Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pangkal Pinang

Kota Pangkal Pinang merupakan kota berpenduduk sekitar 134.000 jiwa, merupakan salah satu kota terbesar dipulau Bangka. Pangkal Pinang yang terletak di sebelah timur Pulau Bangka. Kota ini berkembang pesat menjadi pusat perdagangan, pusat pemerintahan dan pusat industri.

Asal muasal kota ini Pangkal atau Pengkal berasal dari bahasa Melayu berati pusat atau awal, merujuk pada peran kota ini sebagai pusat industri pertambangan timah. Sedangkan kata Pinang berunjuk pada tempat ini yang ditumbuhi pohon palem.

Wilayah Utama Pangkal Pinang

Kota Pangkal pinang terbagi dalam 7 kecamatan yaitu Taman Sari, Rangkui, Pangkalbalam, Gabek, Bukit Intan, Girimaya dan Gerunggang

Sejarah Pangkal Pinang

Pada mulanya kota Pangkal Pinang merupakan pusat pengumpulan timah kemudian berkembang sebagai pusat distrik. Kota ini juga sebagai tempat aktifitas pasar dan tempat berlabuh kapal atau perahu. Pemukiman awal di pangkal pinang berawal bangunan yang dibangun ditepi sungai yang membelah kota pangkalpinang.

Bukit Pasir Desa Lampur Sungai Selan Bangka Belitung via @sat.real212
Bukit Pasir Desa Lampur Sungai Selan Bangka Belitung via @sat.real212

Ditemukannya biji timah dan hasil bumi di kota ini merupakan pusat perdagangan seperti Karet, lada putih,  dan Damar oleh berbagai bangsa penjuru dunia. Pembentukan kota Pangkalpinang dimulai Belanda membentuk Dewan Bangka yang merupakan lembaga pemerintahan otonomi tinggi setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dan tergabung dalam Federasi Bangka Belitung dan Riau (Faberi) yang menjadi bagian dalam negara Republik Indonesia Serikat (RIS) hingga akhirnya Faberi bersatu kembali dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kemudian wilayah Bangka Belitung diserahkan pemerintah kepada gubernur Sumatera Selatan yang pada waktu itu menjabat pada tanggal 22 April 1950 dan Dewan Bangka Belitung dibubarkan. Berdasarkan undang-undang yang berlaku, Karesidenan Bangka Belitung berada di Kabupaten Bangka dan dibentuklah kota kecil Pangkal Pinang yang kemudian disahkan menjadi daerah otonom Kota Pangkal Pinang hingga sekarang.

Cara Pergi ke Pangkal Pinang:

Banyak cara untuk pergi ke Pangkal Pinang. beberapa cara untuk sampai ke kota ini adalah :

Pergi Ke Pangkal Pinang Dengan Pesawat:

Untuk menuju kota pangkal pinang para wisatawan dapat naik pesawat terbang akan di sambut di Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang ataupun Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Pangkal Pinang berada di Pulau Bangka, sementara Tanjung Pandan berada di Pulau Belitung.

Ada enam maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Pangkal Pinang, yaitu Sriwijaya, Lion Air, Garuda, Merpati, Batavia, dan Aviastar. Harga tiket mulai dari Rp 300.000, untuk menuju ke pusat kota bisa menggunakan taksi bandar akan dikenakan harga sekitar Rp 60.000 untuk perjalanan berjarak sekitar 7km ke kota Pangkal Pinang.

Pergi Ke Pangkal Pinang Dengan Kapal Laut

Jika anda menetap disisi timur selatan di timur pulau sumatera seperti sumatera selatan, jambi, dan lampung untuk menuju ke kota pangkal pinang akan dikenakan biaya lebih murah dibandingkan naik pesawat. Melalui jalur laut bisa melalui Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan.

Sehingga para wisatawan dari Jambi dan Lampung bisa naik bus terlebih dahulu ke Palembang. Waktu tempuh dari Boom Baru Palembang ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok sekitar tiga jam dengan kapal cepat jenis jetfoil.

Kapal feri tersedia di beberapa rute, seperti  Pontianak, Tanjung Priok (Jakarta), Semarang, dan Surabaya. Namun, Anda mesti cek jadwalnya terlebih dahulu, karena jadwalnya berubah-ubah. Salah satu kapal yang menyediakan rute-rute adalah milik Pelni yaitu KM Leuser dengan harga tiket di kisaran mulai dari Rp 121.000.

Sedangkan rute yang menghubungkan Pangkalpinang dan Tanjung Pandan tersedia oleh KM Bahari Express melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. KM Bahari Express melayani rute dari Bangka ke Belitung satu kali sehari, yaitu pada pukul 14.00.

