Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ternate

Ternate adalah salah satu wilayah terindah di Indonesia bagian Timur, yang juga merupakan bagian dari Propinsi Maluku Utara. Pulau-pulau di gugusan Maluku Utara merupakan  sumber cengkeh dunia yang melegenda. Pedagang India, Arab, Cina dan Jawa sering berkunjung ke Ternate, Tidore, dan Banda yang menjadi sumber rempah-rempah dunia.

Mereka pulang membawa komoditi berharga itu ke negara asal untuk dijual dengan harga tinggi. Cengkeh, bersama-sama dengan pala dan fuli itu begitu berharga senilai emas kerena digunakan sebagai bumbu makanan dan untuk mengawetkan makanan atau sebagai bahan obat-obatan. Sebab itu Pulau Ternate disebut sebagai pulau rempah.

Ternate dan Tidore adalah dua pulau kecil yang hampir sama besarnya. Berlokasi di sebelah barat pulau utama, yaitu Halmahera. Kedua pulau ini saling berhadapan satu sama lain dan dipancang oleh gunung api yang muncul dari Laut Maluku yang dalam.

Gunung api di pulau Ternate memberikan tanah subur dan pantai dengan pasir hitam yang berkilauan. Anda akan melihat seluruh pulau dihiasi oleh perahu berwarna-warni dalam berbagai ukuran berbaring di air dangkal berbatu dan terlindung oleh pohon kelapa yang menari-nari tertiup angin sejuk.

Apabila Ternate adalah kota pulau yang dilengkapi denyut aktivitas pemerintahan dan niaga berbeda dengan kota pulau kembarannya, Tidore. Pulau ini lebih besar dari Ternate namun sangat berbeda karena masih terbilang sepi dan lebih tenang.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ternate @beacukaiternate
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ternate @beacukaiternate

Di sini Anda akan menemukan banyak masjid di sepanjang jalan. Hampir selang beberapa ratus meter bahkan puluhan meter terdapat masjid atau mushalla. Mayarakat Tidore terkenal kuat menjalankan ajaran Islam dan ramah pada pengunjung.

Pulau Ternate sendiri memiliki luas sekitar 1.118 km persegi dan merupakan bagian dari tubuh Gunung Gamalama yang kakinya terbenam di bawah laut. Ketinggian Gunung Gamalama bila diukur dari permukaan laut hanya 1.715 meter namun jika diukur dari dasar laut mencapai 3.000 meter.

Kota Ternate menjadi rumah bagi dua pertiga dari penduduk pulau yang mayoritas Muslim. Di sini, Anda dapat mengunjungi banyak peninggalan sejarah dan menyaksikan tradisi budaya lokal yang luar biasa. Kota ini juga merupakan pusat perdagangan pulau dengan fasilitas pendukung bisnis, jaringan transportasi, dan pariwisata.

Wilayah Utama Ternate

Pantai Falajawa Ternate via @rachmat.avian
Pantai Falajawa Ternate via @rachmat.avian

Ternate diatur sebagai Kota Ternate (Kota Ternate) dalam wilayah provinsi Maluku Utara. Kota Ternate terdiri tujuh bagian wilayah/kecamatan yaitu,

  • Pulau Ternate (Ternate Island)
  • Moti
  • Ternate Utara (North Ternate)
  • Ternate Selatan (South Ternate)
  • Ternate Tengah (Central Ternate)
  • Pulau Hiri (Hiri Island)
  • Pulau-Pulau Batang Dua (Batang Dua Islands)

Sejarah Ternate

Kesultanan Ternate adalah Kerajaan Muslim Tertua di Indonesia, dibentuk oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257. Kerajaan ini mencapai kejayaannya di bawah kekuasaan Sultan Baabullah (1570–1583), dengan cakupan wilayah sebagian besar Indonesia bagian Timur dan bagian Filipina Selatan. Ternate menjadi produsen cengkeh terbesar pada Abad ke-15 hingga ke-17. Oleh karena itu, Ternate juga mempunyai objek-objek peninggalan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Cara Pergi  ke Ternate

Ada beberapa cara untuk pergi ke Ternate, cara yang murah tapi agak lama adalah pergi ke Ternate dengan kapal laut. Cara paling cepat dan efisien tentunya adalah dengan naik pesawat terbang ke Ternate.

