Panduan Tips Pergi Liburan Ke Manado

Manado adalah ibu kota propinsi Sulawesi Utara. Manado merupakan langkah awal dalam mengenal daya tarik Budaya Minahasa. Masyarakat Minahasa terkenal terbuka dan ramah. Mereka tinggal di rumah-rumah kayu, dengan pagar yang mengelilingi taman bunga di halamannya ala rumah Eropa. Ada banyak hotel dan restoran bisa ditemukan di Manado.

Bagi pengunjung yang suka bertualang akan tertantang untuk merasakan kuliner Manado yang terkenal pedas dan lezat. Toko-toko dan pasar yang terdapat di Manado dipenuhi dengan barang-barang hasil produk pertanian. Dan di setiap latar belakang bangunan terlihat panorama hamparan bukit dan laut biru yang indah.

Beranjak dari Manado, perjalanan menuju dataran tinggi Minahasa akan membawa anda untuk napak tilas sejarah melalui situs-situs menarik yang terdapat di atas makam, gunung berapi, sumber air panas, danau di dataran tinggi Tondano, juga panorama yang menakjubkan dari pegunungan, perkebunan kopi, perkebunan kelapa, kebun anggrek dan bukit-bukit bertingkat.

Dari Manado, pastikan diri Anda untuk mengunjungi Dua Saudara Nature Reserve – Tangkoko, rumah burung dan satwa liar unik di Sulawesi, seperti Tarsius, monyet terkecil di dunia, Kus kus, Hornbill, Anoa, dan lainnya. Di tempat ini Anda juga akan memperoleh banyak informasi tentang Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Menyelam di Sulawesi Utara! Jika Anda membayangkan perairan yang jernih hingga kedalaman 30 meter, suhu hangat perairan hingga 29 derajat, beragam makhluk kecil yang unik, ikan-ikan besar, terumbu karang yang indah untuk wisata selam, gunung berapi bawah laut, maka Sulawesi Utara tujuan yang tepat untuk Anda!

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Manado via @the_bna
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Manado via @the_bna

Wisata menyelam di Bunaken, berburu ikan-ikan besar di Selat Lembeh, lalu berjalan ke arah utara Sulawesi terdapat Pulau Sangir yang dikenal memiliki gunung berapi bawah laut. Menyelamlah di Sulawesi Utara! Taman Laut Bunaken amat terkenal di dunia sebagai salah satu taman bawah laut yang terindah, yang juga popular sebagai wisata selamnya.

Bangka dan Gangga adalah tempat sempurna untuk berbulan madu dengan pantainya yang berpasir putih. Selat Lembeh menawarkan keunikan tersendiri dalam wisata menyelam, terdapat beragam makhluk kecil seperti kuda laut, gurita,  pygme seahorse, octopus, pipefish, nudibrances, ikan sotong, ikan kodok dan masih banyak lagi yang dapat Anda bayangkan. Semua yang diidam-idamkan para penyelam bisa ditemui di tempat ini. Datang dan berkunjunglah ke Manado, Sulawesi Utara. Orang akan menyambut Anda dengan senyuman hangat mereka.

Wilayah Utama Manado

Kota Manado berada di wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara, sekaligus merupakan ibu kota provinsi tersebut. Kota Manado merupakan kota terbesar kedua setelah Makassar di Pulau Sulawesi.

Kota Manado berada di tepi pantai Laut Sulawesi persisnya di Teluk Manado. Mayoritas daratan Kota Manado berupa barisan pegunungan dan perbukitan. Sedangkan dataran rendahnya berada di sekitar tepi pantai. Taman Nasional Bunaken terletak tidak jauh dari pantai Kota Manado.

Sejarah Manado

Motto Sulawesi Utara adalah Si Tou Timou Tumou Tou, sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi, yang berarti: “Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain” atau “Orang hidup untuk menghidupkan orang lain”. Dalam ungkapan Bahasa Manado, sering kali dikatakan: “Baku beking pande” yang secara harafiah berarti “Saling menambah pintar dengan orang lain”.

Asal mula Kota Manado menurut legenda dulu berasal dari “Wanua Wenang” sebutan penduduk asli Minahasa. Wanua Wenang telah ada sekitar abad XIII dan didirikan oleh Ruru Ares yang bergelar Dotulolong Lasut yang saat itu menjabat sebagai Kepala Walak Ares, dikenal sebagai tokoh pendiri Wanua Wenang yang menetap bersama keturunannya.

Versi lain mengatakan bahwa Kota Manado merupakan pengembangan dari sebuah negeri yang bernama Pogidon. Kota Manado diperkirakan telah dikenal sejak abad ke-16. Menurut sejarah, pada abad itu jugalah Kota Manado telah didatangi oleh orang-orang dari luar negeri. Nama “Manado” daratan mulai digunakan pada tahun 1623 menggantikan nama “Pogidon” atau “Wenang”.

