Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banyuwangi

Dulu Banyuwangi sering disebut sebagai jalur perlintasan Pulau Jawa menuju Pulau Bali, yang diteruskan melalui Pelabuhan Ketapang. Banyuwangi sendiri adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Selain sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa, Banyuwangi merupakan tempat penghasil ikan terbesar di Jawa Timur.

Tepatnya di Pantai Timur Banyuwangi, Selat Bali, dan Muncar adalah pelabuhan perikanannya. Banyuwangi sejak dulu juga dikenal sebagai penghasil pisang, hampir di setiap pekarangan rumah warga dihiasi pohon pisang. Namun, saat ini Banyuwangi menjadi lebih populer berkat keindahan obyek wisatanya dan tersedianya akses menuju tempat-tempat wisata populer Indonesia.

Ada tempat selancar yang melegenda dan mendunia di G-Land-Pantai Plengkung, konon ombak di sini merupakan yang terbaik kedua setelah Hawai. Savanah seperti di Afrika yang ada di Baluran,  atau Pantai Sukamade yang menjadi suaka bagi penyu.

Di Banyuwangi Anda juga dapat mengunjungi Kawah Ijen untuk menyaksikan langsung keajaiban api biru abadi yang hanya ada dua di dunia. Warna kontras api biru dan kawah Ijen yang hijau menjadikan pemandangan mistis yang memukau, dan akan lebih indah terlihat di waktu malam.  Banyuwangi juga kaya akan seni, budaya dan tradisi.

Salah satu kesenian khas Banyuwangi adalah Gandrung, yang merupakan tarian sambutan untuk menyambut tamu terhormat. Selain Gandrung, Seblang, Kuntulan, Damarwulan, Ketoprak, Barong, kemiren, janger, rengganis, patrol, mocopatan pacul goang, jaranan butho, barong, kebo-keboan, angklung caruk, serta gedhogan, adalah kesenian lainnya yang bisa dilihat di Banyuwangi.

Kawah Ijen adalah salah satu ikon pariwisata Banyuwangi via @erniscahya
Kawah Ijen adalah salah satu ikon pariwisata Banyuwangi via @erniscahya

Banyuwangi Etno Carnival menjadi acara yang tepat untuk menyaksikan beragam kesenian khas Banyuwangi tersebut dan juga event paling meriah yang dinantikan para wisatawan. Terletak sekitar 239 km sebelah timur Surabaya, Banyuwangi dijuluki sebagai “The Sunrise of Java” karena merupakan wilayah yang pertama kali terkena sinar matahari terbit di Pulau Jawa.

Sejarah Banyuwangi

Untuk mengetahui kapan persisnya terbentuk Kota Banyuwangi, dapat kita lihat dari Hari Jadi Banyuwangi (HARJABA). Masih menjadi perdebatan mengenai Hari Jadi Banyuwangi ini. Pada masa Orde Baru, Hari Jadi Banyuwangi sudah ditetapkan yaitu tanggal 18 Desember 1771. Dikarenakan pada tanggal 18 Desember 1771 merupakan masa kemenangan pasukan Bayu terhadap bangsa kolonial Belanda, dan pemimpin Belanda pada waktu itu yaitu Van Schaar tewas terbunuh.

Banyuwangi secara harfiah bermakna air yang harum, banyu artinya air dan wangi artinya harum. Sebuah nama yang dikaitkan dengan legenda rakyat tentang kesetiaan istri seorang patih yang direbut oleh rajanya sendiri. Sang istri pun tewas di tangan suaminya ketika sang patih termakan fitnah raja yang mengatakan telah digoda oleh istri sang patih selama kepergian sang patih mengemban tugas raja, padahal raja lah yang terus mendekati istri patih tapi selalu menerima penolakan akibat kesetiaan sang istri pada suaminya.

Sang istri bermaklumat sebelum dibunuh suaminya sendiri bahwa kesetiaannya akan dibuktikan dengan air sungai yang tadinya keruh, saat terkena tumpahan darahnya akan menjadi bening dan harum. Sang patih yang amat mencintai istrinya itu pun hidup dalam penyesalan setelah terbukti benar perkataan istrinya sesaat setelah dibunuh oleh sang patih dan darah istrinya menyentuh air sungai.

Cara Pergi Ke Banyuwangi

Pergi Ke Banyuwangi Dengan Pesawat Terbang

Dari Bandara Juanda Surabaya dibutuhkan waktu 50 menit untuk mencapai Bandara Blimbingsari Banyuwangi, dibandingkan dengan perjalanan darat yang membutuhkan waktu 5 hingga 7 jam perjalanan lama dan panjang, berkisar 300 km.

