Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bengkulu

Kota Bengkulu adalah kota terbesar sekaligus ibukota dari Provinsi Bengkulu. Tidak hanya sebagai pusat pemerintahan provinsi, Bengkulu juga kota yang penting dalam sejarah Indonesia. Jejak peninggalan zaman dulu menghiasi sebagian besar sudut kota dan memancarkan suasana klasik yang berbeda.

Salah satu peninggalan sejarah adalah rumah kediaman Bung Karno kala diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1939-1942. Rumah tersebut masih terjaga dan menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bila melancong ke Bengkulu.

Pembangunan dan peningkatan infrastruktur seperti jalan dan jembatan terus dilakukan demi memudahkan hubungan komunikasi dan proses mobilisasi penduduk antar daerah. Jika distribusi barang dan jasa lancar, dampaknya adalah pertumbuhan ekonomi terutama untuk daerah-daerah yang sulit terjangkau dan terisolir.

Kota Bengkulu terletak di pantai barat daya Sumatera dan langsung menghadap Samudera Hindia. Kota ini dulunya dinamai “Bencoolen” oleh Inggris dan disebut “Benkoelen” oleh Belanda. Nama “Bencoolen” berasal dari Bahasa Inggris “bent coal land” sesuai dengan hasil buminya yang melimpah yakni batubara. Versi lain menjelaskan bahwa ini berasal dari bahasa lokal Bangkahulu atau Bangkahuluan (dalam bahasa Jawa), dimana “bang” berarti pantai dan “kulon” berarti barat.

Benteng Marlborough, Bengkulu via @romyindraw
Benteng Marlborough, Bengkulu via @romyindraw

Satu hal yang menarik dari Bengkulu adalah kota ini merupakan tempat bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan. Pemberian nama untuk bunga langka itu diambil dari nama Ir. Thomas Stamford Raffles. Ia adalah gubernur Inggris terakhir yang berkuasa di Bengkulu sebelum akhirnya Inggris menyerahkan Bengkulu kepada Belanda untuk ditukar dengan Singapura.

Selama pemerintahannya di Bengkulu, Raffles menempati rumah hunian yang juga digunakan untuk kegiatan pemerintahan. Saat ini, gedung tersebut masih berdiri dan dipertahankan arsitektur aslinya. Rumah Raffles dijadikan tempat tinggal bagi Gubernur Provinsi Bengkulu.

Wilayah Bengkulu

Dengan luas wilayah 539,3 km2, Kota Bengkulu terdiri dari daratan 151,7 km2 dan lautan 387,6 km2. Posisi tersebut menyebabkan kota ini mempunyai lingkungan pantai yang berhadapan dengan gelombang kuat dan dapat menimbulkan erosi alami pantai atau abrasi pantai.

Beberapa wilayah yang dapat ditemukan di Kota Bengkulu, antara lain :

  • Gading Cempaka
  • Kampung Melayu
  • Muara Bangkahulu
  • Ratu Agung
  • Ratu Samban
  • Selebar
  • Sungai Serut
  • Teluk Segara

Sejarah Bengkulu

Ada banyak cerita tentang asal usul dan nama Bengkulu. Ada yang menyebutkan bahwa nama Bengkulu berasal dari bahasa Melayu. Kata “bang” berarti “pesisir” dan “kulon” berarti “barat”. Kemudian terjadi pergeseran pengucapan bang berubah menjadi beng dan kulon menjadi kulu.

Sementara, sumber lain menyatakan nama “Bencoolen” diperkirakan diambil dari sebuah nama bukit di Cullen, Skotlandia, Bm of Cullen (atau variasmya, Ben Cullen). Penamaan ini kurang berdasar karena bukanlah tabiat bangsa Melayu untuk menamakan daerahnya dengan nama daerah yang tidak dikenal, apalagi asal nama itu dari Skotlandia yang jauh di sana.

Cerita lain yang lebih banyak dikenal masyarakat Bengkulu, yaitu kisah perang melawan orang Aceh yang datang hendak melamar Putri Gading Cempaka, anak Ratu Agung Sungai Serut. Akan tetapi, lamaran tersebut ditolak dan menimbulkan perang. Anak Dalam saudara kandung Putri Gading Cempaka yang menggantikan Ratu Agung sebagai Raja Sungai Serut berteriak “Empang ka hulu” yang berarti hadang mereka dan jangan biarkan mereka menginjakkan kakinya ke tanah kita. Dari kata-kata tersebut maka lahirlah kata Bangkahulu atau Bengkulu.

