Panduan Tips Pergi Ke Tendean

Jalan Tendean Jakarta, merupakan salah satu jalan protokol di daerah Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Jalan utama Jakarta dan juga merupakan pusat bisnis atau disebut Financial District. Tercatat dalam Kelurahan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Kawasan ini disebut juga sebagai kawasan komersial dikarenakan terdapat banyak gedung perkantoran, hotel, rumah makan, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, berbagai angkutan umum tersedia, oleh karena itu kawasan ini menjadi lahan emas dan potensial di Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan adalah sebuah kota dalam Daerah Istimewa Jakarta, Indonesia. Jakarta Selatan memiliki populasi 2.057.080 pada sensus yang dilakukan tahun 2010. Jakarta Selatan menempati posisi ketiga dengan penduduk paling padat di antara lima kota Jakarta, setelah Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Jakarta Selatan dibatasi oleh Jakarta Pusat ke utara, Jakarta Timur ke timur, Depok ke selatan, Jakarta Barat di barat laut, dan Tangerang ke barat.

Jalan Tendean yang tercatat dalam kelurahan Mampang Prapatan sebagai jalan utama, memang sering terjadi kepadatan kendaran pada ruas jalan khususnya di hari kerja pada pagi hari dan sore hingga malam hari. Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta terus berkonsentrasi mengurai kemacetan di Ibu Kota dengan berbagai pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Salah satu proyek yang menjadi perhatian adalah pembangunan Jalan Layang Ciledug-Blok M-Tendean khusus dengan ditargetkan rampung Desember tahun 2016.

Tendean adalah bagian dari Kota Jakarta yang tak pernah tidur via @mas_ircham19
Tendean adalah bagian dari Kota Jakarta yang tak pernah tidur via @mas_ircham19

Meski kepadatan kendaaraan yang sering terjadi di kawasan ini, tak membuat para pengunjung dikawasan ini berkurang, dikarenakan kawasan Jalan Tendean disamping dipadati oleh gedung perkantoran, kawasan Jalan Tendean dipadati juga oleh berbagai sarana umum.

Misalnya seperti rumah sakit, tempat ibadah, sarana sekolah dan kampus, dan juga tentunya tempat wisata kuliner, tempat hiburan, pusat kebugaran, salon kecantikan, dan masih banyak lagi, hal ini yang membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh para turis baik dalam negeri hingga mancanegara yang sedang dalam keperluan bekerja dan liburan.

Selain itu, Jalan Tendean merupakan jalan strategis yang menghubungkan akan kawasan potensial Bangka, Kemang dan Mampang, hal ini membuat kawasan Jalan Tendean merupakan kawasan salah satu kawasan emas di kota Jakarta Khususnya Jakarta Selatan.

Sejarah Jalan Tendean Mampang Jakarta Selatan

Jalan Tendean diambil dari seorang tokoh pahlawan nasional Kapten Pierre Tendean. Beliau adalah seorang perwira militer Indonesia yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September pada tahun 1965. Beliau berkorban demi melindungi Jenderal Abdul Haris Nasution dari sergapan G30S dengan mengakui bahwa dirinya adalah Jendral Nasution.

Mengawali karier militer dengan menjadi intelijen dan kemudian ditunjuk sebagai ajudan Jenderal Abdul Haris Nasution dengan pangkat letnan satu, ia dipromosikan menjadi kapten anumerta setelah kematiannya. Kapten Tendean dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dan bersama enam perwira korban G30S lainnya dan ia ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi Indonesia pada tanggal 5 Oktober 1965.

Perkembangan kawasan Tendean terus berkembang dari tahun ke tahun nya. Dahulu kawasan Tendean tidak sepadat saat ini. Kawasan Jalan Tendean tercatat dalam Kecamatan Mampang Kota Jakarta Selatan. Dengan lahirnya Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1b3/1/1/66 dimana penataan wilayah administratif Pemerintah Kotapraja Jakarta terbagi menjadi 5 wilayah kota dan juga merupakan dasar terbentuknya Wilayah Administrasi Kotamadya Jakarta Selatan.

Kantor kelurahan pertama kali didirikan berada di Jalan Radio V sebagai Kelurahan Kramat Pela menjadi cikal bakal Kantor Wilayah Administrasi Kotamadya Jakarta Selatan, sesuai dengaan Keputusan Gubernur tersebut di atas. Namun karena keadaan situasi politik dalam negeri saat itu tidak menentu akibat adanya peristiwa G30S/PKI, maka penggunaan kantor tersebut baru dimulai tahun 1966.

DKI Jakarta pada khusunya mempunyai konsekuensi positif akibat pembangunan dan pertumbuhan penduduk yang pesat. Guna menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat maka dibutuhkan sarana umum serta bangunan kantor yang lebih representatif, sehingga dapat menunjang kelancaran tugas-tugas di bidang Pemerintahan, Pembangunan, Kemasyarakatan dan Ketertiban Umum.

Cara Pergi ke Jalan Tendean

Melalui udara dan darat anda bisa menggunakan pesawat penerbangan Tujuan Bandara Soekarno Hatta. Setelah tiba dari Bandara Soekarno-Hatta, anda dapat menggunakan taksi tujuan Jalan Kapten Tendean.

Melalui darat dengan angkutan umum bus Apabila anda menggunakan angkutan kota bus Damri dari Bandara Soekarno Hatta rute tujuan Terminal Blok M dengan tarif kisaran 40 ribu rupiah, setelah tiba di Terminal Blok M dilanjutkan perjalanan menggunakan Bus Metromini Rute Blok M – Pasar Minggu (S 75) turun di halte Tendean dengan tarif kisaran 10 – 15 ribu.

Apabila menggunakan kereta api dari Statiun Gambir, anda dapat memilih rute dengan tujuan Station Mampang, setelah tiba di station kereta Mampang anda dapat meneruskan perjalanan menggunakan angkutan kota jurusan Bus Kopaja T57 dengan tarif kisaran 5 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Melalui jalur laut khusus perjalanan dari pulau Bali dan pulau-pulau di Indonesia Timur. menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah sampai di Tanjung Priok silahkan keluar pelabuhan dan naik kendaraan umum/angkot menuju kota tujuan Tendean Mampang Prapatan dapat menggunakan Angkutan umum, Bus, Taksi, atau ojek.

Transportasi darat Di Jalan Tendean

Untuk moda transportasi di sekitar Tendean ada banyak pilihan. Karena transportasi umum di Jakarta memang cukup bisa diandalkan. Pilihannya adalah sebagai berikut:

  • Taksi
  • Angkutan Kota
  • Bus Way, Bus Patas, Bus Ekonomi, Mini Bus
  • Ojek
  • Rental Mobil

Hotel Dan Penginapan Di Sekitar Tendean

Ada banyak pilihan hotel penginapan di sekitar Tendean, Jakarta. Mulai dari hotel murah dan ekonomis bisa ditemukan disini. Beberapa hotel yang direkomendasikan di sekitar Tendean adalah sebagai berikut:

  • Amaris Hotel Tendean Jalan Kapten P. Tendean No. 11, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta Telephone: (021) 52962228
  • Hotel NEO Tendean Kebayoran Baru, Jl. Wolter Monginsidi No.131, Jakarta Selatan Telephone: (021) 7226688
  • HOTEL MAHARADJA Jalan Kapten Piere Tendean No. 1, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 79180055
  • Hotel Diradja Mampang Prapatan, Jl. Kapten Tendean No.38, Jakarta, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 29403535
  • ZenRooms Mampang Tendean Jl. Kapten Tendean No.38, Jakarta, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 29888140
  • Pomelotel Jalan Dukuh Patra Raya no 28, Kuningan, Mampang, 12870 Jakarta, Indonesia
  • Hotel Maharani Raya No. No.8, RT.1/RW.2, Tegal Parang, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 79183855
  • Tendean Residences Jl Kapten Tendean (Wolter Monginsidi) 127, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 7201698
  • Hotel FLAT06 Tendean Jl. Bangka I No.2A, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telephone: (021) 22707278

Iklim di Tendean

Mengenai iklim di daerah Kapten Tendean Jakarta yang termasuk ke dalam daerah Khusus Ibu Kota Jakarta adalah iklim tropis. Curah hujan yang signifikan di sebagian besar bulan dalam setahun. Bulan terkering adalah di Bulan Juli, dengan 58 mm hujan. Dengan rata-rata 402 mm.

Bahasa Daerah Jalan Tendean

Bahasa daerah yang digunakan, dikarenakan masuk ke dalam daerah Khusus Ibu Kota Jakarta menggunakan bahasa Indonesia, dengan lingkungan yang dominan berbagai suku adat istiadat namun lebih kental dengan logat daerah Jakarta menggunakan bahasa Indonesia perpaduan logat Betawi dengan logat Jawa

Objek Wisata Sekitar Tendean dan Jakarta Selatan

Anda bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan untuk berwisata via @ragunanzoo
Anda bisa berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan untuk berwisata via @ragunanzoo

Meski tidak terlalu banyak wisata alam di Jakarta, namun anda bisa mencoba mengunjungi beberapa tempat wisata yang berada tak jauh dari tendean seperti di bawah ini:

  • Setu Babakan
  • Museum Layang Layang Indonesia
  • Pasar Santa
  • Kebun Binatang Ragunan
  • Taman Anggrek Ragunan
  • Setu Babakan
  • Cilandak Town Square
  • Kemang Food Festival
  • Taman Langsat

Museum Terdekat dengan Tendean

Salah satu koleksi museum satria mandala Jakarta via @jovarelcallum
Salah satu koleksi museum satria mandala Jakarta via @jovarelcallum
  • Museum Satria Mandala Jl. Jendral Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Barat Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor telephone: (021) 5227946
  • Museum di Tengah Kebun. Jalan Raya Mampang Nomor No.66 RT.7/RW.3 Bangka, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor telephone: (021) 7196907
  • Museum Layang Layang Indonesia Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor Telepon:(021) 7658075