Garuda Indonesia terbang satu kali sehari dari Bandara Juanda Surabaya ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi, dilanjutkan ke Bandara Ngurah Rai Bali. Dari Bandara Blimbingsari, Anda dapat menggunakan Bus Damri yang akan mengantar Anda ke Kota Banyuwangi dalam waktu 30 menit, dengan biaya Rp. 20.000.

Kota Banyuwangi berjarak sekitar 239 km sebelah timur Surabaya. Ketapang menjadi pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa di Banyuwangi dengan pelabuhan Gilimanuk di Bali. Bandar Udara Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi, selalu ramai melayani penerbangan dari berbagai kota besar termasuk salah satunya dari Denpasar, Bali.

Pergi Ke Banyuwangi Dengan Kereta Api

Stasiun Kereta Api Banyuwangi terletak dekat Pelabuhan Kapal Feri Ketapang,  telepon +62 333 510396, kurang lebih 300 m ke arah Barat Laut.

Melihat dari statistika pengunjung yang berwisata di Banyuwangi, banyak diantaranya adalah pengunjung Backpacker dari Malang, Surabaya, Jogja, Bandung dan Jakarta. Hampir sebagian besar dari 5 kota ini. Rata-rata mereka menggunakan kereta api ke Banyuwangi. Ada 6 kereta yang berhenti di Banyuwangi yaitu,

  • KA Sritanjung : Melayani rute Banyuwangi – Lempuyangan Jogja (06.45-20.00), Lempuyangan Jogja- Banyuwangi (07.30-20.00) melalui Surabaya
  • KA Probowangi : Melayani rute pendek Banyuwangi – Surabaya (14.45-22.00), Surabaya – Banyuwangi (04.25-12.00)
  • KA Mutiara Malam : KA kelas bisnis dan eksekutif yang melayani rute pendek Banyuwangi – Surabaya ( 22.00-05.30) dan Surabaya – Banyuwangi (22.00-05.30)
  • KA Mutiara Siang : KA kelas bisnis dan eksekutif yang melayani rute yang sama dengan KA Mutiara Malam namun di siang hari. Banyuwangi – Surabaya (09.00-16.00), Surabaya – Banyuwangi (09.00-16.00)
  • KA Tawang Alun : Melayani rute Banyuwangi – Malang (05.00-12.00), Malang-Banyuwangi (14.57-22.10)
  • KA Pandanwangi: Melayani rute pendek Banyuwangi – Jember, Jember – Banyuwangi.

Dari berbagai KA tersebut, yang biasa dipakai adalah KA Sritanjung dan KA Tawang Alun yang tiba di Banyuwangi malam hari. Jika anda masih fit, maka anda dapat langsung berangkat ke Kawah Ijen untuk melihat Blue Fire dengan start jam 23.00 dari Banyuwangi. Disarankan untuk berhenti di Stasiun Karang Asem karena posisi lebih dekat jika hendak berkunjung ke Pegunungan Ijen.

Pergi Ke Banyuwangi Naik Bus

Terminal Bus Induk adalah Sri Tanjung, telepon +62 333 510635, kira-kira 2 km sebelah selatan Pelabuhan Ketapang. Surabaya berjarak tempuh 285 km dari tempat ini, dan memakan waktu 6 jam bila menggunakan bus.

Pergi Ke Banyuwangi Naik Kapal Feri Dari bali

Kapal Feri bertolak dari Pelabuhan Gilimanuk di Bali ke Pelabuhan Ketapang setiap 30 menit, beroperasi 24 jam setiap harinya. Perjalanan selama 45 menit, meski saat pengangkutan dan penurunan penumpang bisa lebih lama. tarif Rp. 8.000 untuk penumpang berjalan kaki.

Jika bepergian dari Bali menuju Jawa, tidak perlu singgah ke Banyuwagi jika Anda tidak berencana tinggal di sana, melainkan bisa menyambung bemo kira-kira dua kilometer ke arah utara dari pelabuhan feri ke terminal bus, di mana Anda bisa meneruskan perjalanan dengan bus umum menuju Probolinggo, Surabaya, dan lainnya.

Jika Anda tiba di saat hari sudah gelap dan hendak beristirahat, ada beberapa penginapan tersedia di Ketapang, hanya sedikit berjalan kaki dari terminal feri.

Transportasi Umum Di Banyuwangi

Terminal bus utama di Banyuwangi berada di terminal kapal feri Ketapang. Dari sana, angkutan bemo berwarna kuning dan shuttle bus berangkat menuju kota (Terminal Bus Sri Tanjung dan Brawijaya), dan jurusan lainnya. Becak dapat ditemui di dalam kota.

Anda juga bisa menyewa jeep pribadi beserta pengemudi di Banyuwangi. Penting bagi perjalanan mendaki menuju Kawah Ijen atau sekedar menjelajahi bagian terpencil di sepanjang pesisir tenggara taman nasional

Motor juga bisa disewa di stasiun kereta api Karangasem. Tawar menawar harga mulai dari Rp. 75.000 – Rp. 80.000, tapi mungkin bisa juga ditawar antara Rp. 55.000 – 60,000.