Transportasi Umum Di Pangkal Pinang

Para wisatawan yang ingin berkeliling kota pangkal pinang dapat menggunakan sarana Angkutan kota Pangkal Pinang sebagai berikut :

  • Warna Merah : Terminal Induk- Jl. Jendral Sudirman – Jl. Yos Sudarso- pelabuhan pangkal balam.
  • Warna Biru Muda : Terminal Induk-Jl. Jendral Sudirman-Selindung-Terminal Girimaya
  • Warna Kuning: Terminal Induk-Jl. Soekarno Hatta-bandara-Terminal
  • Warna Hijau: Terminal Induk- Jl. Depati Amir- Terminal kampung keramat
  • Warna Biru: Terminal Induk- Jl. Ahmad Yani-Jl Adhyaksa-Bukit Merapin-Kamung Melayu Tunatunu
  • Warna Putih: Terminal Induk-Jl. Masjid Jamik-Jl Solihin GP Terminal Kampung Keramat- Jl Depati Amir
  • Warna Hitam: Terminal induk-Jl. Depati Hamzah-Jl, Air Itam-Kompleks perkantoran Gubernur

Hotel di Pangkal Pinang

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di kota Pangkal Pinang, telah menumbuhkan pula hotel-hotel di daerah ini. Berbagai fasilitas juga ditawarkan. Mulai dari kenyamanan, arsitektur dan harga yang cukup bersaing. Beberapa hotel di Pangkal Pinang yang bisa anda inapi adalah sebagai berikut:

  • Soll Marina Hotel & Conference Center Bangka, Jalan Raya Koba Km. 8, Pangkalan Baru, Bangka, Indonesia, 33171
  • Hotel Santika Bangka, Jalan Sukarno Hatta (Jalan Raya Koba) KM. 5 No. 17 Pangkalan Baru, Bangka, Indonesia, 33172
  • Menumbing Heritage Hotel, Jl. Gereja No. 5 , Bangka, Indonesia, 33131
  • Novotel Bangka Hotel & Convention Centre, Jl Soekarno Hatta, Pangkalpinang, Bangka, Indonesia, 33136
  • Cordela Pangkalpinang, Jalan Hamidah No. 39, Batin Takal – Taman Sari , Bangka, Indonesia, –
  • Puncak Budget Hotel, Jl. KH. Abdurahman Siddik No.180, Bangka, Indonesia, 33684
  • Bangka City Hotel, Jalan Alexander No.1 Kel. Air Tam, Bangka, Indonesia, 33138
  • Puri Oasis Homestay, Jalan Ahmad yani dalam, Bangka, Indonesia, –
  • Golden Vella Hotel, Jl. Sungai Batu ( Sudirman ), Kecamatan Rangkui, Gang Masjid, Bangka, Indonesia
  • Hotel Grand Mutiara, Jalan Yang Zubaedah Kampung Bintang, Pangkal Pinang Bangka Belitung, Bangka, Indonesia, 33684
  • Hotel Bumi Asih, JL.Jend. Sudirman No 25, Bangka, Indonesia, 33684
  • Airy Pangkal Pinang Kp Bintang Bangka, Jl. Kp. Bintang, Bintang, Rangkui, Bangka, Indonesia, 33684
  • Griya Tirta Hotel, Jl. Semabung Lama No. 272 , Bangka, Indonesia, 33147
  • Hotel Aksi 2, Jalan Depati Amir, No. 62 Kelurahan Melintang, Kecamatan Rangkui Kota Pangkal Pinang, Bangka, Indonesia
  • Grand Puncak Hotel Pangkalpinang, Jalan Jendral Sudirman No. 10F, Bangka, Indonesia, 33100
  • Grand Vella Hotel, Jl. Raya Koba KM. 5, No.18-23, Bangka, Indonesia, 33127
  • Airy Pangkal Pinang Aleksander 1 Bangka, Jl. Alexander No.1, depan CBC (Citraland Botanical City), Bacang, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia 33138, Bangka, Indonesia, 33138
  • GLORIA MESS BANGKA, Gloria Mess JL. Kampung Bintang Pangkal Pinang – Bangka, Bangka, Indonesia, 33122
  • Renz Hotel, Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Batu Intan Kecamatan Girimaya, Bangka, Indonesia, 33684
  • Hotel SolaGracia, JL Teluk Bayur, No. 223 Rt. 08 Rw. 03, Pasir Putih, Bangka, Indonesia, –

Iklim di Pangkal Pinang

Iklim daerah Kota Pangkalpinang tergolong tropis basah type A dengan rata-rata curah hujan 155,4 mm per bulan selama tahun 2009, dengan jumlah hari hujan rata-rata 17 hari setiap bulannya dimana bulan terkering jatuh pada bulan Juli. Iklim dikota ini juga dipengaruhi oleh laut, baik angin maupun kelembabannya. Suhu udara selama tahun 2011 bervariasi antara 23,3ºC – 32,3ºC.