Kata Manado sendiri merupakan nama pulau disebelah pulau Bunaken, kata ini berasal dari bahasa daerah Minahasa yaitu Mana rou atau Mana dou yang dalam bahasa Indonesia berarti “di jauh”. Pada tahun itu juga, tanah Minahasa-Manado mulai dikenal dan populer di antara orang-orang Eropa dengan hasil buminya. Hal tersebut tercatat dalam dokumen-dokumen sejarah.

Hari jadi Kota Manado yang ditetapkan pada tanggal 14 Juli 1623, merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus yaitu tanggal 14 yang diambil dari peristiwa heroik yaitu peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946, dimana putra daerah ini bangkit dan menentang penjajahan Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kemudian bulan Juli yang diambil dari unsur yuridis yaitu bulan Juli 1919, yaitu munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan dan tahun 1623 yang diambil dari unsur historis yaitu tahun dimana Kota Manado dikenal dan digunakan dalam surat-surat resmi.

Berdasarkan ketiga peristiwa penting tersebut, maka tanggal 14 Juli 1989, Kota Manado merayakan HUT-nya yang ke-367. Sejak saat itu hingga sekarang tanggal tersebut terus dirayakan oleh masyarakat dan pemerintah Kota Manado sebagai hari jadi Kota Manado.

Cara Pergi ke Manado

Pergi Ke Manado Dengan Pesawat Terbang

Manado terletak cukup jauh dari sebagian daerah di Indonesia dan umumnya pengunjung berkunjung ke sana dengan menggunakan pesawat terbang. Bandara udara di Manado adalah Bandara Sam Ratulangi . Melalui bandara ini terdapat penerbangan luar negeri ke Singapore (Silk Air, 4x seminggu, 3 jam) visa kedatangan mungkin akan diperlukan.

Jika Anda hendak menelepon di bandara, pastikan telepon selular Anda siap, jangan mengandalkan telepon umum. Taxi dari bandara ke pusat Kota Manado memakan waktu 30 menit dengan biaya sekitar Rp. 70.000 (harga memungkinkan untuk ditawar). Ada juga mikrolet yang rute berangkatnya dari terminal dengan ongkos Rp. 4,000  dan dengan waktu tempuh yang kurang lebih sama.

Pajak kedatangan di Manado untuk penerbangan luar negeri (internasional) sebesar Rp. 100.000 dan Rp. 30.000 untuk penerbangan dalam negeri (domestik). Terminal bandara memiliki kafe internet di ruang public, restoran-restoran seperti KFC, Es Teler 77, dan ada juga toko souvenir. Namun setelah melewati imigrasi sudah tidak ada apa-apa lagi.

Naik Kapal Laut Ke Manado

Dermaga di Manado umumnya dilayani oleh kapal-kapal berukuran kecil. Hal ini dikarenakan lokasi perairan Manado yang berdekatan dengan lokasi Taman Laut Bunaken yang dilindungi dan juga perairan yang cukup dangkal.

Pada umumnya, kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Manado adalah kapal dengan tujuan Kepulauan Sangir dan Kepulauan Talaud. Speed boat dari dan menuju Bunaken umumnya berlabuh di dermaga ini. Kapal-kapal berukuran besar milik PT. Pelni berlabuh di kota Bitung, berjarak kurang lebih 40 km sebelah timur Manado.

Transportasi Umum di Manado

Taxi

Ada beberapa operator taxi di Manado: Bluebird, Taxi Kokapura, Trust, Celebrity. Dan yang paling ternama adalah blue bird, si taxi biru. Ini merupakan operator taxi yang paling terpercaya di Jakarta dan di kota lainnya di Indonesia. Nomor telepon operator di Manado (0431) 861234. Jika Anda betul-betul baru di kota Manado, gunakan taxi ini.

Meski menggunakan sistem argometer, Anda harus waspada terhadap kemungkinan mereka akan memperpanjang jarak tempuh ke tempat tujuan, dan membuat Anda membayar lebih dari pada yang tertera pada argometer. Khususnya untuk taxi dari hotel menuju bandara, Anda mungkin akan memilih memesan taxi dengan menawar harga lebih dulu di depan.

Angkot (Angkutan Kota)

Umumnya dikenal dengan mikrolet atau bemo. Angkot merupakan alat transportasi khas Indonesia yang murah digunakan di dalam kota. Kebanyakan kota-kota di Indonesia memiliki Angkot, begitu juga Manado. Angkot menyerupai minibus berpenumpang 8-10 orang. Biaya yang dikeluarkan sangat murah, biasanya hanya Rp. 2,900 per sekali jalan.