Ternate adalah salah satu kota di Indonesia yang asik untuk liburan via @reza_irsandy
Ternate adalah salah satu kota di Indonesia yang asik untuk liburan via @reza_irsandy

Pergi Ke Ternate Dengan Pesawat Terbang

Untuk mencapai pulau ini Anda perlu terbang dari Jakarta melalui Makassar atau dari Singapura melalui Manado. Bandara Sultan Babullah di pulau ini melayani berbagai penerbangan, seperti Lion Air, Wings Air, Trigana Air, Air Express.

Garuda Indonesia saat ini melayani penerbangan dari Jakarta ke Ternate dengan transit di Manado. Susi Air merupakan penerbangan bersubsidi yang melayani penerbangan dari Ternate ke Gebe, Galela, Morotai dan Mangoli, biasanya sekali atau dua kali dalam seminggu. Biaya taksi menuju bandara berkisar Rp. 50.000

Pergi Ke Ternate Dengan Kapal Laut

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan kapal, terdapat pelabuhan kapal di Maluku Utara tepatnya di Ternate, dan pelabuhan PELNI di Ahmad Yani. Jalur pelayaran yang dilalui kapal Pelni dua kali perminggu. Dua perusahaan ekspedisi kapal angkutan adalah Mentari dan Tanto.

Sangiang beroperasi di sekitar Pulau Halmahera, tetapi jadwalnya tidak teratur jadi Anda harus memeriksa jadwal terlebih dahulu di kantor pelabuhan Ahmad Yani. Kapal Nggapulu dan Sinabung transit di Ternate dari dan ke Sorong, Papua dan Bitung, Sulawesi Utara. Lambelu menghubungkan Ternate dan Ambon, berhenti di Namlea (Buru). Kapal Ini hanya menuju ke timur.

Perahu lambat RM Theodora atau Intim Teratai keduanya berlayar ke Manado, Sulawesi Utara pada hari Sabtu/Kamis dan Sanana pada hari Selasa/Kamis. Dermaga juga tersedia di Bastiong, menghubungkan Ternate dengan Tidore dengan kapal feri berangkat pukul 7 pagi. Kapal feri juga berlayar ke Bitung pukul 10 pagi pada hari Rabu, dan 5 sore pada hari Sabtu.

Dermaga Dufa-Dufa  menghubungkan Ternate dengan Halmahera dengan kapal cepat. Dermaga Kota Baru menghubungkan Ternate dengan Sofifi, dan Halmahera dengan kapal cepat setiap harinya. Mesjid Baru, Jati Mall dan Swering juga menghubungkan Ternate, Halmahera, dan Tidore dengan kapal cepat.

Kapal feri umum meninggalkan Ternate menuju Sofifi pada pukul 6 pagi dan kembali pada pukul 9 pagi. Kemudian rute kedua dimulai pukul 11 pagi dan waktu kembali paling lambat pukul 4 sore. Setiap penyeberangan memakan waktu dua jam dengan tarif Rp. 15.000. Kapal yang berangkat dari Kota Baru mengenakan tarif Rp10.000 – Rp. 15.000 bagi ojek motor, dan Rp. 5.000 untuk angkot. Pajak pelabuhan sebesar Rp. 2.000.

Kapal cepat atau speedboats dengan rute Ternate – Tidore dan Ternate – Sofifi beroperasi sepanjang hari. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke Tidore dari Ternate hanyalah 20 minutes, dan 40 – 45 menit menuju Sofifi. Mereka naik layar hanya apabila ada 8 orang atau lebih yang berangkat. Setiap perjalanan dikenakan ongkos Rp. 50,000. Terdapat terminal angkot di dekat pasar turis.

Transportasi Umum di Ternate

Jalan berkeliling Ternate mudah dilakukan dengan menggunakan transportasi setempat seperti ojek (taksi motor dengan pengendara) atau bemo (angkutan umum).

Hotel di Ternate

Terdapat beberapa hotel dan penginapan di Ternate Tengah dan Ternate Selatan. Di Kota Ternate sendiri tersedia penginapan dari Losmen hingga Hotel Berbintang 4. Sebuah Hotel Bintang 4 International terletak di Pusat Kota Ternate.

Hotel Internasional di Ternate ini mungkin menjadi hotel terbaik dan terbaru yang bisa menyambut Anda dengan kehangatan dan keramahan khas Indonesia Timur. Hotel International ini menawarkan kombinasi unik dari desain kontemporer dengan fasilitas bintang empat yang elegan dan modern.