Angin bergerak setiap hari dengan arah dari Timur pada siang hari dan dari Barat pada malam hari. Rata-rata kecepatan angin cukup bervariasi setiap bulannya yaitu 2,6 knot pada bulan Mei, yang terendah pada bulan November dan Desember sebesar 1,5 knot dan yang tertinggi terjadi pada bulan Agustus yaitu 6,1 knot.

Bahasa Daerah di Pangkal Pinang

Bahasa yang digunakan di kota pangkal pinang ini adalah Bahasa Melayu yang juga disebut sebagai bahasa daerah, namun dalam perkembangannya dengan keanekaragaman suku bangsa, bahasa lain yang digunakan antara lain bahasa jawa dan mandarin.

Tempat Wisata di Pangkal Pinang

Red Hill,Merawang-Bangka Belitung via @anas_tyas.998
Red Hill,Merawang-Bangka Belitung via @anas_tyas.998

Beberapa tempat wisata di Pangkal Pinang ini bisa anda kunjungi ketika liburan kesana:

1. Pantai Tanjung Bunga

Anda dapat menikmati pemandangan pantai dari ketinggian dengan pemandangan hilir mudik perahu nelayan yang sedang mancari ikan, Pantai Tanjung Bunga terletak di sebelah ujung selatan pantai Pasir Padi. Kawasan Pantai Tanjung Bunga telah memiliki siteplan sebagai kawasan wisata Tanjung Bunga dan sirkuit kawasan terpadu TAC TOS yaitu Tanjung Bunga Circuit and Town Square.

Keunikan Pantai Tanjung Bunga adalah terdapatnya batu-batu pantai yang tersusun indah, dan bagi para wisatawan lokasi Tanjung Bunga sangat cocok dalam petualangan dengan menyusuri pantai dan alam perbukitan. Untuk mengunjungi pantai ini diperlukan waktu kurang dari 30 menit dari pusat kota Pangkalpinang dapat diakses dengan menggunakan mobil pribadi, taksi atau mobil rental.

2. Pantai Tikus

Pantai Tikus merupakan sebuah pantai di Pulau Bangka yang masih tergolong natural lokasi pantai ini di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung, dikatakan masih natural karena  cukup terjaga dari gangguan tangan-tangan manusia. Di puncak bukit, Anda akan melihat sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah.

3. Bangka Botanical Garden

Bangka btanical garden merupakan salah satu obyek wisata favorit pilihan keluarga dan para wisatawan  Di pulau Bangka, kota Pangkalpinang khususnya, kawasan ini memiliki luas 300 hektar lokasinya strategis bersebelahan dengan pantai pasir padi.

Di Bangka Botanical Garden anda dapat menikmati suasana  sejuk hamparan rumput hijau, ditempat ini juga menawarkan untuk belajar tentang usaha pertanian, peternakan, dan perikanan secara organik yang sudah berjalan dengan baik ditempat ini.

4. Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang

Objek wisata ini dekat dengan Tamansari yang terletak di pusat kota. Di taman rekreasi yang terletak di pusat kota ini, Di alun alun ini terdapat beberapa fasilitas seperti lapangan tenis, panggung hiburan rakyat, tempat permainan anak-anak, lapangan bola voli, lapangan permainan olahraga tradisional Gasing.

Taman ini merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi, terutama bersama keluarga dan sahabat tercinta. Selain menikmati suasana tamannya yang memberikan kesejukan, para wisatawan bisa menikmati fasilitas permainan yang ditawarkan. Di alun alun ini pemerintah juga mencanangkan pementasan atraksi kesenian traditional dan opera untuk mewarnai aktivitas di kota pangkalpinang.

Mal di Pangkal Pinang

  • Plaza Pangkalpinang, Berlokasi di Pasar Ramayana dengan Jam operasional setiap hari dari pukul 9:00-21:00
  • Puncak Mall, Berlokasi di Jl. Sudirman No. 10, Pangkal Pinang dengan jam operasional setiap hari pukul 09.00-21.00 merupakan mal skala kecil yang menawarkan berbagai jenis mulai dari pakaian, barang elektronik.

Museum di Pangkal Pinang

  • Museum Timah Indonesia, Berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 179 Pangkalpinang, dekat dengan pusat kota. Di dalam museum ini dapat ditemukan sejarah awal mula penambangan biji timah yang dimulai sejak jaman kolonial Belanda. selain itu anda dapat melihat berbagai macam alat-alat tradisional sampai modern yang digunakan untuk menggali biji timah.

Tempat Hiburan Malam di Pangkal Pinang

Terdapat berbagai macam hiburan malam di kota Pangkal Pinang. Salah satunya adalah : Blue Ocean Cafe & Resto. Cafe ini terletak di Jl. A. Yani, Pangkalpinang, Kep. Bangka Belitung, Indonesia. Kelebihan cafe ini adalah live music nya yang seru. Selain itu tempatnya yang juga nyaman. Anda bisa memilih tempat outdoor ataupun indoor.

Rekomendasi Tempat Makan di Pangkal Pinang

Beberapa tempat makan di Pangkal Pinang ini layak untuk anda coba.

1. Susu Kedelai Malam Hari di kota Pangkalpinang

Di alun-alun kota Pangkalpinang menjelang sore, anda bisa mengunjungi di kedai yang menjual susu kacang kedelai dan berbagai kue basah. Susu kacang kedelai khas Bangka ini dikenal dengan nama Tai Fu Sui. Ada ciri khas rasa yang membedakan Tai Fu Sui dengan susu kedelai biasa.

Apalagi diminum panas-panas, sambil menikmati suasana kota Pangkalpinang,Tapi untuk kamu yang suka dingin, penjualnya juga menyediakan Tai Fu Sui dingin dengan es. Kadang di kedai-kedai dadakan yang menjual Tai Fu Sui juga menyediakan otak-otak sebagai teman minum susu kedelainya.

2. Selada Aling

Berlokasi di kampung bintang pangkal pinang selada ada juga pempek dan siomay. Selada Aling mirip gado – gado atau rujak pengantin kalau di Jakarta.

3. Es Anggrek

Berlokasi di Jl.Mayor Syafrie Rachman Pangkal Pinang ( didekat mall Bangka Trade Center / BTC ).

Di rumah makan Anggrek ini tersedia aneka menu makanan. Yang khasnya adalah es Anggrek. Rasa es yang gurih dan menggugah selera.

4. Mie koba

Mie koba berlokasi Jl.KH.Hasan Basri Sulaiman kota Pangkal Pinang adalah cabang dari mie Koba yang pusatnya berada di Koba Bangka Tengah. Rasa mie Koba ini unik  Kuahnya manis terbuat dari kaldu ikan. Mienya halus dan kenyal. Alamat Jl.KH.Hasan Basri Sulaiman kota Pangkal Pinang.

5. Toko oleh – oleh My Snack

Toko oleh-oleh ini berlokasi Jl.Achmad Rosidi Hamzah No.200 Pangkal Pinang Di toko oleh – oleh ini ada jual Sarang Burung Walet. Bahkan disebelah toko oleh oleh ini ada resto yang khusus jual menu masakan sup Sarang Burung walet.

6. Wisata kuliner Eat & Eat

Orang sering menyebutnya Tenda merah. Sebuah tempat makan yang berkonsep Pujasera atau segala jenis makanan ada. Waktu saya kuliner kesini saya memesan Sop Sum – Sum. Saya pikir sopnya seperti sop biasa yang umum sering saya makan, tidak tahunya penyajian sop nya memakai sedotan untuk sedot sumsum didalam tulangnya dan pisau serta garpu untuk memotong dagingnya. Rasanya maknyuus dan harganya murah. Tapi ingat makannya jangan sampai bablas bisa – bisa kolesterol naik. Alamatnya lupa saking keenakan makan sop sum – sum hehehe.

Tips Liburan di Pangkal Pinang

Jika ingin berkunjung ke Pangkal Pinang, berikut ini tips-tips yang dapat dilakukan:

  1. Bawalah sunblock agar kulit anda tidak terpapar sinar matahari langsung, sebab daerah ini beriklim tropis.
  2. Usahakan untuk membeli makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum naik ke kapal untuk menyebrang ke pulau ini, agar tidak kelaparan dan kehausan dalam perjalanan, jika anda memilih perjalanan darat dan laut.
  3. Bawalah barang-barang seperlunya, agar anda tidak kelelahan selama berwisata di pulau ini.
  4. Disarankan untuk kembali ke penginapan sebelum larut malam, karna pada malam hari, angin didaerah ini akan berhembus lebih kencang, mengingat daerah ini terletak di pinggir laut.

Tempat Penting di Pangkal Pinang

Beberapa hal yang perlu diketahui selama berwisata ke daerah ini adalah:

  1. Kantor Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Pangkal Pinang, terletak di Jl. Rasakunda, Bukit Intan, Pangkal Pinang. Telp. (0717) 439175.
  2. Kantor Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel), terletak di Jl. Bukit Intan-Babel, Pangkal Pinang, Bangka Belitung 33123. Telp. (0717) 437900  – 0717 – 4255210. Website : babel.polri.go.id
  3. Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Pangkal Pinang. RSUD ini terletak di Jl. Soekarno Hatta, Pangkal Pinang, Bangka Belitung 33140. Telp. (0717) 422693 Fax. (0717) 422693.

Leave a Reply