Mal/Pusat perbelanjaan terdekat sekitar Tendean

  • Tendean Plaza Jalan Kapten Tendean St. No.45 Kuningan Barat, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12710
  • La Codefin Jalan Kemang Raya St. No.8 Bangka, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12730
  • Kemang Square Jalan Kemang Raya St. No. 3A Bangka, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12730
  • Oktroi Plaza Jalan Kemang Raya St. No. 1 Bangka, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12730
  • Adorama Plaza Jalan Kemang Raya St. No. 17 Bangka, Mampang Prapatan. Jakarta Selatan 12730
  • Kemang Village Mall Jalan Pangeran Antasari St. No.36 Cipete Utara, Kebayoran Baru. Jakarta Selatan 12150
  • Lippo Mall Kemang Jl. Pangeran Antasari No.36, RT.11/RW.5, Kemang, Mampang Prapatan Kota

Tempat Hiburan Malam di Tendean Mampang dan sekitar Jakarta Selatan

  • Murphy’s Public House Jalan Kemang Utara Raya, Bangka, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta No Telephone: (021) 7183382
  • JK 7 Jalan Kemang Raya No.7, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta Telepon: (021) 7195000
  • Bremer Jl. Kemang 1 No. 8 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan Nomor Telephone: +62-21 7199304
  • Beer Garden JL. Benda No.7, Kemang Nomor Telephone: +62-21 789 1145 
  • Eastern Promise Jalan Kemang Raya No. 5, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Telepon: (021) 71790151
  • Die Stube Jl. Kemang Raya No.2, 5, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Telepon: (021) 71793486
  • Venue Kemang Jl. Kemang Selatan No. 2 Telepon: (021) 7805610
  • Beer Brother Kemang Jalan Raya Taman Kemang 2 No. 28, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Telepon: (021) 71796030
  • Tipsy Bar & Lounge The Beat Building 2nd Floor, Jl. Kemang Raya No. 29, Daerah Khusus Ibukota Jakarta Telepon: (021) 7182970

Tempat Makan Rekomendasi Sekitar Jalan Tendean

  • Mix Diner & Florist Jl. Kapten Tendean No. 34, Mampang Prapatan, Jakarta Nomor Telephone: 021 29704981
  • Warung Nagih Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta
  • Coffe Smith Jl. Duren Tiga Raya No. 19, Mampang Prapatan, Jakarta
  • Bakoel Bebek Total Buah Segar, Lantai 2, Jl. Warung Buncit No. 154, Mampang Prapatan, Jakarta 12760
  • Rumah Makan Andakar Jl. Duren Tiga Raya No. 11, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone: 021 79198184
  • Ayam Goreng Soeharti Jl. Kapten Tendean No. 13, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone 021 5254595
  • Seven Grain Resto Jl. Mampang Prapatan No. 151, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone 021 7971129
  • Kedai Fusion Jl. Kapten Tendean Kav. 41, Mampang Prapatan, Jakarta
  • Bebek Ireng Suroboyo Jl. Kapten Tendean 12D, Mampang Prapatan, Jakarta 021 7987073
  • Mie Keriting Duren Tiga Jl. Duren Tiga Raya No. 6A, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone 0812 85909292
  • Sushi Miya8i Food Lab, Jl. Kapten Tendean No. 41, Mampang Prapatan, Jakarta
  • Dapur Kecombrang Jl. Mampang Prapatan VIII No. 14, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone 0812 13317114
  • Republic Nasi Goreng Jl. Mampang Prapatan 6, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone 0857 77198044
  • Pondok Kebuli Ibu Hanna Jl. Mampang Prapatan VI No. 81, Mampang Prapatan, Jakarta No Telephone: 021 7941095

Tips Berwisata di Jalan Tendean

  • Bagi anda pecinta kuliner dan hiburan malam tentunya kawasan ini menyajikan berbagai restoran serta pub & lounge menarik untuk anda kunjungi.
  • Ada baiknya anda mengunduh aplikasi perangkat penunjuk lokasi anda berada ke ponsel milik anda, agar anda tidak kesulitan mencari keberadaan anda serta memudahkan sebagai penunjuk jalan anda dalam bepergian.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan moment wisata anda di sekitar Jalan Tendean.
  • Bagi anda ingin berwisata sambil berencana berinvestasi property, kawasan Tendean Mampang merupakan kawasan potensial dengan tingkat investasi menguntungkan.

Perlu Kamu Tahu Tentang Jalan Tendean

  • Polsek Mampang Jl. Kapten Tendean, Daerah Khusus Ibukota Jakarta No Telephone: (021) 7987609
  • Rumah Sakit Umum Mampang Jl. Kapten Tendean No.9, RT.1/RW.3, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta No Telephone: (021) 79192187
  • Kantor Kelurahan Mampang Prapatan Gg. Lurah No.4, RT.8/RW.5, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta No Telephone: (021) 7991338
  • Kantor Kecamatan Mampang Prapatan Jl. Mampang Prapatan XII, RT.3/RW.6, Tegal Parang, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Kantor Urusan Agama (KUA) – Kecamatan Mampang Prapatan Jl. Duren Bangka No.3, RT.8/RW.1, Tegal Parang, Mampang Prapatan. Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta No Telephone: (021) 7901913

Leave a Reply