Panduan Tips Pergi Liburan Ke Gunung Putri

Gunung Putri adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berjarak 26 kilometer dari Jakarta dan 97 kilometer dari Bandung. Gunung Putri juga popular sebagai salah satu jalur resmi pendakian Gunung Gede Pangrango.

Lokasinya cukup mudah diakses oleh kendaraan umum dan kendaraan pribadi. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp. 5.000 Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Gunung Putri. Gunung yang memiliki ketinggian 1587 mdpl ini terletak di perkampungan Gunung Putri Desa Jayagiri, sebelah utara dari Kota Bandung.

Bagi pendaki gunung, jalur pendakian melintasi Gunung Putri tergolong cukup berat dibandingkan dua jalur pendakian lainnya yaitu Jalur Cibodas dan Jalur Selabintana. Selain itu, Jalur Gunung Putri minim sumber air tidak seperti Jalur Cibodas yang berlimpah sumber air. Namun, di sini Anda akan mendapati spot terbaik dari semua pendakian yaitu Alun-alun Surya Kencana, sebuah area padang rumput yang luas dengan hamparan bunga abadi Edelweiss.

Dari titik puncak Gunung Putri, Anda bisa melihat Gunung Bukit Tunggul di sebelah timur. Gunung Manglayang, Gede Pangrango, Gunung Ciremai, Gunung Cikurai, Gunung Tilu, dan Gunung Rakutak di sebelah selatan, dan Tangkuban Perahu juga Gunung Burangrang di sebelah Barat.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Gunung Putri @mqsyihab
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Gunung Putri @mqsyihab

Anda juga bisa menyaksikan kehidupan dan aktivitas para peternak sapi perah mulai pagi menjelang. Aktivitas peternak dan penduduk Desa Jaya Giri Gunung Putri ini turut menjadi daya tarik bagi pengunjung Gunung Putri.

Wilayah Utama Gunung Putri

Batasan wilayah Gunung Putri adalah:

  • Sebelah Utara: Kota Bekasi
  • Sebelah Selatan: Citeureup
  • Sebelah Barat: Kota Depok
  • Sebelah Timur: Cileungsi
  • Sebelah Tenggara: Klapanunggal

Sejarah Gunung Putri Bogor

Pada jaman dahulu, ada sebuah negeri kerajaan yang terkenal makmur dan sejahtera. Raja yang arif dan bijaksana sangat memperhatikan rakyatnya, dan negeri itu dikaruniai tanah yang subur.

Putri Raja yang dinamakan Putri, adalah seorang putri yang cantik dan baik hati. Banyak pangeran yang jatuh hati dan hendak melamarnya, tapi Putri tidak bersedia, Putri hanya menginginkan para pangeran itu menjadi kakaknya.

Rupanya ada seorang pangeran yang tidak terima keputusan Sang Putri lantas ingin mencelakainya. Pangeran bersiasat dengan bantuan seorang penyihir jahat untuk memanterai sang Putri, dan berhasil. Namun sesaat setelah pangeran melancarkan balas dendamnya, ia juga terkena hukuman akibat perbuatannya.

Pangeran dan rombongannya terperangkap pohon-pohon besar yang tumbuh seketika dan mereka tidak bisa melepaskan diri, maka berakhirlah juga riwayat pangeran serta rombongannya di wilayah yang lantas disebut Gunung Putri. Hawa dingin menusuk datang tiap malam di wilayah ini, tanpa ada yang sanggup menahannya.

Konon, Sang Putri pernah muncul dan menampakkan diri di saat penduduk desa kesulitan pangan, dan setelah kemunculannya, desa itu kembali makmur dengan pangan berlimpah ruah.

Cara Pergi ke Gunung Putri

Untuk menuju lokasi Gunung Putri, Anda bisa naik angkot rute ST Hall – Lembang, lalu turun di Jayagiri. Dari Jayagiri jalan kaki menuju gerbang Jayagiri. Di gerbang ini Anda perlu membayar Rp. 5.000 untuk masuk kawasan gunung. Setelah itu Anda menyusuri hutan sambil menanjak hingga ketemu pertigaan jalan lalu mengambil arah kanan ke Gunung Putri. Selanjutnya terus mengambil arah kanan menuju Gunung Putri.

Jika Anda dari Jakarta, naik bus rute Bandung atau Cianjur, turun di Pasar Cipanas, lalu lanjut naik angkot ke Gunung Putri. Namun Anda yang ingin mendaki gunung wajib melapor minimal tiga hari sebelumnya ke Kantor Pusat Taman Nasional Cibodas.

Kalau dari Bandung, ambil jalur Setiabudi menuju Lembang, atau Ciumbuleuit Dago menuju Pasar Lembang, lalu ikuti jalan ke arah Tangkuban Perahu atau Subang. Sekitar satu kilometer dari perempatan Pasar Lembang, terdapat jalan kecil dengan plang Gunung Putri.