Dibandingkan dengan angkot di kota lain Indonesia yang memiliki tempat duduk penumpang saling berhadapan, angkot di Manado agak berbeda, semua tempat duduk penumpangnya menghadap ke depan. Mikrolet umumnya beroperasi hingga pukul 22.00 wita (hari kerja) atau pukul 00.00 wita (akhir pekan).

Menaiki transportasi umumnya mikrolet di manado ada yang unik, umumnya Mikrolet di manado sudah di modifikasi dan dilengkapi dengan sound system, ada juga yang menaruh layar LCD bahkan ada juga yang memodifikasi bagian interior mobil, ini untuk memenuhi tingkat kenyamanan penumpang.

Sewa Mobil

Biaya sewa mobil di Manado Rp. 500,000 per hari, sudah termasuk supir dan bensin, atau jika ingin mengemudi sendiri biaya sewa mobil saja Rp. 300,000 per hari.

Ojek

Ojek adalah taxi motor, satu lagi transportasi murah khas Indonesia. Tarif ojek tidak tetap, tergantung pada jarak dan tawar-menawar harga.

Ada juga Bus DAMRI yang melayani rute Bandara, dan terminal bus luar kota di Malalayang.

Hotel di Manado

Manado merupakan pusat bisnis dan pariwisata. Dan sesuai banyaknya permintaan, harga-harga di Manado lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya di Sulawesi. Namun, apabila Anda bersedia membayar lebih, kemewahan yang mungkin belum Anda dapatkan di Makasar akan terbayar di Manado.

Untuk Tarif Hotel di Manado sendiri berkisar :

  • Hotel Budget berkisar di bawah Rp. 180.000
  • Hotel Menengah berkisar antara Rp. 190.000 – Rp. 350.000
  • Hotel Mewah berkisar di atas Rp. 350.000

Hotel Budget/Hotel Backpacker Di Manado

  • Hotel Ahlan, Jl. Sudirman. Sirkulasi udara kurang baik sehingga terasa pengap dan kurang menarik. Harga per Agustus 2015 Rp. 100,000.
  • Metropolitan Inn, Jln. Arie Lasut No. 69, ☎ +62-0431-845-433. Lokasi dekat sungai yang sunyi, dan tempat ini cukup popular dengan harganya, untuk single room Rp. 120.000 dengan kamar mandi luar, dan double room Rp. 180.000 dengan kamar mandi dalam, keduanya sudah termasuk sarapan. Wi-Fi tersedia di lobi hotel, dengan tarif Rp. 10,000 dihitung sesuai durasi menginap Anda.
  • Rex Hotel, Jl. Sugiono. Kamar sangat standar. Akses Wi-Fi diperoleh dari Hotel Regina yang terletak di sebelahnya. Staff hotel bisa membantu Anda mengatur perjalanan menuju Gorontalo atau Pulau Bunaken. Pada Agustus 2015, harga kamar double dengan kamar mandi bersama menjadi Rp. 110,000.
  • Losmen Inn, di ujung Jalan Sam Ratulangi. Di Pasar 45, sebelah pelabuhan. Kamar Single Rp. 130.000.
  • Sinar Berkat Stay, ☎ +62 817 012 1270 ([email protected]). Terletak di pusat kota, cocok untuk budget dan pengunjung backpacker yang ingin bersantai menikmati kota. Ada tiga lokasi bagus di Titiwungen dan Wenang. Di Jl. Sam Ratulangi yang mana sangat dekat dengan area Mega Mas dan Sario, Jl. Ahmad Yani yang sangat dekat dengan Manado Town Square. Kamar dilengkapi tempat tidur, AC dan kamar mandi. Kisaran 200 ribuan.
  • Sky Inn, Jl. 17 Agustus. Kamar bersih, kamar mandi nyaman, mudah terjangkau dan lokasi cukup nyaman. Untuk menghubungi email [email protected] Nomor kontak +628811069944. Harga kisaran 200 ribuan.