Tugu Thomas Park, Bengkulu via @dimas.syahputra31
Tugu Thomas Park, Bengkulu via @dimas.syahputra31

Sementara itu, pada pertengahan abad ke-13 sampai dengan ke-16, terdapat dua kerajaan di Bengkulu, yakni Kerajaan Sungai Serut dan Kerajaan Selebar. Kemudian, Inggris masuk ke Bengkulu yang dipimpin oleh Kapten J. Andiew dengan menggunakan tiga kapal bemama The Caesar, The Resolution dan The Defence pada 1685 dan menjajah Bengkulu selama kurang lebih 139 tahun (1685-1824). Namun, pada masa ini ratusan prajurit Inggris meninggal karena kolera, malaria dan disentri.

Setelah Belanda kalah dari Jepang pada tahun 1942 dimulailah masa penjajahan Jepang selama kurang lebih tiga tahun. Pada masa Pemerintahan Jepang dan revolusi fisik Kota Bengkulu ini menjadi ajang pertempuran untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan, serta menjadi tempat kedudukan Gubernur Militer Sumatera Selatan yang kala itu adalah DR. AK. Gani.. Tidak sedikit putera terbaik Bengkulu gugur.

Cara Pergi ke Bengkulu

Pergi Ke Bengkulu Dengan Pesawat

Anda tidak perlu khawatir menuju Bengkulu sebab tersedia penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta sebanyak enam kali sehari dengan Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink dan Garuda Indonesia.

Pergi Ke Bengkulu Dengan Kapal

Jalur laut memang tidak banyak dilalui tetapi dapat diakses dengan kapal laut domestik dari Jakarta, Padang dan Medan yang berhenti di Pelabuhan Baai, Bengkulu.

Pergi Ke Bengkulu Dengan Bus

Jika Anda ingin melakukan perjalanan melalui jalur darat, dapat dilakukan dengan bus antar provinsi dari lintas barat dan timur. Untuk jalur lintas barat dari Jakarta ke Bandar Lampung melalui hutan tropis yang lebat dari Liwa, Taman Nasional Bukit Barisan Selatab dan Krui.

Perjalanan ditempuh sekitar 22 jam dengan pemandangan laut indah tetapi kondisi jalan yang kurang baik. Sementara jalur lintas timur melewati Jakarta ke Bandar Lampung, Sumatera Selatan dan masuk Bengkulu dalam waktu sekitar 25 jam dengan kondisi jalan lebih aman.

Kendaraan wisata lain yang dapat digunakan berupa van yangmelewatirute antara Padang dan Bukit Tinggi ke Kota Bengkulu dalam waktu 19 sampai 20 jam dengan biaya Rp220.000. namun ada juga sopir yang mengambil rute perjalanan panjang melalui Muara Bungo dan Sarolangun.

Transportasi Umum di Bengkulu

Angkot

Transportasi kota ini mudah ditemukan di Bengkulu, termasuk juga ketika Anda mendarat di bandara. Meski bukan di dalam bandara, Anda dapat menjumpai angkot setelah keluar Bandara Fatmawati sekitar 50 meter ke arah jalan raya. Anda dapat naik angkot warna putih tujuan Pasar Panorama karena dari pasar tersebut dapat ditemukan angkutan umum lainnya.  Tarif angkot jauh dekat hanya Rp 4.000.

Ojek

Transportasi lain yang siap mengantarkan Anda selama di Bengkulu adalah ojek. Begitu keluar Bandara Fatmawati, para sopir ojek sudah menunggu Anda untuk diantar ke tempat tujuan. Biayanya sekitar Rp 30.000 hingga Rp 40.000. Jika Anda tidak ingin naik ojek, Anda dapat menolak dengan sopan agar sopir ojek tidak mengejar Anda.

Molek

Ini termasuk transportasi favorit di Desa Lebong Tandai, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara. Unik, kereta mini peninggalan zaman Belanda tersebut dimodifikasi menyerupai mikrolet untuk transportasi darat. Molek sendiri singkatan dari ‘motor lori ekspres’ yang didorong oleh mesin diesel dan dihubungkan dengan rantai berukuran besar. Molek ini dapat mengangkut penumpang hingga 12 orang.

