Pantai Karang Bolong karena memiliki tebing karang besar di pantai yang bentuknya berlubang di tengah.

Satu ujung karangnya berada di tepi pantai sementara yang lain menghadap ke laut lepas. Para ahli geologi memperkirakan bahwa lubang pada batu karang ini terjadi akibat terkikis air laut dalam kurun waktu yang lama. Akan tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan Gunung Krakatau tahun 1883.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karang Bolong Anyer! via @han_han17745
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Karang Bolong Anyer! via @han_han17745

Cara Pergi ke Karang Bolong

Untuk Menuju Pantai Karang Bolong dapat ditempuh dengan jalur darat melalui rute: Jalan Tol Jakarta Merak – Cilegon Barat – Anyer – Karang Bolong.

Dari Jakarta, Karangbolong hanya berjarak 140 km atau 50 km dari Kota Serang. Karangbolong bisa ditempuh kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bagi yang mengendarai kendaraan pribadi, dari Jakarta dapat langsung keluar melalui Pintu Tol Cilegon Timur, lalu ke arah selatan menyusuri Jalan Raya Anyer.

Lokasi Pantai Karang Bolong tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong Km 35 Anyer Lor Serang – Banten. Waktu tempuh dari Jakarta kurang lebih dua jam. Anda yang membawa kendaraan pribadi dapat memarkir kendaraan di dalam area kawasan ini. Berikut harga tiket masuk yang berlaku di tempat wisata Karang Bolong,

  • Tiket masuk Rp. 10.000 per orang
  • Tiket masuk Rp. 400.000 per bus kecil
  • Tiket masuk Rp. 500.000 Per bus besar

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum, dapat naik bus jurusan Jakarta – Merak dan turun di Kota Cilegon. Dari Cilegon, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Cilegon – Labuan dan turun di Pantai Karang Bolong. Berbagai papan penunjuk arah di sini memudahkan wisatawan untuk mengakses obyek wisata Pantai Karang Bolong.

Di Karang Bolong Anyer ini kamu bisa foto prewedding juga. via @susilawatiputripurnama20
Di Karang Bolong Anyer ini kamu bisa foto prewedding juga. via @susilawatiputripurnama20

Hotel di Karang Bolong

Di sekitar pantai karang bolong banyak terdapat hotel dan cottage dengan harga bervariasi mulai dari yang termurah sampai yang termahal. Selain hotel dan cottage, tersedia pula penginapan berupa villa dengan tarif antara Rp. 400.000,- sampai Rp. 800.000,- per malam tanpa makan. Mulai dari hotel berbintang dua hingga berbintang lima dapat Anda temukan di sepanjang kawasan ini.

Jika Anda ingin melanjutkan perjalanan lebih jauh ke ujung Tanjung Lesung, tersedia pula hotel dan cottage nyaman berfasilitas lengkap di mana Anda dapat melakukan banyak aktivitas liburan yang menarik, baik untuk Anda yang datang sendiri, berpasangan, maupun dengan keluarga.

Iklim di Karang Bolong

Karangbolong memiliki iklim tropis. Curah hujan di Karangbolong adalah signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Suhu rata-rata di Karangbolong adalah 26.4 °C. Dalam setahun, curah hujan rata-rata adalah 3760 mm.

Tempat Wisata di Karang Bolong

Di Pantai Karang Bolong para turis bisa melakukan banyak kegiatan seperti bermain jetski, banana boat, selancar, berenang di laut, memancing, main voli pantai, berperahu, atau sekedar berpiknik sambil menikmati deburan ombak dan hembusan angin laut.

Aktivitas wisata yang juga tak kalah menarik dilakukan adalah tracking menuju ke puncak karang. Anak tangga yang dinaiki sedikit sempit dan berkelok namun pemandangan hijau pepohonan di sekitar anak tangga akan menjadikan pendakian Anda terasa ringan, dan membuat setiap tetes keringat Anda menjadi layak demi keindahan yang ditawarkan.

Mendekati akhir perjalanan, Anda akan sedikit menuruni anak tangga. Di sini terdapat tempat yang cukup lapang untuk menikmati pemandangan pantai dari atas karang. Dari atas karang ini, keindahan laut biru terbentang tepat di hadapan. Di sebelah kiri, Anda dapat melihat gugusan batu karang di tepi pantai terhantam ombak. Di titik pandang ini Anda juga bisa menyaksikan Gunung Anak Krakatau di kejauhan, sambil dimanjakan oleh hembusan angin laut.

Ada banyak tempat instagramable di Karang Bolong Anyer. via @hadid.pradipta
Ada banyak tempat instagramable di Karang Bolong Anyer. via @hadid.pradipta

Kawasan pantai ini juga memiliki Gua Karangbolong yang terletak di sisi timur. Gua Karangbolong berukuran panjang 30 m, lebar 10 m dan tinggi sekitar 5 m. Ada juga pintu gerbang Nyi Roro Kidul yang misterius memikat kunjungan Anda. Sebuah fenomena alam yang hanya dapat Anda saksikan di tempat ini.

