Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ngadisari

Ngadisari merupakan desa yang berada di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Dan Ngadisari adalah desa yang paling dekat dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dan semua kendaraan yang menuju ke Gunung Bromo pastinya harus berhenti di Terminal Cemorolawang yang ada di desa ini. Terminal Cemorolawang merupakan terminal terakhir bagi kendaraan yang ingin menuju ke Gunung Bromo.

Cara Pergi ke Ngadisari

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ngadisari
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ngadisari

Pergi Ke Ngadisarai Melalui Udara

Pesawat, penerbangan dari Jakarta menuju ke Surabaya mendarat di Bandara Juanda. Dan dilanjutkan dengan menggunakan bus damri yang menuju ke terminal bus Bungurasih Surabaya, kemudian pilihlah bus jurusan Jember atau Banyuwangi dan turun di terminal Probolinggo. Setelah tiba di Probolinggo, carilah angkutan desa jurusan ke Ngadisari untuk biayanya sekitar Rp. 25.000

Pergi Ke Ngadisarai Melalui Darat

Kereta Api, pilihlah kereta api tujuan Surabaya dan turun di Stasiun Gubeng, Surabaya. Setelah tiba di Surabaya, hampir sama dengan menggunakan pesawat. Atau pilihlah Kereta Api Mutiara jurusan Surabaya – Banyuwangi berangkat jam 9.00 pagi setiap harinya.

Bus, jenis transportasi ini yang paling mudah dibandingkan dengan pesawat atau kereta api, karena Anda bisa langsung menuju Probolinggo dan dilanjutkan dengan angkutan desa jurusan Ngadisari.

Hotel di Ngadisari

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Ngadisari

Iklim di Ngadisari adalah hangat dan sedang. Saat dibandingkan dengan musim dingin, musim panas memiliki lebih banyak curah hujan.

Bahasa Daerah di Ngadisari

Bahasa daerah yang digunakan adalah bahasa Jawa yang masih berbau Jawa Kuno. Ada dua tingkatan bahasa yang digunakan yaitu ; ngoko, bahasa yang digunakan sehari – hari dan karma digunakan untuk komunikasi dengan orang yang lebih tua.

Gunung Bromo adalah tempat wisata terdekat dari Desa Ngadisari! via @pimpakk
Gunung Bromo adalah tempat wisata terdekat dari Desa Ngadisari! via @pimpakk

Tempat Wisata di Ngadisari

  • Gunung Bromo, merupakan gunung berapi yang hingga saat ini masih aktif dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Gunung Bromo berada di 4 wilayah yaitu wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang Pasuruan dan Lumajang. Bentuk Gunung Bromo bertautan antara ngarai dan lembah dengan lautan pasir luas sekitar 10 km persegi. Menurut masyarakat suku Tengger yang ada di sekitar gunung bromo, karena gunung bromo dipercaya sebagai gunung suci. Dan setiap setahun sekali diadakan upacara Yadnya Kasada.

Tips Wisata di Ngadisari

  • Jangan lupa membawa perlengkapan pakaian baju hangat, karena untuk cuaca di sana tergolong dingin.
  • Bawalah camilan yang cukup selama Anda melakukan perjalanan menuju ke Ngadisari.

Perlu Kamu Tahu di Ngadisari

  • Polsek Kademangan, Jalan Bromo, Telp : 0335 – 428184

Leave a Reply