Panduan Tips Pergi Ke Gobleg Buleleng

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal desa ini. Salah satu desa di wilayah Bali Utara, tepatnya di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Meski demikian, wilayah ini memiliki segudang keunikan, misalnya saja terletak di daerah yang cukup tinggi dan udara yang dingin hampir area desa. Perbukitan di sekitar desa membuat pemandangan menjadi lebih indah dengan hamparan tanaman cengkeh yang berbukit-bukit, serta dapat melihat matahari terbenam.

Wilayah Gobleg tergolong subur untuk berkebun, sehingga aktivitas utama masyarakat adalah pertanian dan perkebunan. Komoditi utama yang dihasilkan yakni cengkeh, sebelumnya kopi dan vanili menjadi komoditi utama tetapi mengalami penurunan harga cukup drastis. Komoditas lain yang dihasilkan desa ini, yakni bunga kembang seribu dan jeruk, yang memang cocok dengan suhu udara di desa ini, sehingga tumbuh dengan baik.

Wilayah Utama Gobleg

Wilayah Desa Gobleg dibagi menjadi empat dusun/banjar, antara lain :

  • Banjar Tengah
  • Banjar Asah
  • Banjar Unusan
  • Banjar Jembong

Panduan Tips Pergi Ke Gobleg Buleleng

Sejarah Gobleg

Desa Gobleg berasal dari kata Gobed, artina kukur atau parut. Selanjutnya kata Gobed mengalami perubahan bentuk menjadi nama Gobleg. Menurut prasasti Gobleg No.110 yang dikeluarkan Pemerintahan Ugrasena disebut Desa Hunusan yang berada di bawah kekuasaan Desa Tamblingan. Ada kemungkinan Desa Gobleg saat ini telah dihuni oleh masyarakat pada abad ke-10 atau merupakan perkebunan dari masyarakat Desa Hunusan.

Sedangkan dalam babad Gobleg, disebut tokon Ngurah Panji Landing, sebutan untuk Ngurah Panji Sakti adalah sama dengan Gusti Ngurah Panji Sakti yang disebut dalam babad Buleleng. Gusti Ngurah Panji Sakti menerang Belambangan (Jawa Timur) pada tahun 1697, sehingga wajar ada hubungan Blambangan dengan Desa Gobleg mengingat ada pura bernama Pura Blambangan di Banjar Jembong, Desa Gobleg.

Cara Pergi ke Gobleg

Pada umumnya, transportasi yang digunakan untuk mencapai Gobleg adalah taksi, rental mobil atau motor. Kendaraan-kendaraan tersebut sering digunakan dengan pertimbangan kenyamanan dan tidak perlu repot naik turun angkutan umum yang memang kurang optimal di Bali.

Transportasi di Gobleg

Transportasi yang digunakan di Gobleg tidak terlepas dari motor dan sepeda, meski Anda dapat menyewa mobil untuk berkeliling tempat wisata di sekitar Gobleg.

Hotel di Gobleg

  • Kasan Resort
  • Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa
  • Gobleg Inn

Iklim di Gobleg

Gobleg memiliki iklim tropis dengan suhu udara rata-rata 22,5 0C dan musim kemarau singkat. Meski demikian, terletak di wilayah perbukitan membuat suhu udara juga sejuk, tidak terlalu panas. September menjadi bulan terkering dan Januari bulan terhangat.

Bahasa Daerah di Gobleg

Secara umum, bahasa daerah yang digunakan di Gobleg adalah Bahasa Bali. Namun, masyarakat telah banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia untuk komunikasi.

Panduan Tips Pergi Ke Gobleg Buleleng

Tempat Wisata di Gobleg

  • Bukit Kembar Gobleg merupakan gardu pandang tepi jalan di kawasan pegunungan Buleleng, di mana terlihat Danau Tamblingan dan Danau Buyan dengan latar pegunungan.
  • Danau Tamblingan menjadi objek wisata spiritual di Bali, di mana terdapat sejumlah situs pura di lereng bukit yang mengitari danau tersebut.

Tempat Makan Rekomendasi Kuliner di Gobleg

  • Puncak Bagus Cafe
  • Café Jepun, Jalan Danau Tamblingan 212.

Tips Wisata di Gobleg

  • Siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan Desa Gobleg.
  • Persiapkan baju hangat atau kardigan sebab suhu udara di desa ini cukup dingin.

 

Leave a Reply