Hotel Menengah Di Manado

  • Hotel Central, Jl. Sam Ratulangi No. 33, ☎ +62-431-851234. Dibuka Tahun 2004, tampilan barunya cepat pudar, tapi kamar bersih lengkap dengan AC dan air panas. Tarif kamar sekitar Rp. 195.000 – Rp. 215.000.
  • Hotel Regina. Kamar-kamarnya cukup besar berfasilitas AC, TV, kamar mandi dan air panas. Pilihan terbaik di daerah yang tenang dengan harga murah. Agustus 2015 tarif untuk double room adalah Rp. 220,000.
  • Hotel Wisata, Jl. Sam Ratulangi No. 7, ☎ +62-0431-860908. Hotel bisnis terkenal lainnya. Semua kamar memiliki AC, air panas, dan TV, beda kualitasnya hanya semata-mata pada ukurannya, usia furnitur, dan ukuran tempat tidurnya. Harga kamar berkisar Rp. 215.000 – RP. 315,000.
  • Hotel Minahasa, Jl. Sam Ratulangi. Dijalankan oleh sebuah keluarga yang akrab. Dibuka untuk para wisatawan, serta menjadi pilihan utama para akademisi di daerah itu tinggal. Sehingga Anda mungkin akan bertemu dengan seseorang yang betul-betul bisa mengajak Anda melihat kehidupan mereka. Kekurangannya hanya pada menu sarapan yang monoton.
  • Quint Hotel, Jl. Wakeke No. 12 – 14 (tengah kota), ☎ +62 431 855551/853022. Semua kamar memiliki AC, air panas, TV kabel, dan kasur tidur berkualitas tinggi. Harga sudah termasuk sarapan mulai dari Rp. 225,000. (1.4858,124.8388)
  • Villa Wantik, Jl. Raya Manado – Tanawangko km. 21., ([email protected]). Penginapan dengan pemandangan yang indah.
  • MC Bunaken, Bunaken Island, ☎ +6285255984558 ([email protected]). Pantai di depan penginapan/bungalow, tersedia makan siang. Harga Rp. 200.000.
  • Mokupa Resort, Jl. Trans Sulawesi , Desa Mokupa, ☎ 62-431-838403,+628124493784 ([email protected]). Penginapan dengan taman, rumah kayu, dengan kolam renang, pemandangan laut, 30 menit dari Kota Manado, dan gratis biaya antar bandara. Harga sewa 200 ribuan hingga 500 ribuan.

Hotel Mewah Di Manado

  • Aston Manado City Hotel (Aston Manado), Jl. Jend Sudirman No. 128, Manado (City Center), ☎ +62-431-8888989. Menikmati keindahan hotel di jantung kota Manado yang menggabungkan pelayanan prima dan perhatian penuh dalam memberikan pengalaman menginap yang berkesan. Hotel ini menyediakan 100 kamar dan kamar mewah dengan pemandangan kota yang dramatis dari ketinggian. Dapatkan pengalaman dari restoran-restoran terbaik, hiburan dan pusat perbelanjaan yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki dari hotel.
  • Hotel Gran Central Manado (Gran Central), Jl.Sudirman No. 45, Manado (Lokasi di tengah kota Manado), ☎ +62 (431) 878888 checkin: 14:00; checkout: 12:00.
  • Sintesa Peninsula Hotel, Jl. Jend. Sudirman, Gunung Wenang Manado SULUT 95123 Indonesia, ☎ (62-431) 855008. Berlokasi di pusat Kota Manado, hanya 30 menit dari Bandara Internasional Sam Ratulangi. Hotel ini menawarkan banyak tipe kamar mewah dan menyediakan fasilitas ruang untuk Seminar.
  • Hotel Sedona, Desa Tateli, ☎ +62-431-825888. 20 Tahun yang lalu mungkin merupakan hotel berbintang lima. Waktu tempuh 20 menit dari Kota Manado. Sebagian kamar menghadap ke laut, sebagian menghadap ke taman. Hotel ini memiliki akses mudah ke Bunaken yang dapat ditempuh dalam 30 menit dengan perahu boat. Sekarang hotel ini berkembang menjadi bintang 4.
  • Hotel Santika Manado, (Terletak di Desa Tongkaina, di seberang Taman Laut Bunaken). ☎ +62-431-858222. Menyediakan bungalow ataupun kamar yang semuanya menghadap ke lautan yang indah.
  • Hotel Aryaduta Manado (former Ritzy Hotel), Jln. Piere Tendean Bulevar, ☎ 62-431 8555554. Menawarkan kamar-kamar dengan fasilitas AC, TV kabel, mesin pembuat kopi/tea, dan akses internet. Beberapa fasilitas pilihan lainnya seperti Cakrawala Coffee Shop, kolam renang, lounge, jasa pijat dan layanan untuk kamar. Tarif kamar mulai dari USD 114.95.
  • Grand Puri, Jl. Sam Ratulangi No. 458, ☎ +62-431-822-888 ([email protected]om).
  • Quality Hotel, Jl. Piere Tendean No. 88 – 89, ☎ +62-0431-888-3888 ([email protected]). Berjalan sebentar dari Mega Mall, dilengkapi restoran dan bar, pelayanan dan kamarnya memuaskan. Tarif berkisar 500 ribuan per malam.
  • Mapia Resort & Spa. Berlokasi di Pantai Kalasey, 30 menit dari bandara. Boutique Resort ini memiliki taman tropis yang menawan dan santapan ala Indonesia/Itali. Semua penginapannya dilengkapi AC.
  • Tasik Ria Resort & Spa Manado, Jl. Raya Trans Sulawesi (berkendara 30 menit menuju Manado selatan), ☎ +62-431-823444. Boutique resort dengan 34 kamar yang tenang dan berlatarkan pemandangan pepohonan palem. Ideal bagi para penggemar selam maupun umum, keluarga, dan pengunjung yang gemar bertualang. Harga berkisar  1 juta rupiah keatas.
  • Murex Dive Resorts, Jl. Raya Trans Sulawesi (Manado selatan), ☎ +62-431-838774. Hotel dan penginapan bagi penyelam, 5 km ke selatan kota. Akses mudah ke Bunaken dan semenanjung Manado. Bahasa yang digunakan bisa Inggris, Jerman, Belanda dan Indonesia. Menikmati pemandangan laut, gunung merapi Manado Tua, dan Pulau Bunaken. Terletak di taman tropis, dan semua kamar berfasilitas kamar mandi dengan air panas, AC, tempat tidur ukuran besar atau twin, dan tambahan minuman kopi atau teh. Sudah termasuk makan. Tarif 800 ribuan per orang per malam.

