Panduan Tips Pergi Liburan Ke Ambon

Rate this post

Kota Ambon adalah ibukota provinsi Maluku sekaligus kota terbesar yang ada di Kepulauan Maluku. Mungkin kita juga pernah atau sering mendengar istilah Ambon Manise yang artinya adalah Ambon manis / cantik.

Sebutan itu memang layak disandang Ambon karena keindahan alamnya. Letak kota Ambon sendiri tergolong strategis. Perkembangan ekonominya pun cukup cepat.

Ambon tergolong kota yang plural karena ada berbagai suku yang tinggal di sini. Salah satu etnis penduduk yang jumlahnya paling besar adalah suku Alifuru. Suku asli Maluku ini tergolong ras Papua – Melanesoid (Melanesia) yang berkulit gelap. Selain itu ada suku Jawa, Bali, Buton, Bugis dan lain lain.

Wilayah Utama Ambon

Jembatan Merah Putih, salah satu landmark terkenal di Ambon via @muh.ridwan0703
Jembatan Merah Putih, salah satu landmark terkenal di Ambon via @muh.ridwan0703

Berikut ini adalah batas-batas wilayah kota Ambon

  • Selatan: Laut Banda
  • Timur: kabupaten Maluku Tengah dan pulau-pulau Lease (pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut)
  • Barat: desa Hila dan Kaitetu, kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah
  • Utara: kecamatan Sala Hutu, Maluku Tengah

 

 

Sejarah Ambon

Pada tahun 1575, Portugis hendak membangun benteng Kota Laha atau Ferangi di dataran Honipopu. Pekerja yang dikerahkan untuk membangun benteng tersebut tinggal di perkampungan bernama Soa. Disebut-sebut kelompok para pekerja inilah yang menjadi penduduk kota Ambon awal.

Inilah salah satu alasan mengapa 7 September 1575 dipilih menjadi hari lahir kota Ambon. Tahun 1575 merupakan awal mula pembangunan benteng Kota Laha. Sementara 7 September diambil dari momen sejarah ketika rakyat kota Ambon mendapat kesetaraan hak dengan Kolonial Belanda.

Lewat keputusan Gubernur Jenderal yang dikeluarkan pada 7 September 1921, rakyat kota Ambon dapat menentukan jalannya pemerintahan melalui perwakilannya di Gemeeteraad (Dewan Kota).

Cara Pergi ke Ambon

Ada beberapa cara untuk pergi ke Ambon, seperti berikut ini:

Pergi Ke Ambon Dengan Pesawat Terbang

Ada beberapa penerbangan setiap harinya dari Jakarta ke Ambon, langsung dari Makassar atau Surabaya. Semua penerbangan akan tiba di Bandara Internasional  Pattimura. Lokasinya berada di desa Laha, kecamatan Teluk Ambon, sekitar 36 km dari pusat kota Ambon.

Pergi Ke Ambon Dengan Kapal Laut

Kota Ambon memiliki sebuah pelabuhan kelas 4 bernama Pelabuhan Yos Sudarso. Pelabuhan utama kota Ambon  ini berfungsi untuk kegiatan eskpor impor maupun untuk melayani penumpang. Sementara untuk kegiatan pelayaran antarpulau ada Pelabuhan Gudang Arang dan Pelabuhan Slamet Riyadi. Pelabuhan lokal ini dikelola oleh PT PELINDO.

Transportasi Umum Di Ambon

Bemo

Jenis transportasi umum dalam kota yang juga biasa disebut dengan angkot. Tarifnya adalah Rp 3,000. Bemo / angkot di Ambon berbentuk minivan berwarna kuning atau hijau non-AC.

Becak

Kalau mau lebih nyaman dan cepat sampai ke tujuan, Anda bisa menggunakan becak. Tarifnya tergantung jarak. Untuk jarak dekat, biasanya sang pengemudi becak akan mengenakan biaya sekitar Rp 7,000 untuk sekali jalan.

Taksi

Bentuk taksi di kota Ambon seperti mobil biasa. Umumnya taksi bisa ditemukan di hotel – hotel besar.

Ojek

Transportasi berbasis sepeda motor ini mudah ditemukan di berbagai sudut kota Ambon. Tarifnya tergantung jarak, namun biasanya mulai dari Rp 10,000.