Cara terbaik untuk berkeliling Banyuwangi yang luas adalah menyewa kendaraan dari bandara atau melalui hotel dan agen travel. Lokasi tujuan wisata yang ada di pegunungan dan pesisir lebih memungkinkan jika menggunakan kendaraan yang nyaman meski jalanan di Banyuwangi sebenarnya cukup layak.

Taksi

  • Jalan Brawijaya No. 4, Banyuwangi, Telp. 0333-418362

Terminal Bus

  • Terminal Sritanjung, Katapang, Telp. 0333-510396
  • Terminal Brawijaya, Banyuwangi, Telp. 0333-424438

Stasiun Kereta Api

  • Banyuwangi Baru, Katapang, Telp. 033510635
  • Karang Asem, Banyuwangi, Telp. 0333-424306

Daftar Hotel Di Banyuwangi

Ada beberapa pilihan hotel murah di Banyuwangi untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk singgah/transit. Sebagian besar hotel murah ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

  • Berlin Barat Hotel, Jl. Letjen Haryono MT 96, Banjarsari, Glagah, telepon +62 333 421323. Kamar bersih di tengah pekarangan luas, tapi kamar mandi tidak disediakan air panas.
  • CATIMOR HOMESTAY (BLAWAN PLANTATION), Blawan-Sempol, telepon +62 85231577847 ([email protected]). Sebuah penginapan yang layak tapi sedikit mahal, Rp. 250.000. Waktu tempuh 20 menit ke Kawah Ijen.
  • Ijen Hotel, Desa Licin, telepon +62 858 68611921 ([email protected]). Sebuah hotel nyaman dengan bungalow dan vila pribadi. Berdiri pada tahun 2005. Menawarkan sarana kegiatan wisata Ijen termasuk pendakian ke kawah, penjelajahan sepanjang kaki bukit, dan mengunjungi desa-desa setempat.
  • IJEN Guest House Licin 20 km desa licin, Ijen (sisi barat Banyuwangi menuju Ijen), telepon +62 333 891 4747 atau +62 811 9844 665 ([email protected]). Sebuah penginapan yang bagus dikelilingi kebun kopi dan kebun cengkih. Lokasi mudh dijangkau dan sangat dekat dengan Kawah Ijen.
  • Ketapang Indah Hotel, Jl. Gatot Subroto km 6, telepon +62 333 422280 ([email protected]). Hanya 10 menit dari Pelabuhan kapal feri Ketapang. Waterfront cottages only 10 minutes from Ketapang ferry terminal. Kolam renang dan restorannya luas dan nyaman.
  • Manyar Hotel, Jl. Gatot Subroto 74 (Lokasi di area Pelabuhan Ketapang), telepon +62 333 424741. Bisa menjadi alternatif hotel untuk beristirahat sebelum atau sesudah keberangkatan dengan kapal feri.
  • Mirah Hotel, Jl. Yos Sudarso, Klatak, Giri, telepon +62 333 420600‎ ([email protected]). Penginapan sangat nyaman, hanya sejangkauan kaki ke selatan terminal feri Pelabuhan Ketapang. Harga berkisar Rp. 170,000.
  • Wisma Blambangan, Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 4, Karangrejo, telepon +62 333 42159. Sebuah penginapan murah di dalam kota.
  • Giri Indah Hotel, Jl. Hayam Wuruk No. 301 (sebelah barat pusat kota, jalur utama), telepon +62 3334 24684. Hotel murah dengan AC, bertarif Rp. 125.000

Iklim Di Banyuwangi

Banyuwangi memiliki iklim tropis. Musim panas lebih banyak hujan daripada musim dingin di Banyuwangi. Suhu di sini rata-rata 27.5 °C. Curah hujan di sini rata-rata 1602 mm.

Bahasa Daerah Di Banyuwangi

Masyarakat asli Banyuwangi disebut Banyuwanginese. Mereka memiliki dialek sendiri yang menggabungkan bahasa Jawa dengan bahasa Bali. Suku Jawa, Madura, Bali, dan orang-orang Banjar menganggap Banyuwangi adalah rumahnya.

Tempat Wisata Di Banyuwangi

1. Pantai Bedul

Pantai Bedul ini berjarak hampir dua jam berkendara dari Banyuwangi. Pantai Bedul memiliki keindahan panorama. Wisata Mangrove Bedul masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, di Dusun Blok Solo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.

Selain tanaman mangrove, Wisata Mangrove Bedul juga menawarkan daya tarik lain berupa perahu gondang gandung. Perahu gondang gandung adalah modifikasi dari dua perahu yang dijadikan satu dan biasa digunakan untuk menyusuri beberapa pantai yang terdapat di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Ada juga tempat suaka penyu yang dapat dikunjungi.