Cuaca di Manado

Cuaca di Manado sebagian besar cerah sepanjang tahun. Musim hujan biasanya dimulai dari bulan September sampai Maret dan April. Hari-hari terpanas di Manado dapat mencapai hingga 32 derajat celcius. Sementara di dataran tinggi Tomohon, Tondano, Kawangkoan, hawa sangat dingin namun cuaca tetap cerah.

Bahasa Daerah di Manado

Bahasa yang digunakan sehari-hari di Manado disebut dengan Bahasa Melayu Manado atau Bahasa Manado. Bahasa Manado menyerupai Bahasa Indonesia hanya logatnya khas. Beberapa kata dalam dialek Manado berasal dari Bahasa Belanda, Bahasa Portugis, dan bahasa asing lainnya.

Tempat Wisata di Manado

  • Ban Hin Kiong adalah kuil Cina tertua yang dibangun di Manado pada masa Dinasti Qing (1644-1911). Kuil ini terletak di Jalan D.I. Panjaitan di Manado, di pusat area Kota Cina. Ada banyak kuil dan tempat suci, perumahan dan pertokoan ala Cina. Kuil ini mudah dijangkau dengan angkutan umum seperti mikrolet atau taksi. Pengunjung juga bisa menyewa mobil atau motor untuk berkeliling di Kota Cina.
  • Bukit Kasih 45 km di Manado Selatan. 5 km dari Kawangkoan. Salah satu tempat tujuan populer di Sulawesi Utara. Menanjak ke atas bukit dengan menaiki 2435 anak tangga untuk melihat pemandangan alam yang luar biasa. Ada banyak sumber air panas alami di daerah ini. Anda bisa bersantai sambil merendam kaki. Tak jauh dari sini, Anda dapat mengunjungi Watu Pinabetengan, sebuah situs animisme.
  • Modoinding. Tempat Wisata Agro, di mana terdapat beragam jenis sayuran dan rempah-rempah datang untuk memenuhi kebutuhan di Indonesia bagian Timur. Tempat ini berjarak sekitar 900-1200 meter dari permukaan laut. Hawanya dingin dan Anda bisa temui Lembah Modoinding dengan Danau dan “Bukit Doa” di sebelah timur, tempat yang sangat indah dan tenang. Jarak sekitar 180 dari Manado. Anda bahkan bisa merasakan tinggal di rumah kayu tradisional asli suku Minahasa, dengan membayar IDR 200.000 atau 20 USD per malam untuk rumah berukuran kecil dengan kamar mandi ala barat.
  • Taman Nasional Bunaken Manado terkenal sebagai daerah wisata selam, dan Bunaken menjadi salah satu yang diunggulkan sebagai taman maritim terbaik di Indonesia. Perjalanan snorkeling ke Bunaken, Taman Maritim Nasional Bunaken ☎ (431) 853265. Taman Nasional Bunaken mulai dibuka pada tahun 1991 dan menjadi taman maritim Indonesia pertama yang berkembang. Area taman mencakup 89,065 hektar, 97% diisi oleh perairan tropis yang hangat dan jernih berkilau. Sisa 3% dari taman terestrial ini mencakup lima pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Pada perjalanan ini Anda akan dijemput dari hotel Manado 7:30, dan kemudian dibawa ke pusat menyelam lokal. Di sini Anda akan menerima peralatan snorkeling (sirip, topeng, dan snorkeling), kemudian menikmati perahu untuk perjalanan selama 1 jam ke Pulau Bunaken. Setelah tiba di Taman Nasional Bunaken, Anda dapat menikmati kehidupan bawah laut, dan akan disajikan makan siang. Ada beberapa tempat lainnya untuk snorkeling di dalam perjalanan ini.