Hotel di Ambon

Pemandangan kota Ambon dari kejauhan via @michaelmenason
Pemandangan kota Ambon dari kejauhan via @michaelmenason

Di kota Ambon, ada sekitar 33 hotel. Terdiri dari 3 hotel bintang tiga, 2 hotel bintang dua, 5 hotel bintang satu dan 23 hotel non-bintang. Beberapa hotel di Ambon tersebut adalah sebagai berikut:

  • BiZ @ Hotel, Jl.Said Perintah 37 Ambon, Ambon, Indonesia, 97125
  • Rejeki 3 Guesthouse, Jalan Sam Ratulangi, Ambon, Indonesia, 97126
  • Airy Honipopu Tugu Trikora AM Sangaji Ambon, Jl. A.M Sangaji, Kel Honipopu, Sirimau, Ambon, Indonesia, 97126
  • Elizabeth Hotel & Resort, Jl Imam Bonjol 15 Ambon, Ambon, Indonesia
  • Hotel Pacific Ambon, Jl Cendrawasih No 8 ,Ambon , Ambon, Indonesia, 97123
  • Amaris Hotel Ambon, Jalan Diponegoro No. 82-84 Ambon, Ambon, Indonesia, 97127
  • Everbright Hotel Ambon, Jalan Cendrawasih No 20 Ambon, Ambon, Indonesia, 97123
  • LeGreen Suite Waihaong, Jalan Sultan Balbullah No. 43, Waihaong, Ambon, Indonesia, –
  • LeGreen Suite Ratulangi, Jalan Sam Ratulangi No. 93, Ambon, Indonesia, 97126
  • Hero Hotel @ Ambon, Jalan Wem Reawaru No 7B (Belakang Kantor Gubernur Maluku), Ambon, Ambon, Indonesia, 97125
  • Imperial Inn Ambon, Jl. W.R. Supratman – Gang Nangka, Ambon, Indonesia, 97123
  • The Orchid Hotel, Jalan Pattimura No. 5 Ambon, Maluku 97124 Indonesia, Ambon, Indonesia
  • The City Hotel, Jalan Tulukabessy No.39 Ambon, Ambon, Indonesia, 97123
  • Hotel Marina, Jalan Yan Paays No 16 Ambon, Ambon, Indonesia, 97124
  • The Natsepa Resort & Conference Center, Jl Raya Natsepa No 36 Suli Salahutu, Ambon, Indonesia, 97582
  • Stori Hotel Ambon, Jalan Cendrawasih No.20 , Ambon – Maluku , Ambon, Indonesia, 97123
  • Swiss-Belhotel Ambon, Jl Benteng Kapaha No 88 , Ambon, Indonesia, 97124
  • Atlantic Hotel Ambon, Jl. Anthony Reebok No.8 Ambon, Ambon, Indonesia, 97126
  • Amans Hotel, Jalan Pantai Mardika No 53A, Ambon, Ambon, Indonesia, 97123
  • Hotel Sea Ambon, Jalan Jend. Sudirman Hative Kecil (Lampu Lima) Ambon, Ambon, Indonesia, 97128

Iklim di Ambon

Letak kota Ambon yang dikelilingi oleh laut membuatnya memiliki iklim laut tropis. Iklim di sini sangat dipengaruhi oleh lautan dan iklim musim / muson. Angin muson barat biasanya berlangsung dari bulan Desember sampai bulan Maret. Sementara bulan April merupakan masa transisi ke angin muson timur yang berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober. Bulan November merupakan masa pancaroba sekaligus masa transisi ke angin muson barat.

Bahasa Daerah di Ambon

Bahasa Ambon merupakan bahasa yang tergolong sebagai bahasa rumpun atau dialek yang berasal dari bahasa Melayu standar yang digunakan di provinsi Maluku.

Tempat Wisata di Ambon

Pantai Liang, salah satu wisata pantai di Ambon yang bisa anda kunjungi via @atha_sukur
Pantai Liang, salah satu wisata pantai di Ambon yang bisa anda kunjungi via @atha_sukur

Ada beberapa tempat wisata di Ambon yang bisa anda kunjungi, beberapa tempat wisata tersebut adalah berupa wisata pantai seperti berikut:

1. Nusa Pombo

Pulau Nusa Pombo dikenal memiliki kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Namun pulau ini tidak berpenghuni. Maka Anda harus menyiapkan sendiri bekal makanan, minuman, perlengkapan kemah dan segala jenis perlengkapan lainnya. Di Pulau Nusa Pombo Anda bisa berenang, menyelam, snorkeling atau trekking keliling pulau. Untuk mencapai tempat ini butuh waktu 1 jam menggunakan speed boat dari pelabuhan Ambon.