Kalau naik angkot Anda turun di jalan kecil ini lalu berjalan kaki selama sekitar satu jam melewati perkampungan penduduk Desa Jaya Giri, kebun dan kandang ternak, hutan pinus, sampai tiba di pintu masuk Gunung Putri yang ditandai dengan sebuah tugu. Kalau Anda memakai motor, bisa menitipkan motor di warung yang tersedia.

Jalan pintas menuju puncak Gunung Putri tersedia dengan mengambil jalan ke kanan memasuki area perkebunan dengan tanjakan-tanjakan yang hardcore, tapi dalam waktu 30 menit saja Anda sudah bisa sampai di puncak Gunung Putri. Pemandangan Patahan Lembang dan gunung-gunung yang mengelilingi kawasan Bandung akan membayar semua keringat Anda.

Transportasi di Gunung Putri

Anda bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil untuk mengakses jalan menuju Gunung Putri, namun selama perjalanan menanjak dan mendaki gunung, kendaraan tidak diperbolehkan naik sehingga Anda harus berjalan kaki mendaki gunung.

Hotel di Gunung Putri

Ada beberapa hotel, resort dan villa tersedia di Desa Jaya Giri Gunung Putri. Salah satunya yang berlokasi di Jalan Raya Kranggan No. 81, Karanggan, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Telepon 021 87902488

Iklim di Gunung Putri

Gunung Putri beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Temperatur udara rata-rata tercatat 26.4 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Gunung Putri

Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa.

Tempat Wisata di Gunung Putri

Gunung Gede Pangrango berada di dekat Gunung Putri Bogor @gedepangranggo
Gunung Gede Pangrango berada di dekat Gunung Putri Bogor @gedepangranggo
  • Wisata Kampung Cina di Kecamatan Gunung Putri, tepatnya di Komplek Perumahan Kota Wisata. Perumahan Kota Wisata, Jalan Trans Yogie Km. 6, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Telepon 021 8493 5050, Website: www.kota-wisata.com
  • Benteng Belanda di Puncak Bukit Gunung Putri, Dibangun sekitar Tahun 1913 – 1917 pada masa Perang Dunia I.
  • Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu gunung favorit para pendaki dan menjadi destinasi wisata pengunjung lokal maupun Internasional, karena Gunung Gede Pangrango juga merupakan Taman Nasional yang kaya dengan vegetasi alamnya. Harga tiket masuk adalah Rp. 35.000 per orang. Jalur pendakian menuju Gunung Gede Pangrango salah satunya melewati Gunung Putri, dengan ciri trek pendakian yang terus menanjak tanpa bidang datar sekalipun, juga dipenuhi bebatuan dan akar-akar pohon yang lebat.

Mal di Gunung Putri

Gunung Putri Square. Suatu area perumahan vertikal yang dilengkapi pasar modern dan sentra bisnis di dalam satu kawasan. Lokasinya terletak setelah Cikeas. Jl. Mercedes Benz No. 257, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat 16964

Rekomendasi  Tempat Makan di Gunung Putri

  • Bakso Balungan Diza, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Harga tiap porsi Rp. 15.000
  • Mie Janda, Griya Bukit Jaya Blok O, Gunung Putri, Depan Pos Keamanan RT. 3/31, dekat Masjid Al Kahfi

Tips Wisata di Gunung Putri

  • Pilihlah waktu yang bagus untuk mendaki, jangan di saat hujan, jangan terlalu siang saat matahari sudah tinggi, dan jangan juga terlalu malam.
  • Di jalur Gunung Putri jarang ditemui sumber air, maka Anda sebaiknya menyiapkan perbekalan air dan makanan secukupnya.
  • Siapkan perlengkapan khusus mendaki, kenakan sepatu gunung yang nyaman digunakan, jaket angin yang cukup hangat, topi, dan kacamata pelindung ultraviolet.
  • Persiapan fisik jauh hari sebelumnya untuk menjaga stamina Anda tetap prima pada saat pendakian gunung.
  • Taati peraturan dan jangan membuang sampah sembarangan, khususnya di area pegunungan.
  • Carilah medan datar yang dilindungi pepohonan atau semak-semak untuk mendirikan tenda, agar dapat menahan hempasan angin gunung.

Perlu Kamu Tahu di Gunung Putri

  • Kantor Kecamatan Gunung Putri, Jl. Barokah No. 05, Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat
  • Polsek Gunung Putri, Telepon 021 8671405
  • RSB Trimitra Gunung Putri, Jl. Raya Gunung Putri Km. 117, Gunung Putri, Kota Bogor, Jawa Barat, Telepon 021 8672005

Leave a Reply