Berikut daftar hotel di Ternate yang bisa anda inapi:

  • Grand Dafam Bela Ternate, Jl. Raya Jati No. 500, Ternate, Indonesia, 97715
  • Muara Hotel and Mall Ternate, Jln. Merdeka no 19, Ternate, Ternate, Indonesia, 97724
  • Austine Hotel, Jl. Christina Martha Tiahahu 188, Ternate – North Maluku, Ternate, Indonesia, 97721
  • Corner Palace Hotel, Jalan Stadion Gelora Kie Raha Ternate, Ternate, Indonesia
  • Emerald Hotel Ternate, Jalan Branjangan No 28 Maluku Utara, Ternate, Indonesia,
  • The Batik Hotel, Jalan Kapitan Pattimura Ternate No. 61, Ternate, Indonesia, 97722
  • Boulevard Hotel Ternate, Jatiland Central Business District. Jl. Sultan M. Jabir Syah no. 1-6, Ternate, Indonesia, 97721
  • Ternate City Hotel, Jalan Nuku No 1 Ternate, Ternate, Indonesia
  • Archie Hotel, Jalan Nuku No.6, Ternate, Indonesia
  • Riswan Homestay, Jl. Pemuda No. 144 A Kota Ternate, Ternate, Indonesia, 97726
  • Archie Hotel 2, Jalan Nuku No.101, Ternate, Indonesia
  • SafirnaTransito Hotel, Jalan Anggrek No.15 Dacomib Kel. Kotabaru, Ternate, Indonesia, 97712
  • Kurnia Homestay, BTN Blok G No.8, Maliaro , Ternate – Maluku Utara, Ternate, Indonesia, 97711
  • Rumah Ngade Guest House, Jalan Raya Ngade No 40 Ternate, Ternate, Indonesia
  • Hotel Vellya Ternate, Jalan Jati Lurus No 9 Ternate, Ternate, Indonesia
  • Menara Archie, Jalan Nuku No.100, Ternate, Indonesia

Iklim di Ternate

Iklim Ternate dikategorikan tropis. Saat dibandingkan dengan musim dingin, musim panas memiliki lebih banyak curah hujan. Suhu di sini rata-rata 27.4 °C. Curah hujan di sini rata-rata 2130 mm.

Bahasa Daerah di Ternate

Bahasa Melayu Maluku Utara atau Bahasa Melayu Ternate adalah suatu dialek bahasa Melayu yang dituturkan di hampir seluruh wilayah provinsi Maluku Utara, Indonesia. Di wilayah Kepulauan Sula, masyarakat di sana biasanya menggunakan Bahasa Melayu Sula (bahasanya mirip Bahasa Melayu Ambon, tetapi strukturnya masih mengikuti bahasa-bahasa di Maluku Utara).

Sedangkan di Bacan, Mandioli, dan wilayah di sekitar Bacan menggunakan Bahasa Melayu Bacan, meskipun penuturnya sekarang jumlahnya masih lebih sedikit daripada masyarakat yang menggunakan bahasa Melayu Maluku Utara.

Tetapi jika orang Sula dan Bacan bertemu dengan orang Maluku Utara yang lain, mereka akan menggunakan bahasa Melayu Maluku Utara sebagai bahasa persatuan masyarakat Maluku Utara. Oleh sebab itu, Maluku Utara mempunyai tiga bahasa pasaran, tetapi hanya Melayu Maluku Utara yang digunakan sebagai bahasa persatuan.

Tempat Wisata di Ternate

Ternate banyak memiliki tempat wisata yang menarik. Beberapa tempat wisata di Ternate yang bisa anda kunjungi adalah sebagai berikut:

1. Masjid Sultan Ternate (The Sultan’s Mosque)

Masjid ini bisa anda jumpai di Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara. Masjid Sultan Ternate ini sekaligus menjadi bukti berdirinya Kesultanan Islam pertama di Ternate khususnya di Indonesia bagian timur.

2. Keraton Kesultanan Ternate (The Sultan’s Palace)

Anda dapat menyewa guide yang sudah banyak disediakan di tempat wisata tersebut. Jika anda masuk ke dalam bangunan Keraton ini, anda dapat melihat beberapa jenis barang peninggalan sejarah yang memang sengaja dipajang di beberapa ruang Keraton. Beberapa barang yang dapat anda lihat diantaranya yaitu jubah pemberian Raja Arab Saudi, Kelapa Kembar yang merupakan hadiah dari Raja Sangir untuk Sultan Ternate dan masih banyak lagi. Bangunan ini berdiri di diatas Bukit Limau Santosa.

3. Batu Angus (Batu Angus Lava flow)

Obyek wisata ini terletak sekitar 10 km dari pusat Kota Ternate. Perlu anda ketahui bahwa Batu Angus merupakan tempat wisata yang berisi batu angus muntahan dari gunung Gamalama. Memang cukup unik untuk daerah wisata ini dan anda pun dapat melihat laut lepas, pemandangan indah Lereng Gunung Gamalama serta Pulau Hiri.

4. Pantai Sulamadaha (Sulamadaha Beach)

Untuk tempat wisata yang satu ini memang memiliki ciri khas tersendiri di mana di depan pantai ini terdapat beberapa warung yang menjual air guraka dan juga pisang mulut bebek. Air guraka merupakan minuman jahe yang disajikan hangat bersama susu sedangkan pisang mulut bebek merupakan pisang goreng yang dimakan bersama sambal.

Cukup unik bukan? Di pantai ini anda juga bisa berenang ataupun menyelam menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang pastinya mengagumkan, karena di sini banyak terumbu karang dan air lautnya pun sangat jernih.

5. Benteng Talukko (Talukko Fort)

Benteng ini dibangun Portugis pada tahun 1540 sebagai pertahanannya dalam menguasai cengkeh dan juga menguasai dominasinya di antara Bangsa Eropa yang lain.

6. Benteng Oranje (Oranje Fort)

Benteng ini terkenal di masa lalu dan menjadi pusat pemerintahan VOC di Nederlansch Indie sebelum dipindahkan oleh Coen ke Batavia pada abad ke-17.

7. Benteng Kalamata (Kalamata Fort)

Benteng ini dibangun Portugis pada tahun 1540 yang disebut juga Benteng Kayu Merah. Awalnya benteng ini bernama Santa Lucia, tapi kemudian dikenal dengan Benteng Kalamata.

8. Benteng Kota Janji (Janji Fort)

Dinamakan demikian karena benteng ini pernah menjadi saksi sebagai tempat yang pernah digunakan untuk melakukan perjanjian damai antara Sultan Khairun dan Gubernur Portugis saat itu. Benteng ini didirikan pada tahun 1532.

9. Danau Laguna (Laguna Lake)

Biasa disebut masyarakat sekitar sebagai Danau Ngade karena terletak di Desa Ngade yang berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Ternate, dan memiliki luas sekitar delapan hektar. Panorama danau ini dikelilingi bukit yang hijau, laut yang biru dan gunung yang kokoh.

10. Danau Tolire (Tolire Lake)

Berfoto do Danau Tolire, Ternate via @rvanmy
Berfoto do Danau Tolire, Ternate via @rvanmy

Danau yang berada di kaki gunung Gamalama ini memiliki keindahan panorama alam yang mempesona. Selain itu danau ini menyimpan banyak kisah dan misteri yang belum terungkap hingga saat ini, menjadikannya sebagai objek yang menarik wisatawan untuk berkunjung.

11. Pantai Bobaneha Ici (Bobaneha Ici Beach)

Berada di Kelurahan Aftador Kecamatan Pantai, berjarak sekitar 20 meter di sebelah selatan Kota Ternate. Di pantai ini banyak ditemukan bebatuan dengan berbagai bentuk.

12. Masjid Al-Munawaroh Ternate (Al-Munawaroh Mosque)

Dibangun oleh Pemerintah Kota Ternate. Masjid ini menawan dipandang dari laut dengan dua menaranya yang memang dibangun di atas laut.

13. Pantai Kastela (Kastela Beach)

Pantai Kastela Ternate via @langkah.anaknegeri
Pantai Kastela Ternate via @langkah.anaknegeri

Lokasi berdekatan dengan Benteng Kastela di Kota Ternate. Ternate memiliki beberapa titik lokasi selam bagi Anda yang gemar menyelam. Tempatnya pun tidak jauh dari Kota Ternate, sehingga mudah dijangkau. Musim menyelam yang tepat adalah sekitar Bulan Mei hingga Oktober.

14. Festival Legu Gam

Legu Gam adalah pesta sekaligus festival masyarakat Maluku Utara. Acara ini untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate, di mana masyarakat dari seluruh pulau akan berkumpul di kedaton atau istana Sultan Ternate.

15. Pantai Fitu

Pantai Fitu Ternate yang ada di mata uang kertas 1000 via @wawaysrn
Pantai Fitu Ternate yang ada di mata uang kertas 1000 via @wawaysrn

16. Pantai Jikomalamo

Pantai Jikomalamo - Ternate via @dimaserlanggatjan
Pantai Jikomalamo – Ternate via @dimaserlanggatjan

Mal di Ternate

Ada beberapa mall dan pusat perbelanjaan di Ternate, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ternate Mall, Jl. Merdeka 19, Ternate – Maluku Utara, Telepon 0921 3111272, Fax 0921 3111271, Ternate Mall adalah pusat perbelanjaan yang ada di Ternate – Maluku Utara. Gedung dengan 5 lantai ini merupakan pelopor adanya pusat belanja modern di Maluku Utara.
  • Jatiland Mall, Jl. Pahlawan Revolusi, Gamalama, Ternate Utara, Telepon 0921 3122109, Fax 0361 464114, Jatiland Mall adalah pusat perbelanjaan di Ternate. Jatiland Mall ini didirikan pada tahun 2009. Jatiland Mall ini terdiri dari 3 lantai dengan penyewa – penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Gramedia, Papa Ron’s Pizza, Solaria dan masih banyak lagi. Jatiland Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat

Museum di Ternate

Museum Kedaton Sultan Ternate, Alamat:  Jl. Sultan Khairun, Ternate. Museum ini berbentuk segi delapan dibangun tahun 1813 oleh seorang arsitektur asal Cina.

Berlokasi di bukit Limau dengan bentuk menyerupai seekor singa yang sedang duduk bertopang dengan kedua kaki depannya menghadap ke laut dan dilatarbelakangi Gunung Gamalama. Dari sinilah sejarah pemerintahan Kesultanan Ternate yang pertama dimulai hingga mencapai kejayaannya, kemudian direnggut oleh bangsa kolonial.

Di antara koleksi berbagai peninggalan bangsa Eropa, museum ini juga memiliki sebuah mahkota yang unik dan sakral yang tidak dimiliki istana lainnya di Indonesia, bahkan di dunia. Itu karena mahkota ini memiliki rambut yang dapat tumbuh layaknya manusia sehingga menjadi satu kewajiban untuk melakukan upacara ritual istampa atau pemotongan rambut mahkota setiap satu tahun sekali setiap hari raya Idul Adha.

Mahkota ini diperkirakan telah berumur 500 tahun sejak sultan yang pertama berkuasa. Museum Memorial Kedaton Sultan Ternate memiliki banyak koleksi mulai dari benda geologi, arkeologi, etnografi, sejarah, numismatik/heraldik, filologi, teknologi, seni rupa, hingga keramik.

Dibangun 24 November 1813 oleh Sultan Muhammad Ali dengan luas bangunan 1500 m² di atas tanah seluas 1,5 ha. Sejak 1981 pengelolaan bangunan diserahkan kepada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan meskipun dalam kesehariannya masih digunakan sebagai kediaman Sultan. Tempat ini baru tahun 1982 diresmikan Menteri kebudayaan saat itu, Daud Joesoef.

Hiburan Malam di Ternate

  • Atlantis Executive Club dan Karaoke, Jl. Jati Raya No. 500, Ternate, Maluku Utara, Telepon 0921 3121800 / 0921 3123800
  • Platinum Resto dan Karaoke, Ruko Jatiland Business Center no. 47-49, Jl. Sultan M. Iskandar Djabir Shah, Ternate 97721, Telepon +62 921 3122820
  • Inul Vista Karaoke, Jl. Kapitan Pattimura, Kelurahan Stadion Tengah, Ternate. Telepon 0921 3121666

Rekomendasi Tempat Makan di Ternate

Maluku Utara memiliki berbagai makanan khas daerah antara lain popeda (sagu), ketam kenari, halua kenari, bagea serta hasil olahan ikan seperti ikan asap (ikan Fufu), gohu ikan, Ikan garu rica dan lain-lain. Makanan kuliner khas Maluku ini juga bisa ditemukan di Ternate.

Pusat tempat makanan di kota Ternate ini terletak di Swering, tepat berada di belakang Jatiland Mall, namun hanya beraktivitas selepas sore hingga tengah malam.

Ada banyak warung makanan menawarkan makanan Indonesia yang murah dan enak. Kunjungi warung jalanan di pelabuhan Dufa-Dufa. Menawarkan hidangan lezat dalam gaya unik Ternate.

Selain itu ada tempat yang menarik untuk menikmati kuliner yang nikmat, yaitu di Jalan Sultan Khairun, Jalan Merdeka, Jalan Mononutu, Jalan Hasan Esa, dan Jalan Raya Bastiong.

Beberapa restoran tempat makan di Ternate  yang dapat Anda kunjungi:

  • Restoran Floridas, Jl. Raya Ngade / Laguna, Ternate, Maluku Utara. Telepon +62 921-3124430, Menu: Kepiting Kenari dan Ikan Bakar
  • Rumah Makan Popeda Gamalama, Lokasi Pasar Bahari, Menu: Gohu Ikan dan Rujak Asinan Pepaya Muda
  • Rumah Makan Jailolo, Jl. Pahlawan Revolusi 7, Ternate, Jam Buka: 07.00 – 21.00, Menu: Sayur Garo Bunga Pepaya dan Ikan
  • Rumah Makan Al Hikmah, Jl. Ais Nasution, Ternate, Jam Buka: 06.00 – 15.00, Menu: Nasi Kuning dan Lontong Sayur
  • Rumah Makan Baghdad, Jl. Komplek Pohon Pala, Ternate, Jam Buka: 08.00 – 22.00, Menu: Woku Blanga, Paniki, Rica-rica
  • Kawasan Tapak / Swearing,Jl. Tapak, Ternate, Menu: Pisang Goreng Sambal Tore Khas Ternate, Nasi Goreng, Mie Rebus

Tips Liburan di Ternate

1. Membawa Pakaian Renang

Belum lengkap rasanya berkunjung ke maluku bila belum menjelajahi wisata bawah airnya. Di provinsi maluku sangat terkenal dengan aneka pantainya dan juga titil lokasi menyelam berkelas internasional. Maka itu, Pakaian renang adalah salah satu barang yang wajib anda bawa. Jika anda ingin bersnorkeling tapi tidak siap peralatan, Anda tidak perlu kuatir karena terdapat banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Maluku.

2. Membawa Tabir Surya

Karena Pulau ini banyak menawarkan wisata bahari dan tempat-tempat wisata di daerah terbuka maka sebaiknya Anda siap membawa lotion tabir surya (sunblock) untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung. Anda disarankan juga untuk membawa kacamata dan topi karena di tempat ini sangat terik.

3. Menyewa Mobil untuk Berkeliling Tempat Wisata

Untuk menjelajah tempat-tempat wisata di Maluku, Anda wajib menyewa mobil karena di sini belum tersedia transportasi umum yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajahi daratan pulau. Untuk menghemat perjalanan wisata, Anda bisa berwisata bersama rombongan sehingga biaya sewa transportasi lebih murah.

4. Melihat Jadwal Keberangkatan Kapal

Transportasi antar pulau di Maluku yang paling efektif adalah dengan kapal, jadi Anda perlu memperhatikan jadwal keberangkatan kapal ketika berada di Maluku Utara.

5. Akomodasi Menginap

Penginapan di Maluku Utara ada banyak pilihannya, mulai dari losmen, hotel sampai homestay, bisa Anda sewa. Di Ternate ada hotel yang mengenakan tarif sekitar Rp. 300.000 per malam. Tapi jika anda berwisata ala backpacker, homestay bisa menjadi piliha dengan harga lebih murah sekitar Rp. 80.000 per malam.

6. Berapa Lama Waktu Untuk Menjelajah Maluku Utara?

Untuk menjelajahi objek-objek wisata di Maluku Utara setidaknya Anda membutuhkan waktu 10 hari. Di Ternate saja Anda mungkin memerlukan sekitar satu hingga dua hari untuk berkeliling ke semua tempat di Ternate, lalu melanjutkan perjalanan Anda ke beberapa pulau lainnya seperti Tidore, Jailolo, dan yang terjauh adalah Pulau Morotai.

Daftar Rumah Sakit di Ternate, Propinsi Maluku Utara,

  • Rumah Sakit Umum Daerah – RSUD Ternate, Jl. Tanah Tinggi Kota Ternate, Telepon 0921 3121281
  • Medika Harifalm Ternate, Jl. Zainal Abidin Syah No. 25 Kota Ternate, Telepon 0921 3126198
  • RSU Dharma Ibu Ternate, Jl. Pahlawan Revolusi No. 5, Telepon 0921 3121951
  • Rumah Sakit Tk IV Ternate, Jl. Ais Nasution No. 2 Kota Ternate, Telepon 0921 3128434

Leave a Reply