2. Pantai Liang

Pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Hunimua ini pernah dinobatkan oleh PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1991. Pantai Liang memiliki hamparan pasir putih berpadu dengan air jernih kebiruan. Keindahannya tidak akan membuat Anda merasa bosan. Letak pantai ini ada di Desa Liang, kecamatan Salahutu, sekitar 40 km dari Kota Ambon. Harga tiket masuknya berkisar di Rp 15.000.

3. Pantai Natsepa

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih hingga Anda bisa melihat ikan yang berenang dengan mudah. Jika Anda berminat memancing di laut lepas, tarif sewa perahu di sini sekitar Rp 20.000 per jam. Di sini juga tersedia pasar ikan segar yang berjarak 700 meter dari bibir pantai. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba rujak buah khas Pantai Natsepa.

4. Pantai Pintu Kota

Pantai yang penuh dengan batuan karang ini kerap dijadikan ikon dan tempat wisata kota Ambon. Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung. Salah satu daya tarik pantai ini adalah tebing raksasa yang menjorok ke laut dengan lubang besar menyerupai pintu. Tiket masuk ke Pantai Pintu Kota sangat terjangkau, hanya Rp 5,000.

5. Pantai Santai

Namanya yang unik sudah menggambarkan bagaimana cocoknya pantai ini untuk bersantai. Semua rasa lelah dan bosan akan terbayarkan ketika datang ke pantai ini. Apa lagi jika sambil menyantap pisang goreng dan teh manis.. Pantai Santai terletak di Desa Latulahat, sekitar 16 km dari pusat Kota Ambon.

Mal di Ambon

Kota Ambon hanya memiliki satu mall yaitu Ambon Plaza. Pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Ambon ini beralamat di Jl.Sam Ratulangi.

Museum di Ambon

Ada satu museum di Ambon. Namanya, Museum Siwa Lima. Letaknya di Taman Makmur, Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Lokasi museum ini berada di atas bukit, menghadap ke Teluk Ambon dan menjadikannya semakin eksotis. Museum ini berjarak sekitar 5 km dari kota Ambon.

Museum ini terbagi menjadi 2 bangunan yakni:

  • Bangunan I, disebut sebagai Museum Kelautan Siwalima. Museum ini menyimpan sejarah kelautan masyarakat Ambon dan binatang-binatang laut.
  • Bangunan II, disebut sebagai Museum Budaya Siwalima. Museum ini menyimpan segala hal yang berkaitan dengan sejarah budaya Maluku.

Tempat Hiburan Malam di Ambon

  • Grand Palace Pub and KTV, Jl. Tulukabessy No 139
  • X9 Club & Karaoke, Jl. Imam Bonjol 30

Rekomendasi Tempat Makan Di Ambon / Kuliner di Ambon

  • Papeda dan Ikan Kuning Kuning, Ketika Anda mengunjungi kota Ambon, belum lengkap jika tidak makan Papeda. Makanan tradisional khas Maluku ini biasanya dimakan dengan ikan kuah kuning.
  • Ikan Asap, Di Ambon, sangat mudah menemukan makanan yang satu ini. Biasanya di kawasan Galala dan pasar PLTD ada banyak pedagang menjajakan ikan asap aneka jenis dan ukuran. Sebenarnya ikan asap adalah ikan laut segar yang diawetkan dengan metode pengasapan.
  • Kopi Joas, Kedai kopi ini menyediakan berbagai macam kopi. Mulai dari kopi jahe, kopi susu, kopi hitam dan minuman lainnya. Menu yang paling laris di Kopi Joas yaitu kopi susu.

Tips Liburan di Ambon

  • Jangan lupa menggunakan sunblock ketika Anda akan berlibur ke Ambon, karena matahari di sini sangat terik.
  • Gunakan baju yang nyaman dan sendal anti selip pada saat bepergian ke pantai.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya pada saat jalan – jalan ke pantai.

Tempat Penting di Ambon

  • Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda & Olahraga, Jl. Sultan Hairun No 1 Gd. B Lantai 2 Ambon, Telepon : 0911-353546 ext 1208
  • Kantor Pelayanan Publik, Jl. Sultan Hairun No 1 Gd. D Lantai 1 Ambon, Telepon : 0911-353546 ext 2110
  • Rumah Sakit Dr. J.A.Latumeten, Jl. Dr. Tamaela Kota Ambon
  • Polda Maluku, Jl. Benteng, Ambon, Telepon : 0911-53505

Leave a Reply