PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Wisata Manado Tua Sulawesi Utara

Blog

Lokasi Dimana

Manado Tua merupakan salah satu pulau yang terletak di gugusan pulau Taman Nasional Bunaken (Bunaken National Park). Pulau ini secara administrasi termasuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia, dengan ibukota ada di kota Manado. Taman Nasional Bunaken terdiri dari beberapa pulau lainnya seperti Bunaken, Siladen, Mantehage, dan Nani. Keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh gugusan pulau ini menjadikannya sebagai destinasi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Rute Akses Perjalanan

Untuk menuju ke Pulau Manado Tua, wisatawan dapat menggunakan speed boat atau kapal bermotor yang berangkat dari dermaga atau pelabuhan di Kota Manado. Perjalanan dari Kota Manado ke Pulau Manado Tua membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, dengan total jarak tempuh sekitar 10 mil. Bagi wisatawan yang kesulitan menemukan rute perjalanan, mereka dapat menggunakan peta online sebagai panduan.

Daya Tarik Wisata

Pulau Manado Tua memiliki kekhasan yang tidak dimiliki oleh pulau lain di Taman Nasional Bunaken. Pulau ini merupakan daratan yang membentuk gunung atau gunung berapi yang kokoh berdiri di atas permukaan laut. Dengan ketinggian sekitar 655 meter di atas permukaan laut, Manado Tua menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Pulau ini juga dikelilingi oleh beberapa gunung berapi yang ada di bawah laut, yang memberikan keunikan tersendiri bagi pulau ini.

Selain keindahan alamnya, Pulau Manado Tua juga terkenal dengan kekayaan biota lautnya. Di perairan sekitar pulau ini, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis ikan yang jarang ditemui di tempat lain, seperti dugong atau sapi laut, lumba-lumba, dan berbagai jenis ikan lainnya. Pulau ini juga memiliki terumbu karang yang indah dan beragam, yang menjadikannya surga bagi para penyelam dan pecinta fotografi bawah air.

BACA JUGA :  Ini Dia 10 Rekomendasi Tempat Praktek Dokter Spesialis Kulit Jakarta Selatan Yang Terbaik dan Terdekat

Pemburu Spot Foto

Pulau Manado Tua juga menjadi tempat yang sangat direkomendasikan bagi para pecinta fotografi. Di pulau ini, wisatawan dapat mengabadikan keindahan alam bawah laut dan pemandangan yang menawan sambil menikmati berbagai kegiatan seperti trekking, snorkeling, diving, perahu kataraman, dan jet ski. Perairan di sekitar pulau ini sangat bersih, jernih, dan bebas dari sampah, polusi, dan limbah, karena wilayah Taman Nasional Bunaken telah dilindungi oleh Undang-Undang. Selain itu, kegiatan penangkapan ikan secara liar dan merusak terumbu karang juga dilarang di sekitar pulau ini.

Sejarah Singkat

Pulau Manado Tua memiliki sejarah yang sangat berkaitan dengan keberadaan salah satu suku laut di Sulawesi, yaitu Suku Bowontehu. Suku Bowontehu telah tinggal di pulau ini sejak tahun 1623. Pulau ini dikenal sebagai Manarow, yang merupakan rumah bagi suku yang juga termasuk dalam Etnis Sangir Tua.

Selain itu, pulau ini juga memiliki legenda sejarah yang menarik. Menurut catatan sejarah, Manado Tua pertama kali didiami sekitar tahun 1339 oleh sebuah rombongan keluarga yang berasal dari kota Batu di Mindanao, Filipina. Rombongan keluarga ini terdampar di pulau ini setelah perahu mereka dihantam oleh badai yang hebat. Legenda ini menjadi salah satu misteri yang masih mengelilingi pulau ini.

Meskipun tidak terdapat penginapan di Pulau Manado Tua, wisatawan dapat menginap di pulau-pulau sekitarnya seperti Bunaken atau Siladen. Di sekitar pulau-pulau tersebut, terdapat berbagai jenis akomodasi seperti hotel dan resort. Alternatif lain adalah menginap di rumah penduduk sekitar atau menyewa kamar.

Pulau Manado Tua adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dengan kekhasan dan keunikan yang dimilikinya, pulau ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain menikmati keindahan alam bawah laut, wisatawan juga dapat menikmati berbagai kegiatan di atas permukaan laut seperti trekking, snorkeling, dan diving. Pulau Manado Tua adalah surga bagi para pecinta alam dan fotografi, serta tempat yang cocok untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam Indonesia.

BACA JUGA :  Mencari Laptop Berkualitas? Kunjungi 10 Toko di Solo Ini

Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *