Panduan Tips Pergi Liburan Ke Putussiabu

Rate this post

Putussiabu merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Dan Putussiabu sebagai ibukota Kabupaten Kapuas Hulu.

Kecamatan ini bisa ditempuh dengan transportasi Sungai Kapuas sejauh 846km dan bisa dilalui jalan darat sejauh 814 km dari Pontianak serta melalui transportasi udara selama 1 jam 10 menit dengan menggunakan Kalstar dan Garuda dari ibukota Kalimantan Barat.

Putussiabu terletak di hulu Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km, dan 56 persen dari luas wilayah kabupaten ini merupakan kawasan konversi dalam bentuk taman nasional dan hutan lindung. Putussiabu lahir di tanggal 1 Juni, dan di peringati sebagai hari jadi kota Putussiabu.

Taman Nasional Betung Kerihun, merupakan taman nasional yang letaknya di Putussiabu, propinsi Kalimantan Barat! via @bagusfox
Taman Nasional Betung Kerihun, merupakan taman nasional yang letaknya di Putussiabu, propinsi Kalimantan Barat! via @bagusfox

Sejarah Putussiabu

Putussiabu berasal dari kota “ Putus “ dan “ Siabu “, yang artinya adalah “ memutus “ dan kata “ Sibau “ berasal dari nama salah satu sungai yang melintasi Kota Putussiabu. Di beri nama Sungai Sibau karena daerah di kiri kanan yang dilalui Sungai Sibau banyak terdapat pohon atau kayu Sibau yang buahnya seperti buah rambutan. Kemudian selain Sungai Sibau, kota Putussiabu juga dialiri oleh Sungai Kapuas yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia.

Cara Pergi ke Putussiabu

Terdapat beberapa pilihan untuk melakukan perjalanan ke Putussiabu atau Kapuas Hulu. Tetapi cara yang paling mudah yaitu dengan pesawat, selain menghemat waktu dan energi.

Pergi ke Putussiabu Melalui Udara

Dengan Pesawat untuk menuju Pontianak dari Jakarta, bisa dengan gampang mendapatkan tiket pesawat. Berikut nama – nama maskapa yang melayani rute Jakarta – Pontianak, yaitu : Garuda Indonesia, Kal Star Aviation, Batik Air, Citilink, Lion Air, Sriwijaya AIr, Malaysia Airlines, Air Asia. Dan untuk harga tiket tergantung dengan musim, penerbangan menuju ke Pontianak memakan waktu sekitar 1 jam.

Tiba di pusat kota Pontianak sekitar 14 km dari bandar udara, disarankan menggunakan taxi atau ojek.

  • Ojek, untuk biaya ojek dari bandara – kota Pontianak sekitar Rp. 50.000
  • Taxi , untuk biaya taxi dari bandara – kota Pontianak sekitar Rp. 70.000
  • Oplet, merupakan jenis mobil carry yang melewati rute – rute khusus, sebelum Anda naik disarankan untuk bertanya apakah rute sama yang akan Anda tuju. Dan untuk biaya oplet sekitar Rp. 3.000

Pontianak – Putussiabu

  • Pesawat Terbang, jika Anda ingin menggunakan pesawat terbang hanya ada satu maskapai yang melayani penerbangan dari Pontianak ke Putussiabu, dengan jadwal tiga kali seminggu, antara lain : Senin, Rabu dan Jumat. Dan untuk mendapatkan tiketnya, harus melakukan reservasi minimal tiga hari sebelum keberangkatan. Harga tiketnya sebesar Rp. 723.000 waktu perjalanan sekitar 1 jam.
  • Bis antar kota, Anda bisa memilih bis antar kota untuk mencapai kota Putussiabu. Diharuskan reservasi minimal dua hari sebelum keberangkatan, harga tiketnya sekitar Rp. 180.000 dan Rp. 260.000. Jarak tempuh bus ini sekitar 18 jam sampai 24 jam dengan kondisi jalan rusak.

Transportasi Umum di Putussiabu

  • Ojek, jenis transportasi ini bisa ditemukan di pangkalan ojek, pasar dan dermaga. Dengan biaya ojek sekitar Rp.5.000 – Rp.30.000 tergantung dengan jarak tempuhnya.
  • Taxi, taxi yang ada di Putussiabu masih bersifat pribadi dan belum resmi menjadi angkutan umum. Untuk biaya taxi menuju bandara sekitar Rp. 25.000
  • Oplet, merupakan jenis mobil carry yang melewati rute – rute khusus, sebelum Anda naik disarankan untuk bertanya apakah rute sama yang akan Anda tuju. Dan untuk biaya oplet sekitar Rp. 3.000

Hotel di Putussiabu

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Putussiabu

Iklim yang ada di Putussiabu adalah iklim tropika. Putussiabu masih hujan walaupun pada bulan kering.

Bahasa Daerah di Putussiabu

Bahasa daerah yang digunakan sehari – hari di Putussiabu adalah bahasa dayak iban.

Tempat Wisata di Putussiabu

  • Taman Nasional Betung Kerihun, merupakan taman nasional yang letaknya di propinsi Kalimantan Barat. Taman Nasional ini memiliki delapan tipe ekosistem hutan seperti hutan dataran rendah, sekunder tua, dipterocarpus, sub-montana, dan montana. Dan terdapat kurang lebih 48 jenis mamalia termasuk 7 jenis primata diantaranya klasi, orangutan, klampiau, kepuh, dan kokah.
  • Danau Piangkuak atau Mupa Kencana, letaknya di dekat kota Putussiabu merupakan rekreasi keluarga yang belum lengkap untuk fasilitasnya.
  • Goa Kaki Muler, adalah sebuah goa yang ada di pegunungan Muller jajaran pegunungan yang berada di batas propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Dan nama Muller diambil dari nama seorang komandan perang Belanda yang wafat di Jeram Bakang dan Sungai Bungan.

Kuliner khas di Putussiabu

Kerupuk Basah, jenis makanan khas yang unik dan berbeda dengan kerupuk pada umumnya, karena kerupuk yang satu ini tidak melalui proses jemur dan digoreng seperti pembuatan kerupuk pada umumnya. Dan kerupuk basah ini biasa dibuat dengan bahan dasar ikan air tawar ( ikan belida ). Makanan ini sedikit kenyal namun gurih dengan cita rasa ikan air tawar yang terasa kental, yang biasanya disajikan dengan sambal.

Tips Wisata di Putussiabu

  • Perhatikan jadwal penerbangan pesawat ke Putussiabu karena hanya ada tiga kali seminggu untuk rute Pontianak – Putussiabu.
  • Siapkan uang tunai selama berlibur di Putussiabu, karena ATM jarang di temukan di sana.

Perlu Kamu Tahu di Putussiabu

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Pendidikan No 3 Putussiabu, Telp : 0567 – 21051
  • Polres Kapuas Hulu, Jalan DI Panjaitan No 1
  • Rumah Sakit Umum Putussiabu, Jalan Kom Laut Yos Sudarso, Telp : 0567 – 21517

Leave a Reply