2. Taman Nasional Alas Purwo

Taman nasional yang juga  sering disebut TNAP, memiliki area seluas 43.420 hektar dan berada di ketinggian 322 m di atas permukaan laut. Awalnya bernama Suaka Margasatwa Banyuwangi Selatan, sebelum akhirnya diresmikan oleh Kementerian Kehutanan sebagai taman nasional pada tahun 1992.

Nama Alas Purwo sendiri memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua di Pulau Jawa. Hutan ini menyimpan banyak kekayaan alam, flora dan fauna. Selain itu hutan ini juga dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Setiap tahun ratusan umat Hindu dari Bali dan Banyuwangi mengunjungi sebuah pura yang terletak di tengah Alas Purwo. Tempat ini juga sering menjadi tempat tujuan kegiatan ritual beberapa masyarakat setempat, khususnya pada tanggal satu suro dan bulan purnama.

Berada di Kecamatan Kalipuro, Taman Nasional Alas Purwo terletak di jalur yang menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo. Taman Alas Purwo dapat dijangkau dengan jarak sekitar 14 km arah utara dari pusat kota Banyuwangi.

Untuk mencapai Taman Nasional Alas Purwo, Anda bisa memilih rute Banyuwangi kota menuju ke Kecamatan Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldlimo – Alas Purwo. Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Alternatif terbaik adalah menyewa mobil karena tidak ada kendaraan umum yang memiliki trayek sampai Alas Purwo.

Dari banyuwangi diperlukan waktu dua jam untuk mencapai gerbang Alas Purwo. Dari Pos Rowo Bendo tersebut pengunjung melapor sekaligus membayar retribusi resmi sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 150.000 untuk wisatawan asing.

Di Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa lokasi favorit yang layak Anda kunjungi. Antara lain,

  • Sadengan
  • Pura Giri Selaka dan Situs Kawitan
  • Pantai Trianggulasi
  • Pantai Pancur
  • Hutan Bambu
  • Wisata Gua (Gua Istana, Gua Padepokan, Gua Mayangkara, Gua Haji, Gua Lowo, Gua Basori)
  • Makam 7 Meter (Makam Mbah Dowo)
  • Pantai Ngagelan
  • Hutan Mangrove Bedul
  • Pantai Parang Ireng
  • Pantai Plengkung

Titik utama menuju taman ini adalah Desa Triangulasi, sekitar 80 kilometer sebelah tenggara Banyuwangi. Sebelum berkunjung, Anda sebaiknya menghubungi kantor Taman Nasional ini di Banyuwangi, tepatnya di Alas Purwo National Park Head Office, Jl. A. Yani 108, telepon +62 333 428675. Tersedia akomodasi standar selayak perkemahan, Anda akan disarankan oleh kantor taman nasional tentang sarana ini.

3. Kawah Ijen di Banyuwangi

Berlokasi dekat Banyuwangi dan Bondowoso, tempat ini merupakan area spektakuler bagi aktivitas gunung berapi. Kawah Ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa yang melintasi 3 kabupaten: Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo. Berada pada ketinggian 2.443 mdpl.

Kawah Ijen memiliki keistimewaan yang membuatnya populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, yaitu adanya danau belerang berwarna hijau serta api biru abadi. Anda dapat menyaksikan keindahan fenomena ini di malam hari menjelang subuh.

Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa membawa penutup hidup karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Anda juga dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini yang memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

Anda dapat mencapai Kawah Ijen melalui dua alternatif rute. Berikut ini rute yang sering digunakan oleh para pengunjung Kawah Ijen,

  • Rute ini lebih sulit dilalui karena kondisi jalan yang buruk. Biasanya digunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen. Rute ini dapat ditempuh dari Banyuwangi, lalu menuju Kecamatan Licin. Dari Licin menuju Jambu lalu ke Patulding. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38 kilometer.
  • Bondowoso. Rute ini lebih mudah dilalui karena kondisi jalan yang bagus dan relatif mulus. Rute ini dapat ditempuh dari Bondowoso, lalu menuju Wonosari, lalu ke Sempol dan akhirnya ke Patulding. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Jarak tempuh melewati rute ini adalah 70 kilometer dengan pemandangan pohon kopi dan hutan pinus yang memesona.

Anda dapat menuju Bondowoso maupun Banyuwangi dengan transportasi umum dari Surabaya. Jarak dari Surabaya ke Bondowoso maupun Banyuwangi kurang lebih 200 kilometer, perkiraan perjalanan sekitar 7 jam menggunakan angkutan umum bus dengan ongkos Rp. 50.000.

Sedangkan dari Denpasar ke Banyuwangi sekitar empat jam dengan bus umum. Dari Bondowoso atau Banyuwangi ke pos akhir Paltuding bisa ditempuh dalam tiga jam dengan menyewa mobil jeep adventure karenai medan jalan yang cukup berat.

Alternatif untuk backpacker, dari terminal Bondowoso naik angkutan desa ke Kecamatan Sempol dengan tarif Rp. 15.000, lalu dilanjutkan dengan menggunakan ojek ke Pos Patulding dengan tarif Rp. 40.000. Sedangkan dari Banyuwangi Anda bisa naik angkutan desa ke Kecamatan Licin dengan tarif Rp. 10.000, dan melanjutkan perjalanan dengan menumpang mobil truk pengangkut belerang ke Pos Patulding dengan tarif Rp. 5.000 per orang.

Tersedia penginapan yang dikelola Departemen Kehutanan di Pos Patulding, dengan biaya kamar Rp. 100.000 per malam atau Rp. 500.000 untuk sebuah villa dengan tiga kamar. Dari penginapan ini Anda bisa beristirahat dan menunggu waktu pendakian ke Kawah Gunung Ijen saat dini hari.

Mulai Bulan Oktober 2015, jalur masuk pendakian menuju gunung berapi dan loket tiket dibuka pada jam 03.00 dini hari, dengan biaya masuk Rp. 100.000.

4. Pantai Pulau Merah

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah pantai dan objek wisata di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Banyuwangi, terkenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Di sana juga terdapat Pura dimana warga umat Hindu melaksanakan upacara Mekiyis.

Wisatawan harus menghabiskan waktu 2.5 jam perjalanan untuk mencapai Pantai Pulau Merah. Tarif masuk pantai ini Rp. 3.000 (hari biasa) dan Rp. 5.000 (akhir pekan atau hari ibur). Sebagian kawasan pantai Pulau Merah berada di kaki kawasan hutan lindung Gunung Tumpang Pitu yang dikenal menyimpang kekayaan alam berupa emas.

Saat matahari terbenam akan tampak pancaran sinar yang berwarna jingga kemerahan dari balik bukit, itulah sebabnya dinamakan Pulau Merah. Yang juga istimewa dari pulau merah ini adalah ombaknya yang tinggi pada bulan April hingga bulan September, bisa mencapai 4-5 meter namun tetap aman bagi para peselancar bahkan peselancar pemula karena tidak terdapat banyak karang. Anda juga bisa menyewa papan selancar dengan biaya Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000.

Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset pulau merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan di tempat ini sehingga pantai tampak bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan ramai pengunjung.

Akses untuk menuju lokasi sangat mudah dan cukup jelas dengan adanya rambu-rambu petunjuk ke arah Pulau Merah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum dari Banyuwangi, terdapat Bisminto atau Ujang Jaya jurusan Pesanggaran, nanti turun di Pasar Pesanggaran, setelah itu dilanjutkan menyewa ojek menuju Pulau Merah.

Kalau dari arah Jember Anda bisa turun di terminal Jajag lalu ganti angkutan bus menuju Pesanggaran. Rute dari Banyuwangi menuju Rogojampi, ketika sampai di simpang tiga lampu merah Rogojampi, lurus terus hingga menjumpai perempatan lampu merah Jajag dengan patokan patung macan putih di tengah jalan, lalu belok kiri (ke arah selatan), dan Anda tinggal mengikuti rambu-rambu petunjuk menuju Pesanggaran – Pulau Merah.

5. Sukamade — Turtle Conservation Beach

Pantai Sukamade terletak di Desa Sarongan, sekitar 97 km sebelah barat daya kota Banyuwangi di mana wisatawan dapat menemukan penangkaran penyu. Meskipun menawarkan wisata seru, perjalanan menuju Pantai Sukamade tidak bisa dibilang mudah karena harus melewati jalan berkelok dan menanjak, diikuti batuan terjal serta tanah becek. Namun Anda juga akan disuguhi pemandangan indah Pantai Rajegwesi dan Teluk Hijau sepanjang menuju Pantai Sukamade.

Habitat penyu di Sukamade terdiri dari Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Slengkrah, dan Penyu Belimbing. Tak kalah menarik, Anda juga bisa melihat penyu-penyu tersebut bertelur. Anda hanya perlu datang saat malam hari karena penyu hanya akan bertelur pada malam hari dengan melipir ke pantai dan membuat lubang untuk menyimpan telur-telurnya. Anda akan ditemani seorang pemandu saat menyaksikan proses bertelurnya penyu di Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Suasana pantai ini terbilang tenang dan cocok untuk Anda yang mencari petualangan. Ada beberapa fasilitas penunjang pariwisata di tempat ini, antara lain pondok wisata, camping ground, jalan trail wisata, information centre, hingga laboratorium.

Di pantai ini juga terdapat hutan mangrove yang membuat pesona pantai lebih indah dan alami. Sungainya bisa dilalui dengan perahu kano sambil mengamati beragam burung, seperti burung roko-roko, elang laut, dara laut, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya pengamatan burung-burung ini dilakukan sambil menunggu matahari terbenam.