Legenda Nyi Roro Kidul tidak dapat dipisahkan dari Pantai Selatan Laut Jawa. Hal ini diperkuat lagi oleh beberapa peninggalan dan petilasannya yang konon ditinggalkannya di beberapa tempat.

Keberadaan peninggalan-peninggalan inilah yang menyebabkan Pantai Selatan Laut Jawa sepertinya mempunyai daya magnit yang begitu kuat sehingga selalu mengundang wisatawan untuk datang dan berkunjung terus.

Senja indah di Karang Bolong Anyer - Jawa Barat. via @herusurvivalphotography
Senja indah di Karang Bolong Anyer – Jawa Barat. via @herusurvivalphotography

Rekomendasi Tempat Makan di Karang Bolong

Terdapat berbagai tempat makan atau resto di sepanjang kawasan pantai Karangbolong, yang sebagian besar menyajikan makanan olahan laut atau seafood. Namun sebaiknya Anda cek terlebih dahulu harga makanan dari menu yang ditawarkan sebelum melakukan pemesanan, untuk menghindari Anda membayar makanan dan minuman lebih dari yang seharusnya.

Beberapa alamat resto dan tempat makan di kawasan sekitar Karangbolong :

  • Saiki, Jl. TB. Buang No. 47. Serang, Banten. Telepon (0254) 202024.
  • Sari Rasa, Jl. Jend. Sudirman No. 2. Serang, Banten. Telepon (0254) 201903.
  • “S” Rizki, Jl. KH Fatah. Serang, Banten. Telepon (0254) 204764.
  • Hana, Jl. Raya kemasan, Anyer. Serang, Banten. Telepon (0254) 650111.
  • Midori Japanese, Jl. Raya Cikoneng, Anyer. Serang, Banten. Telepon (0254) 601974.
  • Valentine Damar Sea, Jl. Raya Bandulu, Anyer. Serang, Banten. Telepon (0254) 600292.
  • Graha Ayu Purnama. Jl. Raya Karang Bolong Cinangka. Serang, Banten. Telepon (0254) 650018.
  • Elbe, Jl. Raya Bandulu, Anyer. Serang, Banten. Telepon (0254) 602173.
  • Bulan Biru, Jl. Raya Karang Bolong Cinangka. Serang, Banten. Telepon (0254) 601590.
  • Pondok Sanghiang, Jl. Raya Cikoneng, Anyer. Serang, Banten. Telepon (0254) 604835.
  • Bukit Pasau, Jl. Raya Cinangka, Serang, Banten. Telepon (0254) 650089.

Alamat Restaurant Di Cilegon :

  • Restaurant Miami, Jl. SA Tirtayasa. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 392301.
  • Restaurant Sate Cilegon, Jl. Raya Anyer No. 199. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 391324.
  • Restaurant Japanese Gonta, Jl. KH Yasin BEIJI 06. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 384085.
  • Restaurant Korea, Jl. Simpang Tiga. No. 102. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 398013.
  • Restaurant Dynasty, Jl. Simpang Tiga No. 23. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 394270.
  • Rumah Makan Simpang Raya Cirebon, Jl. Raya Merak No. 16. Cilegon, Banten. Telepon (0254) 392632.

Alamat Restaurant Di Pandeglang :

  • Panineungan 1, Jl. A Yani, Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 201325.
  • Ibu Eni, Jl. Raya Labuan KM. 14. Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 401163.
  • Tanjung Lesung, Jl. Citeureup Panimbang. Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 802900.
  • Pantai Carita, Jl. Raya Carita. Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 802222.
  • Mutiara Carita, Jl. Raya Carita. Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 801069.
  • Carita Krakatau Sea Food, Jl. Raya Carita. Pandeglang, Banten. Telepon (0253) 803027.

Tips Wisata di Karang Bolong

  • Anda sebaiknya tidak lupa untuk membawa pakaian renang dan baju ganti. Lebih baik gunakan sandal atau sepatu karet karena area pantai yang basah.
  • Jangan berenang terlalu jauh, perhatikan wialyah dan marka peringatan yang ada.
  • Untuk terus menjaga kebersihan dan keberlangsungan wisata pantai ini, jangan membuang sampah sembarangan. Sediakan kantong plastik untuk membuang sampah sementara jika tidak ada tempat sampah dan simpanlah sampai Anda menemukannya.
  • Cek terlebih dahulu harga makanan dan minuman yang hendak Anda pesan di restoran atau tempat makan yang tersedia.
  • Cek kondisi kamar hotel atau penginapan lebih dulu jika Anda hendak menginap dan datang langsung untuk memesan kamar.

Perlu Kamu Tahu di Karang Bolong

Direktori Pariwisata Karang Bolong, Alamat: Jl. Raya Karang Bolong Km. 35 Cinangka – Serang, Telepon: (0254) 650319

Leave a Reply