Panduan Tips Pergi Liburan Ke Danau Sentarum National Park

Rate this post

Taman Nasional Danau Sentarum merupakan taman nasional yang melindungi keanekaragaman hayati Danau Sentarum. Letaknya ada di Kalimantan Barat, Kabupaten Kapuas Hulu. Dan kawasan danau sentarum merupakan gabungan dari beberapa danau besar dan kecil. Taman nasional danau sentarum adalah perwakilan ekosistem lahan basah danau, hutan rawa air tawar dan hutan hujan tropik di Kalimantan. Danau ini letaknya di sebelah cekungan sungai Kapuas, yaitu sekitar 700 km dari muara menuju laut cina selatan. Dan danau ini dibatasi oleh bukit – bukit dan dataran tinggi sehingga kawasan ini merupakan daerah tangkapan air dan sekaligus sebagai pengatur tata air daerah aliran sungai ( DAS ) Kapuas.

Wilayah Utama Danau Sentarum National Park

Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum meliputi tujuh kecamatan, yaitu :

  • Batang Lupar
  • Selimbau
  • Badau
  • Jongkong
  • Bunut Hilir
  • Suhaid
  • Semitau

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Danau Sentarum National Park

Sejarah Danau Sentarum National Park

  • Di tahun 1994 Suaka Margasatwa Taman Nasional Danau Sentarum ditetapkan menjadi lokasi Ramsar di Indonesia, dikarenakan menjadi salah satu wakil daerah hamparan banjir ( lebaklebung, floodplain ) yang sangat penting, bukan hanya untuk bangsa Indonesia, namun juga bagi dunia Internasional.
  • Di tahun 1999 Suaka Margasatwa Danau Sentarum berganti fungsinya menjadi kawasan Taman Nasional Danau Sentarum melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 34 / Kpts-II/1999 tanggal 4 Februari 1999 dengan luas 132.000 ha.

Cara Pergi ke Danau Sentarum National Park

Anda bisa memilih penerbangan Pontianak – Sintang dengan perjalanan kurang lebih 45 menit dan biaya sekitar Rp. 700.000 – Rp. 800.000 per perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat bisa dengan travel atau taxi menuju Semitau atau Jongkong, waktu perjalanan sekitar 4-6 jam dan biaya Rp 150.000 – Rp 200.000 per perjalanan. Sesudah itu melanjutkan perjalanan Sungai menuju ke kawasan Danau atau rute pesawat Pontianak – Putussiabu – Lanjak, kemudian lanjut menggunakan transportasi umum Sungai Lanjak – Semitau – dan berhenti di salah satu Desa atau Kampung yang ada.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Danau Sentarum National Park

Transportasi di Danau Sentarum National Park

Masyarakat Danau Sentarum lebih sering menggunakan speedboat untuk transportasi sehari – hari. Kawasan Danau Sentarum merupakan jalur pintas antara Semitau, Selimbau atau Suhaid dengan daerah utara contohnya Lanjak, Guntur, Kapar dan Empaik menuju Badau atau sebaliknya. Jalur ini ramai dilalui speedboat dan motor bandung yang membawa masyarakat yang pulang kampung baik dari luar ke Kapuas Hulu ataupun sebaliknya, di saat mendekati hari Raya Idul Fitri dan Natal.

Hotel di Danau Sentarum National Park

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Danau Sentarum National Park

Iklim di Danau Sentarum termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan berkisar antara 4.000 mm sampai 4.727 mm/tahun. Kondisi suhunya berkisar antara 22,90 – 31, 05 C.

Bahasa Daerah di Danau Sentarum National Park

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat setempat Danau Sentarum yaitu bahasa Melayu Iban.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Danau Sentarum National Park

Tempat Wisata di Danau Sentarum National Park

Objek wisata yang ada di Danau Sentarum bukan hanya danau saja yang bisa kita kunjungi, melainkan bisa mengunjungi, diantaranya adalah :

  • Bukit Lanjak, merupakan bukit tertinggi di Lanjak yang terkenal sebagai tempat terbaik untuk melihat pemandangan Danau Sentarum dari atas. Letaknya strategis di utara dan berbatasan langsung dengan Malaysia ( Serawak ). Untuk berkunjung ke Bukit Lanjak berjarak sekitar 900 km dari Pontianak, bisa menggunakan transportasi bus sekitar kurang lebih 16 jam atau sekitar 2 jam dengan menggunakan pesawat menuju Putussiabu. Dan untuk jarak Putussiabu ke Lanjak sekitar 123 km. Kemudian dari Putussiabu, perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Badau atau Lanjak sekitar 5 jam.
  • Bukit Tekenang, adalah salah satu bukit yang letaknya di tengah danau kawasan taman nasional danau sentarum. Dengan memiliki ketinggian sekitar 128 meter dari permukaan air laut. Bukit ini sangat ideal untuk jalur pendakian dan diperlukan waktu 15-20 menit untuk mencapai puncak. Dari atas bukit ini dapat melihat landscape danau sentarum dan gua kelelawar dan di sepanjang jalur pendakian dapat mendengar berbagai macam suara burung.
  • Nanga Kenelang, adalah tempat wisata yang menarik panorama danau, bersampan dan pengamatan satwa burung dan penelitian yang dilengkapi sarana laboratorium.

Tips Wisata di Danau Sentarum National Park

  • Jangan lupa siapkan surat ijin masuk ke kawasan Taman Nasional sebelum datang berkunjung.
  • Bawalah uang tunai selama perjalanan menuju ke Taman Nasional karena ATM tidak dapat ditemukan di daerah Taman Nasional.

Perlu Kamu Tahu di Danau Sentarum National Park

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Pendidikan No 3 Putussiabu, Telp : 0567 – 21051
  • RSUD Dr Achmad Diponegoro, Jalan Kom Yos Sudarso No 42 Putussiabu, Telp : 0567 – 22855

Leave a Reply