  • Taman Konservasi Alam Tangkoko, ☎ 431 853265. Tempat konservasi tarsius dan kera. Tarsius dapat ditemui saat menjelang malam, waktu di mana mereka semakin aktif, sekitar jam 4 – 6 sore. Seorang pemandu akan dibutuhkan dan Anda bisa menyewanya di pintu masuk dengan biaya Rp. 85.000 per orang. Harga sudah termasuk biaya masuk taman sebesar Rp. 15.000. Taman nasional ini berjarak sekitar 50 km dari Kota Manado dan dapat diakses dengan menggunakan bemo menuju Bitung, ongkos Rp. 10.000, lalu pindah ganti naik bemo terbuka sepanjang perjalanan. Anda perlu meminta supir untuk menurunkan Anda saat akan pindah kendaraan, di persimpangan kota dengan ongkos sama. Jika Anda ingin lebih banyak dipandu, dapat mencoba Safari Tours & Travel dengan biaya  $105.
  • Pendakian Gunung Berapi Mahawu, Tomohon, ☎ (431) 853265. Ini akan menjadi pengalaman terbaik! Sesampainya di dasar Gunung Mahawu Anda bisa memulai satu jam perjalanan ke tepi kawah. Dari titik ini kita bisa melihat Bunaken Manado Tua & Pulau-pulau, serta Teluk Manado. Kalau terus ke bawah kawah, Anda bisa mengamati sebuah danau mengepul dan mencium bau belerang dari kolam renang. Di akhir perjalanan menanjak, Anda dapat menyantap makan siang di sebuah restoran pinggir pantai Danau Tondano.
  • Tur ke Dataran Tinggi Minahasa. Dataran tinggi Minahasa ,☎ (431) 853265. Beranjak meninggalkan Manado untuk melihat Desa Woloan, dengan gaya rumah Minahasa yang dibuat secara bongkar pasang, siap untuk diantar atau dikirim dengan kapal laut. Dilanjutkan melihat makanan tradisional dan pasar bunga di Tomohon. Setelah makan siang di Danau Tondano, Anda dapat melakukan perjalanan ke Desa Pulutan, tempat industri rumahan kerajinan tembikar. Sebelum kembali ke Manado, Anda setidaknya perlu mengunjungi pabrik tenun dan mengamati proses pembuatannya. Tempat perhentian terakhir di Danau Linow, dengan warna danaunya yang bisa berubah. Catatan: Harap membawa beberapa mata uang lokal Rp. 200.000 – 300.000 ($ 20-30 USD) jika Anda tertarik untuk membeli kerajinan keramik atau tekstil.
  • Tur ke Air Terjun Kali, Desa Kali, ☎ (431) 853265. Bagi pecinta air terjun, ini mungkin cara terbaik untuk menghabiskan waktu di Manado. Sebuah perjalanan singkat, dalam perjalanan ke Tomohon, Anda akan menemukan sebuah pedesaan dengan pemandangan dua air terjun. Sebaiknya memakai sepatu sneakers atau sepatu hiking karena medan cukup licin. Bawalah juga baju ganti, t-shirt dan celana pendek. Hempasan air dan angin sangat kuat dan terus-menerus hingga menimbulkan kabut cukup tebal yang bisa menutupi penglihatan. Ada sebuah jembatan menarik yang membentang sungai di mana Anda bisa menangkap gambar-gambar hebat dari air terjun ini.

Mal di Manado

  • Mega Mall Manado
  • Manado Town Square
  • Blue Banter City Walk
  • IT Center Manado
  • Bahu Mall
  • Lion Plaza
  • Kawanua City Walk
  • Star Square Manado dan Mega Trade Center.

Museum di Manado

  • Museum Wanua Paksinata
  • Museum Kodam Merdeka

Hiburan Malam di Manado

Nikmati suasana malam di Manado, cukup banyak tempat hiburan malam yang ada di Kota Manado, anda bisa menyaksikan live musik, bermain biliar, pub, atau hanya sekedar nongkrong di cafe.

Selain terkenal karena gadis-gadisnya yang cantik, ternyata Kota Manado juga terkenal dengan kehidupan malamnya. Tidak kalah gemerlap dengan kota-kota besar, tempat hiburan di kota ini cukup lengkap. Terutama bagi para petualang cinta.

  • Boulevard Bar, Jl.Pierre Tendean
  • Corner Cafe, Bahu Mall Blok SE 1
  • GP’s Club / Jipis, Jl.Sam Ratulangi
  • Kafe HAHA, Mega Mall
  • Kafe Makatana, Tomohon
  • Kafe & Pub Satoro, Jl.B. W. Lapian

Rekomendasi Kuliner Tempat Makan di Manado

Makanan Manado terkenal dengan dua hal, pertama apa saja dapat dimakan, yang kedua hanya ada dua pilihan rasa, pedas dan sangat pedas. Bagi masyarakat penganut Kristiani, mereka biasanya merendam daging dengan alkohol dan kaldu babi.

Protein eksotis lainnya seperti kucing, tikus hutan, kelelawar pemakan buah, dan anjing, yang menjadi sajian istimewa dalam acara pernikahan atau perayaan Hari Natal. Menu klasik lainnya seperti ikan mas bakar rica, ikan bakar berbumbu yang dimasak menggunakan arang batok kelapa. Dipanggang bersama dengan cabai yang dilumurkan ke ikan pada saat dimasak.

  • Ikan Mas Goreng, ikan yang digoreng kering hingga garing sampai ke tulang lunak.
  • Ayam Rica-Rica, ayam panggang yang dicampur dengan saus cabai merah dan
  • Ikan Mas Woku Balanga, ikan dibalut rempah-rempah
  • Babi Tore, babi goreng garing dengan cabai yang berlimpah.
  • Ragey, potongan babi panggang dengan saus ala Manado
  • Perkedel Milu, perkedel jagung
  • Tinutuan (or bubur manado), olahan bubur dengan campuran nasi, labu, sayuran dan ubi. Penampilannya boleh berantakan tapi rasanya enak, dan tidak pedas.
  • Kuliner ekstrim seperti ular, tikus, anjing (disebut “air weh”), kelelawar, babi hutan, dan lainnya. Mintalah penduduk asli untuk membawa Anda ke Kawangkoan – Langowan, dan Tomohon.
  • Sup Brenebon, sup kacang merah kental dengan potongan daging babi
  • Klappertaart, kue kelapa ala Barat, dengan kismis dan saus isi yang lezat beraroma kayu manis.

Tempat Makan Murah

  • Ikan Bakar Segar disediakan setiap pagi di sebuah warung mungil dekat dermaga pelabuhan ke Bunaken. Tempatnya sangat biasa tapi jangan sekedar melihat penampilan. Tanyakan ke sekeliling di mana warung ikan bakar, dan seseorang akan membantu Anda.
  • Rit’s Cafe, Steak and Grill Sebuah warung di belakang Mega Mall di Jalan Boulevard II. Pemiliknya ramah, bernama Tony dan Rita, dan makanannya lezat. Anda perlu mencoba puding cokelat rum miliknya.

Harga Menengah

  • Raja Oci, Jl. Sudirman No.85, Ph: +62-431-863946. Restoran hidangan laut dengan menu unggulan ikan.
  • Bambuden Seafood Restaurant @Sario, Jl. Pemuda No:2 Sario Manado, Telepon +62-431-852459 / 864096 / 9197772. Ikan bakar, Ikan Goreng, dan olahan makanan laut lainnya cukup dikenal masyarakat.
  • Kawan Baru Restaurant and Cafe, Mega Mas Boulevard, tel. +62-431-879490 +62-431-879491. Makanan Indonesia.
  • Raja Sate BBQ & Asian Resto, Jalan Boulevard (dekat Mega Mall), tel. +62-431-3327380 or +62-431-846679. kuliner Asia dengan menu unggulan sate dan olahan laut bakar.
  • Warong Rica Rica, tel. +62-431-879490. Restoran hIdangan laut berlokasi di Bahu Mall Bay street Cafe.
  • Pizza Hut, tel. +62-431-842732, Mega Mall, pizza yang terkenal turun-temurun.
  • Kafe Excelso. Berlokasi nyaman di Mega Mall. Tempat terbaik untuk minum kopi dan makan ringan. Akses Wifi bagus, banyak pilihan kopinya.
  • Rumah Mie Bintang Wayang, Jln. S Parman 43, dekat Ban Hin Kiong Temple. Tel. +62-431-852468. Tempat terbaik mendapatkan semangkuk besar bakmi kuah babi, roti babi, dan nasi goreng babi khas Manado.

Ada dua jenis minuman terkenal yang terbuat dari pohon Palem, yaitu saguer dan cap tikus.

Mohon minum dengan bertanggung jawab. Orang lokal punya kebiasaan buruk minum-minum tanpa bertanggung jawab. Bahkan mungkin penyebab terbesar kriminalitas di Kota Manado disebabkan oleh para peminum.

  • Rumah Kopi Gembira. Telepon +62-431-371137. Lokasi di Kawangkoan (40 km dari Manado). Rumah kopi terpopuler di Sulawesi Utara sejak Tahun 1946. Cicipi secangkir kopi hitam yang menjadi favoritnya. Rasakan juga roti bakpau babi atau kacang hijau yang terkenal, mereka menyebutnya Biapong, sepotong roti jaman dulu. Tempat yang harus Anda kunjungi dalam perjalanan menuju Bukit Kasih (Hill of Love).

Tips Liburan di Manado

1. Membeli tiket dari jauh hari

Manado bukanlah destinasi yang sering masuk dalam daftar promo. Namun bukan berarti tiket pesawat ke kota ini tidak pernah promo. Maka dari itu, pastikan Anda bisa mendapat tiket dengan harga terbaik.

Anda bisa memantau terus promo yang diadakan oleh maskapai yang melayani rute ke Manado. Adapun beberapa maskapai antara lain AirAsia (tidak ada penerbangan langsung Jakarta-Manado), Batik Air, Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijawa Air. Ada baiknya juga menghindari musim liburan jika tidak ingin mendapat tiket dengan harga yang melonjak.

2. Buat itinerary liburan ke Manado

Mungkin membuat itinerary adalah hal yang membosankan atau tidak penting bagi sebagian orang. Tapi ada baiknya Anda membuat daftar perjalanan liburan agar tidak menghabiskan waktu kebingungan. Jika tidak ingin terlalu detail, buat saja daftar kasar yang penting Anda mengerti.

Pastikan Anda mengetahui ingin ke objek wisata mana saja, dan juga sudah tahu ingin melakukan apa saja. Bukan tidak mungkin ada perubahan destinasi atau kegiatan. Juga ketahui estimasi waktu dari satu destinasi ke destinasi lainnya sehingga tidak terlalu banyak kegiatan namun nanti waktunya malah tidak cukup.

3. Ketahui penginapan di sana

Meski Manado termasuk sebagai kota yang memiliki banyak penginapan, sebaiknya Anda mencari tahu hendak menginap di mana. Tersedia ragam penginapan yang bisa dipilih mulai dari yang murah, koper hingga ransel.

Jika bisa, sempatkan juga menelepon ke penginapan. Jangan sampai sudah yakin akan menginap di suatu tempat ternyata tempat tersebut sudah penuh, atau yang lebih parah, hotel tersebut sudah tutup atau sedang dalam perbaikan.

4. Gunakan sunblock

Bagi Anda yang tidak biasa dengan cuaca yang terlalu terik seperti di Manado, jangan sampai ketinggalan sunblock. Walau masih di Indonesia Tengah, Manado memiliki cuaca yang panas.

Agar kulit tidak terbakar, gunakan sunblock secara berkala. Jangan lupa membawa tisue basah untuk mengelap kulit sebelum kembali mengolesi sunblock. Langsung mengoles sunblock pada kulit kotor akan membuat iritasi dan berakhir dengan liburan yang kacau.

5. Cicip ragam kuliner di sana

Satu yang tidak bisa terlewatkan saat liburan ke Manado adalah wisata kuliner. Kota ini punya ragam makanan yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Mungkin beberapa jenis makanan akan terasa aneh, tapi bukan berarti tidak boleh dicoba.

Malah, cobalah semua makanan khas di sana. Ini akan memberi pengalaman tersendiri pada liburan Anda. Ditambah, siapa tahu salah satu makanan khas Manado malah jadi makanan favorit Anda.

6. Cobalah Wisata air di Manado

Jauh-jauh ke Manado, wisatawan harus coba wisata air. Cobalah diving di Taman Laut Bunaken.

Kalau tidak mau diving, snorkling pun bisa dan tempatnya beragam dari Pulau Lambeh sampai Siladen. Kalaupun tidak, bermain air laut di tepi pantai di Manado pun bisa Anda lakukan.

Hal Penting Perlu Anda Ketahui Selama di Manado

Kafe Internet

Jika Anda mencari tempat untuk online yang murah, pergilah ke Kafe Internet Ocean, di lantai tiga Mini Market Samudera, letaknya di pusat perbelanjaan Megamas, di Boulevard Manado. Tarifnya sekitar Rp. 5000 per jam dan kecepatan akses internet bagus. Buka dari jam 10.00 hingga jam 22.00.

Tempat Penukaran Uang Asing

  • Sentralindo Valutama (Authorized Money Changer), Jl. Sarapung No. 4, Manado 95122 (Depan Gereja Sentrum Manado), ☎ +62 431 – 878855.
  • Manado Inter Money Changer, lokasi di depan Mall Bahu, bersebelahan dengan Bank Tabungan Negara (BTN), Jl. W. Monginsidi No:62 Bahu Link: III Manado, Telepon +62-431-866676 & +62-431-866677.

Leave a Reply