6. Pantai Plengkung (G-Land)

Sebagian besar wisatawan asing mengenal Banyuwangi berkat keberadaan Pantai Plengkung atau G-Land. Nama Pantai Plengkung memang sudah mendunia karena memiliki 7 gulungan ombak dengan tinggi hingga 6 meter. Tidak heran, pantai ini sangat populer di kalangan peselancar. Konon, ombak di Plengkung adalah nomor dua setelah Hawaii yang memiliki ombak sepanjang tahun. Selain itu, Pantai Plengkung juga dikelilingi deretan pepohonan yang menambah keindahan obyek wisata di Banyuwangi.

7. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran bak ‘Afrika-nya Indonesia’, sebab Taman Nasional Baluran menampilkan hamparan savana terluas di Pulau Jawa yang akan membuat Anda merasa seolah berada di Benua Afrika. Berada di sebagian wilayah Banyuwangi, Taman Nasional Baluran juga terletak di Kabupaten Situbondo dan Jember.

Selain menikmati pemandangan savana dan hutan yang menyejukkan mata, di sini Anda bisa bersafari menyaksikan aktivitas hewan-hewan yang jarang Anda lihat di tempat lain seperti banteng khas Baluran, ajag (serigala hutan dengan buntut surai hitam dan badan berwarna cokelat) dan elang buteo.

8. Taman Nasional Meru Betiri

Memiliki luas hingga 58 ribu hektar dengan 5 vegetasi berbeda, Taman Nasional Meru Betiri termasuk salah satu taman nasional terbaik di Pulau Jawa. Taman Nasional Meru Betiri merupakan habitat bagi 29 jenis mamalia dan 180 jenis burung yang dilindungi. Selain itu, wisatawan pun dapat menemukan berbagai jenis tanaman langka, beragam jenis anggrek, dan tanaman obat.

Akses menuju kawasan Taman Nasional Meru Betiri dapat dicapai melalui 4 jalur darat, baik dari Jember atau Banyuwangi.

  1. Jember – Ambulu – Curahnongko – Bandealit (ke pintu gerbang barat taman) ditempuh dalam waktu 1.5 jam dengan jarak 64 km, bila menggunakan kendaraan motor atau mobil.
  2. Jember – Glenmore – Sarongan – Sukamade (ke pintu gerbang timur taman) ditempuh dalam waktu 3.5 jam – 4 jam, dengan jarak sepanjang 103 km.
  3. Jember – Genteng – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Sukamade, sepanjang 109 km, ditempuh dalam waktu 3.5 jam – 4 jam.
  4. Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sarongan – Sukamade sepanjang 97 km, ditempuh dalam waktu 4 jam.

Mall Di Banyuwangi

Pusat perbelanjaan yang ada di Banyuwangi, total ada 5 pusat perbelanjaan,

  • Banyuwangi Plaza (Ramayana, CFC), Jl. Laksda Adi Sucipto No. 50, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia 68418, Telepon +62 813 5736 5903
  • Mall Sri Tanjung
  • Banyuwangi Square (Giant)
  • Roxy (KFC, Supermarket), Jl. Penganjuran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416
  • Mall Wijaya (NAV), Jl. MH. Thamrin, Banyuwangi, Merupakan mall tua yang kondisinya sudah kurang layak
  • Sun East Mall, Jalan Diponegoro No. 11, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, Telepon +62 333 845940

Ada juga beberapa toko dan galeri penjual cinderamata berupa oleh-oleh tradisional, beberapa di antaranya adalah,

  • Pelangi, Jalan Letkol Ngurah Rai 16, Banyuwangi, Telp. 0333 426704, Jalan Gajah Mada 3, Banyuwangi, Telp. 0333 418344
  • Ardial, Basuki Rahmat 115, Telp. 0333 421717
  • Sanggar Genjah Arum, Kemiren, Glajah, Banyuwangi, Telp. 0333 413889
  • Masnur (Kerajinan Kayu), Jalan Nusa Indah 57, Banyuwangi, Telp. 0333 410898
  • Amphibious (Pisau Komando), Jalan Kerinci No. 11, Banyuwangi, Telp. 0333 425410
  • Kejaya Handicraft, Kejaya, Tambong, Kabat, Banyuwangi, Telp. 0333 412893
  • Bamboo Handicraft, Gintangan, Rogojampi, Banyuwangi
  • Larus, Jalan Kapten Ilyas 18, Banyuwangi, Telp. 0333 4138444
  • Widuri Art, Jalan Widuri 4B, Banyuwangi, Telp. 0333 415927
  • Sritanjung, Jalan Tarakan 13, Banyuwangi, Telp. 0333 415061