Hotel di Bengkulu

Berikut beberapa hotel di Bengkulu yang bisa anda inapi:

  • Sinar Sport Hotel, Jalan Letjend Seoprapto No. 378, Bengkulu, Indonesia, 38222
  • King Suite Hotel, Jalan P.Natadirja Km 6,5 no.93 Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, 38225
  • Splash Hotel Bengkulu, Jalan Jenderal Sudirman No. 48 , Bengkulu, Indonesia, 38114
  • The Madeline Hotel, Jalan Bhakti Husada No 88, Bengkulu, Indonesia, 38225
  • Hotel Santika Bengkulu, Jalan Raya Jati No. 45, Sawah Lebar, Bengkulu, Indonesia, 38228
  • Amaris Hotel Bengkulu, Jl. Putri Gading Cempaka No. 08, Penurunan Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, 38223
  • Grage Hotel Bengkulu, JL. Pantai Nala No. 142, Bengkulu, Indonesia, 38223
  • Nala Sea Side Hotel, Jalan Pariwisata No. 13, Pantai Panjang, Bengkulu, Indonesia, 38225
  • Tropicana Guest House, Jalan M. Hasan No. 48 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu, Indonesia, 38114
  • O.R 44 Hotel, Jalan H. Adam Malik No.3A, Bengkulu, Indonesia, 38211
  • Hotel Jodipati, Jl. Mayjen Sutoyo No.30 Singaran Pati, Bengkulu, Indonesia, 38224
  • Djo Front One Inn Bengkulu, Jl. WR. Supratman No.8 Muara Bangka Hulu, Bengkulu, Indonesia, 38371
  • Hotel Tanjung Karang Bengkulu, Jalan Mayjend Sutoyo No. 04, Tanah Patah, Bengkulu, Indonesia, 38224
  • Grand Bougenville Hotel Bengkulu, Jl.Pariwisata Pantai Panjang Kota Bengkulu, Bengkulu, Indonesia, 38123
  • Wisma 72 Bengkulu, JL. PANGERAN NATADIRJA NO. 50 KM 6.5 BENGKULU, Bengkulu, Indonesia, 38211
  • Kuala View Beach Hotel, Jalan Pariwisata Pantai Panjang, Bengkulu, Indonesia
  • Queen Guest House, Jalan Kalimantan No. 2, Bengkulu, Indonesia, 38121
  • Hotel Samudera Dwinka, Jalan Jenderal Sudirman No. 246, Pintu Batu, Bengkulu, Indonesia, 38114
  • Dena Hotel Bengkulu, Jalan Fatmawati No. 29 Penurunan, Bengkulu, Indonesia, 38117
  • Pasir Putih Resort, Jl. Pariwisata No. 11 Pantai Panjang, Bengkulu, Indonesia, 38225

Iklim di Bengkulu

Kota Bengkulu terletak di daerah pesisir pantai yang menyebabkan udaranya relatif panas dengan suhu udara sepanjang tahun relatif sama. Maksimum rata-rata setiap bulan berkisar 290C – 300C dan suhu minimum berkisar 230. Iklimnya tergolong tropis basah, di mana Mei hingga Oktober ditandai dengan musim kemarau, sedangkan hujan lebat akan terjadi pada Desember hingga Januari.

Bahasa Daerah di Bengkulu

Mayoritas suku Melayu Bengkulu bermukim di Kota Bengkulu, sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu, di mana pengucapan kata berlogat “O”. Orang Bengkulu asli sangat memperhatikan tuturan atau sapaan pada seseorang, terutama kepada orang yang lebih tua, sehingga ada panggilan khususnya.

Tempat Wisata di Bengkulu

Rafflesia arnoldi adalah bunga terbesar di dunia, bunga ini bisa mencapai berat 24 Kg dengan tinggi 100 cm via @visitbengkulu
Rafflesia arnoldi adalah bunga terbesar di dunia, bunga ini bisa mencapai berat 24 Kg dengan tinggi 100 cm via @visitbengkulu
  • Fort Marlborough
  • Monumen Hamilton
  • Monumen Parr
  • Rumah Kediaman Bung Karno
  • Pemakaman Kristen Inggris, tempat peristirahatan terakhir pasukan Inggris di zaman kolonial.

Mal di Bengkulu

  • Bengkulu Indah Mall
  • Mega Mall

Museum di Bengkulu

  • Museum Bengkulu

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Bengkulu

  • Lemang Bengkulu, Jalan Adam Malik RT 01, Pagar Dewa, Kota Bengkulu
  • Sembam Ikan Marola, Jalan Pariwisata Pantai Berkas, Bengkulu
  • Sari Segara, Jalan Mayjen Sutoyo No.21, Bengkulu

Tips Wisata di Bengkulu

  • Cari Penginapan Dekat Objek Wisata, Bengkulu termasuk kota yang ramah terhadap wisatawan dalam aspek penginapan atau hotel. Tak jarang tersedia penginapan yang cocok dengan kantong backpacker. Cobalah untuk menginap di dekat objek wisata agar dapat berhemat.
  • Rencanakan Perjalanan, Pastikan Anda membuat rencana wisata agar lebih nyaman dan dapat membagi waktu ke berbagai tempat.

Kantor Pariwisata Bengkulu

Jalan P. Tendean 17 Bengkulu

Telepon : (0736) 21272

Website : www.pariwisata.bengkuluprov.go.id

Leave a Reply