PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Daftar Pilihan Gunung di Daerah Jambi, Untuk Agenda Hiking Akhir Pekan dan Bikin Kalian Betah

Blog

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera serta berapi paling tinggi di Indonesia di luar dari Papua. Gunung ini terletak di Provinsi Jambi dan bersebelahan dengan Sumatera Barat. Wilayah Gunung Kerinci dikelilingi oleh Taman Nasional Kerinci Seblat, yang merupakan habitat alami bagi macan serta badak Sumatera.

Gunung Kerinci memiliki ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut. Puncak Kerinci menawarkan pemandangan yang menakjubkan, dimana pengunjung dapat melihat kota Jambi, Padang, Bengkulu, bahkan Samudera Hindia dengan jelas. Gunung Kerinci juga memiliki sebuah kawah seluas 400 x 120 meter dengan air berwarna hijau. Di sebelah timur Gunung Kerinci, terdapat Danau Bento yang merupakan rawa tertinggi dengan air jernih di Sumatera. Di belakang Gunung Kerinci, terdapat Gunung Tujuh yang memiliki kawah indah dan hampir tidak tersentuh.

2. Gunung Masurai

Gunung Masurai terletak dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan mencakup tiga desa di Kabupaten Merangin, yaitu Jangkat, Sungai Lalang, dan Sungai Tenang. Meskipun tidak sepopuler Gunung Kerinci atau Gunung Merapi, Gunung Masurai menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Gunung Masurai memiliki ketinggian sekitar 2.935 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak aktif, gunung ini termasuk dalam tipe “sleeping mountain” yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan. Gunung Masurai adalah surganya para pendaki yang ingin menikmati suasana pegunungan di wilayah tropis. Gunung Masurai memiliki dua danau cantik, tiga puncak, dan atmosfer yang tenang.

BACA JUGA :  Jangan Ngaku Anak Gaul Semarang Kalo Belom Pernah Nongkrong di Bowery Restaurant

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung api bertipe stratovolcano yang terletak di Provinsi Jambi. Pada puncak Gunung Sumbing terdapat kawah vulkanik dan danau kawah dengan lebar 180 meter yang menjadi daya tariknya. Gunung Sumbing hanya pernah mengalami dua kali erupsi, yaitu pada tahun 1909 dan 1921. Di sebelah barat Gunung Sumbing terdapat sebuah mata air panas.

Gunung Sumbing memiliki ketinggian sekitar 2.507 meter di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Merangin. Gunung Sumbing berdekatan dengan Gunung Masurai, sehingga sering dijadikan tujuan pendakian sekaligus tempat wisata oleh para pecinta alam.

4. Gunung Tujuh

Gunung Tujuh terletak di belakang Gunung Kerinci dan masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat. Gunung Tujuh merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Meskipun tidak sepopuler Gunung Kerinci yang merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia, Gunung Tujuh selalu menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam.

Gunung Tujuh menawarkan sebuah danau dengan nama yang sama dan memiliki panorama alam yang begitu menakjubkan. Jalur trekking di Gunung Tujuh juga lebih mudah daripada Gunung Kerinci, sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Gunung Tujuh juga memiliki keunikan dengan adanya tujuh bukit yang membentuk sebuah lembah yang indah.

5. Gunung Kunyit

Gunung Kunyit terletak di wilayah Desa Talang Kemuning, Bukit Kerman, Kabupaten Kerinci, sekitar 32 km dari kota Sungai Penuh. Gunung Kunyit memiliki ketinggian mencapai 2.151 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masuk dalam kategori stratovolcano dan merupakan tempat tinggal bagi Harimau Sumatera.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Jajanan Tradisional dan Kue Khas di Daerah Lombok , Manakah Yang Menggiurkan?

Gunung Kunyit memiliki keindahan alam yang kental akan cerita mistis. Kawasan ini cukup elok dijadikan sebagai lokasi uji nyali bagi para pendaki yang suka tantangan. Hutan di sekitar Gunung Kunyit masih lebat dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Gunung Kunyit sering dijadikan destinasi oleh para pecinta alam, bahkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri banyak yang tertarik naik ke gunung ini.

6. Gunung Gedang Seblat

Gunung Gedang Seblat terletak di Taman Nasional Kerinci Seblat yang pengelolaannya dilakukan oleh dua provinsi, yaitu Jambi dan Bengkulu. Gunung ini dikenal sebagai habitat bagi harimau Sumatera, tapir, siamang, dan berbagai jenis burung langka. Di ketinggian sekitar 1.900 meter di atas permukaan laut, pengunjung akan menemukan hamparan Nepenthes spp. yang menjadi pemandangan yang sangat indah selama pendakian menuju puncak Gunung Gedang Seblat yang mencapai 2.409 meter di atas permukaan laut.

Gunung Gedang Seblat merupakan gunung yang jarang dikunjungi karena lokasinya yang terpencil dan sulit dijangkau. Namun, bagi para pecinta alam dan penikmat petualangan, Gunung Gedang Seblat menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Dari keenam gunung di Jambi yang telah dijelaskan di atas, setiap gunung menawarkan keunikan dan keindahan alam yang berbeda-beda. Gunung-gunung ini merupakan destinasi yang populer bagi para pendaki dan wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam Pulau Sumatera. Jambi sebagai provinsi dengan potensi alam yang melimpah menawarkan pengalaman petualangan yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *