Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information

Dikenal dengan nama Bandara Halim Perdana Kusuma atau kalau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Halim Perdanakusuma International Airport. Bandara di Jakarta ini memiliki kode IATA: HLP, ICAO: WIHH. Ini adalah salah satu bandara yang berada di Jakarta, Indonesia, lokasinya di Jakarta Batian timur. Jadi ini adalah salah satu bandara Jakarta lain, selain Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berada di Cengkareng.

Meski menjadi bandara yang komersial, namun Bandara ini sampai sekarang masih aktif untukk digunakan sebagai pusat markas Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) TNI-AU. Bandara ini dulunya mempunyai nama Lapangan Terbang Cililitan, sebelum akhirnya berganti nama menjadi Bandara Halim Perdana Kusuma. Sebelum ada bandara CGK, dulu bandara ini juga pernah menjadi bandar udaraa utama Jakarta.

Bandara Halim Perdanakusuma Airport ini beroperasi sementara menjadi bandara komersial sejak pada tanggal 10 Januari 2014. Hal itu dimaksudkan untuk mengalihkan penerbangan dari Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta yang makin penuh sesak. Hingga sekarang, bandara ini masih melayani berbagai rute penerbangan.

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information
Ingin tahu lokasi dan alamat Bandara Halim Perdana Kusuma airport?

Video Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Sebelum membaca lebih lanjut, mungkin anda ingin tahu bagaimana bagian dalam dari bandara ini lewat video Bandara Halim Perdanakusuma Airport dibawah ini :

 

 

Sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Kamu harus tahu sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma Airport. Pada abad ke-17, daerah tempat berdiri bandara yang bernama Cililitan ini merupakan sebuah tanah partikelir. Tanah ini dimiliki oleh seorang yang bernama Pieter van der Velde. Dahulu tanah itu disebut dengan Tandjoeng Ost. Kemudian kurang lebih pada tahun 1924, sebagian tanah itu dibuat sebuah lapangan terbang.

Dan kemudian pada tanah itu berdiri sebuah lapangan terbang pertama kali di kota Batavia. Lapangan terbang tesebut kemudian dikenal dengan nama Vliegveld Tjililitan atau Lapangan Terbang Tjililitan. Masih di tahun yang sama, Lapangan Terbang Tjililitan ini didarati ole pesawat dari Amsterdam. Karena itu Lapangan Terbang Tjililitan ini kemudian jadi bandara menjadi penerbangan internasional pertama di Hindia Belanda.

Pesawat terbang Fokker yang mendarat disini memerlukan waktu cukup lama di perjalanan, sebelum mendarat di Lapangan Terbang Tjililitan. Karena memang pesawat ini pernah jatuh dan mengalami kerusakan di Serbia. Sehingga untuk memperbaiki pesawat Fokker ini harus mendatangkan suku cadang langsung dari pabriknya yang ada di Amsterdam.

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information

Lapangan Terbang Tjililitan ini juga berperan serta dalam peresmian Bandar Udara Internasional Kemayoran. Karena dari Lapangan Terbang Tjililitan ini pernah diterbangkan pesawat terbang tipe Douglas DC-3 untuk menuju bandara Kemayoran yang baru saja diresmikan di Jakarta pada waktu itu.

Setelah kemerdekaan, yaitu pada tanggal 20 Juni 1950. Belanda menyerahkan lapangan terbang ini kepada pemerintah Indonesia secara penuh. Setelah penyerahan lapangan terbang langsung dipegang oleh AURI dan dijadikan pangkalan udara militer. Lalu pada 17 Agustus 1952, Lapangan Terbang Tjililitan ini berganti nama menjadi Bandara Halim Perdana Kusuma Airport. Namanya dibuat demikian untuk mengenang almarhum Abdul Halim Perdana Kusuma yang telah gugur dalam menjalankan tugasnya.

Selain digunakan sebagai pangkalan militer, Bandara Halim Perdanakusuma Airport ini juga digunakan sebagai bandar udara sipil utama di kota Jakarta bersamaan dengan Kemayoran. Seperti misalnya pada tahun 1974, bandar udara ini harus berbagi penerbangan internasional dengan Kemayoran karena padatnya jadwal penerbangan disana.

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information
Sejarah Bandara Halim Perdana Kusuma Airport!

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport ini dahulu juga sempat digunakan untuk menggantikan peranan Kemayoran yang semakin padat. Namun kemudian justru tertuju mengarah kepada pembangunan sebuah bandar udara baru di daerah Cengkareng. Bandar udara baru tersebut tersebut dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta. Tidak seperti Bandara Halim, terdapat kereta Bandara yang melayani penumpang pergi dari dan ke Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta.

Setelah Bandara Kemayoran ditutup, Bandara Halim Perdana Kusuma Airport ini secara perlahan mengurangi jadwal penerbangan sipil untuk lebih berfokus pada kepentingan militer. Namun kira-kira pada tahun 2013, Halim memberikan sekitar 60 slot/jam untuk penerbangan berjadwal domestik maupun internasional. Hal tersebut ditujukan untuk membantu mengurangi kepadatan jadwal penerbangan di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta.

Maskapai Yang Terbang Dari Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Sampai sekarang ini ada cukup banyak maskapai yang terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Airport. Beberapa maskapai tersebut antara lain :

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information

Rute Penerbangan Tujuan Domestik Dari Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Maskapai Tujuan
Maskapai Batik Air Medan, Padang, Palembang, Ambon, Balikpapan, Surabaya, Tanjung Pandan, Ternate, Yogyakarta, Banda Aceh, Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Pekanbaru, Pontianak, Samarinda, Semarang, Silangit, Surakarta/Solo, Denpasar/Bali, Jambi, Kupang, Makassar, Malang, Mataram—Lombok.
Masakapi Citilink Surakarta/Solo, Surabaya, Tanjung Pandan, Yogyakarta, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Silangit, Balikpapan, Batam, Denpasar/Bali, Malang, Mataram—Lombok.
Maskapai Pelita Air Charter: Dumai, Cilacap, Matak.
Msakapai Susi Air  Pangandaran, Cilacap.
Maskapai TransNusa Pagar Alam, Bandar Lampung.
Charter: Cilacap, Matak.
Maskapai Wings Air Bandar Lampung, Tasikmalaya, Malang, Semarang, Yogyakarta,Bandung, Surakarta/Solo.

Rute Penerbangan Tujuan Internasional Dari Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Maskapai Tujuan
Lion Air Musiman: Madinah

Rute Penerbangan Pesawat Kargo Dari Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Maskapai Tujuan
Cardig Air Singapura, Balikpapan.
Tri-MG Intra Asia Airlines Singapura, Balikpapan.

Lama Terbang, Jadwal Penerbangan Dari Bandara Halim Perdana Kusuma

Berikut ini adalah tabel lama penerbangan langsung dari bandara halim ke beberapa kota di Indonesia.

1h 25m
Batik Air, Citilink Indonesia
1h 10m
Batik Air, Citilink Indonesia
1h 5m
Batik Air, Citilink Indonesia
1h 15m
Citilink Indonesia, Batik Air
2h 20m
Citilink Indonesia, Batik Air
1h 15m
Citilink Indonesia, Batik Air
1h 55m
Citilink Indonesia, Batik Air
1h 45m
Batik Air, Citilink Indonesia
Malang
1h 30m
Citilink Indonesia, Batik Air
Bandung
45m
Wings Abadi Airlines, Citilink Indonesia
Bengkulu
1h 10m
Batik Air
Balikpapan
2h 5m
Batik Air
Pekanbaru
1h 45m
Batik Air
Bandar Lampung
40m
Batik Air, Citilink Indonesia
Kota Ambon
3h 30m
Batik Air
Batam
1h 45m
Batik Air
Siborong-Borong
2h 0m
Citilink Indonesia
Praya
2h 20m
Citilink Indonesia
Tasikmalaya
1h 0m
Wings Abadi Airlines
Makassar
2h 20m
Batik Air

Fasilitas Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Fasilitas yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma cukup baik untuk melayani segala kebutuhan para calon penumpang atau siapapun yang akan terbang bandara ini. Beberapa fasilitas yang tersedia, yakni:

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information

Fasilitas e-Kiosk

Fasilitas e-Kiosk di Bandara Halim Perdana Kusuma tersedia untuk memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh penumpang pesawat mulai dari jadwal penerbangan hingga berbagai directory lokasi seperti tenant makanan.

Self Check in Counter

Di Bandara Halim Perdana Kusuma tersedia tujuh unit self check in counter yang disediakan khusus bagi penumpang non bagasi. Tujuan diadakan fasilitas ini untuk mengurangi potensi antrean panjang penumpang check in di customer sevice. Adanya fasilitas tersebut, bisa membuat penumpang mencetak boarding pass masing- masing di mesin Self Check In.

Bandara Halim Perdana Kusuma Airport Information

Restoran Di Bandara Halim Perdana Kusuma

Di Bandara Halim Perdanakusuma juga tersedia banyak restoran yang menyediakan berbagai kebutuhan kuliner, serta pelayanan charge daya baterai handphone. Fasilitas charging station atau pengisian daya baterai handphone juga tersedia di ruang tunggu. Restoran yang ada di bandara Halim Perdanakusuma, di antaranya yakni Hollycow Steak Hotel, A & W, Dunkin Donuts, Roti Boy, Starbucks Coffee, dan masih banyak restoran lainnya.

Fasilitas Musholla

Di Bandara Halim Perdana Kusuma tersedia fasilitas mushola yang bersih lengkap dengan tempat wudhu. Selain mushola, fasilitas toilet yang terjaga kebersihan dan kerapihannya juga tersedia. Selain 4 fasilitas di atas, bandara Halim Perdanakusuma juga menyediakan ruang menyusui anak, smoking room, minimarket, ATM, dan fasilitas lainnya.

Alamat Bandara Halim Perdana Kusuma Airport

Alamat Bandara Halim Perdana Kusuma ini berada di Jalan Halim Perdana Kusuma, Halim Perdana Kusumah, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kodepos 13610. Untuk peta lokasi Bandara Halim Perdana Kusuma Airport di Google Maps bisa kamu temukan disini.

Hotel Dekat Bandara Halim Perdana Kusuma

Untuk kamu yang mencari hotel dekat bandara Jakarta ini, mungkin bisa mencoba salah satu dari beberapa hotel yang ada di bawah ini ;

  • Omah Londo, Jl. Jengki, Blok Mawar, No.3 RT 03 RW 09 Kebon Pala, Jakarta.
  • Wisma Bukti, Jl. Bukti No.14, RT.11/RW.1, Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Elpeka Dua Residence, Jalan PLK II/19 RT. 011/01 Kelurahan Makasar. Jakarta Timur, Halim, Makasar, Jakarta.
  • Economic Wisma LPK Near Halim Perdana Kusuma (LPK), Jalan PLK II/19 RT. 011/01 Kelurahan Makasar, Halim, Jakarta Timur.
  • Casa De Vuelve Guesthouse, Jalan Cipinang Permata No 14, Makasar, Kebon Pala, Jakarta.
  • Shazira Residence Syariah, Jalan Jatiwaringin Gg. Bina Lontar No. 48, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.
  • Pondok Tirta Sentosa, Jalan Raya Halim Perdanakusumah no. 1A, Makasar, Kebon Pala, Jakarta.
  • Fortuna Hotel, Jalan Raya Jatiwaringin No. 67, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat.
  • Studio Room at Bassura City Apartment, Jalan Jendral Basuki Rahmat, RT.4/RW.6, Cipinang Besar Selatan, East Jakarta City, Jakarta.
  • Guesthouse Pisangan, Jalan Pangkalan Jati III No.11 RT/RW 9/5, Jakarta Timur.
  • 678 Hotel Cawang, Jalan DI Panjaitan Lingkar Cawang No 1B, Makasar, Kebon Pala, Jakarta.
  • Fiducia Pondok Gede, Jalan Raya Pondok Gede,Pinang Ranti II,Makasar,Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
  • Favehotel PGC Cililitan, Jalan Mayjend Sutoyo no.76 Cililitan, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta.
  • Teraskita Hotel Jakarta managed by Dafam, Jalan MT. Haryono Kav. 10A, Cawang, Kramat Jati, Jakarta.
  • Best Western Premier The Hive, Jl. DI Panjaitan Kav. 3 – 4, Cawang, Kramat Jati, Jakarta.

Leave a Reply