Museum Di Banyuwangi 

Ada beberapa museum di Banyuwangi yang bisa anda kunjungi seperti beberapa dibawah ini:

1. Museum Sukowidi Banyuwangi

Jl. Yos Sudarso No. 15, Kelurahan Klatak, Banyuwangi, Koleksi: Foto dan Lukisan Museum

2. Blambangan Banyuwangi

Jl. A. Yani No. 78, Banyuwangi. Berlokasi di Lingkungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi

Koleksi: Guci Besar (berkuping), Arca Wisnu, Mesin Ketik, Telepon Kuno, Keris, Tombak & Senjata, Uang Gobok, Rumah Suku Using, Batik Banyuwangi, Etnografi, Arkeologi, Historika, Numistika, Fiologika, Keramologika, Tehnologika, Seni Rupa

  • Jam Buka:  Hari Senin – Kamis: Pukul 08.00 s.d 15.00
  • Hari Jum’at: Pukul 08.00 s.d 10.30

3. Gallery & Museum Mozes Misdy

Jl. Gatot Subroto 119, Ketapang, telepon +62 333 423573. Mozes Midzy adalah seorang seniman modern Jawa yang lahir di Banyuwangi pada tahun 1941. Hasil karyanya yang terpajang di Galeri ini memungkinkan untuk dibeli pengunjung yang berminat.

Tempat Hiburan Malam Di Banyuwangi

  • Cafe Lagallus, Hotel Manyar Banyuwangi Night Club, Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 110, Telepon 0333 424741, Buka sampai jam 01:00
  • Green Diamond Karaoke, Watudodol, Telepon 81934808788. Buka sampai jam 02:00
  • Mascot Hotel Dan Karaoke, Tapas Bar & Restaurant, Jl. Yos Sudarso

Rekomendasi Kuliner Di Banyuwangi

Kuliner di Banyuwangi menjadi keunggulan lainnya selain keindahan objek wisata dan kekayaan budayanya. Kuliner paling terkenal dari Banyuwangi adalah rujak soto, yang merupakan perpaduan antara rujak cingur dan soto babat. Sajian rujak disiram dengan kuah soto berikut babat sehingga menghadirkan unsur soto sekaligus rasa rujak beraroma petis. Es temulawak bisa menjadi pelengkap kenikmatan makanan ini.

Pilihan lainnya masih banyak, seperti sego tempong, sego cawuk, sate kalak, pecel pitik, sambel lucu, jangan kelor, jangan kesrut, jangan pakis, jangan bobohan, jangan jawar, jangan leroban,  uyah asem pitik, pindang koyong, bothok simbukan, pecel thotol, atau ada juga lak-lak. Untuk sajian minumannya pun beraneka macam, ada secang, selasih, ronde,  dan angsle.

Kios makanan pinggir jalan dan warung sederhana menghiasi Banyuwangi dan akan banyak Anda temui. Mudah dijumpai di pusat kota. Berikut beberapa di antaranya:

  • Grafika, Jl. Raya Situbondo km 13, Banyuwangi, telepon +62 333 510172
  • Melati, Jl. Raya Situbondo km 12 Banyuwangi, telepon +62 333 510042
  • Cawang Indah, Jl. Raya Situbondo, Banyuwangi no.10, telepon +62 333 510083
  • Pondok Wina, Jl. Basuki Rahmat, Banyuwangi, in front of Brawijaya bus terminal, telepon +62 333 412344
  • Wina Emak Joe, Jl. Basuki Rahmat, Banyuwangi, telepon +62 333 424824
  • Tanjung Lestari seafood, Jl.Yos sudarso No. 171 (Banyuwangi city town), telepon +62 333 423857
  • Bik Atik, Jl. Ahmad yani No. 83 (Banyuwangi city town), telepon +62 333 423165
  • Mitra, Jalan Japten Piere Tandean 21, telepon +62 333 421151
  • Mahkota Plengkung, Jalan Yos Sudarso, +62 333 658641
  • Sariwangi, Jalan Basuki Rachmad 130, telepon +62 816593454
  • Nikmat, Jalan Basuki Rachmad 59, telepon +62 333 424650
  • Rumah Makan Bajak Laut, Jalan Ahmad Yani 65, telepon +62 333 420099
  • Lesehan Gajah Mada, Jalan Gajah Mada – Mojopanggung, telepon +62 333 413648
  • Depot Glenmore, Jalan Raya Jember, telepon +62 333 821281
  • Rumah Makan Bu Jamilah, Jalan Wahid Hasyim 4, Genteng, telepon +62 333 845209
  • Rujak Soto Mbak Atun, Lokasi: Desa Sukowidi, Kecamatan Kalipuro, Menu andalan: Rujak soto, Harga: Rp. 10.000 per porsi
  • Warung Olgha, Lokasi: Jl. D.I Panjaitan 49, Lateng, Menu andalan: Jangan kesrut (sayur dan daging berkuah pedas)

