Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sindanglaya

Rate this post

Sindanglaya adalah salah satu dari 7 desa di Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Daerah Bandung Timur seperti Sindanglaya, Arcamanik, Ujungberung dan beberapa daerah lainnya di kecamatan ini berada di dataran tinggi dan perbukitan, tepatnya di kaki pegunungan dengan ketinggian 700 – 1.200 meter di atas permukaan laut.

Wilayah Kecamatan Cimenyan, dan termasuk Sindanglaya, memiliki potensi wisata alam dan wisata kuliner yang menarik. Setidaknya ada 12 tempat rekreasi, hutan lindung, 5 buah goa, dan dua tempat pemandian air panas alami di sekitar kecamatan ini. Produk unggulannya berupa produk pertanian dan olahannya, seperti singkong menjadi peuyeum, colenak, keripik singkong, getuk, dan lain sebagainya.

Wilayah Utama Sindanglaya

Batas-batas wilayah Sindanglaya dan Kecamatan Cimenyan yaitu,

  • Sebelah Utara: Kecamatan Lembang dan Bandung Barat
  • Sebelah Barat: Kota Bandung dan Bandung Barat
  • Sebelah Timur: Kecamatan Cilengkrang
  • Sebelah Selatan: Kota Bandung

Sejarah Sindanglaya

Konon, di Utara Wilayah Sindanglaya – Ujungberung, pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Kerajaan Arcamanik di tahun 1608 Masehi, setelah Kerajaan Pajajaran hancur. Kerajaan Arcamanik dipercaya untuk menyelamatkan harta karun Kerajaan Pajajaran dan Sumedanglarang dari ancaman penguasa kerajaan-kerajaan Islam (Cirebon, Banten, Demak, dan Mataram) saat itu.

Pada tahun 1922, Pemerintah Hindia Belanda melakukan penggalian dan menemukan benda bersejarah yaitu arca wanita, yang kini tersimpan di Museum Nasional. Arca wanita ini diyakini sebagai Dewi Kesuburan atau Nini Maranak milik rakyat Kerajaan Arcamanik. Temuan ini membuktikan bahwa patung wanita menjadi maskot kerajaan yang menghiasi setiap sudut keratonnya. Maka kerajaan itu pun dijuluki Arcamanik yang artinya patung hitam.

Sindanglaya adalah salah satu daerah di Bandung dengan udara yang segar via @dea.kariza
Sindanglaya adalah salah satu daerah di Bandung dengan udara yang segar via @dea.kariza

Kerajaan Arcamanik sempat hancur akibat bencana alam, lantas kerajaan dipindahkan ke daerah yang lebih tinggi, dan tak lama kemudian dibangun sebuah padepokan seni karawitan Istana, di wilayah Sindanglaya. Padepokan ini menjadi tempat latihan para putri raja.

Kerajaan Arcamanik mengalami kemunduran sejak persoalan asmara antara Sang Prabu, kekasih gelapnya, dan Permaisuri yang kemudian memicu kehancuran. Sebab Sang Prabu lebih memilih kekasih gelapnya yang sudah memberikan seorang putra, ketimbang mempertahankan Permaisurinya. Akhirnya kutukan Sang Permaisuri membawa Kerajaan Arcamanik kepada kehancuran.

Cara Pergi ke Sindanglaya

Kalau Anda berangkat dari Kota Bandung, ada 3 alternatif jalan yang bisa Anda lewati, yaitu lewat Bojong Koneng, Cimuncang, dan Padasuka. Lebih dianjurkan lewat Padasuka, sebab kondisi jalannya paling mudah dilewati motor, mobil, angkot, ojek, dan pejalan kaki. Di Padasuka juga ada kantor Kecamatan Cimenyan sehingga jalannya sudah bagus dan nyaman dilalui.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, ada Angkutan Kota (Angkot) dari Bandung dengan rute perjalanan menuju Sindanglaya.

Angkot Rute Panghegar Permai – Dipati Ukur (Warna putih kuning merah hijau)

Terminal Panghegar – Jl. Cisaranten – Jl. Cicukang – Jl. AH. Nasution (Raya Ujung Berung) – Sindanglaya – Terminal Cicaheum – Jl. Ahmad Yani – Cicadas – Jl. Kiara Condong – Jl. Jakarta – Jl. Sukabumi – Jl. Laswi – JL. RE. Martadinata – Jl. Ambon – Masjid Istiqomah – Jl. Cisanggarung – Jl. Cimanuk – Jl. CImandiri – Jl. Cimalaya – Jl. Dipenogoro – Jl. Sulanjana – Jl. Tamansari – Jl. Ganesha – ITB – RS. Boromeus – Jl. Hasanudin – Jl. Dipati Ukur – Terminal Dipati Ukur. Dan rute kembali.

Angkot Rute Bumi Panyileukan – Sekemirung atau Gede Bage – Simpang Dago (Warna pink putih hijau)

Pasar Induk Gede Bage – JL. Rumah Sakit – Jl. AH. Nasution – Ujung Berung – Sindanglaya – Terminal Cicaheum – Jl. PHH. Mustofa – Jl. Cikutra – JL. Pahlawan – Jl. Surapati – Lapangan Gasibu – Jl Panatayuda – Jl. Dipati Ukur – Jl. Ki Gede Utama – Jl. Hasanudin – RS> Boromeus – Simpang Dago. Dan rute kembali.

Transportasi Umum di Sindanglaya

Hanya Angkot satu-satunya kendaraan umum yang melintasi kawasan ini. Anda mungkin bisa naik ojek motor, menyewa mobil atau motor, sepeda, dan memakai kendaraan pribadi sebagai alternatif kendaraan lainnya. Jika ingin lebih menantang, Anda bisa coba berjalan kaki sambil menikmati pemandangan dan udara pegunungan.

Hotel di Sindanglaya

  • Kastuba Resort, Jl. Bukit Maribaya, Kampung Sindangwangi Rt. 01 Rw. 09, Lembang, Bandung, Jawa Barat 40391, Tarif kamar Rp. 1.155.000 per malam
  • Clove Garden Hotel, Jl. Awiligar Raya Dago Pakar II, Cibeunying, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 82526363, Tarif kamar sekitar Rp. 450.000 per malam
  • Marbella Suites Bandung, Jl. Sentra Dago Pakar, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 82524333, Tarif kamar Rp. 480.000 per malam
  • The Valley Resort Hotel, Jl. Lembah Pakar Tim. No. 28, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 2531052, Tarif kamar Rp. 900.000 per malam
  • Grand Cordella Hotel Bandung, Jl. Sorkarno Hatta No, 791 B. Gede Bage 4.32 Km, Kota Bandung, Jawa Barat, Tarif kamar Rp. 350.000 per malam

Iklim di Sindanglaya

Sindanglaya beriklim tropis dengan curah hujan signifikan. Hawanya sejuk khas pegunungan. Suhu udara rata-rata 25°C, dan dalam setahun curah hujan rata-rata adalah 2614 mm.

Bahasa Daerah di Sindanglaya

Bahasa Sunda

Tempat Wisata di Sindanglaya

Ada beberapa tempat wisata di Sindanglaya yang bisa kamu kunjungi seperti beberapa dibawah ini:

Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata yang ada di Sindanglaya via @djphotolab
Tebing Keraton adalah salah satu tempat wisata yang ada di Sindanglaya via @djphotolab

1. Saung Mang Udjo (SAU)

Jl. Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 7271714. Suatu objek wisata budaya berupa tempat pertunjukan, pusat kerajinan tangan dari bamboo, workshop instrument music bamboo, dan pusat belajar kebudayaan Sunda khususnya alat music Angklung.

2. Galeri Lukis Jeihan

Jl. Padasuka No. 143 -145, Padasuka, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Teleponn 022 7201273, Jam buka pukul 09.00 – 16.00 Wib. Jeihan Sukmantoro pelukis terkenal Indonesia yang karya-karyanya banyak dikoleksi oleh kolektor seni dan pejabat negara. Lukisan Jeihan memiliki ciri khas bergambar orang dengan mata hitam dan cekung, yang melambangkan kegelapan misteri jalan manusia. Jeihan belajar seni rupa di ITB, dia pernah mengalami kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya. Sejak itu, pengalaman di ambang kematian telah mempengaruhi pemikiran dan karya-karyanya.

3. Caringin Telu

Jalan Terusan Padasuka No. 43, Kampung Cisayur, Cimenyan, Bandung Timur, Jawa Barat, Jam buka pukul 09.00 – 23.00 Wib. Sebuah objek wisata yang berada di dataran tinggi pegunungan Manglayang Kabupaten Bandung Timur. Di sini Anda bisa berekreasi sekaligus relaksasi menikmati pemandangan Kota Bandung dan sejuknya udara pegunungan.

4. Oray Tapa

Desa Mekar Manik, Kecamatan Cimenyan, Bandung Timur, Jawa Barat. Wana wisata ini merupakan perpaduan hutan pinus dan cemara, dilengkapi dengan udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan indah Kota Bandung. Kegiatan yang sering dilakukan di sini antara lain berjalan kaki, berkemah, bersepeda downhill dan cross country, motorcross, juga offroad.

5. Padepokan Dayang Sumbi

Jl. Arcamanik Sindanglaya Km. 4, Kampung Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Telepon 0813 20038686. Jam buka pukul 08.00 – 13.00 dengan reservasi. Harga tiket masuk Rp. 65.000 per orang. Di desa sini Anda bisa mempelajari budi daya Ulat Sutera, mulai dari penetasan, membuat benang sutera sampai dengan menenun kain sutera. Anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang unik di mana mereka dapat bersentuhan dan berinteraksi langsung dengan ulat sutera dan proses pembuatan kain sutera.

6. Curug Batu Templek

Jl. Babakan Singkur, Cikadung, Cimenyan, Jawa Barat. Sebuah curug yang awalnya adalah tempat penambangan batu dan sebagian wilayahnya masih aktif dalam aktivitas penambangan batu.

7. Kampung Bambu

Jl. Terusan Padasuka, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Telepon 022 1056169. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 Wib.

8. Sho Garden

Jl. Terusan Padasuka No. 13, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Telepon 0811 210782. Jam buka pukul 08.00 – 20.00 Wib

9. Tebing Keraton

Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Telepon 022 2515895. Jam buka 06.00 – 18.00 Wib. Anda bisa melihat pemandangan hijau yang indah dan sunrise yang menawan dari Tebing Keraton ini.

10. Puncak Bintang

Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk Rp. 18.000. Anda bisa menikmati sunset Kota Bandung yang mempesona dari puncak ini.

Hiburan Malam di Sindanglaya

  • Armor Kopi Garden. Jl. Dago Pakar Utara No. 46D, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.
  • Inul Vizta Family KTV. Bandung Timur Plaza, Ruko B/16, Bandung 40294, Jawa Barat, Telepon 022 8779 8000.
  • Servis Susu Lounge. Antapani, Bandung, Jawa Barat, Telepon 085 2109 6000.
  • My Silver. Sukaresmi 39, Bandung 40282, Jawa Barat, Telepon 088 1855 3533.
  • Triangle Bar. Tamansari, Bandung 45461, Jawa Barat, Telepon 0852 9462 5365.
  • @Sawah Gigir Beer Garden. Jl. Paseban No. 5, Panghegar Permai, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 9338 7661

Rekomendasi Tempat Makan di Sindanglaya

  • Warung Daweung atau Warung Moko, Jl. Terusan Padasuka No.43, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.
  • Rumah Makan Teguh, Jl. Sindanglaya No. 23, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Telepon 0821 2906 3735.
  • The Best Resto, Jl. A.H. Nasution No. 325 B, Bandung Timur, Bandung, Jawa Barat, Jam buka pukul 10.00 – 22.00 Wib, Harga makanan Rp. 6.000 – Rp. 50.000.
  • Restoran 499 (Chinese Food), Jl. Jend. A. Yani No. 687, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 7100011, Jam buka pukul 08.00 – 21.00 Wib.
  • Kampung Bareto (Hidangan Asia, Western, Tempat nyaman), Jl. Terusan Padasuka Atas Km. 3.5 No.21, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 7216824, Jam buka pukul 10.00 – 21.00 Wib.
  • B’Jong Resto, Jl. Bojong Koneng Atas No. 88 Z, Cimenyan, Jawa Barat, Telepon 022 87831731,Jam buka pukul 10.00 – 22.00 Wib.
  • Lisung The Dago Boutique Resto, Jalan Bukit Pakar Timur No. 111, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 2536225, Jam buka pukul 11.00 – 22.00 Wib.
  • Warung Si Madam, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 0813 94661384.
  • Ayam Penyet Warung Kuring, Jl. Sindanglaya No. 11, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Telepon 0812 24667313.
  • Warung Seblak, Jl. Jatihandap No. 125, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Dapur Caringin Tilu, Jl. Padasuka Atas Km. 5 No. 41, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Telepon 0818 631493, Jam buka pukul 09.00 – 23.00 Wib.

Tips Wisata di Sindanglaya

  • Jika Anda membawa kendaraan pribadi mobil, gunakan mobil yang agak tinggi karena medan yang dilalui cukup terjal dan kontur tanah bergelombang. Lebih bagus lagi jika Anda menggunakan mobil yang 4 wheel drive agar lebih kuat menanjak.
  • Bawalah perbekalan yang cukup selama perjalanan, karena Anda mungkin akan sulit menemukan warung makan atau penjual makanan dan minuman di area-area tertentu.
  • Usahakan datang ke tepat tujuan wisata dengan perhitungan waktu yang tepat, untuk mendapatkan momen-momen istimewa ketika sunrise, sunset, dan malam hari dengan gemerlap cahaya Kota Bandung yang romantis. Dijamin pemandangannya akan berkali-kali lipat indahnya.
  • Periksa dan pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, karena perjalanan yang ditempuh menanjak cukup jauh dan minim bengkel di perjalanan.
  • Bawalah pakaian hangat karena udara pegunungan bisa sangat dingin menggigit.
  • Gunakan sepatu yang kuat dan nyaman untuk digunakan berwisata alam.

Perlu Kamu Tahu di Sindanglaya

  • RSUD Ujungberung Kota Bandung, Jl. Rumah Sakit No. 22, Pakemitan, Cinambo, Kota Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 7800017
  • Rumah Sakit Hermina Arcamanik, Jl. Jenderal Abdul Haris Nasution No .50, Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Telepon 022 87242525
  • Puskesmas Sukaresmi, Kampung Mariwati Km. No. 6, Sindanglaya, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Telepon 0263 581385

Leave a Reply