Tips Liburan Di Banyuwangi

  • Bagi traveler yang akan melakukan perjalanan melalui jalan darat ke Banyuwangi menggunakan mobil pribadi, sebaiknya berangkat pagi hari dari tempat asal, sehingga bisa sampai Banyuwangi sebelum malam hari. Mengendarai mobil di malam hari, baik lewat jalur pantura maupun melalui jalur selatan lebih beresiko, terutama bagi yang baru pertama mengenal medannya.
  • Jika traveler sampai harus berkendara malam hari disarankan melewati jalur selatan. Dengan pertimbangan daerah ini lebih padat penduduknya, sehingga apabila ada masalah di tengah perjalanan bisa lebih mudah mendapat bantuan.
  • Jangan memaksakan diri menyetir jika kondisi lelah dan mengantuk, lebih baik beristirahat sejenak di tempat-tempat tertentu seperti pom bensin. Jika melintas di jalan pantura, terdapat sejumlah titik rest area yaitu Paiton, Pasir Putih, Hutan Baluran km 5, Masjid Bintang Bangsring – Banyuwangi. Jika lewat jalur selatan, rest area Gumitir dapat menjadi pilihan untuk beristirahat sambil mengisi perut.
  • Siapkan Perlengkapan. Kalau Anda baru pertama kali backpacker ke tempat yang menantang seperti Kawah Ijen, lengkapi barang bawaan Anda seperti akan mendaki gunung. Topi, jaket, syal leher hingga sepatu kets tidak boleh ketinggalan. Senter juga perlu disiapkan kalau Anda ingin berangkat pada waktu subuh.

Tempat Penting Yang Perlu Anda Ketahui Di Banyuwangi

Ada beberapa tempat penting di Banyuwangi mulai dari Bank, Rumah Sakit hingga kantor pos yang perlu anda ketahui. Beberapa diantaranya:

Bank Dan ATM Di Banyuwangi

  • Bank JATIM, Jl. Basuki Rahmat 156 Banyuwangi, Telepon (0333) 4267552
  • Bank Rakyat Indonesia (BRI) – Cabang Banyuwangi, Jl. A. Yani 12 Banyuwangi, Telepon (0333) 4101113
  • Bank Mandiri, Jl. Widuri 2 Banyuwangi, Telepon (0333) 4144444
  • Bank Negara Indonesia (BNI), Jl. Banterang No. 46 Banyuwangi, Telepon (0333) 4213465
  • Bank Negara Indonesia (BNI) – Cabang Genteng, Jl. Raya Gajah Mada 18 Genteng (0333) 8462466
  • Bank Central Asia (BCA) – Cabang Benculuk, Jl. PB. Sudirman 16 Banyuwangi, Telepon (0333) 4242507
  • Bank Central Asia (BCA) – Cabang Genteng, Jl. Gajah Mada 119 Genteng, Telepon (0333) 8452988
  • Bank Central Asia (BCA) – Cabang Muncar, Jl. Raya Stoplas 79 Muncar, Telepon (0333) 5930039
  • Bank Buana Indonesia, Jl. PB. Sudirman 16 Banyuwangi, Telepon (0333) 63138010

Rumah Sakit Di Banyuwangi

  • RSUD Blambangan, Jl. Letkol Istiqlah No. 49, Banyuwangi, Telepon 0333 421118, Fax 0333 421072
  • Rumah Sakit Yasmin, Jl. Letkol Istiqlah No. 84, Banyuwangi, Telepon 0333 421198
  • Rumah Sakit Umum, Jl. Merapi 54 Glenmore, Banyuwangi, Telepon 0333 845313
  • RSUD Genteng, Jl. Sultan Hasanuddin 98 Genteng, Banyuwangi, Telepon 0333 845839
  • Rumah Sakit Bhakti Husada, Jl. Tegalrharjo Glenmore, Banyuwangi, Telepon 0333 821575
  • Rumah Sakit Gladiool Medika, Jl. Sendang Rejo 76 Benculuk, Cluring, Banyuwangi, Telepon 0333 3390054

Kantor Pos Di Banyuwangi

  • Kantor Pos Banyuwangi, Jl. Dipenogoro 1, Banyuwangi 68400
  • Kantor Pos Basuki Rahmat, Jl. Basuki Rahmat 1, Banyuwangi 68414A

Informasi Turis Di Banyuwangi

  • Banyuwangi Government Culture and Tourism Service, Jl. A. Yani 78, telepon +62 333 424172, [email protected]
  • Tourist Information Centre, Ketapang Harbour (ASDP), Jl. Gatot Subroto, Ketapang
  • Alas Purwo National Park Head Office, Jl. A. Yani 108, telepon +62 333 428675

Leave a Reply